Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 13 Desember 2022

Cara Investasi Reksadana Modal Kecil, Bisakah Menguntungkan ? Simak 7 Tipsnya

Beberapa tahun terakhir, sejak terjadi pandemi banyak investor pemula yang tertarik melakukan berbagai instrumen investasi, salah satu yang menjadi pilihan adalah investasi reksadana. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui cara investasi reksadana bagi investor pemula dengan modal kecil. Bisakah Menguntungkan? 

Sumber Gambar : 
https://www.freepik.com/free-photo/financial-income-economic-diagram-money-concept_16455539.htm

Sebenarnya tidak ada yang salah jika langsung berkecimpung dalam investasi reksadana tanpa harus memahami lebih dulu tentang cara investasi reksadana. Namun, bagaimana bisa menguasai jika tanpa memahami pengertian reksadana lebih dulu. Reksadana merupakan salah satu investasi yang pengelolaannya dilakukan oleh manajer investasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk memulai cara investasi reksadana, sebenarnya masih berpeluang dengan tidak membutuhkan modal besar. Cukup menyediakan dana sebesar Rp. 100.000, maka sudah bisa mulai melakukan investasi. 

Tips Berinvestasi Reksadana Modal Kecil Tapi Untung

Sebagai investor, tentu ingin mengetahui cara investasi reksadana yang dilakukan hanya dengan modal kecil tapi mendapatkan untung maksimal. Nah, tipsnya apa saja? Simak ulasannya di sini!

1. Memahami Cara Kerja Reksadana

Pertama yang harus dilakukan oleh investor adalah memahami cara kerja investasi reksadana.  Cara kerja Investasi Reksadana terbilang mudah dipahami. 

Sebagai langkah awal, investor menitipkan uang kepada manajer investasi. Lalu, manajer investasi akan mengelola dana dari para investor tersebut dengan tujuan supaya mendatangkan imbal hasil atau keuntungan (return).

Selanjutnya, dana yang dipegang oleh Manajer investasi, nantinya akan ditempatkan di berbagai instrumen investasi seperti membeli saham, obligasi, deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan efek lainnya. 

Tak hanya menghimpun dana para investor, Manajer Investasi  manajer juga memantau portofolio secara rutin yang nantinya akan dilaporkan pada investor reksadana.

2. Menentukan Tujuan Investasi di Reksadana

Selanjutnya, harus menentukan tujuan investasi di reksadana, apakah untuk investasi jangka pendek atau jangka panjang? 

Setidaknya dengan menentukan tujuan investasi ini, akan lebih mudah mengatur keuangan.  Contohnya, jika tujuan memilih investasi Reksadana adalah untuk membeli rumah 5 tahun atau 10 tahun lagi, maka  harus rutin melakukan investasi di reksadana setiap bulannya sesuai dengan nominal target yang di inginkan. 

3. Mengetahui Jenis-jenis Reksadana

Jika ingin hasil investasi Reksadana mendapatkan untung maksimal, hal penting lainnya yang perlu di perhatikan adalah memahami jenis jenis Reksadana. 

Dengan tahu apa saja jenis Reksadana, tentunya ini akan memudahkan untuk memilih manakah investasi yang cocok untuk dijalankan. Apakah Investasi Reksadana pasar uang, Reksadana campuran atau lainnya. 

4. Memilih Reksadana Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Saat berinvestasi reksadana, sebaiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Dan pastikan memang memiliki budget untuk berinvestasi. 

5. Memahami Istilah-istilah Reksadana

Cara investasi Reksadana memang mudah dipelajari. Tetapi jika ingin mendapatkan untung maksimal, maka memahami istilah-istilah yang ada di investasi Reksadana online sangatlah penting. 

Alasannya sederhana, yakni dengan memahami beragam istilah di Investasi Reksadana akan memudahkan untuk mengatur strategi investasi yang tepat. 

6. Cek Track Record Reksadana Pilihan

Cara investasi reksadana yang tidak boleh dilewatkan oleh investor adalah mengecek track record reksadana yang ingin di beli. Apakah Track record Reksadana termasuk pada trend baik atau buruk. Tujuannya tak lain adalah untuk menghindari kerugian.

Setelah mengetahui track record-nya jangan lupa juga mencari reksadana yang sedang mengalami tren peningkatan. Sehingga nantinya saat memilihnya, pengembalian investasi reksadana online Yang di dapatkan memiliki nilai yang besar. 

7. Memahami Isi Prospektus

Para investor reksadana disarankan untuk membaca dan memahami salah satu hukum reksadana, antara lain dokumen prospektus, yang berisi tentang jenis reksadana, instrumen yang akan dibeli, serta informasi penting lainnya terkait reksadana.

Sumber Gambar : Freepik

Investasi Reksadana Makin Untung dengan Aplikasi Digibank by DBS

Investasi Reksadana online saat ini sudah semakin banyak. Namun, yang benar-benar terbukti kredibilitasnya belum banyak. oleh karena itu, disarankan untuk memilih aplikasi digibank by DBS yang sudah terbukti keandalannya. 

- Memiliki Pilihan Lebih dari 50 Produk

Terdapat lebih dari 50 produk yang bisa di pilih saat memutuskan untuk melakukan investasi reksadana di aplikasi digibank by DBS. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan. 

- Pilihan Kategori Reksadana

Agar investasi yang di jalankan mendapatkan keuntungan sesuai harapan, Aplikasi digibank by DBS menyediakan rekomendasi produk berdasarkan tiga kategori, yaitu produk dengan kinerja terbaik, produk terpopuler dan produk dengan scoring terbaik. Produk yang masuk dalam kategori-kategori ini didapat dari hasil pantauan performa secara berkala setiap bulan dan setiap tahun.

- Pembelian Berkala yang Fleksibel

Keuntungan yang bisa di dapatkan saat melakukan investasi reksadana menggunakan digibank by DBS yaitu tersedianya fitur pembelian berkala. Aplikasi tersebut menyediakan pembelian produk reksadana hingga Anda bisa konsisten setiap bulannya, serta bisa menentukan dan mengubah nominal pembelian selama investasi berkala masih berlangsung. 

- Daftar SID, Jual, Beli, Switch dalam Aplikasi

Jika menggunakan aplikasi digibank by DBS, maka akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pendaftaran SID, melakukan penjualan, pembelian dan switch hanya menggunakan satu aplikasi.

- Nominal Investasi terjangkau Sebesar Rp100.000

Keuntungan berikutnya, bisa dengan  melakukan investasi mulai dari nominal yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp100.000. Besarnya nominal tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi.

Menarik sekali bukan cara investasi reksadana di Aplikasi digibank by DBS? Tunggu apa lagi? Segera investasikan dana Kamu di digibank by DBS untuk membangun dan mengembangkan bisnis yang sedang di jalankan.

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Di perkembangan zaman yang pesat, perekonomian termasuk dunia bisnis juga sudah berkembang banyak, ya. Apalagi soal investasi yang populer dan jadi pilihan karena keuntungannya. Mantep memang investasi di reksadana, terima kasih informasinya!