Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 04 Agustus 2022

5 Cara Sederhana Lakukan Self Healing

Terakhir belakangan pasti tidak asing dengan istilah healing yang sedang trend dan bisa dikatakan telah masuk deretan sebutan kekinian khususnya kaum muda. Sebuah kata dari bahasa inggris yang berarti penyembuhan dan saat ini kerap dimaknai  untuk menyembuhkan luka, trauma atau sekadar melepas penat kehidupan dari kesibukan sehari-hari.

Lika liku dan silih bergantinya kejadian di masa terdahulu serta kegagalan yang pernah terjadi sering kali  memberikan luka yang dapat memicu depresi dan rasa tertekan. Dengan healing dipercaya dapat membuat kondisi baik fisik maupun psikis jadi lebih baik setidaknya ada perasaan damai dan tenang. Salah satu jenis healing yang sederhana dan mudah dilakukan adalah self-healing atau penyembuhan mandiri.

Menurut sebuah penelitian, sejatinya manusia bisa menyembuhkan luka batinnya sendiri. Sedangkan upaya self healing ini di ibaratkan sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke profesional dengan harapan tidak terjadi efek yang lebih parah ke depannya.

Tujuan dari self healing sendiri adalah untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Ada beberapa metode sederhana yang bisa dilakukan sebagai upaya melakukan self healing. Diantaranya :

1. Berjalan-jalan di Alam / Aktivitas Outdoor

Sudah sejak lama Forest healing dilakukan di Korea Selatan dan Jepang sebagai metode penyembuhan mental dan fisik di kawasan hutan. Yang terakhir belakangan semakin banyak diadopsi salah satunya Indonesia. Berada di alam itu memang sangat membantu untuk membuat diri lebih rileks.

Namun, jika situasi yang kerap tak memungkinkan untuk pergi ke tempat-tempat yang jauh bernuansa alam maka bisa mencari alternatif lainnya misalnya dengan berjalan-jalan atau joging disekitar taman kota yang dipenuhi bunga dan pohon rindang.

Berjalan-jalan di taman merupakan salah satu self healing yang bisa meredakan stres. Pikiran kita akan menjadi lebih tenang dengan melihat nuansa alam serta menghirup udara sejuk. Berada di outdoor apalagi dengan suasana yang asri serta tempat yang tenang akan lebih meringankan stres dan membantu pikiran  untuk pulih.

2. Tenangkan  Pikiran dengan Rileksasi

Redam segala kecemasan dan kekhawatiran tidak mendasar, sempatkan waktu untuk diri sendiri. Yang paling mudah diaplikasikan misalnya dengan teknik yoga. Cara ini ditenggarai cukup membantu agar bisa memfokuskan energi yang dimiliki tubuh dan mengubah frekuensinya. Peralihan ini akan membuat diri merasa lebih nyaman dan menjadi proses self healing untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Yoga juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres. Metode self healing ini dapat dengan mudah di praktikan di rumah dan tidak membutuhkan biaya mahal. Banyak orang yang memperoleh manfaat dari mempraktikan menarik napas dalam, yoga, rileksasi, mindfulness atau meditasi.

3. Lakukan kegiatan menyenangkan/ Hobi

Beri waktu pada diri untuk bersenang-senang dengan hobi yang dimiliki, seperti membaca buku, mendengarkan musik, bermain games, berkebun atau menonton drama maupun film favorit. Efek yang dirasakan setidaknya bisa memperbaiki mood lebih baik, lebih bahagia serta berdampak positif dan melepas penat dari problematika serta pikiran negatif yang membebani.

Dari menekuni hobi lambat laun akan bisa menjauhkan kegelisahan dengan membantu mengasah keahlian yang berharga. Melakukan hal yang menyenangkan dan menjadi hobi bisa sangat efektif dalam membangun karakter secara tak langsung. Disamping itu ada kalanya bisa menambah wawasan atau memberi perspektif berbeda tentang berbagai hal.

4. Mencoba Hal Baru Yang Produktif

Dengan mengeksplorasi banyak hal baru bisa mengatasi rasa bosan dan jenuh. Sensasi mempelajari juga bereksperimen itu bisa mengalihkan mood lebih positif. Dengan metode self healing ini setidaknya akan lebih bisa mengenali diri sendiri sehingga lebih dapat menghargai, memahami, menerima dan mencintai diri sendiri. Bahkan menurut pakar dengan melakukan dan mencoba hal baru bisa membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas ikut meningkat.

Beragam aktivitas produktif begitu banyak tersedia tutorial nya mulai dari yang gratis sampai berbayar. Isi hari-hari dengan hal bermanfaat misalnya dengan meningkatkan skill memasak, membuat beragam prakarya, mempelajari alat musik, mendalami seni gambar yang tidak berpatok pada melukis saja. Ada juga doodle  yakni bagian dalam art seni rupa 2 dimensi, dan termasuk kedalam seni desain grafis yang menarik.

5.Meningkatkan Ibadah dan Mendekatkan Diri pada Allah

Kunci dari segala penyembuhan adalah kembali ke Allah, Sang Pencipta Semesta Alam. Suasana hati yang ada di diri manusia merupakan keadaan emosi yang tidak dapat ditolak kehadirannya. Solusi dari permasalahan tersebut tak lain adalah  keimanan  yang nantinya dapat menghadirkan ketenangan jiwa.

Dalam surat Al-baqarah ayat 45:

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Dari ayat ini, kembali di ingatkan bahwa ketika berada di bawah tekanan dalam hidup solusinya adalah mencari pertolongan dari Allah SWT. Karena hanya Allah yang terbaik yang bisa membantu dan bersabarlah dalam menerima semua ujian yang datang silih berganti. Jangan pernah tinggalkan  shalat, lakukan secara khusyuk maka hati akan menjadi tenang.

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Self healing memang penting sih, memang kalau sudah lelah dengan berbagai masalah perlu melakukan ini agar tidak semakin terpuruk dan larut dalam masalah. Berpengaruh banget sih self healing untuk kesehatan mental, apalagi ini termasuk menyenangkan diri sendiri. Jadi perlu melakukan ini sebulan sekali atau dalam tenggat waktu tertentu dan saat dirasa perlu. Terima kasih sharingnya!