Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 25 Desember 2023

Rekomendasi Mainan Edukatif Mengasah Motorik Anak dan Tips Memilih

Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan cara bermain, sehingga sering dikatakan jika dunia anak adalah dunia bermain. Ada berbagai pembelajaran atau kreativitas yang bisa kamu gunakan saat bermain bersama anak. Salah satunya dengan mengasah kemampuan yang dimiliki, seperti motorik halus, motorik kasar, empati, kreativitas serta daya ingat.

sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/little-girls-and-boys-having-fun-playing-with-colorful-balls-8613146/

Alasan inilah yang membuat banyak mainan anak diciptakan untuk mengasah berbagai kemampuan tersebut. Dalam hal ini orangtua mempunyai peran penting untuk memilih mainan yang tepat untuk anak. Berbagai metode pembayaran juga ditawarkan untuk memberikan kemudahan, salah satunya dengan QRIS. Untuk mengetahui rekomendasi mainan edukasi yang dapat mengasah motorik anak, kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Mengasah Motorik Anak

Mainan tak sekedar memberikan kesenangan pada anak, tapi juga harus bisa mengembangkan berbagai kemampuan, salah satunya motorik halus. Mainan tersebut dijual dengan harga yang sangat beragam di toko mainan anak. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan budget, kemudian bayar pakai qris. Berikut ini berbagai mainan yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan berbagai keterampilan anak, antara lain :

Mainan Puzzle

Kamu bisa membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan memberikan mainan puzzle. Selain itu ketekunan anak juga akan terasah serta kemampuan dalam memecahkan berbagai masalah. Kamu bisa memilih puzzle dengan tingkat kesulitan sesuai dengan usianya.

Mainan Blok bangunan

sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/little-girl-playing-with-wooden-blocks-at-home-3933030/

Blok bangunan merupakan mainan yang cocok untuk melatih imajinasi serta kemampuan berkreasi anak. Permainan ini dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus serta memudahkan anak untuk mempelajari ukuran dan bentuk.

Mainan Berbentuk Konstruksi

Untuk meningkatkan kreativitas anak kamu bisa memilih mainan seperti Mega Blok atau Lego. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan motorik anak serta mengajarkan konsep kestabilan dan struktur.

Mainan Ilmiah atau Sains

Tidak semua mainan sains bisa membuat orangtua menjadi pusing. Kamu bisa memberikan mainan eksperimen kimia sederhana untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak akan sains. Kamu juga bisa membelikan kit ilmiah kecil atau teleskop agar dapat membantu anak dalam memahami prinsip ilmiah dengan lebih interaktif.

Buku Cerita

Biasanya mainan ini lebih banyak diminati anak-anak. Untuk menarik perhatian anak-anak, kamu bisa membeli buku cerita yang dilengkapi elemen interaktif seperti suara atau gambar bergerak. Buku ini akan membantu anak dalam meningkatkan keterampilan membaca serta membantu anak terlibat dalam cerita.

Lantas, bagaimana tips memilih mainan edukasi untuk anak? Simak penjelasannya.

Tips Memilih Mainan Edukasi yang Mengasah Motorik Anak

Banyaknya mainan yang tersedia di toko bisa membuat para orangtua bingung memilih mainan yang bermanfaat untuk mengasah perkembangan otak dan kreativitas anak. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk memilih mainan edukasi yang dapat mengasah kemampuan motorik anak, yaitu :

Memilih Mainan Sesuai dengan Usia

Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan usianya. Kamu tidak bisa memilih sembarang mainan dan menyesuaikan usianya agar anak bisa bermain sambil belajar dengan nyaman.

Awali Membeli Mainan Sederhana

Untuk mengenalkan mainan pada anak, kamu bisa membelikan mainan yang bersifat sederhana. Untuk itu kamu tidak harus pergi ke toko mainan, kamu bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah seperti menyediakan mangkuk plastik dan sendok. Selain itu, kamu bisa membebaskan anak untuk membuat coretan apa saja atau menyiapkan kertas origami.

