Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 08 Mei 2019

Cegah Sembelit Saat Puasa Dengan Dulcolax

Alhamdulillah, Kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan dimana diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Dalam menunaikan ibadah ini Kita pasti ingin maksimal menjalankannya, lancar tanpa adanya halangan. Dalam menjalankan puasa, Kita diharuskan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Nah, saat sedang menjalankan puasa ini, kita akan mengalami perubahan pola makan dan minum yang cukup signifikan. Perubahan makan ini juga didukung dengan perubahan pola tidur yang berbeda dari biasanya. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makan ataupun minum, hal itu bisa membuat tubuh kekurangan cairan dan terjadinya sembelit yang biasanya terjadi karena adanya kelainan pada sistem pencernaan dan pastinya mempengaruhi kesehatan perut.

Dalam pertemuan Acara Blogger Gathering bersama Dulcolax &FimelaHood  yang mengangkat tema 'Puasa Lancar Perut Nyaman'  dilangsungkan pada 03 Mei 2019 bertempat di Kedai Kopi 89, Kemang, Jakarta Selatan. Membahas seputar masalah kesehatan pencernaan ketika berpuasa. Acara yang di usung oleh Dulcolax ini berkenaan dalam rangka menyambut World Digestive Health Day (Hari Kesehatan Pencernaan Dunia).


dr Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert) mengatakan "Sembelit merupakan kondisi yang terjadi saat pencernaan tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga sulit buang air besar (BAB), lebih dari tiga hari atau kurang dari tiga kali seminggu."

Sembelit dapat dipicu oleh gangguan pencernaan yang membuat feses menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan atau bahkan tidak mau keluar sama sekali. Apabila tinja keras, orang umumnya harus mengejan, bahkan tidak tuntas melakukan BAB. Padahal mengejan terlalu keras bisa memberikan tekanan berlebih pada perut sehingga bisa menyebabkan turunnya beberapa organ yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan bahkan bahaya untuk kesehatan.

Semua kondisi ini membuat orang yang mengalami sembelit merasakan perasaan yang kurang nyaman di perut. Dampak saat mengabaikan susah BAB adalah perut buncit, begah, wasir, dan yang lebih parah bisa kanker usus.


Kurang asupan serat akibat mengabaikan buah dan sayur adalah faktor utama penyebab sembelit. Selain itu, kebiasaan buruk sering menahan BAB bahkan stres juga bisa menjadi pemicunya. Hal ini berkaitan dengan hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh saat stres dapat memicu pergerakan tidak normal pada usus.

Disamping itu sembelit atau konstipasi banyak dialami ibu hamil. Gangguan pencernaan ini berupa kesulitan buang air besar (BAB) dan bisa terjadi pada usia kehamilan berapa pun. Namun, kondisi ini sering dialami di akhir kehamilan. Nycta Gina, aktris dan presenter ini berbagi pengalaman perut yang tak nyaman saat tengah mengandung.

"Kurang bergerak bisa menjadi pemicu sembelit, apalagi ketika hamil perut semakin membesar dan berat badan  bertambah malah semakin membuat malas untuk beraktivitas dan bergerak. Ditambah lagi jika tidak menerapkan kebiasaan hidup sehat akibatnya mengalami susah BAB." Ujar Niycta Gita

Pun begitu ketika menjalani puasa, sembelit pasti sering terjadi. Untuk mengatasinya biasanya memenuhi asupan cairan selama berpuasa minimal 8 gelas per hari. Minum Air putih 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat sahur, dan 4 gelas sepanjang malam. Disamping itu juga harus memperbanyak makanan yang mengandung serat, misalnya dengan makan sayur dan buah, Ibu dari Uta ini menambahkan.

Untuk mengatasi sembelit, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki pola hidup. Misalnya, meningkatkan konsumsi makanan berserat, meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh dan memperbanyak aktivitas gerak. Akan tetapi jika masih mengalami gangguan pencernaan ada baiknya, mengonsumsi obat pencahar yang telah teruji klinis dan sudah terbukti  batas aman penggunaan obat.

