Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 30 November 2018

Ragam Manfaat Kandungan Buah Pir Yang Menyehatkan

Konteks hidup sehat saat ini semakin di gemakan, banyak yang menganggap gaya hidup sehat itu susah dan mahal harganya padahal masih ada beberapa hal sederhana yang bisa diterapkan dalam menjaga pola hidup sehat. Misalnya saja mengonsumsi makanan bergizi dan berserat seperti buah sangat dianjurkan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Buah Pir Kaya Manfaat
Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah pir yang kerap menjadi favorit masyarakat karena rasanya yang manis, segar, renyah, dan berair. Buah pir (pear) ini memiliki banyak varietas dan 10 diantaranya paling sering di temukan di pasar dan pertokoan yang membedakan hanya berdasar bentuk, tekstur serta warna buah.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Menyediakan banyak sekali manfaat untuk tubuh dan kaya akan serat yang berguna bagi anak-anak, buah Pir memang terkenal sebagai buah yang kaya akan anti-oksidan untuk melawan masalah kesehatan serta dapat meningkatkan imunitas tubuh. Berikut manfaat  kebaikan buah pir yang menyehatkan  jika rutin dikonsumsi :

Baik untuk pencernaan

Pir tinggi serat, dan pektin dalam pir bertindak sebagai pencahar ringan. Konsumsi secara teratur pir membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik dan membantu peduli kecepatan limbah melalui usus besar. Serat yang ditemukan pada buah dianggap lebih bermanfaat dalam mencegah kanker sistem pencernaan.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh
Mengandung sejumlah antoxidant, buah Pir dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kaya akan vitamin C Pir juga efektif dikonsumsi saat demam. Dan vitamin K membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

Baik untuk tulang
Tingkat tinggi boron dalam pir membantu mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini membantu untuk membangun tulang yang kuat dan mengurangi resiko osteoporosis di kemudian hari.

Baik untuk kinerja otak

Sebuah studi dari Cornell University menunjukkan bahwa makan buah pir sangat baik untuk kesehatan otak. Itu karena pir memiliki kandungan yang relatif tinggi antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan dapat mencegah masalah kesehatan di otak. Kandungan copper bisa memperbaiki kekuatan siatem saraf dan membuat kinerja otak jauh lebih baik.

Baik untuk penderita diabetes

Buah ini memiliki kandungan gula alami dalam bentuk fruktosa dan cukup rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, rajin mengambil buah pir juga baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Baik untuk kesehatan jantung

Pir merupakan sumber serat alami yang baik untuk kesehatan jantung karena konsumsi serat yang cukup akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga risiko stroke dan serangan jantung dapat diminimalkan.

Baik untuk mencegah hipertensi

Selain banyak mengandung vitamin dan serat, buah pir juga kaya akan berbagai kandungan mineral baik bagi tubuh diantaranya magnesium, kalium, dan kronium yang dapat menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

Selain kaya manfaat buah Pir juga aman dikonsumsi karena bebas dari akibat yang bisa menimbulkan alergi. Tahukah, tenyata buah Pir keberadaannya sudah sangat lama sekitar 4000 tahun karena sudah ada sejak tahun 2000 SM. Sejarah mencatat kehadiran buah Pir telah ada dalam monarki diseluruh Persia, Cina dan Roma. Ketika peradaban menyebar, ribuan varietas buah pir muncul dan dibudidayakan di seluruh Eropa. Menariknya, buah Pir dalam kebudayaan cina memiliki arti kasih sayang, sedangkan budaya Cina Kuno percaya  bahwa buah Pir mewakili keabadian dan kemakmuran.

Buah pir adalah tanaman asli dari Asia dan Eropa. Dan ketika masa kolonial yang dibawa oleh orang Eropa tanaman pir ini kian menyebar kemudian tumbuh subur di Amerika Utara. Di dalam geografi Amerika Serikat yang luas dan beragam, negara-negara Pasifik Barat Laut (Washington, Oregon dan sekitarnya) menghasilkan pir yang segar di Amerika Utara karena memiliki iklim yang ideal, tanah vulkanik yang subur, serta air yang berlimpah sehingga menghasilkan buah Pir terbaik di dunia.

Supear Girls
Belum lama ini Sembutopia yang berasal dari kata sembuh dan utopia merupakan gerakan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih fokus dalam menjaga lingkungan yang sehat dan terbebas dari penyakit baik jiwa ataupun raga memperkenalkan buah segar dari Amerika dengan label yang tersemat "Supear". Dimana iconnya diwakilkan oleh beberapa perempuan berbusana ala "Super hero" yang bergambar maskot supear. Nantinya mereka yang disapa 'Supear Girls' ini akan memberikan informasi mengenai buah Pir di beberapa pameran mengenai buah segar, lezat dan kaya gizi dari supear.

Di prakasai oleh Bapak Kafi Kurnia mengatakan jika Sembutopia ini bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia agar hidup lebih seimbang dengan kesehatan yang dirasa. Oleh sebab itu Sembutopia terus mengadakan sejumlah aktifitas dalam pemberdayaan sumber daya diri masyarakat untuk hidup lebih produktif.

Bapak Kafi Kurnia
Dalam rangka menyambut hari pear sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, nantinya sekitar 23 negara pada waktu tersebut akan melakukan  streaming promosi buah Pear di masing masing negara. Disamping itu untuk di Indonesia sendiri Supear Girls akan hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Untuk yang di Jakarta tepatnya di Senayan City tepat (tanggal 1 Desember 2018) dan (6 Desember 2018) di AEON Mall BSD. Beragam kegiatan menarik mulai dari pembagian sampling (buah pir gratis), senam bersama hingga flashmob juga akan digelar.

10 komentar:

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Wuaaa, aku kepengen, kemarin ngga sempat icip ya.
Nggak sangka ternyata buah Pir manfaatnya banyak

Kurnia amelia mengatakan...

Wah aku belum pernah ngerasain pir merah itu biasanya makan yang Kuning kalau ga hijau, jadi penasaran sama rasa pir yang merah itu deh.

Zefy Arlinda mengatakan...

hidup buah pir, eh mbak..ngomong-ngomong buah pir bisa ditanam di Bengkulu ga ya, kok jadi kepengen punya batang pir

Gita siwi mengatakan...

Enak ya buah pirnya. Dan baru tahu juga kalau buah pir pun ada hari peringatannya hahaha

Novitalevi mengatakan...

Wah pir...sy suka buah pir enak d mkn tidak bikin gigi sakit karena ngilu. Sayang ga sempet cobain buat pir yg merah

Diah Woro Susanti mengatakan...

Melalui sosok supear girls kita jadi makin tau pentinfnya kesehatan melalui buah pear ya jane

Resi Prasasti mengatakan...

Buah pear seger kandungan air dan vitaminnya bagus utk kesehatan

Sara Neyrhiza mengatakan...

jadi ada hari Pear sedunia juga ya..jadi penasaran kenapa kok ada hari pear? kenapa nggak buah-buah yang lain

April Hamsa mengatakan...

Aku suka banget buah Pir terutama dicemilin gtu. Buah pir ini juga enak dijus atau bisa dijadkan kue. Suka liat desssert2 org2 buile tu pakainya pir ini :D

Suzannita mengatakan...

Aku baru tahu kalau buah pear ini ternyata memiliki banyak manfaat bahkan bisa mencegah kanker ya