Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 29 Maret 2019

3 Kesalahan Mendekorasi Hunian Baru

Dekorasi hunian (Doc. Pixabay)
Memiliki hunian yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Apalagi kalau tempat tinggal tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan penghuni. Tingkat kenyamanan hunian bisa dipengaruhi oleh dekorasi interior dan perencanaan ruang yang baik. 

Mendekorasi merupakan sebuah aktivitas yang dikatakan paling menyenangkan serta melelahkan bagi semua pemilik hunian. Tujuannya jelas, yakni untuk membentuk huniannya terasa nyaman sesuai dengan keinginannya saat ia bermukim di dalamnya.

Jika beberapa pemilik hunian berpikiran seperti itu, bagi sejumlah para pemukim baru yang baru saja memiliki hunian, baik itu kepemilikan pribadi maupun sewa properti seperti sewa apartemen bulanan atau sewa rumah, mendekorasi untuk pertama kalinya merupakan aktivitas yang sangat membingungkan.

Bagi Kamu yang baru pertama kali mencoba untuk mendekorasi hunian secara mandiri tanpa menggunakan pihak lainnya, tentu akan menemukan banyak halangan dan kesulitan di tengah-tengah aktivitas tersebut. Sebagai salah satu solusi, perlu sekiranya untuk mengetahui sejumlah kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi pada aktivitas dekorasi tersebut. Dilansir dari website Apartmentherapy berikut adalah 3 kesalahan yang biasanya dilakukan para penghuni dalam mendekorasi hunian baru.

Kamis, 28 Maret 2019

Sayangi Ginjal, Pahami Hidrasi Sehat Bersama Danone AQUA

Fun Walk Danone AQUA
Pagi itu, di akhir pekan sebagaimana biasa suasana car free day ramai oleh para warga. Pun demikian pada tanggal 24 Maret 2019, di salah satu sudut Jl. MH Thamrin Jakarta ramai dengan nuansa biru. Ya..pada saat itu tengah berlangsung Fun Walk yang di selanggarakan oleh Danone - AQUA dalam rangka memperingat hari ginjal sedunia atau World Kidney Day yang diperingati pada tanggal 14 Maret.

Ribuan orang turut memeriahkan Fun Walk tersebut, tak terkecuali diantaranya kehadiran publik figure Ben Joshua.  Kegiatan bertajuk Gaya Hidup Sehat Dengan Hidrasi Sehat ini, juga sejalan dengan semangat program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan pemerintah.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menghimbau masyakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan  minum air secukupnya, olahraga secukupnya. Dalam rangka hari ginjal sedunia 2019 Danone-AQUA mengajak masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat, melakukan aktivitas fisik agar semakin menyadari pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal. 


Minggu, 24 Maret 2019

Novartis Luncurkan Alternatif Pengobatan Untuk Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis

Narasumber Gathering Novartis
Nyeri sendi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami orang. Bagi yang mengalaminya tentu bisa merasakan ketidaknyamanan di tengah melakukan aktifitas. Untuk diketahui nyeri sendi memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Sebab bisa saja menjadi pertanda dari beberapa penyakit lain yang mungkin diderita.

Di Indonesia, peradangan nyeri sendi sering disebut sebagai rematik. Penanganan penyakit ini belum banyak jadi perhatian publik. Padahal ini termasuk macam gangguan kesehatan yang tidak bisa untuk di abaikan. Belum lama ini, selain Osteoarthritis (OA), dan arthritis rheumatoid (AR) ternyata ada  100 macam penyakit yang memengaruhi daerah sekitar sendi lainnya dan yang baru Saya ketahui belum lama ini adalah Ankylosing Spondylitis (AS) dan Psoriatic Arthritis (PsA) merupakan penyakit autoimun. Di mana sistem kekebalan tubuh mulai menyerang sel dan jaringan sehat.

AS dan PsA termasuk penyakit yang sebagian besar dipengaruhi oleh gen HLA-B27. Yakni gen yang meningkatkan risiko beberapa penyakit reumatik. Gen ini tidak menyebabkan penyakit, tetapi bisa membuat orang rentan terkena AS dan PsA.

Kebanyakan penderita AS dan PsA tidak menyadari penyakit tersebut. Mereka akan mengetahuinya setelah penyakit sudah semakin parah dan mengganggu aktivitas tubuh.

