Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 01 Juni 2023

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan di Telaga Biru Cisoka

Bila selama ini Tangerang dikenal sebagai kota seribu industri sejuta jasa lantaran banyaknya perusahaan manufaktur maupun yang bergerak di bidang jasa, masih ada lho tempat untuk sekedar melepas penat juga refreshing. Menjadi satu perjalanan yang Aku lakuin saat ke Tebing Koja, bersama kawan beberapa tahun lalu. Akhirnya Kami menyinggahi tempat yang cukup diminati pengunjung ketika itu yang dikenal sebagai Telaga Biru Cisoka.

Berlokasi di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Sama seperti perjalanan ke Tebing Koja, baik dari Bekasi, Jakarta ataupun Bogor jika ingin menuju menggunakan commuterline maka harus transit menuju Rengkas Bitung atau Maja (cerita perjalanan Tebing Koja).

Telaga ini berada di antara tebing pasir dan sebagian area juga masih cukup asri. Menjadi tempat wisata sejak tahun 2015, melalui dari sharing dan media sosial, destinasi ini semakin populer. Telaga Biru Cisoka ini terbentuk dari aktivitas masyarakat saat penggalian pasir yang berlangsung dari tahun 2006 sampai 2012. Namun ketika mencapai kedalaman yang tidak lagi produktif tempat ini ditinggalkan begitu saja. Lambat laun akibat curah hujan yang tinggi, area bekas galian pasir itu memiliki genangan air yang semakin lama menjadi telaga.

Semula warna air yang ada di Telaga Biru Cisoka tidak jernih berwarna biru seperti saat ini melainkan keruh dan kotor. Lalu seiring waktu, partikel-partikel yang membuat telaga keruh tenggelam dengan sendirinya sehingga warna telaga menjadi seperti saat ini. Uniknya air di Telaga Biru Cisoka ini juga kerap berubah menjadi warna hijau. 

Santer berkembang soal mitos kalau kawasan Telaga Biru Cisoka cukup angker karena perubahan warna tersebut. Namun jika di telisik dari hal logis perubahan pada warna telaga dikarenakan tingkat keasaman dan alga yang ada di telaga tersebut. Asam yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, itu sebabnya para pengunjung di harapkan kewaspadaannya terutama yang pergi bersama keluarga dan membawa anak kecil, jangan sampai lepas pengawasan.

Dengan suasananya yang didukung pemandangan cukup indah, ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan saat bertandang ke Telaga Biru Cisoka.

1. Mengambil foto dan selfie

Memanfaatkan fitur kamera smartphone sekaligus mengabadikan moment di tempat menarik menjadi hal lumrah yang sering dilakukan ketika bertandang ke suatu tempat. Mengambil foto ataupun selfie kemudian di sharing ke media sosial kini pun seakan menjadi sebuah keharusan sebagai bentuk eksistensi. 

Apalagi view Telaga Biru Cisoka begitu menarik, dengan latar telaga berwarna indah, diantara tebing pasir. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa spot foto seperti anjungan yang sengaja dibuat oleh pihak pengelola sehingga bisa berfoto di pinggir telaga dengan aman.

Karena lingkungannya outdoor baiknya perhatikan waktu berkunjung. Sebab jika siangbhari maka akan sangat terasa terik. Yang cukup nyaman memang ketika pagi hari atau sore hari.

2. Naik Perahu Kecil atau Getek Cinta

Kegiatan lain yang bisa dilakukan ketika bertandang ke Telaga Biru Cisoka adalah mengitari telaga menggunakan perahu yang disewakan oleh pihak pengelola.

Jenis perahunya ada dua, yakni perahu kecil dan getek cinta yang seluruh bagiannya sudah dihias dengan bunga-bunga sehingga tampilannya begitu unik dengan sentuhan nuansa romantis.

Untuk perahu kecil hanya bisa memuat penumpang sekitar 2-3 orang saja. Sedangkan getek cinta yang bisa memuat penumpang sekitar 4-5 orang.

3. Refreshing dan bersantai

Penat dengan beragam problematik, refresh sejenak ke nuansa outdoor bisa jadi pilihan sederhana yang bisa dilakukan. Dan Telaga Biru Cisoka bisa jadi salah satunya apalagi sambil menikmati quality time bersama orang-orang terdekat.

Menikmati semilir angin serta suasana yang masih asri disekitar Telaga Biru Cisoka menjadi pilihan cara untuk refreshing dan sekedar bersantai sejenak. Melewati waktu yang berkualitas akan memunculkan beraneka dampak positif baik dari segi fisik maupun psikis bahkan bisa meningkatkan kadar mood lebih baik.

Saat Aku ke sana, area Telaga Biru Cisoka dikelola cukup baik. Kelengkapan faslitas publik seperti area parkir, mushola, toilet tersedia untuk pengunjung. Selain itu juga ada warung-warung yang bisa dimanfaatkan untuk membeli snack, makanan, maupun minuman.

Meskipun Cisoka Tanggerang masih satu kawasan Jabodetabek tapi jarak tempuh perjalanannya pun terbilang lumayan. Oleh karenanya, jadi reminder juga untuk Aku dan semua baiknya jika ingin pergi ke area outdoor harus perhatikan stamina serta kesehatan agar nyaman juga menikmati suasana dari tempat yang dikunjungi. Jangan sampai yang niatnya ingin refreshing malah jadi drop.

1 komentar:

fanny_dcatqueen mengatakan...

Eh baru tau nih ada telaga Cisoka ini di Tangerang mba. Padahal ga jauh2 amat ya dr JKT.

Tapi memang, beberapa telaga yg warnanya cantik, ntah itu biru, hijau turqoise, merah, pasti ga boleh buat main air atau berenang, Krn kandungan airnya yg bahaya buat kulit 😅. Padahal warnanya udah menggoda banget yaaa 😄