Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 29 Maret 2019

3 Kesalahan Mendekorasi Hunian Baru

Dekorasi hunian (Doc. Pixabay)
Memiliki hunian yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Apalagi kalau tempat tinggal tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan penghuni. Tingkat kenyamanan hunian bisa dipengaruhi oleh dekorasi interior dan perencanaan ruang yang baik. 

Mendekorasi merupakan sebuah aktivitas yang dikatakan paling menyenangkan serta melelahkan bagi semua pemilik hunian. Tujuannya jelas, yakni untuk membentuk huniannya terasa nyaman sesuai dengan keinginannya saat ia bermukim di dalamnya.

Jika beberapa pemilik hunian berpikiran seperti itu, bagi sejumlah para pemukim baru yang baru saja memiliki hunian, baik itu kepemilikan pribadi maupun sewa properti seperti sewa apartemen bulanan atau sewa rumah, mendekorasi untuk pertama kalinya merupakan aktivitas yang sangat membingungkan.

Bagi Kamu yang baru pertama kali mencoba untuk mendekorasi hunian secara mandiri tanpa menggunakan pihak lainnya, tentu akan menemukan banyak halangan dan kesulitan di tengah-tengah aktivitas tersebut. Sebagai salah satu solusi, perlu sekiranya untuk mengetahui sejumlah kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi pada aktivitas dekorasi tersebut. Dilansir dari website Apartmentherapy berikut adalah 3 kesalahan yang biasanya dilakukan para penghuni dalam mendekorasi hunian baru.


Tidak Menentukan Visi Dekorasi Keseluruhan

Kesalahan ini merupakan kesalahan paling umum yang terjadi saat orang pertama kali mendesain rumah. Melihat visi ide dekorasi secara keseluruhan seringkali dikesampingkan dibanding dengan per ruangan. Hal tersebut yang membuat nuansa hunian pun terasa kurang mengenakan dan tidak berhubungan antara satu sama lainnya. 

Tidak mesti harus menyeragamkan tiap ruangan dalam membentuk sebuah kesatuan dalam nuansa pada hunian. Bagi Kamu yang lebih ingin nuansa ruangan tidak seragam,  bisa juga menyatukan dekorasi antar ruangan asalkan Kamu telah membayangkan dan menentukan visi nuansa akhir saat semua dekorasi bersatu padu.

Ingat, mendekorasi ruangan tidak harus dilakukan dalam satu waktu. Jika terjadi kendala dengan urusan finansial lain yang lebih penting seperti membayar cicilan pembelian atau sewa rumah, Kamu dapat perlahan-lahan satu persatu menyicil dekorasi per ruangannya. Yang penting sudah bisa membayangkan dekorasi huniannya nanti.

Terlalu Memaksimalkan Dinding

Mungkin salah satu trik untuk mengefisiensikan penaruhan perabotan-perabotan atau aksesoris pada ruangan adalah dengan memaksimalkan area dinding. Namun, hal ini akan menjadi sebuah kesalahan dalam dekorasi jika area dinding terlalu ramai. Yang ada Kamu akan menemukan ruangan tersebut justru terlihat tidak menyenangkan dan cenderung sesak.

Kesalahan yang tidak terlalu berdampak siginifikan dapat ditanggulangi dengan menaruh sejumlah perabotan pada lemari atau meja-meja yang berada di tengah ruangan. Ingat, yang ingin tonjolkan adalah area tengah ruangan, bukan di area dinding ruangan.

Berbelanja di Satu Toko

Berbelanja hanya pada satu toko dikatakan menjadi salah satu kesalahan dalam dekorasi rumah pertama atau rumah baru yang banyak ditemukan. Apa yang membuat hal tersebut salah adalah para pemukim tidak akan sadar kalo dirinya sedang terjebak dalam estetika sebuah toko atau desain berdasar dari katalog. Padahal, sangat penting bagi para pemukim untuk dapat memaksimalkan dekorasinya dengan ide orisinil dari pemikirannya. 

