Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 27 Februari 2023

Makin Cerdas ! Inilah 6 Cara Terhindar dari Investasi Bodong

Media online atau televisi sering memberitakan tentang kasus investasi bodong yang marak terjadi. Kamu mungkin pernah mendengarnya atau bahkan mungkin pernah mendapatkan penawaran investasi dengan janji hasil keuntungan berlipat ganda. Sebenarnya investasi bodong adalah penipuan berkedok investasi dan sangat mudah dilakukan melalui aplikasi investasi bodong. Hal ini terjadi akibat kurangnya pemahaman investasi dan keuangan di masyarakat. Kebutuhan hidup yang terus meningkat dan tidak sejalan dengan penghasilan yang didapat membuat masyarakat mudah tergiur dengan penawaran keuntungan cepat melalui investasi bodong.

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/photo/young-troubled-woman-using-laptop-at-home-3755755/

Ciri yang paling umum dari investasi bodong adalah menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Tidak ada investasi yang bisa didapat dalam waktu cepat dengan hasil yang besar, apalagi dengan modal kecil. Semakin besar keuntungan yang dijanjikan, maka semakin besar pula risiko yang bisa di dapatkan. Kamu mungkin berhasil mendapatkan keuntungan lumayan pada investasi jangka panjang atau dengan menyediakan modal yang besar.

Cara Cerdas Terhindar dari Investasi Bodong

Maraknya penipuan berkedok investasi atau investasi bodong ini sangat meresahkan, apalagi bagi calon investor pemula yang belum memiliki pengalaman berinvestasi. Untuk mendapatkan investasi yang benar, sebaiknya Kamu mempelajari seluk beluk investasi serta lembaga keuangan yang menyediakan layanan investasi. Cari tahu aplikasi investasi terpercaya melalui rekomendasi atau bukti-bukti dari sumber yang terpercaya pula. Lakukan cara cerdas berikut ini agar Kamu terhindar dari investasi bodong.


1. Cari informasi lengkap perusahaan

Ketika penawaran investasi datang padamu, hal pertama yang wajib di lakukan adalah dengan memeriksa kelengkapan data perusahaan investasi tersebut. Apakah nama perusahaan terdaftar resmi sebagai penyedia jasa investasi, di mana kantor pusatnya, performa perusahaan, produk yang ditawarkan, dan kalau diperlukan cari data jumlah karyawannya. Data lengkap dan jelas yang dimiliki perusahaan dapat Kamu pertimbangkan apakah perusahaan tersebut layak Kamu pilih dan yakini bahwa produk yang ditawarkan bukan investasi bodong. 

Umumnya, investasi bodong tidak pernah memberikan data lengkap perusahaan. Hanya melalui ucapan atau data yang dibuat dengan asal-asalan saja.

2. Minta data performa perusahaan

Perusahaan investasi yang benar akan memberikan data performa perusahaan dalam mengelola dana investasi yang telah masuk sebelumnya. Hal ini menjadi ciri penting yang tidak dapat diberikan oleh perusahaan bodong. Data performa perusahaan dapat Kamu pelajari, apakah dana investasi Kamu layak dikelola oleh perusahaan tersebut atau tidak.

3. Periksa legalitas Perusahaan

Jika Kamu ingin berinvestasi pada unit usaha umum, maka periksalah legalitas perusahaan tersebut. Apakah memiliki izin usaha serta dokumen penting lainnya. Untuk investasi keuangan online, maka Kamu wajib memeriksa apakah perusahaan penyedia aplikasi investasi tersebut terdaftar di bawah pengawasan OJK,BI, BAPPEBTI, atau BAPEPAM, dan memperoleh izin resmi operasional mengumpulkan dana investasi masyarakat atau tidak.

4. Pelajari proposal rencana bisnis

Pelajari proposal rencana bisnis perusahaan dengan teliti dan cermat. Umumnya, proposal rencana bisnis akan memaparkan tujuan bisnis hingga proyeksi keuntungan yang bisa didapatkan. Kamu bisa menghitung antara modal, jangka waktu, serta kemungkinan hasil usaha. Jika di antara ketiganya terdapat kejanggalan, jangan ragu untuk bersikap kritis dan minta penjelasan lebih detail dari marketing atau promotor bisnis yang menawarkan proposal tersebut. 

