Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 24 Desember 2017

Mendalami Seni Photography Saat Travelling

Photography dan Travelling (Doc.Pribadi)
Seakan menjadi sebuah keharusan ketika perjalanan dalam mengunjungi tempat-tempat menarik baik dalam panorama pemandangan eksotis, bangunan-bangunannya yang unik atau bisa saja adat istiadat dan budaya diabadikan dalam sebah foto. Seyogyanya foto bukan sekedar gambar semata, tapi setidaknya harus memiliki makna mendalam yang seakan bercerita bagi yang melihatnya.

Secara garis besar, bisa diambil kesimpulan bahwa seni fotografi memiliki keterkaitan erat pada setiap perjalanan. Terlebih di era teknologi seperti saat ini, seorang pejalan kerap identik mempublikasikan dan mendokumentasikannya melalui sosial media. Dalam sebuah pertemuan di Coffee Paste - Bekasi menghadirkan pembicara Ashari Yudha, seorang travel blogger yang akrab di kenal @catatanbackpacker sharing mengenai monetize photografi perjalanan  di sosial media. Menurut sebuah survei Hootsuite, Tech Asia bahwa sekitar :

  • 80% generasi milenial mengabadikan momentnya via kamera saat travelling
  • 85% orang menggunakan social media saat travelling
  • lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia
  • Netizen mulai menjadikan media sosial sebagai branding diri

Survei Hootsuite, Tech Asia
Hal ini semakin menguatkan bahwa peran sosial media sebenarnya merupakan salah satu perangkat yang sangat berpotensi dalam memperkenalkan lebih luas suatu destinasi dalam perjalanan. Untuk menghasilkan suatu gambar yang baik dan menarik perlu dipahami bebera konsep travel photography.

I. Sesi Foto 

Komposisi adalah hal utama yang dinilai dalam sebuah karya foto karena komposisilah yang pertamakali dilihat oleh mata.

Objek
Untuk membuat foto yang kuat dan lebih terisi, pastikan sebuah gambar pemandangan setidaknya memiliki beberapa objek agar panorama yang terekam terlihat lebih hidup.

Rule Of Third
Memahami penempatan subyek foto  tepat ditengah-tengah frame atau yang sering disebut dengan dead center. Menuntun mata penikmat foto ke arah titik Point of Interest dan bukan pada bagaian tengah frame. Tujuannya adalah menciptakan sebuah hasil foto sehingga memiliki keseimbangan serta menarik bagi para penikmat foto.

Symetri
Ada beberapa objek yang diambil dengan konsep seperti ini biasanya untuk sebuah arsitektur agar seluruh objek terekam keseluruhan dan memberi kesan stabil kokoh dan seimbang.

Perspective/Leading lines
Merupakan aspek komposisi yang sangat penting dalam fotografi landscape. Untuk memunculkan sense of depth atau objek bekesan lebih jauh dan tertangkap sempurna ketika hasil gambar terekam. Menciptakan sebuah komposisi yang sangat menarik secara estetika dengan garis yang ada menuntun mata penikmat foto dengan kesan seperti menunjukkan ke arah mana harus memandang, dimana perspektif komposisi saling mengisi.

Framming
Menempatkan subyek utama foto dalam posisi yang sedemikian rupa sehingga dikelilingi elemen lain dalam foto. Tujuannya untuk memberi konteks pada foto, karena unsur frame memberi kesan sebagai suatu batasan kepada objek utama foto.

Portrait
Biasanya menggunakan wajah seseorang sebagai obyek foto, yang dominan pada segi artistiknya. Yang mencerminkan suasana jiwa yang ada dalam subyek dalam foto.

Sebuah foto dapat bercerita lebih banyak dibandingkan kata-kata, menyiratkan ribuan makna. Ada beberapa teknik untuk membuat sebuah bidikan foto lebih bercerita, salah satunya adalah memberi kesan senatural mungkin dengan melakukan konsep foto candid pada sebuah subjek.

II. Magic Editing Photography

Tujuannya adalah memberi seleksi dan penilaian untuk mengurangi elemen yang tidak diinginkan dalam foto dan memperbaiki kekurangan teknis pada foto, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat ditangkap secara sempurna. Beberapa aplikasi foto yang cukup akrab digunakan oleh Ashari meliputi Snapseed, VSCO dan Adobe Lightroom.

Untuk membranding diri di media sosial, fokuskan pada konsep tema yang disukai. Bagi beberapa traveller mereka cukup memilah konsep apa yang menjadi passionnya, bisa bertema Informatif (Naratif), Artsy atau Adventurous.

