Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 29 April 2020

Ramadhan di Tengah Pandemi Coronavirus

Sumber gambar : Freepik
Ramadhan tahun ini Kita menjalaninya dengan suasana berbeda. Dengan perkembangannya yang kian masif, coronavirus telah merubah pola aktifitas dikeseharian. Tak terkecuali di bulan suci mulia ini, dengan adanya himbauan social distancing maka beribadah pun sedikit berbeda karena harus mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 dengan berdiam diri di rumah.

Secara otomatis berdampak pada tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadhan. Jika biasanya umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan berbuka bersama atau sholat tarawih di masjid secara berjamaah, di tengah Pandemi seperti sekarang sebisa mungkin  harus menghindari keramaian atau jangan sampai berkelompok, sehingga ibadah tetap bisa dilakukan bersama anggota keluarga inti, di rumah masing-masing.

Kendati demikian, keadaan seperti sekarang Kita tetap bisa memaksimalkan puasa di bulan Ramadhan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah dan beradaptasi untuk membuat tetap terasa bugar di sepanjang bulan suci sehingga imunitas pun terjaga.

Secara umum beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama Ramadhan adalah dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, juga memiliki gaya hidup yang teratur.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan pun dengan memperhatikan aspek makanan yang seimbang dan menyegerakan berbuka dengan yang manis dan tidak berlebihan saat menyantap makanan saat sahur. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan hidrasi dengan memenuhi kecukupan air putih untuk dikonsumsi serta bisa di tambah dengan pemenuhan multivitamin.

Baca Juga : Hidup Sehat Dengan Berpuasa

Kita tentu sangat mengetahui bahwa menjaga kesehatan, kebugaran serta imunitas tubuh di tengah Pandemi sambil berpuasa merupakan  salah satu yang perlu diperhatikan. Karena jika tidak, akan lebih mudah mengalami penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan virus lebih mudah menyerang dan akibatnya tubuh menjadi lemas, mudah lelah hingga bisa jatuh sakit. Hal tersebut tentunya membuat ibadah puasa menjadi terganggu.

Jika Kita lihat update berita dan informasi seputar Coronavirus, di Indonesia ini jumlah kasusnya terus bertambah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Tapi pasien yang mengalami kesembuhan pun semakin banyak juga. Oleh karenanya, Kita tentu berharap wabah ini segera berakhir dan keadaan kembali membaik. Hargai segala upaya mereka yang telah berjuang di garda terdepan, jaga diri dan keluarga serta berkontribusi memutuskan mata rantai penyebarannya. Tetap waspada dan jangan panik.

Namun, jika tengah merasakan gejala serta mencurigai terinfeksi virus corona atau sulit membedakannya dengan flu, bisa segera mencari informasi valid dan tanyakan kepada dokter lewat aplikasi Halodoc.  Fitur-fiturnya bisa membantu pengguna untuk mendapat layanan medis. Seperti chat, panggilan suara, dan panggilan video dengan dokter yang tersedia 24 jam. selain itu juga bekerja sama dengan 1000 apotek di seluruh wilayah Indonesia yang memberikan layanan membeli kebutuhan medis melalui fitur pharmacy delivery.
Sumber Gambar : Twitter Halodoc
Yang terbaru sejak maraknya pandemi, Halodoc juga menyediakan tes online untuk membantu pengguna yang ingin melakukan pemeriksaan awal atau pemeriksaan sendiri dari rumah dalam mendeteksi COVID-19 di masyarakat. Tes online ini berisi dari beberapa pertanyaan mengenai gejala atau risiko penularan COVID-19.

Cara melakukan tes online ini sangat simpel:

1. download aplikasi Halodoc di smartphone lewat App Store dan Google Play

2. Pilih menu Check COVID-19 secara mudah pada halaman utama

3. Ketika mengklik menu, pengguna akan menunggu beberapa detik sebelum dialihkan ke halaman percakapan

4. Jawab secara jujur setiap pertanyaan yang diajukan

5. Setelah selesai, Halodoc akan memberikan hasilnya dengan kategori resiko rendah, sedang dan tinggi.

Jika hasil verifikasi gejala termasuk kedalam kategori sedang atau rendah, dokter akan menyarankan pengguna untuk karantina di rumah dan akan diberikan resep obat. Namun jika mendapat resiko tinggi, maka akan diberikan link untuk chat atau berkonsultasi dengan dokter yang ada di Halodoc.

Kehadiran aplikasi Halodoc sangat bermanfaat  dalam menyediakan akses layanan kesehatan lebih sederhana, sehingga siapapun dan dimanapun berada bisa dengan mudah terhubung dengan dokter, dan membeli kebutuhan medis lewat smartphone.

Ramadhan di tengah Pandemi Coronavirus bukan menjadi penghalang untuk tetap berpuasa dan beribadah di bulan suci. Ambil hikmah di balik musibah ini dan jadikan ramadhan kali ini lebih berkah bersama keluarga. Menjadi pribadi yang lebih baik menuju insan bertakwa dan istiqamah di tiap waktunya.

41 komentar:

Alaniadita mengatakan...