Jangan sampai ketika barang-barang yang telah dipilih pada sebuah toko bertentangan dengan ide dekorasi yang sudah dirancang sebelumnya. Bisa-bisa, beberapa barang yang dibeli justru tidak terpakai dan menimbulkan pemborosan. Untuk itu, disarankan untuk berbelanja tidak pada satu toko untuk membuat dekorasi lebih bervariasi dan maksimal.

22 komentar:

Anisa mengatakan...

Ternyata ada banyak hal ya yang harus diperhatikan ketika mau mendekorasi hunian baru

Meiga mengatakan...

Wah bermnafaat banget nih artikelnya. Terima kasih informasinya

Alvi mengatakan...

Ini memang yang sering dilakukan ya, membeli hanya di satu toko

Sasa mengatakan...

Ternyata beli di satu toko juga berpengaruh banget ya

Diana mengatakan...

Terlalu mendekorasi dinding juga ternyata juga nggak baik ya

nurul rahma mengatakan...

Wah wah wah
ini wawasan baru banget buat saya mba
thanks for sharing yak

nurul rahma mengatakan...

Makasiii bgt
wawasan jadi nambah setelah baca artikel ini

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

Bener banget ini, huntingnya cuma di satu toko. jadi stuck ide juga sih

Gita Siwi mengatakan...

Jadi mobile cari pernak pernik itu wajib ya kak, karena zaman sekarang banyak banget deh buat urusan interior rumah. Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan ya

sally mengatakan...

Gak gampang ya mendekor ruangan baru, apalagi kalau nyonya rumah yang datang...

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

Bermanfaat banget ya ilmu buat dekor ini.. Karena mendekor ini gampang gampang susah

lendyagasshi mengatakan...

Dekorasi rumah yang terbaik memang ada rumahnya dulu...
Hehhe..maksudku, agar kebayang mau beli pernak-pernik yang gimana...
Soalnya aku ngalamin niih...setelah pindah rumah, ada beberapa furniture yang kayanya jomplang pas ditaruh di rumah yang sekarang.
Hiiks~

Alfu laila mengatakan...

Saya kadang mentok di poin pertama.. terlalu banyak ide dan khayalan tingkat tinggi hanya pada ruangan tertentu saja. Pas udah terealisasi, jadinya ga sinkron sama ruangan lain..hihi

Utie Adnu mengatakan...

Kadang klo rumah dari asalnya interior nya sdh bagus sayang bngt d renov aplg aejwnis apartment mungkin gnti cat Aja Kali u

ria buchari mengatakan...

Wah penting bgt nih klo bahas tentang masalah dekorasi rumah, karena buat kenyamanan juga jd huntingnya perlu ke bbrp tempat ya

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Yang memengaruhi ternyata banyak juga ya Mba. Hehehhehe. Buat penganten baru nih biasanya. Tapi aku juga sedang belajar biar punya ruangan yang baik. Makasih mba Siti

Sara neyrhiza mengatakan...

Perlu banget untuk belanja furniture di banyak toko agar sesuai ekspetasi dan menjadi hunian nyaman bagi keluarga

Novitalevi mengatakan...

Tips yg berguna bngt ni buat yg baru punya rumah dan ingin mencoba ganti suasana

Suzannita mengatakan...

Tips nya ini berguna banget ya Mbak, seru banget ya Mbak bisa dekor ruangan ya Mbak

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Bener bangeeeeet, aku kadang juga mendapati dekorasi dindingn yang full gitu
dipandangnya jadi agak gemana gitu ya Siti. Thanks ah, jadi mikir nih buat memperbaharui dindng

Melysa Luthiasari mengatakan...

Boleh banget nih dicontek informasinya, siapa tahu suatu saat nanti aku ada rejeki buat bisa dekor rumah milik sendiri.

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com mengatakan...

Wah banyak diingetin beberapa hal di sini, makasih yaaaa.. Bener juga ya, kadang kita berfokus utk ngisi ruangan, pdhl blm tentu diperlukan.