Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 09 November 2018

Sinergi BUMN Bantu Pulihkan Sulawesi Tengah Pasca Bencana

Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah (Doc. Koran Jakarta)
Belum pulih betul ketika duka merundung Lombok pasca terjadinya gempa, dan pada 28 september 2018 sekitar pukul 18.02 WITA, Tanah di Palu tiba-tiba berguncang kuat, jalan-jalan terbelah dan bangunan-bangunan luluh lantah. Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR disertai tsunami setinggi 3 meter telah mengguncang Tanah Air pada Jumat sore itu.

Bukan hanya terjadi di Palu musibah ini  juga menimpa di berbagai daerah lain sekitar Sulawesi Tengah lainnya yakni Donggala dan Sigi. Jaringan komunikasi  terputus, sejumlah  infrastruktur rusak. Dalam laporan terakhir disebutkan sudah ribuan korban jiwa ditemukan, Korban meninggal tercatat dari berbagai wilayah, mulai dari Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, hingga Parigi Moutong.

Mereka kebanyakan tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa, ataupun terseret arus ketika tsunami. Selain korban meninggal, jumlah korban luka berat berjumlah ribuan, selain itu juga masih ada sebagian korban hilang dan belum ditemukan.

Sinergi BUMN Bantu Penanganan Pasca Bencana


Musibah yang terjadi di Sulawesi Tengah dan sekitarnya merupakan musibah bagi kita semua segenap bangsa Indonesia. Telah di sahkan menjadi bencana nasional, sehingga memberikan kesempatan pemulihan agar lebih cepat dengan bantuan berdatangan. Salah satunya adalah BUMN yang tanggap dan bergerak cepat bersinergi untuk membantu dalam pemulihan Sulawesi Tengah. Dimulai dari listrik, Bahan Bakar Minyak, telekomunikasi, perbankan hingga layanan kesehatan.

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara, Bank Mandiri terus berupaya hadir memberikan bantuan penanganan bencana, terutama untuk mengurangi kesulitan masyarakat dalam memperoleh bahan makanan maupun tempat berlindung.

Relawan Bank Mandiri (Doc. Jadi Mandiri)
Selama masa tanggap darurat bencana Bank Mandiri sigap dalam membantu. Setidaknya ada ratusab relawan yang dikirim dalam membantu penanganan korban. Terdiri atas pegawai Bank Mandiri dari berbagai daerah dikerahkan untuk turut mendukung evakuasi, penyiapan posko bantuan, dan dapur umum di lokasi terdampak bencana.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pascagempa yang melanda sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, Bank Mandiri terus berperan aktif dalam mengelola bencana, baik pada tanggap bencana maupun proses rehabilitasi.

Bank Mandiri membantu penyediaan 250 hunian sementara bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam. Untuk di kawasan hunian sementara masyarakat yang terdampak gempa wilayah Sibalaya misalnya, Bank Mandiri telah membangun  100 unit hunian dengan ukuran 4.8 m x 4.88  Baja ringan C60. Atap spandek 3/6 m. Hunian tersebut di rancang tahan gempa dengan menggunakan dinding GRC ukuran 0.4 mm. Dan rangka baja ringan model V dan pintu pvc dengan lantai  floor hardener.

Ibu Rini Soemarno (Doc. Jasa Mandiri)
Pada tanggal 30 Oktober 2018, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ibu Rini Soemarno kembali mengunjungi Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, untuk memastikan penyediaan sejumlah hunian sementara (huntara) yang dibangun oleh BUMN bagi korban gempa bumi dan tsunami.

"Ini akan bermanfaat bagi masyarakat karena bisa mendapat hunian sementara yang lebih baik, sebagai tempat perlindungan dari panas dan hujan." Ungkap Ibu Rini

Selain hunian bagi masyarakat, Beliau juga meninjau pembangunan fasilitas-fasilitas umum di sekitar hunian penduduk seperti MCK (Mandi, Cuci, Kakus), sumur bor, tandon air, dan sekolah sementara.
Perbaikan Fasilitas MCK (Doc. Jadi Mandiri)
Menurut Ibu Rini, Siswa-siswi tidak boleh berhenti sekolah karena bencana, dan disini BUMN akan selalu berupaya untuk membantu. Dengan adanya  kegiatan belajar mengajar, para anak-anak korban bencana ini tetap mendapat pengetahuan dengan terus belajar. Disamping itu ada harapan agar ada pemulihan psikologi bagi para anak korban gempa bumi dan tsunami.