Jumat, 22 Maret 2019

Ussy Kenalkan Single Terbaru "HADIJA"

Ussy Sulistiawaty Launching Single baru
Setelah cukup lama tak terdengar kiprahnya di dunia tarik suara, kali ini Ussy Sulistiawaty kembali merilis sebuah lagu bertajuk "HADIJA". Untuk diketahui, ini bukan nama atau tema lagu melayu akan tetapi merupakan kependekan dari (HAnya Dirimu saJA). Menariknya, pengambilan judul lagu dibantu oleh seorang teman yakni Moammar Emka, dimana sebelumnya belum memutuskan judul yang tepat meski lagu itu sudah lama rampung.

Ditemui di Lurik Coffee & Kitchen, Lippo Mall Kemang, pada Jumat 15 Maret 2019 Ussy menuturkan bahwa untuk project terbarunya ini Ia terlibat penuh dalam proses kreatif untuk single dan video klipnya. Dimana proses recording, produksi dan membuat konsepnya sendiri. Bisa dikatakan indie yang digarap tanpa label musik.

Presscon Single HADIJA bersama media dan blogger (Doc. Alia Fathiyah)
"Ini memang passion saya di dunia entertainment. Selama ini saya pingin explore kreativitas saya, akhirnya terwujud." Ungkap Ibu dari empat orang anak ini.

Sebelumnya, Ussy Sulistiawaty pernah mendulurkan beberapa album  berjudul It's Me Ussy (2007), The Other Side of Me (2009), dan This time (2012) demikian juga beberapa single berjudul Kupilih Hatimu, Jagakan Dia, Percayalah serta Sepanjang Usia. Kerinduannya muncul untuk kembali mengeluarkan lagu lagi justru ketika ia dipercayai kembali bermain film yang akan tayang di bulan april nanti.

Selasa, 19 Maret 2019

Penutupan Rakornas Perpusnas 2019 : Perkuat Inklusi Sosial Perpustakaan

Membaca ialah upaya merengkuh makna, ikhtiar untuk memahami alam semesta. Itulah mengapa buku disebut jendela dunia, yang merangsang pikiran untuk terus terbuka." [Najwa Shihab - Duta Baca Nasional]
Kalimat tersebut seakan mengingatkan kembali akan betapa pentingnya membaca sebagai cara untuk memperkaya khazanah ilmu serta wawasan yang dapat menghantarkan manusia semakin cerdas.


Kita tentu tak asing dengan istilah Literasi, dimana menurut Kamus Merriam -Webster versi online bahwa literasi adalah kemampuan atau kualitas memahami aksara dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual. Satu sama lainya memiliki keterikatan. Adapun salah satu cara yang bisa ditempuh meningkatkan kemampuan literasi adalah dengan banyak membaca buku.

Untuk menemukan berbagai jenis buku, maka berkunjunglah ke Perpustakaan dimana tersimpan berbagai jenis bacaan. Sebagai suatu lembaga pelayanan informasi yang mempunyai arti penting dalam upaya penyebaran informasi seluas-luasnya, Perpustakaan telah menjadi sarana pendidikan nonformal untuk penigkatan pengetahuan. Dalam melayani kebutuhan usernya, perpustakaan dituntut untuk menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan minat dan kebutuhan. Di Perpustakaan inilah tempat yang kerap dikaitkan dengan majas gudang ilmu yang memiliki peran  penting dan strategis dalam mendukung sukses program pendidikan serta peningkatan SDM.

Perpusnas Selenggerakan Rakornas Perpustakaan 2019


Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019 dengan tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Berlangsung pada tanggal 13-16 Maret di Hotel Bidakara, Pancoran - Jakarta Selatan.

Dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Penerbit atau Pengusaha, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi, Khusus, dan Sekolah, serta para pustakawan dan para pegiat literasi seluruh Indonesia.

Rakornas dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dimana dalam penyampaiannya tujuan dari pelaksanaan rakornas ini adalah mendukung upaya Perpusnas untuk menggerakkan pemerintah daerah dan perbatasan dalam rangka penguatan literasi dan perpustakaan. Dimana seharusnya, pengelolaan perpustakaan tidak hanya dibebankan kepada Perpusnas, tapi juga harus sinergi dengan para pemangku kepentingan.