"Obat pencahar yang baik bukan sekadar merangsang terjadinya proses defekasi atau buang air besar (BAB). Tapi juga  bisa memperbaiki frekuensi sembelit tanpa menyebabkan ketergantungan serta sekaligus mengurangi rasa kembung dan rasa tidak nyaman dalam perut." Ungkap Debi Widianti, Senior Brand Manager Dulcolax.

Atasi susah BAB dengan Dulcolax merupakan suatu obat yang banyak digunakan sebagai obat pencahar atau pelancar buang air besar. Telah berpengalaman dan diproduksi lebih dari 60 tahun oleh perusahaan farmasi Boehringer Ingelheim. Hingga saat ini, ducolax memiliki beberapa jenis yang berbeda dan ditujukan untuk kondisi yang berbeda.

Jangan biarin numpuk, cegah sembelit mengganggu sebelum parah, apalagi ketika berpuasa. Dengan Dulcolax bisa memperlancar pencernaan, puasa lancar perut pun terasa nyaman. Dulcolax mengandung zat bisacodyl yang berfungsi untuk meningkatkan motilitas (gerakan) dinding usus besar serta memiliki efek meningkatkan kadar air dalam feses (membuat feses menjadi lebih lunak). Dengan cara kerja inilah proses Dulcolax membantu proses buang air besar.


Dulcolax memiliki variasi yang terdiri dari 3 tipe yakni , Tablet, Sirup dan Steriotip. Untuk cara kerjanya tiap variasinya berbeda. Untuk dulcolax tablet bisa diminum saat sebelum tidur karena akan bekerja selama kurang lebih 6-8jam. Dulcolax sirup dikhususkan bisa untuk anak-anak dan berbagai usia, bekerja kurang lebih 6-8jam sedanfkan Dulcolax tipe Streriotip merupakan produk yang dimasukkan langsung ke bagian dubur yang bekerja selama 30menit.  .

Kabar baiknya lagi, Dulcolax ini merupakan produk tanpa efek samping yang menyebabkan penggunanya kecanduan atau ketagihan. Jadi merupakan solusi masalah pencernaan yang cepat dan aman. Akan tetapi harap diperhatikan, obat Dulcolax ini bagi yang mempunyai penyakit jantung, atau operasi. Pun bagi wanita hamil ada baiknya konsultasi ke dokter dahulu dalam mengkonsumsi obat pencahar.


Berpuasa sebenarnya hal yang menyehatkan tubuh jika dilakukan dengan benar dan menjaga asupan nutrisi pada tubuh dan jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat agar puasa tetap lancar.

32 komentar:

Diah Woro Susanti mengatakan...

Iya ya tie, klo puasa kita makannya sering ga teratur. Kalo aku sering kurang serat karena lebih banyak makan kering2an,sambel dan santan. Duh klo sembelit mah ga kuku tie haha

Titis Ayuningsih mengatakan...

Sembelit emang nggak enak sih, bikin nggak nyaman. Wah, dengan kehadiran dulcolax bisa menjadi solusi.

Inna Riana mengatakan...

serba salah kalo lagi sembelit. perut rasanya ga enak banget. untung ada stok dulcolax di rumah, jadi plong deh :)

Lidha mengatakan...

keluarga saya ada yang mempercayakan dulcolax kalau lagi sembelit, jadi suka cerita kemana-mana bawa dulcolax :)
Tapi gak pernah tahu ada yang cair dan bisa dicampur susu

Ariefpokto mengatakan...

Udah berjuang menahan lapar Dan Haus , harus berjuang melawan sembelit lagi. Untung Ada dulcolax yaa

umimami mengatakan...

kalau embelit jadi gak khawatir lagi ya mba, apalagi ada yang sirrup & bisa dicampur susu, penasaran rasanya ^_^

Kurnia amelia mengatakan...

Duh kalau sembelit ga enak banget ti,, kaya ada yang ngeganjel dah gt di perut ga nyaman juga , , semoga kita bebas sembelit ya saat puasa.

Taumy Alif Firman mengatakan...

Iya nih, Dulcolax memang jadi solusi jika sembelit datang

Turis Cantik mengatakan...

Ngak puasa aja sembelit bikin ngk enak, apalagi pas puasa ya. Aku juga udh stock Dulcolax di rmh kk.

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

Harus jaga2 sembelit ini ya mom karena akan ganggu semua aktifitas kita..

