Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 16 Desember 2022

5 Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ketika kondisi kurang sehat, tentu sangat tidak nyaman sehingga sering kali merasa lemas dan tidak berenergi sehingga bermacam agenda kegiatan pun terhambat. Itulah sebabnya, kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk di jaga. Sebagai sebuah pengingat. tau ga kalau setiap tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan untuk tahun 2022 ini telah memasuki tahun yang ke-58.

Sumber gambar : Freepik

Perubahan era globalisasi yang menuntut segalanya serba dinamis menggiring perubahan pola hidup mulai dari makan yang tidak sehat sampai istirahat tidak teratur dan tingginya arus mobilitas membuat sebagian orang mudah mengalami sakit dan juga depresi. Dari survei dan grafik kesehatan masyarakat inilah, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI selalu menghimbau mempromosikan gaya hidup sehat melalui CERDIK dan GERMAS yang juga banyak di ulas dalam artikel web blogger kesehatan.

CERDIK merupakan kependekan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik olah raga, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Sementara itu GERMAS, merupakan singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat agar masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Menjalankan gaya hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari pastinya mendatangkan manfaat jangka panjang.

Namun kembali lagi, segala ajakan tak akan berefek jika tidak didasari atas kesadaran diri akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit. Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar juga penting. Caranya dengan olahraga secara teratur dan menghindari tubuh kelelahan.

Bukan sekedar kesehatan fisik saja, dalam menerapkan pola hidup sehat banyak manfaat yang bisa di rasakan ketika secara rutin diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya :

- Mencegah berbagai macam penyakit

Hal paling mendasar bisa di rasakan ketika menjalankan pola hidup sehat tentu adalah berkurangnya risiko terkena berbagai penyakit. Termasuk penyakit bawaan yang mungkin diturunkan dari keluarga.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, tubuh akan dipenuhi lebih banyak nutrisi dan dapat meningkatkan metabolisme serta memperkuat imun.

- Menjaga kesehatan mental

Pola hidup sehat mampu menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga, sehingga siapapun yang menjalaninya dapat sehat sepenuhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin olahraga teratur yang ditenggarai bisa mengurangi stres, mempertajam daya ingat, serta membuat mood  menjadi lebih baik. 

- Memiliki kehidupan yang lebih teratur

Membiasakan hidup sehat berarti telah merencanakan kehidupan yang lebih teratur. Mulai dari jam tidur, olahraga, hingga makanan apa saja yang akan di makan. Dengan demikian kehidupan akan lebih tertata dan teratur serta dusiplin ketika menjalani beragam aktifitas sehari-hari.

- Meningkatkan produktivitas

Lebih memiliki semangat dan energi dalam melakukan beragam aktifitas menjadikan diri lebih produktif. Namun untuk mencapai hal itu tentunya memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk menjalani kegiatan.

Dengan menjalani pola hidup sehat serta di seimbangkan dengan memakan makanan yang bernutrisi, ternyata cukup berpengaruh terhadap fungsi otak. Selain tubuh lebih sehat, otak juga dapat berfungsi lebih optimal.

- Mengontrol berat badan

Menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur serta menjaga makan dan rutin berolahraga dapat memberi manfaat pada kontrol berat badan, jadi lebih terjaga di batas normal. Ketika berat badan terjaga, badan akan terasa lebih ringan dan tidak akan mudah lelah ketika melakukan banyak aktivitas.

Jadi teringat kawan yang juga merupaka seorang blogger semarang "meski bisa dimulai dari kebiasaan kecil, namun penerapan pola hidup sehat memang bukan perkara mudah. Sebab, salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah mempertahankan kebiasaan tersebut hingga jangka panjang."

Jangan abai juga, ketika kondisi tubuh merasa kurang nyaman dan tidak sehat harus segera berobat ke layanan fasilitas kesehatan. Pemerintah melakukan beberapa upaya untuk menguatkan pelayanan kesehatan negeri salah satunya melalui regionalisasi rujukan dengan penguatan sistem rujukan baik di tingkat Kabupaten, Regional, maupun Nasional yang juga di imbangi oleh mutu baik fasilitas serta penyelenggara layanan kesehatan.

Tidak ada komentar: