Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 02 Oktober 2022

5 Drama Korea Bertema Noona Romance

Dalam sebuah hubungan asmara, perbedaan usia adalah hal yang begitu wajar terjadi. Umumnya mungkin sebagian besar pasangan adalah ketika pria-nya memiliki usia lebih tua dari wanitanya. Dan ada kalanya seumuran. Namun, jika sebaliknya dimana pasangan ketika si wanita memiliki usia lebih tua dari pria-nya hal itu masih dianggap tabu bagi sebagian masyarakat timur yang memang kurang umum menjalin hubungan dengan perempuan yang lebih berusia dewasa. Meski saat ini juga sudah sering dijumpai hal demikian.


Tetapi pada kisah dalam drama korea yang mengangkat tema "Noona Romance" terkadang dikemas begitu menarik, sweet dan romantis yang kadang di bumbui juga dengan komedi. Seakan menegaskan 'umur hanyalah sekedar angka'.

Dalam tradisi korea, sapaan Noona (dibaca nuna) merupakan panggilan kakak perempuan oleh adik laki-laki. Tidak mesti adik kandung laki-laki, semua laki-laki yang lebih muda harus memanggil noona kepada wanita yang lebih dewasa.

Drama Korea Noona Romance atau cerita mengenai hubungan wanita yang memiliki usia lebih dewasa dengan laki-laki yang usianya lebih muda ini memberi kisah berliku yang dijalani mereka dalam menyikapi perbedaan umur. Dan berikut 5 diantara drama korea bertema Noona Romance yang pernah aku saksikan dan menarik jalan ceritanya. :

1. When the Camellia Blooms (2019)

Sumber Gambar : KBS2

Bercerita tentang perjuangan hidup yang berat serta rumit dan harus dilalui oleh seorang ibu tunggal bernama Dong Baek (Gong Hyo Jin) sedangkan putranya bernama Pil Goo (Kim Kang-Hoon). Mereka baru pindah meninggalkan Seoul dan berharap bisa membuka lembaran baru dengan pindah ke kota kecil Ongsan yang terkenal dengan wisata kulinernya.

Untuk menyambung hidup, Dong Baek mulai membuka sebuah bar yang diberi nama ‘Camellia’. Hanya dalam beberapa waktu saja bar tersebut langsung laris dan didatangi oleh banyak orang setiap harinya. Terlebih, Dong Baek  memiliki paras yang cantik sehingga membuat banyak laki-laki di kota kecil tersebut begitu mengaguminya.

Rupanya statusnya sebagai ibu tunggal tanpa suami mengundang pembicaraan di sekitar tempat tinggalnya,ditambah dengan bisnisnya yang tergolong lebih laku dibandingkan toko lain didekatnya, membuat ibu-ibu di sekitar rumahnya merasa iri dan risih dengan kehadirannya. Itulah sebabnya mereka mulai sering menggosipkan hal-hal buruk tentang Dong Baek. 

Sampai suatu hari, seorang polisi bernama Hwang Yong Sik (Kang Ha Neul) yang baru dua kali bertemu dengannya menyatakan perasaan padanya. Padahal Yong Sik sama sekali belum mengetahui apa pun tentang masa lalu Dong Baek sepenuhnya.

Dong Baek tidak begitu saja menerima perasaan Yong Sik, apalagi dia masih muda dan pantas bahagia dengan wanita lain, yang lebih baik dan seusia dengannya. Yong Sik memperlihatkan kesungguhannya, sampai kemudian perlahan Dong Baek membuka hati. Akan tetapi ketika ingin merengkuh kebahagiaan cobaan dan rintangan belum cukup membuat Dong Baek tentram apalagi disaat harus menghadapi ibu Yong Sik yang tidak merestui hubungan mereka dan mantan kekasih yang tiba-tiba muncul kembali.

Selain itu Dong Baek juga semakin diliputi kecemasan ketika menjadi target pembunuh berantai yang berkeliaran di Ongsan karena diduga Ia menjadi saksi saat kejadian pembunuhan berlangsung.

Drama besutan KBS2 TV ini tidak melulu membahas hubungan percintaan antara Dong Baek dan Yong Sik seperti drama pada umumnya, tetapi lebih menekankan pada kehidupan orang-orang biasa di sebuah kota kecil, lengkap dengan permasalahan hidup mereka. 

When the Camellia Blooms  menjadi drama yang paling banyak memboyong piala dalam gelaran penghargaan sinema bergengsi di Korea Selatan serta dinobatkan sebagai drama yang mendapat titel penghargaan tertinggi “Daesang” (Grand Prize). Bahkan aktor Kang Ha Neul meraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik pada Baeksang Arts Awards ke-56 ini.

2. High School King Of Savvy (2014)

Sumber Gambar : Forum Soompi

Mengisahkan tentang seorang pemuda yang masih duduk kelas 3 SMA berusia 18 tahun bernama Lee Min Seok (Seo In Gook). Ia terpaksa merahasiakan identitas dirinya dan menyamar sebagai direktur divisi retail sebuah perusahaan bernama Comfo. 

