Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 24 April 2020

Wujudkan Rumah Bersih dan Sehat Untuk Kenyamanan Tempat Tinggal

Cat Anti Bakteri

Sebuah rumah tak sekedar sebagai tempat berlindung dan berpulang dari aktivitas para penghuninya. Lebih dari itu, rumah adalah sebuah hunian yang bukan hanya untuk singgah, tapi segala hal yang kita miliki tentang tempat menetap juga rasa untuk berbagi perasaan nyaman dan bahagia bersama keluarga.

Kenyamanan sebuah rumah tinggal tidak hanya ditentukan oleh lokasi, desain yang cantik, atau bahan bangunan yang digunakan tetapi juga bisa memberikan ketenangan dan tidak membuat penghuninya menjadi stress. Hal utama untuk membuat rumah terasa nyaman adalah memperhatikan kebersihannya. Rumah yang bersih tidak hanya membuat betah, tapi juga baik untuk menjaga kesehataan seluruh yang orang yang mendiaminya.

Oleh karenanya, membersihkan rumah secara rutin harus dilakukan. Karena jika rumah kotor dan berantakan, hal ini tentu akan membuat tidak nyaman bagi yang menempati. Rumah yang bersih merupakan hunian yang sehat sehingga tentu saja mengurangi resiko dari terjangkitnya berbagai penyakit berbahaya.

Untuk mewujudkan rumah bersih dan sehat, setidaknya perlu di perhatikan beberapa halnya :

1. Ventilasi dan sirkulasi udara yang baik

Rancang rumah dengan jumlah bukaan sirkulasi udara dan sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan juga ventilasi di rumah bersifat cross ventilation, sehingga udara di dalam ruangan bisa beregenerasi dengan udara yang ada di luar.

Jangan sampai rumah terasa pengap atau lembab, oleh sebab itu biasakan untuk membuka jendela dan ventilasi udara di pagi hari supaya udara dan cahaya matahari sehat masuk ke dalam rumah.

2. Pembuangan Sampah yang teratur

Biasakan selalu untuk menyediakan tempat sampah di setiap ruangan dan jangan menumpuk sampah di dalam rumah.Demi terwujudnya rumah tetap bersih dan sehat, penghuninya harus bisa mengelola sampah cair atau padat dengan baik supaya tidak mencemari sumber air atau permukaan tanah, tidak menimbulkan bau, dan sebaiknya memiliki tempat pembuangan sampah yang tertutup agar tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

3. Tercukupinya Air bersih dan sanitasi lingkungan

Sebagaian besar aktivitas manusia membutuhkan air bersih, seperti memasak, membersihkan, menyiram tanaman ataupun mandi. Oleh karenanya sumberair yang bersih dan segar pastinya sangat dibutuhkan oleh setiap rumah. Idealnya, air di dalam rumah harus tersedia dengan kapasitas 60 liter/hari/orang. Adapun ciri dari air yang bersih, itu tidak berbau ataupun tidak berwarna.

Disamping itu sanitasi air juga tak kalah penting. Setidaknya harus memiliki septic tank dan pembuangan limbah air yang tidak mencemarkan tanah dan air tanah serta tidak berbau. Posisi septic tank sebaiknya dibuat sejauh mungkin dengan pompa air. Jangan lupa untuk selalu merawat selokan yang jadi jalur pembuangan air supaya dapat mengalir tanpa ada genangan dalam waktu lama, terutama saat musim hujan.


4. Bebas dari Hama, Kuman dan Bakteri.

Sapu dan pel tiap ruangan setiap har. Jika perlu, bersihkan debu yang menempel pada rak, lemari, dan lainnya secara rutin. Ketahui area yang mudah kotor dan bersihkan sesering mungkin.

Seperti yang Kita ketahui, rumah yang kotor itu bisa menjadi sarang kuman, bakteri dan penyakit. Apabila terus-menerus dibiarkan, maka bisa  membahayakan kesehatan segenap penghuni rumah tersebut. Saat kesehatan terganggu, kualitas hidup pun menurun, hunian  tidak akan lagi menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Kuman dan bakteri ini pun tidak hanya menempel pada satu area rumah saja, tapi menyebar dari udara, lantai, perabot hingga dinding rumah. Padahal bisa dibilang dinding merupakan area di rumah yang jarang sekali dibersihkan. Namun ternyata Berbagai bakteri seperti E. coli, MRSA, hingga Staphylococcus aureus dapat bertahan di permukaan dinding mulai dari harian hingga mingguan. Nah..Bakteri-bakter ini yang menjadi penyebab penyakit diare, iritasi kulit, demam hingga infeksi saluran pernapasan.