Memperhatikan Bahan Mainan

Ketika membeli mainan untuk anak, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih bahan mainan yang aman sesuai dengan usianya. Kamu juga bisa memilih bahan yang ramah lingkungan serta dapat didaur ulang, seperti kain, kayu, bambu dan lainnya.

Bebas dari Magnet

Penting sekali untuk memilih mainan anak agar terbebas dari magnet. Pasalnya bahan ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak jika sampai tertelan. Jadi sebelum membeli mainan, pastikan mainan tersebut terbebas dari magnet atau bahan berbahaya lainnya.

Mengembangkan Daya Kreativitas Anak

Pada dasarnya mainan edukatif sangat diperlukan untuk membantu menumbuhkan kreativitas anak. Idealnya mainan yang bermanfaat adalah mainan yang dapat membantu eksplorasi anak secara aktif, meningkatkan kreativitas serta kecerdasan anak.

Merangsang Daya Imajinasi

Penting sekali untuk menyediakan mainan anak yang dapat merangsang imajinasi, seperti buku cerita dan boneka jari. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan barang-barang sederhana seperti selimut, paying, kursi dan lainnya. Kamu tidak perlu khawatir jika anak berbicara sendiri untuk membuat simulasi dari barang-barang yang ada di sekitarnya.

Aktivitas ini dilakukan anak yang sedang berimajinasi dengan dunianya. Tidak menjadi masalah jika rumah kamu menjadi berantakan, asalkan anak bermain dengan senang dan tidak membahayakan dirinya.

Berbagai mainan tersebut ada yang bisa kamu ambil dari barang-barang sederhana di rumah, namun ada pula yang harus dibeli di toko mainan anak. Dapatkan kemudahan dengan cara bayar pakai qris dengan membeli mainan sesuai usia anak. 

Perkembangan mainan anak yang semakin beragam telah tersedia sesuai dengan kebutuhan usianya. Untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi dalam melakukan pembayaran melalui digibank QRIS.

Selain itu, digibank QRIS menawarkan limit 10 juta setiap transaksi tiap harinya. Tentu ini membuatmu lebih leluasa dalam menentukan budget untuk membelikan mainan anak. Sedangkan untuk menghemat belanja, kamu bisa nikmati promo menarik di merchant pilihan.

Yuk, beli sekarang juga mainan edukatif untuk anak dengan kemudahan transaksi pembayaran menggunakan digibank QRIS. Untuk informasi produk dari digibank by DBS lainnya, silakan cek di https://www.dbs.id/digibank/id .


6 komentar:

Mugniar mengatakan...

Tips di atas memang benar banget. Mainan2 yang disebutkan, sekilas seperti sekadar mainan padahal manfaatnya bagi anak signifikan dalam mengasah kecerdasan dan motoriknya.

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, anak-anakku sih paling senang main puzzle, membaca buku cerita dan menyusun lego. Membelikan mereka mainan edukatif memang harus, agar melatih keseimbangan motorik, menambah wawasan, bersosialisasi jika main bersama. Mantap nih kalau bayarnya pakai QRIS dengan Digibank.

Helenamantra mengatakan...

Oh mainan magnet bahaya ya? Aku punya magnetic building block kesukaan anakku. Termasuk aman, magnetnya tidak mudah lepas. Bagus buat kognitif dan motorik halus anak.

Lita Chan Lai mengatakan...

Tipsnya bermanfaat banget nih. Kebetulan sasqia ada dalam masa ini.
Dia suka mewarnai, memindahkan barang, menuang air, dll

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Mainan anak-anak sekarang sangat edukatif, jadi banyak pilihan juga. Dari usia 0 bulan malahan. Jadi, anak-anak dapat mainan sesuai sama usianya.

Diah Alsa mengatakan...

berhubung anak-anakku cowok semua, seringnya sih saya kasih mainan balok seperti lego yang mereka bisa susun dan bentuk lalu puzzle juga, senang rasanya kalau mereka bisa aktif dan ceria bermain permainan macam ini.