Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 28 Maret 2019

Sayangi Ginjal, Pahami Hidrasi Sehat Bersama Danone AQUA

Fun Walk Danone AQUA
Pagi itu, di akhir pekan sebagaimana biasa suasana car free day ramai oleh para warga. Pun demikian pada tanggal 24 Maret 2019, di salah satu sudut Jl. MH Thamrin Jakarta ramai dengan nuansa biru. Ya..pada saat itu tengah berlangsung Fun Walk yang di selanggarakan oleh Danone - AQUA dalam rangka memperingat hari ginjal sedunia atau World Kidney Day yang diperingati pada tanggal 14 Maret.

Ribuan orang turut memeriahkan Fun Walk tersebut, tak terkecuali diantaranya kehadiran publik figure Ben Joshua.  Kegiatan bertajuk Gaya Hidup Sehat Dengan Hidrasi Sehat ini, juga sejalan dengan semangat program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan pemerintah.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menghimbau masyakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan  minum air secukupnya, olahraga secukupnya. Dalam rangka hari ginjal sedunia 2019 Danone-AQUA mengajak masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat, melakukan aktivitas fisik agar semakin menyadari pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal. 



Ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia sehingga sangat penting menjaga kesehatannya dengan tepat. Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal manusia sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram. 

Kesehatan ginjal itu sangt penting, jangan sampai dehidrasi agar ginjal tetap sehat, fatalnya jika kekurangan minum bisa timbul insfeksi saluran kencing dan menyebabkan gagal ginjal. Perlu di ingat perbanyak minum air putih dan jangan jadikan sekedar penghilang haus.

Untuk diketahui, data yang tercatat di xi International Society of Nephrology (ISN), lebih dari 850 juta orang di dunia mengidap penyakit ginjal. Jumlah ini  dua kali lipat dari jumlah pengidap diabetes (422 juta) dan 20 kali lebih banyak dari prevalensi kanker (42 juta) di dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, prevalensi penyakit ginjal kronis mencapai angka 3,8 permil. Angka tersebut meningkat dari 2,0 permil di tahun 2013 yang berarti ada 3.800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis dari satu juta orang (Riskesdas 2018).

Talkshow Hari Ginjal Sedunia Bersama Danone AQUA

Talkshow Hari Ginjal Sedunia
Dalam sesi talkshow, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI menyatakan "Asupan cairan sangat penting agar ginjal bisa berfungsi dengan baik. Minimnya cairan di dalam tubuh  hanya akan menyebabkan masalah, sehingga minum banyak air agar ginjal menjadi sehat. Berbagai masalah bisa datang akibat kurang minum air. Ketika terjadi dehidrasi berulang (kronis) karena kurang konsumsi air putih, seseorang bisa terkena penyakit ginjal kronis."

Cara termudah untuk mengetahui status hidrasi adalah dengan melihat warna urine menggunakan metode PURI atau Periksa Urin Sendiri. Metode ini menggunakan tabel gradasi warna urin yang dicocokkan dengan warna urin kita saat berkemih. Bila urin berwarna jernih, itu menunjukkan status hidrasi tubuh yang baik. Bila urin berwarna oranye menunjukkan perlunya tubuh mendapat lebih banyak asupan air karena kurang terhidrasi dengan baik. Sedangkan bila urin berwarna kuning pekat bahkan cokelat, itu tandanya sudah mengalami kekurangan cairan.

Cocokan dengan gradasii warna urin
Kebutuhan konsumsi air berbeda-beda antara satu individu dengan lainnya bergantung pada beberapa faktor seperti usia, aktivitas fisik, sedang hamil atau menyusui, lingkungan (suhu, kelembaban), dan kondisi kesehatan (misalnya gangguan fungsi ginjal, infeksi saluran kemih, dan penyakit jantung).

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, di antaranya: 
1. Aktif bergerak 
2. Minumlah air putih secukupnya
3. Menjaga berat badan 
4. Mengatur pola makan 
5. Kontrol tekanan darah 
6. Menghindari beberapa obat dan suplemen
7. Menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

Sedangakan Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA Mengungkapkan bagaimana visi Danone yakni  'One Planet One Health' selama lebih dari 46 tahun sejalan dengan memelihara keberlangsungan alam. Sekaligus berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi tepat dan menjalani hidup sehat berkelanjutan.