Penutupan Rakornas Perpusnas 2019


Setelah berlangsung selama empat hari, penutupan pelaksanaan Rakornas Perpustakaan 2019 dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2019 di Binakarna Auditorium, Hotel Bidakara. Menghadirkan beberapa pembicara yang akan membahas lebih jauh mengenai :
- Optimalisasi DAK Fisik Subbidang Perpustakaan
- Optimalisasi Dekonsentrasi/Tugas Perbantuan Bidang Perpustakaan
- Optimalisasi Kegiatan Prioritas/Nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Dengan pembicara pertama yaitu Bapak Danang Yulianto dari Dana Perimbangan Kementerian Keuangan yg membawakan materi Optimalisasi DAK Fisik Subbidang Perpustakaan.

Menurut definisinya, Dana Alokasi Khusus adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus penyedia sarana dan prasarana pelayanan dasar publik, baik untuk pemenuhan standar pelayanan minimal, pencapaian prioritas nasional maupun percepatan pembangunan daerah dan kawasan dengan karakteriatik khusus dalam rangka mengatasi kesenjangan pelayanan publik antar daerah.

Adapun fungsi yang di jalankannya :
- Mengatasi ketimpangan ketersediaan infrastruktur dan layanan publik antar daerah
- Pemerataan kuantitas dan kualitas infrastruktur pelayanan publik di daerah
- Meningkatkan Aksebilitas masyarakat terhadap layanan dasar publik.

Bapak Amich Alhumami, Ph.D, Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas mengangkat tema optimalisasi kegiatan prioritas transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Kemampuan literasi dinilai penting bagi pertumbuhan intelektual dan kompetisi setiap individu di Indonesia, menjadi salah satu poin yang perlu dikuatkan agar bisa membentuk manusia yang berkarakter.

"Tahun 2019 ini rencananya akan terus dilakukan penguatan literasi sebagai salah satu program prioritas pemerintah. Jika setiap individu memiliki kemampuan literasi yang baik, maka peluang untuk sukses di pasar kerja pun semakin besar," Bapak Amich mengungkapkan.

Inklusi sosial adalah pendekatan berbasis sistem sosial yang memandang perpustakaan sebagai sub sistem sosial dalam sistem kemasyarakatan. Dimana kedepannya perpustakaan harus dirancang agar memiliki manfaat yang tinggi di masyarakat. Misalnya menggali keterampilan masyarakat yang diperoleh dari kegemaran membaca. Dari keaktifan membaca akan memunculkan keterampilan. Di tambah lagi dengan workshop-workshop yang digelar berkelanjutan. Sehingga dari hasil keterampilan yang menghasilkan dapat memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat.

Secara garis besar literasi bisa dimaknai untuk melampaui pengertian konvensional yakni lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis semata akan tetapi juga mampu berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan kesejahteraan.

Oleh karena itu, upaya peningkatan literasi di seluruh Indonesia bukan hanya melalui pembangunan fisik perpustakaan saja. Pemerintah juga akan lebih terfokus pada pemenuhan akses dan sumber bacaan kepada seluruh masyarakat. Khususnya, masyarakat yang bertinggal di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan (3T) yang angka literasinya masih sangat rendah.

Sugiarto, S.E,M. Si. Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama KEMDAGRI menambahkan Bicara literasi, bukan hanya lisan,numerical dan tulisan tapi juga pendalaman dari berbagai aspek sehingga bisa memahaminya secara strategis dan cerdas. Salah satu pembangunan manusia bisa dilakukan dengan menggiatkan gerakan literasi melalui perpustakaan.

"Agar dapat membangun bangsa dengan kemampuan literasi tinggi, perpustakaan menjadi institusi terpenting yang mempunyai peran sentral dalam membangun literasi sosial" ungkap Bapak Sugiarto.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Bapak Muhammad Syarif Bando mengatakan pihaknya sudah melakukan MoU dengan Kementerian Desa, Transimigrasi dan daerah tertinggal, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan dan Keamanan dan Kementerian Hukum dan Ham. Segenap dukungan ini semakin menekankankan bahwa perpustakaan menjadi prioritas nasional dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui literasi. Perpustakaan menjadi pilar penting kemajuan peradaban yg menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari pemerintah, penulis, penggiat Literasi dan seluruh masyarakat.