Untuk membantu normalisasi proses belajar mengajar, Bank Mandiri telah membangun sekolah dengan 7 ruang kelas serta 12 ruang untuk setiap guru.

"Selaras dengan semangat kami, Mandiri Untuk Negeri, aktivitas yang kami lakukan ini semata-mata untuk membantu masyarakat dan memberikan nilai tambah yang lebih baik kepada masyarakat yang telah mendukung kami tetap berkinerja baik secara berkelanjutan," ujar Bapak Rohan Hafas, Corporate Secretary Bank Mandiri.

Beliau melanjutkan bahwa Bank Mandiri juga mendirikan posko trauma healing yang didirikan bersama dengan Mandiri Amal Insani Foundation. Posko yang terdapat di Desa Sibalaya Selatan Kecamatan Tanambulaya Kabupaten Sigi ini dibantu oleh 5 Orang Psikolog untuk membantu mental recovery dan menghibur anak-anak para korban bencana.

Peristiwa traumatik pasca bencana alam membuat para korban kerap rentan terkena Gangguan Stres Pasca-Trauma terutama bagi korban di usia anak. Bank Mandiri juga mendirikan posko trauma healing yang didirikan bersama dengan Mandiri Amal Insani Foundation. Posko yang terdapat di Desa Sibalaya Selatan Kecamatan Tanambulaya Kabupaten Sigi ini dibantu oleh 5 Orang Psikolog untuk membantu mental recovery dan menghibur anak-anak para korban bencana.

Trauma Healing Anak Korban Bencana (Doc. Jadi Mandiri)
Pemulihan trauma (trauma healing) pun jadi solusi salah satu caranya melalalui seni yang sejauh ini dianggap dapat menyembuhkan gangguan mental serta gangguan emosianal melalui lukisan atau mewarnai. Oleh sebab itu di posko-posko para relawan juga menyediakan banyak crayon warna.

Dalam suatu kesempatan, Ibu Rini Soemarno pernah mengungkapkan kehadiran BUMN harus dirasakan dalam setiap denyut nadi kehidupan masyarakat yang harus siap terjun ke berbagai aktivitas kemasyarakatan,apalagi di masa tanggap darurat bencana.

Sebagaimana diketahui, begitu besarnya dampak yang harus diterima oleh para korban bencana. Oleh karenanya penanggulangannya harus dilaksanakan secara terpadu baik oleh pihak pemerintah serta seluruh komponen masyarakat melalui koordinasi yang tepat. Segenap upaya dilakukan dengan berbagai cara untuk pemulihan pasca bencana bisa berjalan baik.

26 komentar:

Vita Pusvitasari mengatakan...

Keren bank mandiri membantu bencana, semoga bermanfaat ya bantuannya :)

Lia Lathifa mengatakan...

Semoga Lombok dan Palu sekitarnya segera pulih sedia kala, memang perlu bantuan segera mungkin agar tidak meninggalkan trauma anak-anak

Diah Woro Susanti mengatakan...

Mbrebes mili deh kalo bayangin gimana masyarakat terdampak bencana memulihkan traumanya. Salut dengan Bank Mandiri atas kepeduliannya bagi masyarakat gempa Palu

Dian Restu Agustina mengatakan...

Semoga dengan program sinergi dari BUMN ini, Sulawesi Tengah segera bangkit dan pulih dari bencana yang menimpa. Aamiin
Salut untuk BUMN Indonesia dengan sinerginya

Tati Suherman mengatakan...

Semoga mereka (anak-anak korban) bisa kembali normal ya dan hidup seperti biasanya

Ria Buchari mengatakan...