Di era digital seperti saat ini, memaksimalkan media sosial dengan branding diri merupakan suatu hal yang sah-sah saja bahkan sudah cukup diminati banyak kalangan. Di tengah banyaknya persaingan, jadilah seorang yang berbeda. Buat postingan di media sosial semenarik mungkin dengan menerapkan unsur unik, kreatif dan konsisten.

Sebuah pembentukan branding di media sosial sebagai sarana online marketing untuk media publikasi secara lebih luas. Beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk informasi dasar, pastikan dalam media sisial adalah biography, hastag, business profile,connect to other media social.

Salah satu hal penting dalam persiapan pengelolaan media sosial adalah menentukan ukuran performa akun. Hal ini bisa ilihat dari jumlah interaksi terhadap konten akun yang dikelola, dikenal sebagai bobot engagement yang bisa menjadi pertimbangan bagi sebuah brand nantinya mengajak bekerja sama. Setidaknya terapkanlah tagline 'APPROACH The Brand and BE Awesome' jadilah luar biasa dengan sebuah pendekatan interkasi yang aktif antara  si pemilik akun dan followernya.

Setelah tahap monetize di pahami, berikutnya bisa menuju proses lanjutan yakni mempelajari lebih jauh seperti media kit. Bentuknya seperti resume online dengan konsep lebih modern yang berisikan biografi secara singkat namun merangkum jelas keseluruhan data pribadi seorang user yang fokus ingin berlecimpung di bidang digital. Media kit ini yang akan berfungsi sebagai proposal dengan rincian cukup detail pengalaman, awarding atau brand-brand apa saja yang pernah bekerja sama.

Narasumber & Peserta Grow Your Social Media (Doc.IndoBlognet)
Smartphone Penunjang Travelling

Kesimpulannya, ketika travelling Kita pasti membutuhkan sebuah kamera yang dapat menangkap dan merekam setiap moment saat perjalanan. Berbagai produsen smartphone cukup membaca keinginan pasar. Semakin konsisten meningkatkan kualitas produk sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan kebutuhan penggunanya.

Polytron Prime 7 cukup melengkapi kebutuhan seseorang yang mengingkan kualitas gambar terbaik ketika travelling. Dengan kamera utama 13MP PDAF dilengkapi teknologi Anti Reflection Coating, untuk kamera depannya di persenjai kapasitas 8MP dengan fitur wide-angle sehingga semakin mudah untuk melakukan swa foto.

Untuk urusan daya, disematkan baterai berkapasitas 2.900mAh dilengkapi dengan fitur Turbo Charging yang memungkinkan user bisa mengisi daya baterai dengan lebih cepat dan bisa dipakai untuk menelepon hingga 1,5 jam.

Smartphone Polytron Prime 7 (Doc. Polytron.Mobile)
Mengusung tagline "Breakresistant" body smartphone ini dirancang dengan konstruksi frame metal dan dibalut teknologi Nano Molding sehingga memiliki kelebihan tahan banting bahkan saat terjatuh.

Tidak sekedar itu saja, berbagai fitur unggulan lainnya cukup memenuhi segala kebutuhan lifestyle lainnya, seperti mendengarkan musik hingga upload foto ke media sosial.

46 komentar:

Ella fitria mengatakan...

Keren nih, makasih ya mbak.. Jadi mumpemg bgt pengin polytron prime 7

Inna Riana mengatakan...

aku belun nyobai aplikasi adoba light room

Nerslicious - Nugraha Fauzi mengatakan...

kemaren kemaren lagi rame masalah xiaomi 5A yang dibanderol murmer banget. Sekarang polytron prime 7. Ngomongin gadget emang nggak akan pernah habis, bikin mupeng terus. hehe

Natara mengatakan...

Aku juga pake apliksai vsco dan snapseed tapi kayanya masih perlu banyak belajar utak atik lagi deh...

hidayati nur mengatakan...

Asyikk moga dapat rezeki biar B's beli Hape lagi

Dewi Nuryanti mengatakan...

Bener bgt ini klo setiap perjalanan alias travelling kudu diabadikan dlm foto2 indah. Sayangkan keindahan jika terlewat bgitu saja. Sayang juga klo foto yg diambil blur, buram atau krg baik hasilnya. Perlu bgt ilmu photografi meskipun dasar2nya saja.

Anisa Ae mengatakan...

Bikin mupeng nih. :'D Padahal barusan upgrade smartphone

Ria Bilqis mengatakan...

Belum pernah punya gatget merek Polytron, ternyata hasilnya bagus juga ya untuk fefotoan. Makasih mba, bisa jadi pertimbangan kalau yang lama rusak.

Echi Mustika mengatakan...

