Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 26 November 2018

Berpartisipasi Dalam Penyelenggaraan Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet

Pembangunan berkelanjutan yang diusung pemerintah saat ini kian signifikan menampilkan hasil kinerja yang positif dengan pemerataan di berbagai sektor pun terus di upayakan.  Bisa dikatakan saat ini bangsa Indonesia tengah mengarungi perjalanan menuju negara maju dengan melakukan pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air, termasuk membangun kawasan perbatasan sebagai beranda-beranda terdepan. Berbagai pembangunan infrastruktur tidak lagi terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa saja, namun juga pinggiran wilayah sebagai bentuk perwujudan dalam Nawacita Presiden.
Jembatan Hotlekamp - Jayapura (Doc. Setkab RI)

Segala informasi yang berkaitan dengan kemajuan pembangunan dan aktifitas kepresidenan terangkum lengkap melalui situs dan akun resmi Setkab singkatan dari 
Sekretariat Kabinet sebuah lembaga pemerintah yang memiliki tugas dalam memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dimana dalam salah satu fungsi tugasnya adalah pengelolaan dalam hubungan kemasyarakatan, kelembagaan, dan protokoler yang berkaitan dengan kegiatan kabinet.


Dalam beberapa bulan terakhir ini Sekretariat Kabinet mengajak segenap Warga Negara Indonesia untuk turut serta berpartisipasi terhadap proses dan sistem pembangunan berkelanjutan ini dengan cara sederhana, mudah dan menyenangkan. Melalui serangkaian lomba yang di adakan selama periode April hingga Desember 2018 mengandalkan platform yang tengah digandrungi kini, seperti media sosial. Pada lomba  ini, masyarakat diajak untuk mengenal lebih dekat Kabinet Kerja beserta program dan capaiannya. Masyarakat pun dapat menyampaikan aspirasinya lewat lomba yang diadakan ini.

Sebagaimana yang Kita ketahui bersama, media sosial kini begitu luas penyebarannya terlebih bagi generasi muda yang mayoritas tak bisa lepas dari smartphone. Sudah saatnya untuk lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial, biasakan untuk saring sebelum sharing sehingga bisa mencegah hoax semakin menyebar luas. Jika ingin mentelaahnya Kita sebenarnya bisa berbuat sesuatu  untuk bangsa dan negara yakni dengan menunjukan kreatifitas yang wadahnya kini kian mudah serta menyebarkan konten yang positif . Dengan demikian lebih bisa membawa manfaat kepada diri sendiri dan masyarakat umum. Hal ini juga telah diatur dengan undang-undang ITE.

Penyekenggaraan Lomba Medsos (Doc. Setkab RI)
Pada bulan Maret 2018 lalu, resmi Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju di launching. Dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung yang didampingi Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Hadir pula pada saat itu Deputi Seskab bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK), Yuli Harsono, selaku penanggung jawab Lomba Media Sosial (Medsos).

Baca Juga : Lomba Media Sosial Setkab RI Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Sekretariat Kabinet menyelenggarakan berbagai lomba yang rutin tiap bulan biasanya melalui kuis, teka teki silang atau kreatifitas design seperti membuat meme dengan memanfaatkan platform seperti facebook, twitter, instagram, Blog dan Youtube. Untuk pelaksanaannya blog sebanyak (satu kali penyelenggaraan), Youtube (2 kali penyelenggaraan) post event terakhir hingga Desember 2018 dan  Twitter, Facebook serta Instagram (satu kali dalam sebulan - selama periode delapan kali).

Total hadiah lomba media sosial Setkab #MenujuIndonesiaMaju sebanyak Rp 107 Juta Rupiah dengan rincian masing-masing kompetisi berbeda di setiap paltformnnya :
- Hadiah untuk Lomba Blog senilai 6 juta rupiah
- Hadiah untuk Lomba Facebook 3 juta  (penyelenggaraan 8 kali ) total 24 juta rupiah
- Hadiah untuk Lomba Instagram 3 juta  (penyelenggaraan 8 kali ) total 24 juta rupiah
- Hadiah untuk Lomba Twitter 3 juta (penyelenggaraan 8 kali ) total 24 juta rupiah
- Hadiah untuk Lomba Youtube senilai 29 juta rupiah ( lomba membuat film pendek dan lomba vlog)

Untuk platform Twitter, Instagram dan Facebook di setiap bulannya selalu ada tema berbeda-beda seperti moment hari kemerdekaan, moment Asian Games, moment Hari Batik Nasional dan yang belum lama berlangsung adalah moment bertema Hari Pahlawan. Untuk pelaksanaan lomba bulan november ini memabi tiga macam lomba berbeda di tiap platform yang berbeda pula.

* Platform Facebook
Kuis Teka Teki Silang (Doc. Setkab RI)
Lomba Teka-Teki silang, sebuah permainan mengaswah daya berfikir yang dahulu begitu banyak digandrungi. Di era digital pamornya pun tak jua meredup bahkan kini lebih mudah, Sekretariat Kabinet RI untuk bulan November ini menantang masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjawab seputar tema kepahlawanan melalui fanpagenya, sesuai dengan kotak dari teka-teki silang. Jawaban yang paling benar dan tepat akan mendapat hadiah Rp 1.000.000 untuk  6 orang yang beruntung.