5. Jangan mudah tergiur keuntungan besar

Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun Kamu juga harus memahami bahwa keuntungan berbanding lurus dengan risiko. Artinya semakin besar proyeksi keuntungan yang akan diperoleh, maka semakin besar pula risiko yang Kamu dapatkan. Kemungkinan Kamu mengalami kerugian karena investasi tidak berjalan sesuai rencana. Atau bisa juga keuntungan besar yang ditawarkan hanyalah iming-iming palsu agar Kamu tertarik pada penipuan berkedok investasi. 

6. Cari tahu produk yang ditawarkan melalui rekomendasi

Data selanjutnya yang wajib Kamu dapatkan adalah rekomendasi jujur dari pengguna produk atau investor sebelum Kamu. Apakah produk yang ditawarkan memang tersedia di pasaran dan memiliki konsumen yang jelas? Apakah aplikasi investasi yang Kamu unduh di smartphone telah direkomendasikan pengguna lainnya dan mendapatkan rating serta review jujur dari investor sebelum Kamu? Lengkapi data yang di butuhkan sebelum memutuskan berinvestasi agar tidak mudah terjebak dengan investasi bodong.

7. Hindari penawaran dari broadcasting aplikasi chat

Kemungkinan besar, penawaran investasi melalui broadcasting aplikasi chat adalah investasi bodong. Kamu mungkin pernah mengalami seseorang yang tidak Kamu kenal memasukkan nomor ponselmu ke dalam grup chat yang berisi penawaran investasi. Admin grup bahkan memberikan bukti-bukti transfer keuntungan investasi agar Kamu tertarik. Percayalah, investasi yang benar tidak akan dilakukan dengan cara-cara seperti itu. 

Investasi Aman Melalui Aplikasi digibank by DBS

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-duduk-di-sofa-sambil-melihat-ponsel-dengan-laptop-di-pangkuan-920382/

Sejumlah aplikasi investasi beredar di pasaran menandai pertumbuhan investasi digital di Indonesia yang berkembang pesat. Namun begitu, tidak semua aplikasi tersebut aman dan terpercaya, banyak juga aplikasi bodong yang ingin menipu investor pemula dan mengambil dana mereka. Cermatlah dalam memilih aplikasi yang menjalankan dana investasi Kamu di jalur yang benar. Bersikap bijak dan tidak mudah tertarik dalam jebakan promosi yang ditawarkan.

Aplikasi digibank by DBS hadir sebagai aplikasi investasi terpercaya untuk kebutuhan investasi Kamu. tersedia data dan performa perusahaan serta legalitas secara lengkap dan jelas untuk Kamu pelajari. Produk yang ditawarkan merupakan solusi kebutuhan investasi Kamu. Jika Kamu seorang investor pemula, Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman dan cara mudah berinvestasi. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, antara lain:

  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Tersedia kemudahan dalam investasi dan asuransi
  • Tersedia produk Kartu Kredit, dan pinjaman

Berperilaku cerdas dalam memilih investasi akan membuat Anda terhindar dari aplikasi investasi bodong. Jangan sampai niat berinvestasi dan memperoleh keuntungan, justru malah menjadi bumerang dan mendatangkan kerugian besar untuk Kamu. Gunakan Aplikasi digibank by DBS, aplikasi terbaik dan terpercaya seperti yang menjadi solusi investasi Kamu. Segera dapatkan informasi selengkapnya di https://www.dbs.id/digibank/id lalu mulailah berinvestasi.

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Sekarang investasi jadi andalan dalam dunia bisnis untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Akan tetapi, investasi tidak semudah yang dibayangkan karena di tengah maraknya bisnis juga banyak penipuan. Jadi harus bijak dalam memilih layanan investasi, terima kasih informasinya!