Membawa smartphone untuk traveling adalah cara yang simpel dan hebat beban...

Helenamantra mengatakan...

Whuaaa banyak yang perlu dipikir sebelum memotret. Meski sekarang makin gampang dengan kamera digital, membuat foto bercerita tetap butuh latihan.

sifora mengatakan...

masalah traveller emang ga akan pernah selesai,, apalagi dengan keindahannya emm bakal betah deh gue.

endah marina mengatakan...

bener bangett mbak , traveling dan photography itu seperti senyawa yg gak bisa lepas satu sama lain . namun sayang akupun belom begitu mahirr untuk pengambilan objek ... ajarinn aku donkk mbakk sitii , aku selalu mupeng liat poto2 travelingmuu ..

Azzura lhi mengatakan...

Duuhh.. Saya mah selama ini asal jepret doang. Sampe penuh deh tuh memori, yang bagus cuma segelintir.
Ternyata ada ilmunya gini yak. Asik nih buat dipraktekin.

Leyla mengatakan...

Lebih enak belajar fotonya kalo langsung dipraktekkan ya. Pengen banget belajar moto.

Novitalevi mengatakan...

Makin canggih aja ya smartphone sekarang dan sangat berguna dan perlu banget buat dokumentasi perjalanan. Praktis pula ga berat

Maya Siswadi mengatakan...

Kemaren langsung praktek atau cuma sharing ilmu aja? Hasil fotonya may lihat dooonk *eaaa. Btw, pematerinya bukan blogger kah? Travelgram?

Melysa Luthiasari mengatakan...

Aplikasi snapseed itu memang membantu banget deh, terutama pada pencahayaan yang gelap. Tapi kalo pake polytron prime 7 keknya oke2 aja ya.

hida mengatakan...

Travelling pasti identik dengan pota poto ya..rasanya ga afdol kalo travelling tapi ga mengcapture moment selama di perjalanan. Tapi ya emang kudunya juga harus belajar teknik2nya biar hasil makin optimal. Keren sharingnya lho, makasih ya.

Ovianty _ mengatakan...

Ajarin dong fotografi, apalagi untuk monetize, beneran harus belajar ya. Polytron Prime 7, keren banget, 13 MP, bisa dapat foto berkualitas, tanpa harus nenteng kamera lagi.

hellofika mengatakan...

Wuiiih jd mupeng, emang saatnya ganti hape sih ini. . kalau u ngevlog bagus ga siti? Harganta

Novitania mengatakan...

Traveling dan fotografi satu kesatuan yang ga bisa dipisahkan ya kak

Tika Samosir mengatakan...

Seru banget ya acaranya Mba. Kemaren pengen ikutan tapi pas hari kerja ga bisa deh.

adi pradana mengatakan...

Asik banget, dapat ilmu ttg fotografi.

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Semoga informasinya membantu mba ^_^

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Yuuu coba dipelajari mba . Saya jg msh belajar :)

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya..semakin kesini spesifikasi smartphone semakin mutakhir

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba. Semakin banyk aplikasi foto editor semakin banyak pilihan utk belajar lbh banyak lagi

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Aaamiiin..pingin ihh
Punya smartphone canggih yg mendukung travelling

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Nah..iya
Sekalian promosiin keindahan alam ini utk dilestarikan bersama

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Mungkin kode utk nambah lagi mba
Hehehe

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Meski buatan lokal tp spesifikasinya ajib banget

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya Mba Echi. Apa lagi kalo spesifikasi yg tersemat udah canggih

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba, teknik fotografi memang rumit tapi seru kalo ditekuni

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba. Foto2 traveller yg ciamik emang bikin betah utk lihat terus

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Terima kasih mba Endah
Masih blm sempurna sih mba, yuu kita sama2 belajar ^_^

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Saya juga masih sering begini
Hehehehe
Pingin juga belajar lebih mendalam

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Nah..memang benar, belajar fotografi asyiknya langsung dipraktekin

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba,.semakin sempurna dg spesifikasi yg canggih menunjang berbagai activity

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Baru teori mba,mungkin next ada praktiknya
Pemateri kemarin seorang travelblogger

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iyaps. Saya juga sering pake snapseed

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Semoga informasinya bisa membantu mba :)
travelling dan foto itu berkaitan erat

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Kapasitas kualitas kamera yg bagus hasilnya bisa lebih memuaskan

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Kalau dari spesifikasinya sudah cukup memadai utk video
Saat launch Harga nya dibandrol.2,5 jutaan

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya..saling melengkapi dan menyempurnakan

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba,.lumayan ilmu baru :)

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya, utk memahami tekniknya secara lebih detail