Sasya zawafa mengatakan...

Semeblit emang bikin sakit ya kak.. Pake dulcolax semoga ada solusi untuk mencegahnya ya..

Dapur Ngebut mengatakan...

alhamdulillah jadi tenang pas ada anggota keluarga yg sembelit, tinggal keluarin dulcolax ;)

Dewi Rieka mengatakan...

Mati gaya kalau sembelit, Ramadan ini rawan sembelit karena kita makan segala macam dan kurang serat ya..terima kasih artikelnya..

herva yulyanti mengatakan...

Waktu hamil aku sering banget sembelit padahal tiap hari buah, yogurt dan sayuran makan terus mba sedih deh sampe sakit banget :p

sejak aku kecil dulcolax emang solusi yang aku tahu mba terlebih pas bulan puasa gini aku pernah nangis2 saking sakitnya mengejan ;p

Fita Chakra mengatakan...

Salah satu penyebabnya karena kurang minum air ya? Mudah-mudahan bisa jadi salah satu solusi nih dengan menyediakan obat ini di rumah.

Alia mengatakan...

Klo sembelit perut berasa begah ya

Alia mengatakan...

Begah kalo sembelit

Caroline Adenan mengatakan...

Pas banget aku lg ngalamin sembelit sejak menyusui, susah bgt BAB. Mungkin aku bs coba si dulcolax ini ya. Dulu pas hamil efektif bgt ngelancarin BAB

fenni bungsu mengatakan...

Jauh jauh dari sembelit pas puasa ini, dengan konsumsi serat dan selalu stok dulcolax ya

Nanik Nara mengatakan...

wah baru tahu kalau ada hari kesehatan pencernaan sedunia.
Saya kalau kerjanya banyak duduk, pasti jadi sembelit. Solusinya biasanya banyakin minum kalau pas dapat kerjaan yang menuntut untuk banyak duduk

Noni Rosliyani mengatakan...

Wah iya, kalo udah sembelit itu makan apa2 enggak enak. Padahal undangan bukber banyak, dan menu makannya pasti enak2.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Emang paling gak enak ya dibulan puasa gini kita malah susah buang air besar, untung tuh sekarang mudah banget sudah ada Dulcolax jadi aman.

catatan elisakoraag mengatakan...

Saya termasuk pemakai oencahar, soalnya kurang gerak. Pencahar bikin petut nyaman

Ainhy Edelweiss mengatakan...

Pengen coba Dulcolax yang rasa sirup ah soalnya yg kapsul aq gak sanggup krna pahit 😅 mksh infonya yah kak emang bln ramadhan in kdng kt sembeit

Arinta Adiningtyas mengatakan...

Saya ngaku deh kalau puasa ini justru makanan yang dikonsumsi jadi kurang sehat, kurang serat. Buka puasa pakai es dan gorengan, udah kenyang rasanya. Konsumsi sayur dan buah berkurang. Ini ya yang bikin sembelit. Jadi bulan puasa bukannya makin langsing, malah makin begah perutnya. :(

Bambang Irwanto mengatakan...

Masalah sembelit ini, memang tidak hanya apa puasa saja ya, Mbak. Apalagi pas puasa. Dan perlu memang dulcolax

Keke Naima mengatakan...

Saat bulan Ramadan, memang rentan terkena sembelit. Apalagi kalau pola makannya gak dijaga. Harus siap-siap Dulcolax, nih

Indah Nuria Savitri mengatakan...

Jadi ngga perlu khawatir lagi ya mbaaa.. sembelit memang jadi aalah satu problem saat puasa

echaimutenan mengatakan...

Andalanku nanti buat mau lahiran hahahaha

Secara hamil lahiran itu pasti berat masalah konstipasi huhu

Git Agusti mengatakan...

Bulan puasa memang bisa jadi sembelit sering muncul karena makanan pedas juga. Dulcolax cocok untuk mengurangi sembelit agar perut lebih nyaman

Tira Soekardi mengatakan...

wah semoag gak pernah sembelit, banyak makan serat

Farhati Mardhiyah mengatakan...

baru aja nih aku kena sembelit 3 hari padahal makan sayurnya rajin banget, kapan-kapan kalau susah pup cari dulcolax aja deh