Meski berada ditengah pandemi, semoga tidak menyurutkan semangat kita untuk beribadah ya, Mbaaa.

Barangkali Allah emang lagi ingin kita beribadah lebih khusyu. Tidak terdistraksi dengan aktivitas di luar rumah.

Halodoc jadi solusi tepat untuk menjaga kita #dirumahaja.
Bisa konsultasi, tebus obat dan sekarang bisa screening corona jugaa.

Berkah terus, halodoc bisa memudahkan hidup banyak orang :)

Farida Pane mengatakan...

Walaupun puasa, walaupun pandemi, kesehatan tetap harus diperhatikan, ya. Salah satunya dengan bantuan halodoc ini

Reni mengatakan...

Semoga tetap semangat menjalankan puasa ditengah pandemi ini ya. Terbantu sekali dengan halodoc ini, bisa berkonsultasi via online tidak perlu pergi ke klinik/RS terlebih di situasi seperti sekarang ini. Semoga kita sehat selalu ya.

Mugniar mengatakan...

Bisa tes online ya di Halodoc tapi harus jujur menjawab pertanyaan, jangan ada yang disembunyikan

Nurul Sufitri mengatakan...

AKu merasakan kebahagiaan ramadhan bersama keluarga di tengah pandemi corona ini. Meskipun di rumah aja kecuali berobat dan berbelanja kebutuhan sehari2, kita ternyata tetap bisa berkarya di rumah. Senangnya bisa sholat berjamaah bersama. Untuk mengetahui informasi jelas tentang virus corona, aku juga membacanya di Halodoc, lengkap banget :D

Ade UFi mengatakan...

Memang kalau ada Halodoc, biar kondisi lagi virus wabah gini kita tetap bisa aware sama kesehatan kita ya. Ga panik cari2 obat atau konsul ke dokter

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Memang lengkap sekali informasi seputar kesehatan di Halodoc yah, membantu kita yang saat ini memang harus di rumah aja. Semuanya jadi serba online deh

Semoga semuanya diberikan kekuatan untuk menghadapi semua ini yaah

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Belum pernah terbayangkan sebelumnya bakal ramadan ditengah pandemi seperti sekarang ini. Yang pasti disaat sekarang ini banyak yang harus disyukuri, menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga yang paling utama. Apalagi yang harus diperhatikan adalah imunitas tubuh, kalau lagi begini biasanya suka mengandalkan Halodoc untuk beli vitaminnya.

Turis Cantik mengatakan...

Semoga ramadhan ini kita diberikan kesabaran, keikhlasan dan paling penting kesehatan ya mbak. Memang berat masa-masa ini, tapi semoga kita dapat melewatinya dg baik.

Ovianty mengatakan...

Halodoc berguna banget saat ini, bisa konsul dokter sama beli obat. Jadinya nggak usah kemana-mana kalau sakit. Insya Allah bisa tertangani. Dan kitanya aman aja di rumah, nggak usah ke rumkit selama pandemi. amin yra.

Rina mengatakan...

Aplikasi yg mnjawab kebutuhan saat ini tentang kesehatan ya ga hanya seputar covid juga konsultasi saat sakit krn k rs saat ini bikin was was

@mirasahid mengatakan...

Semoga Corona ini segera berlalu, dan kita bisa kembali beraktivitas ya. Dan pastikan kita selalu mendapatkan sumber2 info kesehatan yang valid, seperti di halodoc ini juga

Titis Ayuningsih mengatakan...

Ramadan pertama dalam kondisi pandemi ini membuat diam di rumah saja, dengan akses berita valid dari sumber terpercaya dan harus jaga kesehatan juga

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Jujur suka merasa lelah sama kondisi kyk sekarang ini mbak, segalanya jd gak normal, termasuk ibadah ya?
Tapi mau gak mau kudu dijalanin, yg penting patuhi aturan dan himbauan pemerintah aja.
Trus kalau merasa ada gejala covid bisa langsng nanya2 ke ahlinya,baik langsng atau via apps kyk halodoc ini ya, tapi moga2 gak, moga sehat terus aamiin

Eri Udiyawati mengatakan...

Rasanya gimana gitu ada pandemi corona. Takut tapi kita harus semangat, terlebih saat ini bulan puasa.

Dan kalau ada gejala kesehatan kita gal perlu panik, bisa konsultasi langsung dengan dokter di halodoc.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak mengatakan...

Semoga pandemi ini segera berlalu ya mbak. Kangen dengan suasana ramadhan yang normal

Indah Nuria Savitri mengatakan...

walaupun di tengah pandemik, tapi kita bisa tetap menjalankan ibadah puasa denganbaik dan khusuk ya mbaaa. Dan pastinya jangan lupa cek selalu referensi yang benar tentang pandemi ini

indahjuli mengatakan...

Ku sudah ikhlas dengan keadaan sekarang ini, mau nggak mau harus dijalani, tinggal kita yang benar-benar peduli dengan kesehatan biar nggak terpapar.

Nathalia DP mengatakan...

Wah, jadi pengen coba tes onlinenya... Selama ini cuma coba beli vitamin online aja di halodoc...