Penanda penutupan kegiatan saat itu Bapak Syarif berharap, Rakornas dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perpustakaan dan semakin menggaungkan gerakan literasi hingga ke polosok negeri. Dan Seluruh perpustakaan Indonesia saling bersepakat untuk meningkatkan ketersediaan kualitas tenaga perpustakaan dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.



Selasa, 12 Maret 2019

Suka Cita Gelaran Blogger Day 2019, Menikmati Ragam Keseruan di Trans Studio Bandung

Saat menerima email dari Blogger Crony sebagai salah satu peserta Blogger Day 2019, senang banget karena pelaksanaannya di Bandung dan kebetulan bisa dibilang lagi kangen aja berkunjung ke Kota Pasundan itu, setelah beberapa kali rencana gagal.

Pelaksanaan Blogger Day 2019 ini dalam rangka hari jadi Blogger Cronny yang ke-4 dan untuk kali ini melibatkan 100 blogger, tak hanya sekedar blogger JABODETABEK dan Bandung saja tapi juga beberapa teman blogger dari daerah lainnya seperti Surabaya, Pekalongan, Kendal, Lamongan bahkan Madura. Semakin semarak nuansa ajang kopi darat Blogger Nusantara kian berasa banget. Jujur saja Saya berterima kasih banget dengan Blogger Crony yang telah menyiapkan wadah untuk Kami saling berjumpa. Exicted ketika bisa lagi bersua dengan teman yang pernah bertemu sebelumnya, mungkin benar kata orang "Jika jarak yang menyebabkan rindu menjejak".

Menyambut sabtu pagi itu dengan bahagia, ransel dan sweater sudah siap untuk dibawa serta. Sebagaimana kesepakatan, sabtu 02 Maret 2019 peserta Blogger Day terpilih meeting poin dahulu untuk kemudian siap bergegas menuju Bandung dengan bus Blue Bird. Perjalanan kurang lebih 5 jam ditempuh setelah melewati macet dan istirahat di Rest Area. Setibanya ditempat tujuan Kami segera mencari makan siang dahulu dan sholat sambil menunggu rombongan lainnya.

Ragam Keseruan di Trans Studio Bandung

Peserta Blogger Day 2019 (Doc. Blogger Crony Community)
Tahukah kegiatan hari pertama Kami saat itu kemana ? Iyaps Trans Studio Bandung, sebuah Theme park indoor terbesar di Indonesia  yang menempati area pusat perbelanjaan  bernama Trans Mal. Dikelola oleh Trans Corp. yang memiliki berbagai macam wahana permainan dengan tema tertentu.

Sabtu, 09 Maret 2019

Eksplorasi Wisata Eksotik Tana Toraja dan Makassar

Tak terasa di tahun 2019 ini sudah memasuki bulan ketiga, rasanya cepat sekali waktu berlalu. Jika dijabarkan resolusi yang ingin dicapai masih cukup panjang data list-nya. Pun demikian mengenai destinasi impian untuk dikunjungi. Dari rentetan berbagai wilayah menarik di Nusantara, salah satu yang menjadi daya pikat adalah Tana Toraja di Sulawesi Selatan.

Rumsh Adat Khas Toraja (Doc. Makassarterkini)
Tana Toraja yang memiliki arti tanah para raja terletak di kabupaten sebelah utara kota Makassar kurang lebih berjarak 313,8 km . Jika perjalanan menggunakan maskapai penerbangan umumnya landing di Bandara Sultan Hassanudin dan kemudian dilanjutkan perjalanan via jalur darat menggunakan bus dari Makassar ke Toraja yang memakan waktu sekitar 6 – 8 jam.

Keistimewaan dari Tana Toraja adalah masih memegang teguh adat istiadat setempat, kekayaan budaya yang mereka miliki masih bertahan di tengah arus perubahan zaman yang terus berkembang. Di samping itu panorama keindahan alamnya pun masih sangat terjaga.

