Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 12 April 2020

Sulit Move On dari Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Aku ga mengira akan benar-benar sulit MoveOn dari drama Korea Saeguk ini. Sudah masuk list dari tahun lalu padahal, walau sebenarnya udah tayang dari 2016. Ya karena, temanya kerajaan itu Aku agak kurang minat. Tapi setelah menyaksikan, lha..malah susah berhenti dibuat penasaran terus ditiap episodenya. Drama sepanjang 20 episode selesai tak sampai 5 hari.

Drama ini juga yang kemudian malah bikin Aku jatuh cinta sama Lee Joon Gi. Pria kelahiran tahun 1982 ini begitu charming seakan tak menua, paras yang inocent seakan tak mencerminkan bahwa usianya sudah diatas 35 tahun. Lekuk senyumnya juga begitu menawan, dengan mata minimalis yang punya tatapan tajam tapi sendu. Selain  itu , Aku juga dengar doi ini merupakan salah satu aktor yang tampan alami tanpa bedah plastik. 
Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (Doc. Pinterest)
Nah, sekarang Aku mau coba bikin review dramanya. SPOILER ALERT , Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo diadaptasi dari novel Tiongkok yang berjudul Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua. Dinegara asalnya sudah ada film juga yang mengadaptasi dan ini yang versi Korea Selatan. Cerita bermula dari seorang gadis, bernama Go Ha-jin, yang hidup di abad ke-21, hidupnya sangat menderita karena di tipu oleh pacar dan sahabatnya. Dan membuat Ia kehilangan segala yang dimiliki (istilahnya seperti menggelandang). Go Ha-Jin tengah meratap di pinggir danau sampai kemudian Ia di dekati seorang paman. Mereka saling bertukar cerita kesedihannya.


Ketika tengah menikmati soju, Go Ha-Jin melihat seorang anak kecil yang nyaris tenggelam. Awalnya Ia ragu untuk menolong tetapi melihat sekeliling tampaknya tak ada yang menyadari kejadian itu. Kemudian Ia nekat menceburkan diri. Dan disaat bersamaan terjadilah gerhana matahari total yang membuat Ha-Jin malah kian terseret ke arus air dan terlempar ke Dinasti Goryeo, atau 1.100 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Raja Taejo (Raja pertama Goryeo).

Kemunculan pertama kali Ha-Jin justru di kolam pemandian para pangeran, hal itu membuatnya kian bingung namun seiring waktu Ha-Jin yang dipanggil sebagai Hae-Soo mampu beradaptasi. Dinasti Goryeo ini memiliki belasan pangeran (yang disorot utama hanya 7), setiap pangeran punya karakter dan ciri khas masing-masing yang membedakan mereka satu sama lain. Saking banyaknya anak, raja sampai bingung mana pangeran yang kelak akan meneruskan tahtanya. Sedari awal sebenarnya raja sudah menunjuk putra mahkota untuk menggantikannya kelak, sayangnya banyak sekali halangan dan rintangan jalannya.

Berikut pemeran putera mahkota dan ke 7 pangeran  Goryeo :

* Kim San Ho sebagai Wang Moo Putra mahkota, Sebenarnya Ia sama sekali tidak berambisi dengan tahta, tetapi Raja Taejo kekeuh menjadikan Wang Moo Raja selanjutnya. Wang Moo merupakan pangeran yang berhati tulus, dia sangat sayang dengan semua adik-adiknya. 

* Hong Jong Hyun sebagai Wang Yo, pangeran ke-3. Karakternya serakah, pemarah, ambisius dan membenarkan segala cara dan  untuk mendapatkan tahta bahkan tak segan dia membunuh saudaranya sendiri. Putera pertama Ratu Yo ini merupakan saudara laki-laki tertua Wang So dan Wang Jung. 

* Lee Joon Gi sebagai Wang So, pangeran ke-4. Kerap dijuluki sebagai 'anjing serigala' karena dia kasar, berani, jago bertarung, dan berkarakter dingin. Ciri khasnya Ia selalu memakai topeng untuk menutupi bekas luka yang cukup parah di wajahnya. Padahal penderitaan nya itu tak lain ulah dari Ibu kandungnya.