Program BUMN bagus bgt ya, semoga anak-anak korban bencana bisa kembali ceria dan bangkit dari rasa trauma

windhu mengatakan...

Hunian sementara (huntara) untuk korban gempa, anak-anak yang harus tetap sekolah, dan trauma pasca gempa merupakan sederet pekerjaan yang harus dituntaskan segera. BUMN memang sudah selayaknya untuk membantu para korban gempa bumi dan tsunami. Semoga kiprah BUMN ini bisa terus konsisten.

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Cepat tanggap BUMN dengan bencana yang terjadi di Palu dan sekitarnya. Aku nggak tega ya lihat anak-anak dan menjalani trauma healing.

Novitania Pambhudi mengatakan...

Patut di apresiasi nih kaka. Smoga korban bencana segera bangkit kembali dan menata kota tercinta ya kak

Syafitri Swastivita mengatakan...

Masya Allah kerennya.. Ada rumah sementara dan disedekianan psikolog pula.. benar2 yg sangat dibutuhkan masyarakat pasca bencana..

Ade UFi mengatakan...

Semoga daerah bencana cepat terselesaikan ya atas bandtuan BUMN ini

Tira Soekardi mengatakan...

begitulah seharsunay dg berkolaborasi aku rasa palu dan lombok akan tertangani dg baik

Ani Berta mengatakan...

BUMN selalu gerak cepat ya kalau soal membantu. Saya suka malu kalau lihat pihak2 yang gercep dan tanggap, belum bisa berbuat yang banyak selain mendoakan dan membantu viralkan gerakan donasinya.
Salut buat BUMN

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Wah seneng deh kalo ada perusahaan yang punya kepedulian sosial dan pendidikan kayak Bank Mandiri ini deh.

Semoga warga yang terkena bencana bisa segera bangkit kembali yah.

Arni mengatakan...

Bencana, apapun dan kapanpun memang membutuhkan sinergi dari semua pihak dalam pemulihannya
Seneng baca ini, melihat banyak hati yang terketuk untuk mengulurkan bantuan
Karena sesungguhhnya masa pemulihan itulah masa yang paling riskan dan rawan
Semoga warga yang terkena bencana segera bangkit kembali

herva yulyanti mengatakan...

Alhamdulilah ya mba program sinerginya memang sangat membantu semoga warga yg kena musibah bisa kembali bangkit lagi aamiin

OPhi Ziadah mengatakan...

doa terbaik utk saudara2 kita yg mengalami bendacar di manapun. sinergi bumn sebagai perusahaan mlikik negeri wajib hukumnha untuk pemulihan warna negeri yg tertimpa musibah

Keke Naima mengatakan...

yup! Butuh kerjasama dari banyak pihak supaya daerah yang terkena bencana bisa segera pulih

Ida Tahmidah mengatakan...

Keren nih semoga banyak yg mengikuti progeam bagus ini ya...

Anissa Putri Pradita mengatakan...

Alhamdulillah semoga kota Palu, Sigi dan donggala bisa bangkit lagi

Aprillia Ekasari mengatakan...

Skrng msh jalan ya mbak program2 pembangunan area terdampak gempa di Palu? Bagus nih kalau BUMN bersinergi ya, moga makin cepat pulih kondisi infratruktur di sana.

~Beautiful Mind Arlindya~ mengatakan...

Ikut seneng ngeliat banyak masyarakat dan pemerintah ikut membantu korban bencana di Sulteng

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Semakin bersinergi ya BUMN, semoga Sulawesi secepatnya pulih

Leyla Hana mengatakan...

Semoga cepat pulih ya penanganan gempa di Sulawesi dan aktivitasnya kembali seperti semula.

Riri Restiani mengatakan...

hebat ya BUMN gerak cepat untuk membantu, dan semoga kehidupan disana cepat pulih yah.

Visya Al Biruni mengatakan...

Alhamdulillah banyak pohak turut berperan aktif membantu para korban bencana. Sharing is caring itu memang penting bgt. Kalo bukan kita yg membantu, siapa lagi?