Setidaknya, ada beberapa tempat yang tak boleh terlewatkan ketika ke Tana Toraja, sebagaimana rekomendasi dari  teman yang sudah pernah menjejak ke sana :

1. Desa Kete Kesu

Berlokasi sekitar 4 KM dari Ratenpao - kawasan Toraja utara. Bisa dikatakan ini merupakan desa wisata yang indah dan unik. Terletak pada kawasan perbukitan dan persawahan sehingga mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan, memanjakan mata dan sangat asri. Terbayang sudah segarnyanya udara yang dihirup masih bersih dan alami.

Desa Kete Kesu ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan Tongkonan. Nah, Tongkonan ini sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan mayat sementara sebelum dikebumikan oleh warga setempat. Di bagian atas tebing Desa Kete Kesu ada kuburan batu yang mirip dengan perahu. Kabarnya pada kuburan inilah terdapat tulang belulang dan tengkorak manusia yang sudah meninggal pada zaman dahulu. Di sekitarnya biasanya terdapat beberapa sajen  di sisi tebing, yang diyakini sebagai makanan untuk orang yang telah meninggal.

Desa Kete Kesu (Doc: Keepo.me)
2. Gua Batu Londa

Merupakan sebuah kompleks kuburan yang berada pada sebuah tebing batu besar yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga menawarkan suasana yang segar dan sejuk ketika berada di sini. Ada sensasi berbeda saat memasuki Londa, sebab bagi masyarakat Toraja tempat ini dikeramatkan, namun siapa saja boleh masuk asal tetap menjaga tata krama disana.

Makam Londa telah berumur lebih dari 550 tahun dan sudah 25 generasi masyarakat Toraja dikuburkan disini. Terdapat banyak gua serta lubang pada tebing yang sengaja dipahat untuk menempatkan peti mati berisi mayat. Pasalnya, tidak sembarang jenazah boleh diletakkan di sini. Penempatan harus disesuaikan berdasarkan garis keluarga.


Gua Batu Londa


3. Makam Batu LEMO

Sama seperti Londa yakni sebuah komplek pemakaman bagi masyarakat Toraja yang telah wafat. Bedanya, jika di Londa pengunjung diperkenankan untuk masuk gua dan bisa melihat langsung peti mati dan tengkoraknya kalau di Lemo hanya bisa melihat dari kejauhan kerangka-kerangka itu yang disimpan di udara terbuka, di tengah bebatuan yang curam.

Tempat ini sering disebut sebagai rumah para arwah. Di waktu-waktu tertentu, pakaian dari mayat-mayat akan diganti  melalui upacara Ma Nene. Di balut dengan pakaian baru yang lebih rapi, mayat-mayat itu dituntun pelan oleh beberapa orang, berjalan beriringan, diarak, dan disaksikan oleh warga sekampung yang ramai di tepi jalan.

Tradisi Ma Nene juga menjadi momen bagi seluruh keluarga yang masih hidup untuk berkumpul. Anggota keluarga yang merantau ke tempat-tempat yang jauh pun akan sebisa mungkin berusaha pulang demi menghadiri upacara sakral itu sekaligus untuk melepas kerinduan pada kampung halaman.


Makam Batu Lemo (Doc : Tripadvisor)

4. Wisata Kompleks Megalit Bori Kalimbuang

Sebuah tempat yang unik dimana para sebuah lahan yang cukup luas terdapat banyak sekali situs kuno yang dijuluki Bori Kalimbuang yang memiliki arti kuburan batu serta Rante yang artinya lapangan rumput luas yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan pemakaman.

Tempat ini terdapat banyak batu menhir (batu berdiri) yang sengaja didirikan sebagai bukti menghormati para tetua adat atau pun keluarga bangsawan yang telah meninggal ratusan tahun silam. Proses pembentukan Batu menhir itu harus melalui sebuah ritual panjang.

Situs Megalith ini adalah salah satu dari sembilan yang ditetapkan sebagai objek wisata sebagai warisan dunia UNESCO budaya di Toraja Utara.


Megalit Bori Kalimbuang (Doc : Tempo)
5. Wisata pango-pango

Merupakan sebuah agro wisata di Tana Toraja. Menyajikan keindahan alam yang indah dengan panorama mengagumkan, disamping itu suasana dan udara disekitarnya pun terasa sejuk. Karena lokasinya yang berada di atas perbukitan, tempat ini kerap kali dinamai negeri di atas awan.