Seharusnya jabatan tersebut di duduki kakak laki-laki Min Seok yang bernama Hyung Seok (diperankan juga oleh Seo In Gook). Namun karena alasan yang belum diketahui jelas di awal cerita, kakaknya itu tidak bisa kembali ke Korea Selatan untuk sementara waktu. Berhubung Hyung Seok dan Min Seok itu memiliki wajah yang mirip secara fisik (padahal bukan kembar dan bedanya 10 tahun-an) akhirnya Hyung Seok meminta bantuan Min Seok untuk menyamar sebagai dirinya selama dua bulan.

Namanya juga anak SMA, disuruh masuk dunia kerja pasti banyak tidak pahamnya. Di drama ini banyak membahas bagaimana cara Min Seok mengakali ketidaktahuannya soal bidang pekerjaan kakaknya. Di perusahaan ini, Min Seok bertemu lagi dengan wanita di bus. Adalah Jung Soo-young (Lee Ha Na), seorang pegawai kontrak super nerd yang naksir berat sama direktur proyeknya Yoo Jin-woo (Lee Soo-hyuk) yang kalem dan dingin. 

Lambat laun karena sering terjebak di situasi yang sama, Min Seok perlahan jatuh cinta dengan Soo Young yang notabane usianya 10 tahun lebih dewasa darinya. Tapi Min Seok keras kepala, Ia bersedia melakukan apa pun untuk merebut hati wanita yang disukainya. Min Seok melakukan beragam cara untuk menarik perhatian wanita yang di sukai selayaknya anak seusianya. 

Soo Young awalnya jengkel dan malas berhubungan dengan Min Seok karena kelakukan gilanya, tapi lama-lama terpikat  juga dan mulai melupakan Jin Woo karena lelaki dingin itu selalu menolaknya. Disisi lain Jin Woo yang punya father issue ini mulai merasa tersaingi oleh Min-seok/Hyung-seok di kantor.

Tanpa diketahui semua staff, CEO di perusahaan tersebut ternyata adalah ayah Jin Woo yang tampaknya lebih menyukai 'Hyung Seok' karena pembawaannya yang supel dan ide-ide segarnya. Persaingan dua pria itu semakin memanas karena bukan hanya sekedar perihal pekerjaan, Jin Woo yang mulai merasa nyaman dengan Soo Young berusaha menarik perhatiannya kembali.

Drama yang tayang di tvN ini bisa dikatakan ada beberapa cerita yang rasanya agak kurang masuk akal untuk sebuah real life. Tetapi karena ini hanya sebuah drama bisa dikatakan sangat menghibur. Apalagi akting Seo In Gook sebagai anak SMA cukup dapat dengan sikap kegilaan khas remaja yang mencari jati diri.

3. Something In the Rain (2018)

Sumber Gambar : Soompi

Berkisah tentang seorang perempuan dewasa berusia pertengahan 30 tahunan bernama Yoon Jin Ah (Son Ye Jin) yang bekerja sebagai store supervisor di sebuah coffee franchise. Bisa dikatakan Jin Ah kurang beruntung dalam hubungan romantis karena sikapnya yang agak ceroboh. Wanita ini bahkan dicampakkan oleh seorang pria yang berniat menikahinya.

Suatu hari Jin Ah bertemu kembali dengan Seo Joon Hee (Jung Hae In) yang baru kembali dari Amerika. Joon Hee sendiri sebenarnya adik sahabat Jin Ah bernama Seo Kyung Sun sekaligus sahabat adik lelaki Jin Ah bernama Yoon Seung Ho. 

Perbedaan usia mereka sekitar 4 tahun. Saat kecil keduanya tumbuh bersama tapi semua berubah ketika dewasa. Seiring kebersamaannya, semakin lama Jin Ah dan Joon Hee mulai tumbuh rasa sayang yang melebihi dari sekedar kakak beradik. Selepas pulang dari luar negara,  Jin Ah merasakan bahwa Joon Hee sudah banyak berubah. Dia kini lebih tampan, bijak dan matang dibanding dulu. Rupanya diam-diam Joon Hee telah lama menaruh hati kepada Jin Ah. Sedangkan Jin Ah mulai menemukan rasa nyaman pasca patah hati yang dirasakan.

Mereka pun menjalin hubungan asmara, tentu saja semuanya tidak mudah lantaran jarak umur menjadi halangan utama. Padahal mereka saling mengisi satu sama lain, Jin Ah meski usianya sudah dewasa, seringkali  masih bersifat kekanakan dengan membuat ulah dan membahayakan dirinya sendiri. Namun hal tersebut berkurang setelah ia berpacaran dengan Joon Hee. Jin Ah menjadi lebih menghargai dirinya dan hati-hati dalam bertindak.

Salah satu faktor yang memungkinkan terjadinya hubungan antara dua orang dengan perbedaan usia yang jauh adalah kedewasaan. Meski jauh lebih muda, dalam banyak hal Joon Hee bersikap lebih dewasa daripada Jin Ah.

Ketika masa penayangannya drama yang tayang di JTBC ini cukup populer dan mendapat sambutan hangat penonton. Bahkan sampai mendapat penghargaan sebagai Best Drama Series di ajang Korea Contents Awards (2018) dan 23rd Asian Television Awards (2019).