Air Mineral AQUA
Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan pusing, kulit kering, hingga sakit kepala. Pada tingkat berat bisa menyebabkan demam, peningkatan denyut jantung, sampai kehilangan kesadaran. Sementara kelebihan cairan justru bisa menyebabkan hiperhidrasi atau keracunan air. Oleh karena itu, kebutuhan cairan yang cukup menjadi satu hal penting yang tak bisa diabaikan.

Tidak dapat  dipungkiri, bahwa air mineral dalam kemasan sudah menjadi suatu kebutuhan bagi semua orang di dalam kegiatan sehari-hari yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Hal yang mendasar karena harganya cukup terjangkau. Akan tetapi sebagai konsumen tentu Kita dituntut untuk terus teliti dan selektif dalam memilih air mineral dalam kemasan yang baik untuk kita dan keluarga konsumsi. Salah satunya adalah dengan menjadi konsumen yang cerdas dengan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya

Syarat air minum dalam kemasan yang adalah baik adalah tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Danone AQUA punya standar kualitas yang ketat, sebab harus melewati penelitian hidrogeologis selama satu tahun sebelum sebuah sumber air bisa digunakan untuk dikemas dan diminum.

Disamping itu, hadir juga Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dokter Diana Sunardi MGizi SpGK. Untuk diketahui, IHWG didirikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dibentuk dengan misi untuk menyediakan dan berbagi pengetahuan terkait pentingnya hidrasi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai wujud dukungan inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, IHWG mencanangkan
Gerakan Ayo Minum Air (AMIR) guna mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat yang meliputi asupan gizi seimbang termasuk hidrasi sehat, dan melakukan aktifitas fisik untuk mencegah obesitas serta hubunganya dengan penyakit ginjal.

Di tengah padat aktivitas dan syuting, Adinia Wirasti merasa harus memenuhi kebutuhan minum secara optimal. Dia Tak pernah lupa untuk menyediakan beberapa botol air mineral. Baginya memahami dan mengenal tubuh sendiri itu penting. Menjaga kesehatan di tengah aktivitas yang padat bisa dimulai dengan minum air putih. Meski terkesan sederhana, air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Rutin mengkonsumsi air putih dengan takaran yanh tepat bisa menjaga kadar cairan tubuh, membantu memberikan energi pada otot, mengendalikan asupan kalori hingga merawat kulit secara alami.

Selain menyelenggarakan Fun Walk yang diikuti oleh ribuan peserta dan talkshow mengedukasi, pada acara tersebut Danone AQUA juga meluncurkan AQUA Hydration Calculator yakni sebuah metode untuk menghitung kebutuhan hidrasi perorangan. Meriahnya venue semakin terlengkapi dengan beberapa tempat untuk photo booth, hiburan dan pemeriksaan kesehatan seperti skrining tekanan darah serta komposisi tubuh.

Ayo Pahami Hidrasi Sehat

24 komentar:

Bambang Irwanto mengatakan...

Benar sekali, Mbak.
Ginjal ini harus dijaga. Banyak orang kena ginjalnya karena malas minum.
Makanya saya usahakan asupan air putih dalam tubuh saya cukup.

Himala mengatakan...

Wah, acaranya sekalian gerak jalan ya. Mbak dapet hadiah dari acaranya nggak, nih? Hihihi

Banyak minum emang penting banget. Aku jadi inget ayahnya suamiku (kemungkinan) kena penyakit ginjal gara2 waktu muda tiap hari minum jamu rebusan sendiri tapi malah jarang banget minum air putih.

Setelah agak berumur, beliau jadi sering kerasa sakit di daerah sekitar ginjal dan pinggang. Badannya juga sering kerasa nggak seger & sakit

Uci mengatakan...

Kalau aku dari dulu minumnya selalu pilih Aqua karena udah terjamin kualitasnya, ga ada bau, ga berwarna, airnya enak adem bikin seger

Git Agusti mengatakan...

Ginjal itu memang harus dijaga dengan baik, sekali sakit, sakitnya ga nahan. Belum lagi biaya pengobatannya di rumah sakit yang luar biasa.

Travel Blog Evi Indrawanto mengatakan...