Meskipun Wang So adalah anak biologis dari Ratu Yo, tetapi ia tidak menerima cinta dari ibunya bahkan dianggap sebagai sesuatu yang memalukan dan sumber bencana. Oleh karena itu, Wang So dibuang dari masa kecilnya dan  dan diangkat sebagai anak oleh selir. Meski pada kenyataannya Wang So hidup dalam derita tak berkesudahan, ibu angkatnya pun kerap menyiksa nya. Padahal, kenyataannya Wang So hanyalah seseorang yang kesepian dan butuh orang yang tulus disampingnya. Namun dalam suratan sejarah  Ia adalah orang yang akan menjadi Raja Goryeo dan dikenal karena kekejamannya dan disebut Gwangjong.

* Kang Ha Neul sebagai Wang Wook, pangeran ke-8. Putra kandung Raja Taejo yang lahir dari Ratu Hwangbo. Watak nya begitu lembut, dewasa, pintar dan bijaksana. (Pengenalan karakter diawal) namun di tengah episode Ia pun berambisi menaiki tahta yang menjadikan nya seorang yang egois hingga kemudian Ia kehilangan segalanya atas ambisiusnya.

* Yoon Sun Woo sebagai Wang Won, pangeran ke-9. Perannya tidak dominan, tapi dia bisa membuat penonton jengkel. Karakternya licik, serakah, dan membenarkan segala cara untuk memberontak. Ia suka menghasut saudara-saudaranya menjadi serakah.

* Byun Baek Hyun (EXO) sebagai  Wang Eun, pangeran ke-10. Pangeran paling imut dan menggemaskan dengan tingkah polosnya. Karakter yang ceria, baik dan hobinya bermain.Dia tidak tertarik pada tahta, tetapi ingin membangun pabrik mainan terbesar di Songgak. Eun dan Hae-soo adalah musuh dan sering berkelahi, tetapi seiring berjalannya waktu mereka menjadi teman baik dan Eun jatuh cinta pada Hae-soo. Namun, Hae-soo hanya menganggapnya sebagai adik kecil. Dan akhirnya, Eun menikah dengan Park Soon-deok, putri jenderal agung 

* Park Soo KyungNam Joo Hyuk sebagai Baek Ah, pangeran ke-13. Di antara semua pangeran, Baek-ah adalah pangeran yang paling tampan dan banyak wanita mencintainya. Dia sangat menyukai seni, baik hati, dan sering menyamar sebagai rakyat biasa. Kisah cintanya begitu memilukan, dua kali jatuh cinta, keduanya pun berakhir patah hati.

* Kim Ji Soo sebagai Wang Jung, pangeran ke-14. Putra Ratu Yo dan Ia merupakan pangeran terakhir dari Goryeo. Memiliki karakter yang baik hati dan tulus. Hobinya adalah seni bela diri, dan selalu diam-diam pergi ke pasar (menyamar sebagai rakyat biasa) dan berkelahi dengan penjahat. Karena suatu kejadian, Ia kemudian jatuh cinta pada Hae Soo.

Go Ha- Jin hidup sebagai Hae-soo, yang merupakan sepupu ipar Wang Wook, atau sepupu istri pangeran ke-8 bernama Lady Myung-hee. Hae-soo adalah orang yang sangat ceria dan baik, itulah sebabnya setiap pangeran, dan terutama saudara iparnya, telah jatuh cinta padanya. Namun, Wang Wook ingat bahwa dia menikah dengan Lady Myung-hee.

Di lain sisi, hubungan Hae Soo dan Wang So tidaklah baik, karakter sang pangeran ke 4 yang dingin dan bengis terkesan begitu membenci gadis itu. Tetapi karakter Hae Soo yang berani dan ceria itu kerap membuat Wang So tersenyum. Hingga pada satu titik, Hae soo membantu Wang So, untuk menutupi luka di wajahnya dengan makeup. Sejak kejadian ini, Wang So jatuh cinta padanya, tetapi Hae-soo masih mencintai Wang Wook dan diam-diam berkencan dengannya.