Bersihkan dinding secara rutin agar kotoran serta penyakit-penyakitnya bisa hilang dari dinding. Membersihkan dinding dari sisa kotoran dan noda yang tertinggal bisa menggunakan kain lap yang diberikan sedikit air hingga lembap. Usahakan untuk tidak menambahkan produk pembersih yang mengandung alkohol, karena produk itu hanya akan merusak lapisan cat pada dinding dan justru meninggalkan noda cerah. Atau cara lainnya dengan tidak menumpuk barang di sudut rumah yang justru bisa menjadi pemicu bakteri kuman dan bakteri menempel di dinding.

cat anti bakteri

Sambil mengganti suasana, bisa juga mencat ulang dinding, akan lebih baik lagi jika menggunakan formula cat anti bakteri. Ini akan sangat membantu agar bakteri tidak menempel dan tumbuh lalu menyebarkan penyakit. Sesuai perkembangannya, saat ini produsen cat tak hanya menawarkan keberagaman warna-warna yang indah tetapi juga sudah mulai memperhatikan kesehatan lingkungan. Seperti Avian Brands yang berinovasi dengan beragam cat dengan manfaat lainnya. Salah satunya No Odor Medicare Lenkote No Odor Medicare adalah cat tembok premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga. Terutama untuk kamar anak maupun bayi. Telah mengantongi sertifikasi Green Label Singapore (merupakan sertifikasi produk ramah lingkungan dengan kadar VOC -Volatile Organic Compound rendah).

Diproses dengan teknologi tinggi, Lenkote No Odor Medicare memiliki beberapa keunggulan lainnya dalam menyempurnakan serta mewujudkan rumah bersih dan sehat :

- Anti bakteri (dapat membunuh 3 bakteri berbahaya yaitu : MRSA, E-coli dan Staphylococcus Areus)
- Mudah di bersihkan dengan air
- Tidak meninggalkan bau
- Tekstur cat lebih lembut
-Anti jamur dan lumut
- Warna tidak mudah pudar
- Tanpa merkuri timbal
- Minim cipratan
cat anti bakteri

Rasanya tidak ada salahnya untuk lebih selektif memilih cat  sesuai fungsi adalah pilihan yang tepat. Bukan sekadar menampilkan estetika dari polesan warna cat saja tapi juga kandungan cat dan kebermanfaatan nya itu harus diperhatikan. Penting karena jika sembarangan akan berpengaruh kepada kesehatan.

27 komentar:

Tati Hidayat mengatakan...

Sering bersihin rumah juga bisa membantu kita menjaga kesehatan ya Ti, tapi kalau datang penyakit malesnya gimana dong.

ria buchari mengatakan...

Iyess penting banget memang memilih cat khusus ketika kita ingin mempercantik rumah, Avian brands juga pilihan keluarga saya

Lia Yuliani mengatakan...

Bagus juga cat Avian ini sifatnya anti bakteri dan sepertinya mudah dibersihkan, anakku masih suka corat-coret tembok soalnya.

Maria G Soemitro mengatakan...

Ternyata ada cat anti bakteri ya?
Mau beli ah, rumah udah waktunya dicat, tapi nanti pasca pandemi

Triani Retno mengatakan...

Selama social distancing aku jadi punya banyak waktu buat bersih-bersih rumah :D Cuma kalo ngecat ini yang mesti nunggu kondisi lebih aman. Btw, cat ini cocok ya buat dinding yang gampang lembap?

Info Beasiswa mengatakan...

Bener banget, aku paling risih kalo misalnya rumah itu ga bersih. Tapi di sisi lain memang bangunan rumahku sirkulasi udaranya ga baik, jadi suka engap aja gitu pas siang-siang panas, kayanya sih harus beli ventilator atau renovasi

Nurhilmiyah mengatakan...