Menjaga asupan air putih setiap hari, terkadang gampang-gampang susah. Apalagi kalau sedang jalan suka lupa minum. Kadang untuk menjaga jangan terlalu sering pipis. Tahu-tahu kepala sudah pusing dan bibir kering. Kebiasaan yang buruk banget ternyata ya :)

Taumy Alif Firman mengatakan...

Penting banget memang asupan air agar tidak dehidrasi dan ujungnya bisa menjaga kesehatan ginjal

Samleinad mengatakan...

Ya setuju. Minum air putih tdk sebatas utk hidrasi saja, tapi juga merawat organ2 tubuh lainnya seperti ginjal

Okti Li mengatakan...

Ini jadi kebiasaan kami kemanapun selalu bawa bekal air putih. Baik untuk anak, maupun saya sendiri. Daripada beli minuman yang belum tentu sehat, mending minum banyak air putih

Artha Amalia mengatakan...

Segala yg cukup adalah baik. Kebanyakan air putih ternyata gak baik.. Apalagi kalau kekurangan, parah bisa bikin dehidrasi dan kerusakan organ dalam tubuh kita

Putu Sukartini mengatakan...

Memang bener banget nih harus minum yang cukup biar ginjal bekerja dengan baik
Jangan sampai dehidrasi

Ria Fasha mengatakan...

Kecukupan air dalam tubuh memang penting banget.. Tante aku yg sakit ginjal harus cuci darah 2x seminggu, kasian bgt, memang penyebab awalnya kurang minum trus kerjanya penjahit jadi duduk aja dan jarang gerak

Keke Naima mengatakan...

Saya dulu suka nahan-nahan minum karena malas ke toilet. Untung sekarang udah enggak. Ngeri kalau sampai kurang asupan air minum

Maria Soraya mengatakan...

Saya orangnya beseran, demen banget ke toilet tiap habis minum terutama minuman manis. Gara2 liat tabel warna pipis di toilet toko buku, saya jadi rajin minum air mineral. Karena, minum air itu jangan menunggu haus dulu, ceunah.

Ida mengatakan...

Saya baru tau ada hari ginjal sedunia dari tulisan blogger di evwnt ini. Saya kadang lupa minum skrh sdh lbh peduli sih..

Farhati Mardhiyah mengatakan...

Betul banget banyak minum air mineral bikin ginjal sehat. Almarhum bapak punya jantung yg sering minum obat, tapi dengan banyak minum air mineral Alhamdulilah ginjalnya sehat

andyhardiyanti mengatakan...

Sekarang ini saya sedang membiasakan diri untuk sering mengkonsumsi air putih. Alhamdulillah terasa banget, badan jadi lebih segar.

andyhardiyanti mengatakan...

Saya sedang membiasakan banyak minum air putih belakangan ini mbak. Dan emang terasa sekali pengaruhnya, tubuh terasa lebih segar.

Afifah Mazaya mengatakan...

Aku juga punya tabel seperti itu. Dapat dari Danone juga kalau nggak salah. Yang kayak gitu tuh bisa bikin lebih perhatian terhadap diri sendiri.

Eskaning Arum Pawestri mengatakan...

Konsumsi air perlu diperhatikan agar ginjal nggak bermasalah. Apalagi sebentar lagi bulan puasa nih..

Riri Restiani mengatakan...

sejak sahabat saya meninggal karna sakit ginjal, saya jadi lebih banyak minum air putih, apalagi buat orang yang sering duduk lama gitu harus banyak minum air putih.

Bunda Sugi mengatakan...

Betul banget ... ginjal harus selalu dijaga agar tetap sehat. Soalnya kalau ginjal sudah bermasalah, sulit dicari obatnya

@blogger_eksis mengatakan...

Rame yaa acara fun walk'a. Btw AQUA Hydration Calculator itu seperti apa yaa contohnya. Penting nih supaya aku gak dehidrasi*

Afin Yulia mengatakan...

Ah, jadi ingat temen yang kena gagal ginjal Mbak baca ini. Semoga kita bisa menjaganya dengan baik. Jika sudah mengalami kerusakan kronis harus cuci darah sepanjang hayat.

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Menjaga kesehatan ginjal penting nih. Soalnya kalau ginjal bermasalah pasti berbahaya. Saya selalu hitung minum harian, supaya ga kelewat dan kurang.