Intrik politik kerajaan begitu kejam bagi yang terlibat di dalamnya tak terkecuali menimpa Hae Soo. Ia difitnah membunuh putera mahkota dan siap untuk di eksekusi. Di tengah keputusasaannya, hanya Wang So yang berani dan tak segan melindungi gadis itu. Berbeda hal dengan pangeran ke 8 yang perlahan meninggalkan nya. Karena kecewa dengan Pangeran Wook, cinta Hae Soo pun akhirnya memudar dan dia mulai jatuh cinta dengan Wang So.
Salah satu scane di Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo
Drama ini cukup membuat emosi diaduk-aduk, antara kesal, marah dan sedih. Alur ceritanya kuat, padat dan jelas dari episode 1-20. Rentan waktu yang digunakan di drama ini cukup panjang, mulai dari perkenalan para tokoh hingga satu per satu tokoh pergi atau menghilang dari cerita. 

Untuk ending Aku bukan satu-satunya yang kecewa (berharap sih ada sekuelnya) baru ini menyaksikan kisah sad ending yang rasanya ga rela harus berakhir demikian. Hae Soo berusaha menjalani kehidupan barunya bersama salah satu pangeran (Wang So tetap tidak bisa menikahinya karena banyak yang menentang). 

Kondisi kesehatan Hae Soo tiba-tiba mulai menurun hingga diketahui ia tengah mengandung anak dari Wang So. Usai melahirkan kondisi nya kian kritis. Karena kesalah pemahaman dari Wang So, Hae Soo menghembuskan nafas terakhirnya di pelukan pangeran yang menikahinya. (Sebenarnya agak gak rela di scane ini, cinta sejati biasanya ada mendampingi di akhir ujung usia). Wang So akhirnya menyadari kesalahannya, Ia justru datang terlambat dan hanya menangis histeris mengetahui kekasih hatinya telah tiada.

Berikut ini adalah para Pemain perempuannya : 


* IU sebagai Go Ha-jin (Hae-soo), Hae-soo memiliki kepribadian yang unik karena dia berasal dari masa depan. Dia sangat ceria, tidak pernah menyerah. Karena keramahan nya,sampai membuat para pangeran Goryeo jatuh cinta padanya. 

* Kang Han-na sebagai Hwangbo Yeon-hwa adik pangeran 8 yang jatuh cinta pada Wang so

* Seohyun (ex SNSD) sebagai Gisaeng Woo-hee / Putri Woo-hae. Salah satu cinta Baek-ah dan mereka memiliki hubungan, tetapi Ia tahu bahwa cinta mereka tidak mungkin terwujud karena perbedaan leluhur mereka

* Z. Hera sebagai Park Soon-deok sebagai putri jenderal agung Park Soo Kyung yang merupakan teman Raja Taejo. Dia adalah istri Pangeran Eun, karakter nya sangat berani dan gigih berjuang untuk menarik perhatian suaminya.

Setidaknya ada 13 lagu yang jadi ost nya, dan yang paling Aku suka Can You Hear My Heart yang dinyanyikan Epik High dan Lee Hi. Lirik nya ini bercerita tentang kerinduan sepasang kekasih. Sekalipun perpisahan harus terjadi, keduanya tetap saling merindukan dan tidak bisa melupakan satu sama lain. 

Sebagai tambahan Aku mau sedikit mengulas tentang Lee Joon Gi. Lahir di Busan 17 April 1982. Sebelum menjadi aktor seperti sekarang, ada beberapa fase perjuangan hidup yang harus dilalui nya. Pernah melakukan berbagai pekerjaan sebagai pelayan restoran, penjaga pom bensin, pembersih dapur, dan lainnya dimana Ia bisa bekerja hingga 10 jam sehari untuk menghidupi dirinya dan membiayai kuliahnya di Seoul Arts College. 

Lee Joon Gi (Doc. Pinteest)
Bisa di bilang Lee Joon Gi ini aktor multi talent. Tak hanya pandai dalam berakting, ia juga bisa bernyanyi dan ngedance. Istimewa nya lagi Ia sangat mahir dalam  seni  bela diri seperti Hapkido, Taekyon dan Taekwondo. Jadi ga heran ya kalau doi ini langganan berakting di drama Saeguk. 