Penggambaran keindahan pemandangan Pango-pango ini sudah terekam dalam salah satu scane di Film Filosofi Kopi 2. Ketika memasuki kawasan pango-pango hamparan pepohonan dan belukar membentang memberi suasana asri. Keindahan pemandangan kota makale pun bisa terlihat dari puncak perbukitannya.
Bukit Ppongo-Pongo (Doc: WisataDestinasi)
Setelah mengelilingi Tana Toraja, saatnya kembali ke kota asal. Akan tetapi rasanya cukup disayangkan jika tidak mengeksplore Makassar sekalian, sebab ada berbagai tempat yang cukup ikonik juga di kota berjuluk Angin Mamiri ini. diambil dari lagu daerah asalnya, sebagaimana suasana Kota Makassar yang identik dengan pantai serta angin lembut berhembus semilir dari laut setiap siang dan sore hari. Memiliki iklim tropis yang hangat dengan suhu antara 24-45 derajat celcius. Disamping itu banyak kuliner lezat yang sayang jika dilewatkan.

Untuk singgah dan bermalam rasanya tidak sulit menemukan penginapan, berbekal pengalaman memilih properti di RedDoorz tidak mengecewakan sebab servicenya terbilang bagus dimana linen bersih, kamar mandi bersih, perlengkapan mandi lengkap, televisi, air mineral dan WI-FI gratis. Dan untuk di Makassar, ReDoorz juga sudah tersedia. Proses booking mudah sebab bisa diakses lewat website, maupun aplikasi yang bisa di unduh di playstore. Pemesanannya pun sangat praktis sebab sudah terintergrasi dengan berbagai perbankan nasional.
Service RedDoorz

Proses booking di RedDoorz :

1. Buka aplikasi atau website RedDoorz jangan lupa untuk mendaftarkan diri

2. Kemudian dalam pencarian, pilih kota tujuan (Dalam hal ini Saya pilih Kota Makassar).

3. Jangan sampai salah menginput waktu chekin dan chekout properti.

4. Setelahnya akan muncul berbagai properti pilihan yang tersedia
Aneka Pilihan Properti RedDoorz
5. Klik properti yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan akomodasi

6. Klik detail properti, biasanya akan di infokan peta atau rute properti, waktu serta kebijakan jam chek in dan chek out. Setelah dirasa sudah pas langsung klik pesan sekarang.

7. Cek lagi detail biaya biasanya sudah. Terangkum jelas biaya properti satu kamar serta sudah include pajak kemudian klik tab biaya sekarang

8. Pilih jumlah pembayaran ada beberapa opsi mulai dari transfer bank, kartu kredit serta beberapa minimarket
Pilihan Pembayaran RedDoorz
9. Setelah di pilih akan keluar instruksi pembayaran. Misalnya memilih by transfer maka di tab utama akan di infokan virtual acount untuk pembayaran. Akan di infokan pula nomor refrensi bookingan serta batas waktu pembayaran kurang lebih 60 menit. (Biasanya info akan ter link by email di akun terdaftar)

10. Nah, asyiknya lagi setelah semua proses dan sudah chek out nanti, user akan menerima rewards tertentu dalam bentuk redCash. Kan lumayan untuk pemesanan berikutnya mendapat potongan biaya by redCash.

Mengingat Makassar adalah salah satu kota besar yang ada di pulau sulawesi serta sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi sulawesi selatan hingga tak heran cukup banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Dan yang tak boleh terlewat dari Kota ini untuk dikunjungi adalah :

- Pantai Losari
Pantai Losari (Doc: SatriaKreatifMakassar)
Sebagai landmark kota Makassar, Pantai Losari wajib untuk di kunjungi. Pantai cantik ini membentang di sepanjang barat kota Makassar sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan apapun. Begitu memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disajikan dengan taman yang luas. Setiap sudut pantai ini di tata dengan apik dan sangat fotogenik. Banyak kegiatan yang bisa  dilakukan ditempat ini mulai dari jalan santai, hunting foto, naik perahu karet sampai Kapal Phinisi.