* Platform Twitter
Kuis Twitter (Doc.Setkab RI)
Ini lebih sederhana, dimana peserta kuis hanya harus menjawab dan memberikan opini mengenai Pahlawan Masa Kini Versi Kamu. Siapapun yang menurut Kamu layak menjadi inspirasi itu pun sudah bisa dianggap pahlawan masa kini. Di kuis ini akan dipilih 10 orang pemenang beruntung yang berhak mendapatkan tabungan Mandiri masing-masing Rp 2.000.000.

* Platform Instagram
Lomba Instagram Meme (Doc. Setkab RI)
Ranah digital membuat orang kian berkreasi termasuk dalam hal sederhana. Terbukti dengan banyaknya grup yang berisikan meme, namun saat ini agak sedikit memprihatinkan lantaran kian banyak di salah gunakan untuk membully beberapa pihak, Dari pada berisi hal yang negatif, dalam lomba instagram bulan november ini, Sekretariat Kabinet RI menantang Kamu untuk membuat meme yang menggambarkan pahlawan masa kini versi Kamu. Hadiahnya pun tak kalah menarik, yakni tabungan Mandiri Rp 1.000.000 untuk 10 orang pemenang.

Bulan november ini memang menjadi penghujung kegiatan lomba media sosial Sekretariat Kabinet RI, agak disayangkan jika sampai terlewat. Namun, tidak perlu berkecil hati kesempatan untuk lomba Youtube masih terbuka higga Desember 2018 mendatang. Ayo tetap semangat untuk berpatisipasi dalam lomba lainnya yang membawa dampak positif dan nilai kebaikan.

Belum lama ini informasi pemenang untuk bulan november 2018 sudah di umumkan, dan berikut ini adalah pemenang beruntung yang mendapat tabungan Bank Mandiri, selamat untuk para pemenang semoga konten-kontennya bisa memberi inspirasi :


Pemenang Lomba Facebook Setkab - November 2018 (Doc.Setkab)

Pemenang Lomba Instagram Setkab - November 2018 (Doc.Setkab)

Pemenang Lomba Twitter Setkab - November 2018 (Doc.Setkab)
Semoga saja program in tetap berlanjut dan membuka kesempatan lebih luas lagi untuk masyarakat turut berpartisipasi dalam menyumbangkan aspirasinya #MenujuIndonesiaMaju. Jangan lupa untuk follow media sosial dari Sekretariat kabinet.

Website: www.setkab.go.id
Facebook Fanpage: @Setkabgoid
Twitter: @setkabgoid
Instagram: @sekretariat.kabinet
Youtube: Sekretariat Kabinet RI

17 komentar:

Andiyani Achmad mengatakan...

wah hadiahnya lumayan nih, bisa buat bekel traveling hehhe

Lina mengatakan...

Jadi inget masa dulu, waktu masih jadi pemburu lomba. Apalagi kalau hadiahnya kayak gini yang bikin ngiler. Hihi

Nurul Rahmawati mengatakan...

Yuhuuu hadiahnya bikin mupeng!
Selalu hepi kalo SekKab makin dekat dgn netizen dan milenials
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Endah Kurnia Wirawati mengatakan...

sosial media itu memang paling ampuh buat mempromosikan apapun ya. itu sebabnya banyak lomba beredar di sosmed dimana hadiahnya bikin pengen khilaf beli tiket promo lagi deh. hehehe.
dan lomba medsos setkab ini termasuk salah satu diantaranya yang bikin mupeng dehh

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Udah ada pemenangnya ya, mantep banget kalau lomba media sosial seperti ini ya

Omith mengatakan...

Tinggal lomba youtube doank ya yg masih bs, detlen desember.
Makin banyak wadah masyakarat netizen berkreasi hadiahnya pun mayan bs buat jalan2 haha..

Honey Josep mengatakan...

hadiahnyaaaaa! baguslah lomba kayak begini diadakan supaya banyak yang tertarik untuk menulis :)

Kania Safitri mengatakan...

Wiiih hadiahnya lumayan juga ya...

Elly Nurul mengatakan...

Semoga programnya berlanjut ya ka.. akupun baru tahu infonya lhoo hiks padahal hadiahnya lumayan lho.. dear Setkab buat lomba lagi dong.. aku mau ikutan.. yang IG sama twitter aja.. vlog aku belum mahir hehe

Uchy Sudhanto mengatakan...

Wihiii menarik banget ini sih.. buru2 bikin videonya

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Hadiahnya bikin ngileeerrrr... Tapi sayang banget sudah lewat ya mbak? Pengen padahal ikutan juga, heheheee

Cerita Bang Doel mengatakan...

yah udah lewat

Reh Atemalem mengatakan...

Baru baca euy. Selamat buat yang menang!

Caroline Adenan mengatakan...

Wahhh banyak ya ternyata lombanya... aku gak tau sih, dan banyakan udah lewat yaa..

Ya Yat mengatakan...

waahhh selamat buat para pemenang... lucu juga ada lomba teka teki silang

Tuty Saca mengatakan...

Hadiahnya mantep banget kak, sayang ketinggalan infonya ya

FaniaSurya mengatakan...

Woww... banyak lombanya ya. Hadiahnya keren2 tuh. Nau ah ikutan juga. Siapa tahu menang. Tapi udah lewat ya. Hehe