4. Romance is a Bonus Book (2019)

Sumber Gambar : Soompi

Drama yang ditayangkan di TV kabel tvN. Ini menceritakan tentang Kang Dan Yi (Lee Na Young), seorang mantan penulis yang pernah memiliki karier cemerlang pada masanya dan telah bercerai dengan suaminya. Kariernya tiba-tiba hancur hingga membuatnya harus berjuang dari nol mencari pekerjaan.

Dan Yi sebenarnya adalah seseorang yang tetap bersikap positif dan tidak mudah menyerah, meskipun harus menjalani saat-saat sulit. Kendati tidak mudah mencari pekerjaan, Ia akhirnya diterima di sebuah perusahaan media yang tanpa disangka mempertemukannya kembali dengan sahabatnya Cha Eun Ho (Lee Jong Suk) yang menjabat sebagai pemimpin redaksi termuda di perusahaan penerbitan tersebut. Meski dikenal tampan dan pintar, Eun Ho punya image pemarah di tempat kerja. Walau sebenarnya Ia memiliki hati yang hangat.

Bersahabat sejak remaja, Eun Ho yang usianya lebih muda dibanding Dan Yi, selalu menyukai nya. Ketika Eun Ho mengetahui kesulitan hidup yang Dan Yi hadapi, diapun tetap setia mendampingi dan mendukungnya serta menghibur, menyemangati, dan mendengarkan segala keluh kesah Dan Yi dengan sabar.

Eun Ho tak pernah memaksakan cintanya pada Dan Yi sejak dari 10 tahun menyimpan rasanya. Ketika kesempatan datang kembali Eun Ho akhirnya mengambil inisiatif untuk berjuang mendapatkan Dan Yi. Meski sempat malu-malu dan menolak mengakui perasaannya, akhirnya Ia memilih berjuang dan bertindak aktif untuk mengungkapkan rasa cintanya. Dan keputusan Eun Ho inilah yang menjadi titik balik hubungan tersebut yang awalnya sahabat berubah menjadi couple penuh romansa. 

5. Do Do Sol Sol La La Sol (2020)

Sumber Gambar : IMDB

Sebuah kisah yang menggambarkan tentang seorang pianis bernama Goo Ra-ra di panggil Ra Ra (Go A-ra) gadis kaya berusia 24 tahun yang selalu tampil ceria. Sampai kemudian mencapai titik terendah setelah keluarganya harus mengalami kebangkrutan. Pernikahannya batal dan kehidupannya pun terlunta-lunta ketika uang terakhir yang dimiliki pun ludes oleh agen properti.

Ra Ra pun akhirnya pergi ke sebuah desa kecil bernama Eunpo. Di tempat yang baru Ia memiliki tujuan untuk membangun kembali hidupnya. Dan di kota kecil itulah dia bertemu pemuda berusia 19 tahun bernama Sunwoo Joon (Lee Jae-wook).

Sun Woo-joon merupakan pria tangguh dan misterius, tampaknya Ia menyembunyikan banyak rahasia di dalam dirinya. Kendati begitu warga kota kecil itu sangat menyukai nya dan pria muda itu lah yang selalu membantu Ra Ra ketika menghadapi kesulitan.

Sebenarnya kota Eupo bukan perjumpaan pertama bagi Sun Woo-joon dan Ra Ra. Jauh hari saat masa pementasannya dan hari pernikahannya Sun Woo-joon selalu terkesima pada Ra Ra. Karena seringnya terlibat dalam kebersamaan, Sun Woo-Joon dan Ra Ra semakin dekat mereka akhirnya membuat akademi piano yang dinamakan La La Land. Hal ini kian meyakinkannya bahwa pria muda itu telah jatuh cinta pada Ra Ra. K-Drama Do Do Sol Sol La La Sol ini disiarkan di KBS2 dan merupakan debut perdana aktor Lee Jae Wook sebagai male lead.

Dari deretan drama bertema "Noona Romance" seakan menyampaikan bahwa cinta bisa teradi begitu saja tanpa bisa memilih pun tanpa terkecuali dengan yang lebih muda atau lebih dewasa. Kebijaksanaan dan kedewasaan bersikap serta berpikir bisa untuk saling melengkapi satu sama lain.

Nonton drama korea tak selalu negatif asal sesuai dengan porsi dan tidak mengabaikan tanggung jawab. Dalam kisah-kisah yang disampaikan juga biasanya  menjelaskan berbagai tokoh dengan peran dan karakter yang berbeda serta cara pandangan pada suatu masalah yang dikemas dengan begitu menarik. Jika Kamu ingin mencari refrensi k-drama lainnya bisa juga baca-baca di blognya ambu.

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Film romance ringan kayak gini memang enak dimasukin list tontonan akhir tahun. Pernah nonton yang Romance is a Bonus Book, yang lain belum sih walau pernah denger karena lebih suka drama Korea yang bikin mikir. Bisa nih ditonton pas butuh refreshing, terima kasih rekomendasinya!