Seneng ya sekarang udah ada Cat Anti Bakteri No Odor Medicare ini, apalagi kaya saya masih punya anak kecil, penting banget menjaga kesehatan melalui pemilihan cat dinding rumah ya

Ida mengatakan...

Wah baru tahu ada cat seperti ini jadi pengen nyoba soalnya rumahku sudah butuh dicat nih hehe...

Naqiyyah Syam mengatakan...

Jadi pengen cat rumah lagi, dinding sudah banyak banget gambaran coretan haha... senang ya kalau bisa ketemu cat yang cocok dengan dinding rumah ya. Suasana baru jadi bahagia.

Nanik nara mengatakan...

hihi saya ini paling males kalau urusan bersih-bersih rumah. Untung suami cekatan, jadi kalau pas ART nggak masuk, urusan nyapu dan ngepel itu bagian dia. Saya bagian masak ama cuci-cuci

Tammy mengatakan...

Avian adalah brand cat yang terkenal sejak dulu ya teh. Nggak ragu, pasti kualitasnya terjamin.

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Betul sekali mbak gunanya cat gak terbatas buat estetika tapi jg buat kenyamanan ya, juga kalau bisa perhatikan keamanan bahan baku cat, soalnya khawatir ada yg alergi sama bahan2nya. Kalau Avian ini bahan2 catnya udah teruji semua ya

Emma Malika mengatakan...

Aku juga milih cat produk Avian bagus dan tahan lama rumah pun jadi cakep😊

Siti Nurjanah mengatakan...

Haris mendisiplinkan diri kali ya..biar rasa malasnya hilang. Kan rumah yang bersih jadi bikin nyaman juga :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Memilih cat dinding kini tak hanya soal estetika warna tapi juga faktor kesehatan. Makanya pilihan yang tepat dengan cat anti bakteri

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah..cocok banget tuh. Apalagi jika digunakan untuk kamar anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Pilihan yang tepat untuk mewujudkan rumah sehat dan bersih dari bakteri atau kuman

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah..dinding yang mudah lembab itu juga kurang baik untuk kesehatan. Setahu Aku produk Avian ini mudah untuk dibersihkan

Siti Nurjanah mengatakan...

Ventilasi jadi salah satu poin penting di pondasi rumah yang sehat supaya sirkulasi pertukaran udaranya tepat. Pun demikian kebersihan dinding juga tak bisa diabaikan

Siti Nurjanah mengatakan...

Inovasi dari Avian Brand ini seakan menjawab kebutuhan masyarakat ya Mba

Melina Sekarsari mengatakan...

Salah satu yang bikin nggak nyaman saat mengecat rumah tuh baunya yang tajam. Lama banget hilangnya. Nah, kalau pakai No Odor Medicare Lenkote lebih nyaman ya karena bebas bau. Kelebihannya pun maksimal karena bisa membunuh bakteri. Selama ini aku nggak menyadari lho bahwa dinding rumah pun berpotensi menjadi sarangnya bakteri, ihiks ...

Milda Ini mengatakan...

Sejak banyak waktu di rumah saja saya juga banyak kesempatan untuk mendekor rumah dan ini sangat seru

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Avian mah udah terpercaya tahunan ya, legend dia mah jadi cat
hehehe, aku juga suka sama warna-warna avian, apalagi kualtitasnya.

Cerita Bang Doel mengatakan...

wah seru neh.. aku mau ganti cat dan dekor kamar juga neh ti.. mau nyoba ah..

lendyagasshi mengatakan...

Memilih cat tembok ini penting banget...karena jika salah pilih, tembok akan cepat kusam dan terlihat tidak bersih.
Estetika ruangan juga menjadi tidak indah.

Lasmicika mengatakan...

Saya taunya avian itu cat kayu dan besi saja. Ternyata ada cat temboknya ya.

Warna warna yang menarik emang bikin rumah jadi asri dan bikin betah ya.

Elva Susanti mengatakan...

Cat Avian bagus banget dan udah banyak yg rekomendasiin ke saya kl pas lagi pilih2 cat. Apalagi ada antibakterinya, cocok banget buat dinding kamar dan tembok2 lainnya agar aman dari berbagai penyakit