- Masjid Terapung

Masjid AL-Fatih Al Anshar (DocL Hallo Muslim)
Nama asli masjid ini adalah Masjid Al-Fatih Al-Anshar. Lokasinya berada di Jl. Batua Raya Kota Makassar atau sekitar 14,5 km dari bandara. Masjid ini berada di dekat Pantai Losari. Desainnya sangat unik apalagi strukturnya karena bangunan ini berdiri di atas laut. Itulah kenapa masjid ini disebut masjid terapung. Pengunjung bisa datang kesini kapan saja, tapi jika datang pas menjelang maghrib, maka akan mendapat moment mengagumkan dari sunset nan eksotis.

- Benteng Fort Rotterdam


Benteng Fort Rotterdam (Doc: RakyatMerdeka)
Benteng Ujung Pandang, begitulah nama benteng ketika masih dijadikan sebagai markas pasukan Kerajaan Gowa. Benteng yang dibangun  sekitar abad ke-15 oleh Raja Gowa ke-9 memiliki luas bangunan mencapai 3 hektar.

Benteng yang juga menjadi tempat pembuangan Pangeran Diponegoro ini berbentuk seperti penyu. Raja Gowa membangun dengan alasan Kerajaan Gowa dapat berjaya di laut.

- Menikmati Kuliner Pisang Epe dan Sarabba

Selain tempat yang unik dan ikonik, singgah ke Makassar maka tak boleh melewati untuk mencicipi Kuliner Pisang Epe dan Sarabba. Ketika masih panas, Pisang Epe cocok disantap dengan sarabba. Sarabba merupakan minuman hangat khas Makassar berbahan dasar gula merah, jahe, santan, susu, garam, merica, biji pala, dan kayu manis.  Ditenggarai juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, mengatasi perut kembung, dan mengobati flu. Tak perlu mengocek biaya terlalu dalam sebab harganya sangat bersahabat.

- Bersantap Nikmat Pallu basa

Makanan berkuah yang menjadi makanan khas Makassar, pallu basa namanya. Jika dilihat sekilas, pallu basa memang hampir mirip dengan coto Makassar. Namun, bedanya adalah penggunaan santan kental dan kelapa parut sangrai di dalamnya, juga penambahan telur. Menggunakan daging sapi beserta jeroannya sebagai bahan baku (isiannya). Daging dan jeroan itu diolah dengan cara direbus lama di wadah tersendiri hingga empuk, kemudian dipotong kotak-kotak tampilan warna lebih kuning pekat dengan beberapa rempah. Cita rasa tajam yang khas dan bumbu yang beragam membuat siapapun akan ketagihan untuk terus mencicipinya.

Sulawesi selatan khususnya Toraja dan Makassar memiliki potensi mengesankan dari segi wisata. Keindahan alam, budaya dan keunikan topografi wilayahnya menjadi tempat tujuan menarik untuk dikunjungi.

Rabu, 06 Maret 2019

KoinWorks Cara Investasi Dengan Mudah

Mengelola Keuangan dengan Dana Darurat dan Investasi (Doc. Pixabay)
Mengelola keuangan dengan baik pastinya menjadi pertimbangan untuk diprioritaskan bagi setiap individu, terlebih jika sudah berkeluarga. Tentu saja dibutuhkan kecermatan dalam mengatur arus uang yang masuk dan keluar sehingga terlihat nilai manfaatnya. Oleh karenanya, pertimbangan menyiapkan dana darurat untuk mempersiapkan segala keperluan tak terduga bisa kerap kali menjadi pilihan untuk dilakukan.

Ibarat sebuah peribahasa sedia payung sebelum hujan, dana darurat perlu disiapkan jauh-jauh hari, karena sebagai manusia Kita tidak bisa memprediksi kapan musibah datang dan dibutuhkannya dana darurat. Dalam situasi genting, pasti tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Termasuk dari sisi kesiapan keuangan. Oleh karenanya sebelum terlambat, patut lah kiranya memperhitungkan dana darurat dalam pengelolaan keuangan sedini mungkin.

Salah satu cara untuk mempersiapkan dana darurat adalah menyisihkan sedikit uang penghasilan bulanan dan menabungnya. Para pakar keuangan menyebutkan bahwa untuk memiliki persiapan pengelolaan keuangan perlu adanya dana darurat beserta investasi. Ini menjadi salah satu langkah untuk mempermudah dalam mencapai berbagai tujuan di dalam keuangan di kehidupan.