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Meskipun tak bisa keluar rumah, kita bisa dengan mudah mengikuti perkembangan kesehatan di seluruh dunia melalui berbagai portal. Jika butuh bantuan untuk cek kesehatan, malah udah ada aplikasi seperti halodoc ini yang sangat membantu.

Nchie Hanie mengatakan...

Aku udah ngecek juga tuh, alhamdulillah resiko rendah.
Beneran nih Halodoc ngebantu banget masyarakat dikondisi saat ini yang serba terbatas mau kmana mana.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan yaa.

lendyagasshi mengatakan...

Semoga di bulan Ramadan yang penuh berkah ini sekaligus menjadi terkabulnya doa bahwa virus Covid-19 segera hilang dari bumi Allah.
Aamiin.
Halodoc fiturnya sungguh lengkap yaa...jadi terbantu sekali.

Herva Yulyanti mengatakan...

Selalu ada hikmahnya sih mba dengan kejadian ini hadinya imam2 solat tarawih di rumah hehehe yang biasana di mesjid akhirnya tarwehan di rumah deh

Anjar Setyoko mengatakan...

Mudah2an segera selesai pandemi global covid 19, sehingga seluruh aktivitas jga kembali normal. btw untuk perlu banget untuk deteksi online seputar seperti pakai aplikasi halodoc

adhealbian mengatakan...

Halodoc bisa membantu semua lapisan masyarakat yah mba, ditengah2 kondisi dan situasi seperti ini. Memang Ramadhan kali ini sangat jauh berbeda dgn seblum nya, semoga bisa segera hilang wabah ini, agar kita bisa kembali bersua dan berkumpul dengan keluarga aamiin :)

Farahdjafar mengatakan...

Semoga pandemi ini cepat berakhir, alhamdulillahnya sekarang zaman makin canggih ketika sakit seperti kmrn gusi bengkak dan aq mau nanya antibiotik pake Halodoc konsultasi sama dokternya deh .Cepat banget

Naqiyyah Syam mengatakan...

Ramadhan tahun ini berbeda banget ya, lebih tenang, lebiih santai. Kalau ada yang diperlukan info kesehatan senang bisa cek di Halodoc ya.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Senang bisa mengenal aplikasi Halodoc biar banyak info kesehatan, walau di rumah saja bisa cek kesehatan. Ramadhan ini semoga kita sehat ya dan ibadah makin baik.

Hanifa mengatakan...

Halodoc ini membantu banget mak. Apalagi sekarang mobilitas terbatas banget kan? Kalo mau ke RS pun terlalu riskan. Jadi udah paling aman pake halodoc misal kenapa napa

Tira Soekardi mengatakan...

kehilangan momen ngabuburit sore hari dan taarweh di mesjid

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Alhamdulillah dengna halodoc aman dan terbantu semuanya ya Ti
aku sudah make ini sejak sebelum ada corona, sangat membantu banget

Syaiful BS mengatakan...

Memang ada suka dan dukanya yaah kak Ramadan tahun ini saat pandemi. Tapi semoga kita tetap bisa mengambil hikmahnya yaah aamiin. Stay safe kak di rumah dulu aja hihi

Ani Berta mengatakan...

Informasi update soal Covid-19 ini memang perlu fokus dicari informasinya via aplikasi terpercaya. Biar tidak simpang siur :)
Dan Yup! benar! saat di rumah saja pun penting untuk selalu menjaga kesehatan dan jaga diri.

Teddy mengatakan...

Era digital semua dipermudah dgn aplikasi ya tidak terkecuali buat kesehatan,ini sangat membantu banget. Semoga kita sehat selalu

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Dalam situasi seperti ini kita harus berhati-hati dalam mencari info seputar kesehatan yah, karena lagi banyak hoax.
Untung ada HAlodoc yang mendiakan berbagai info kesehatan

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Berpuasa di bulan Ramadhan saat pandemi jadi semakin dituntut menjaga kesehatan. Ya semoga aja semakin banyak hikmahnya

Dede Diaz Abdurahman mengatakan...

Puasa saat ini terbilang sangat sulit ditengah wabah corona yang mengintai. Jaga kondisi kesehatan dan ikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Dan berkonsultasi melalui HaloDoc untuk antisipasi perubahan kondisi badan kita

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com mengatakan...

Rasanya beda banget, tapi ya harus menerima dan tetap beribadah. Hikmahnya solatnya bisa berjamaah, lebih khusyuk krn bisa pesan surat yg dibaca. Semoga sehat2 sampai Corona berlalu ya mak.

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Ramadan tahun ini terasa berbeda ya. Dan harus selalu jaga kesehatan ya.

Aku pas kemarin sakit, pake Halodoc ini juga

Erny Note mengatakan...

Setuju pandemi jgn menghalangi kita untuk berpuasa. Kecuali kyk sholat tarawih yg mmg kudu mnjaga jarak mending kita jaga diri bs tarawih di rumah.

bundadzakiyyah mengatakan...

Puasa di tengah pandemi juga banyak hikmahnya ternyata ya mbak, selain melatih kesabaran ada banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah dan produktif dari rumah. Btw, untung aja ada halodoc jadi enggak perlu ke RS jika butuh konsul dokter