Karena udah di buat jatuh cinta sama sosoknya, Aku jadi penasaran sama drama dan film yang pernah dibintanginya. Yang cukup unik di film The King and the clown, disini penampilan nya tuh cantik banget (cukup mendukung sih sama karakter yang dimainkan saat itu). Selain itu Ia juga muncul di film "Resident Evil: The Final Chapter" bersama Milla Jovovich.

Aku paling suka saat Lee Joon Gi menjadi bintang tamu program "Knowing Brothers" bersama IU. Tak hanya membahas tentang persahabatannya dengan IU tapi Ia juga memamerkan kemampuannya split hingga handstand. Terlihat sekali dibelakang peran-perannya Joon Gi ini orang yang ceria. Ia juga pernah lho datang ke indonesia bersama seniornya kim ha neul tahun 2009 dalam rangka tvn cable tv show berjudul  Word Love Spesial.

12 komentar:

Fenni Bungsu mengatakan...

Dari jalurnya boleh juga nih, walau sih bukan penikmat drakor sejati, hehe. Tandain dulu deh mana yang ganteng, hiyyaa haha

YSalma mengatakan...

Belum nonton.
Setelah membaca ini jadi penasaran sama dramanya dan ingin melihat akting dan jalan ceritanya langsung.
Makasih review-nya, mba.

Maria G Soemitro mengatakan...

Hihihi aku sudah 2 kali nonton
Dan tetep meleleh lihat kisah cinta mereka
Apalagi waktu Hae Soo bilang, maaf aku tinggalkan kamu sendirian
Hiks auto mewek 😁😁😁

Mutia Ramadhani mengatakan...

Dulu pas mulai eranya drama korea yg ceritanya split abad 21 sama abad dinasti2 gitu, aq mulai protes sendiri. Aq lebih suka drama korea yg natural. Kalo mengangkat kisah jadul, ya jadul aja, kayak Queen Seon Deok, Hong Gil Dong, Sung Kyun Kwan Scandal, dll. Masih era 2000-an sampai 2010 tuh.

Pas 2012 mulai bermunculan drama split yg ada unsur magicnya itu, kayak Rooftop Prince, dll sampai sekarang di mana orang2 mulai terbiasa dg cerita2nya. Hehehe. Drama yg ini rameeee ya bintangnya, mulai dari IU, Baekhyun, sampai Seohyun.

Titis Ayuningsih mengatakan...

Wadidaw Siti nonton 20 episode nggak sampai 5 hari,pasti ini begadang mulu,hihihi. Nanti tanya rekomendasi drama korea sama Siti ah, hihi.

nurainirisaa mengatakan...

aku juga tim ga bisa move on dari drama ini :") season dua kapan munculnya ya, aku mulai kehilangan harapan :(

Meykke Santoso mengatakan...

kayaknya bagus mbak jadi pingin nonton toi nanti dlu sebulan sekali karena aku klo nonton jadi ga produktif mbak. Bawaannya nonton teruuuuus. Baruuu aja ga bisamove on dri Crash Landing on You

Nengsi mengatakan...

Sampai saat ini, drakor satu ini masih terngiang di otakku. Sama kak. Aku juga belum move on. Drakor terbaik yang pernah aku tonton. Suka dengan semua karakter tokoh serta alur ceritanya. Hanya saja endingnya nggak mengenakkan. Kabarnya sich ada episode ke 2 dalam versi reinkarnasi. Penasaran aku tuu.

Nanik nara mengatakan...

Bisa nih jadi alternatif tontonan, saya suka drama korea yang berlatar belakang kerajaan gini. Walau inti ceritanya pasti rebutan kekuasaan

fanny_dcatqueen mengatakan...

Jujurnya aku jg ga terlalu suka yg bertema kerajaan. Walopun ada yg bagus juga siih :D. Tdinya aku udh agak tertarik mau nonton ini mba. Kok kayaknya ada dimensi waktunya jd menarik. Tp pas mba bilang sad ending, ga jadi mau nonton . Hahahahah aku baperan soalnya. Kalo drama udh sad ending, duuuh bisa berasa baper lamaaaa hahahaha.. mnding baca spoiler dr sini aja :D.

mediawarnabatam@gmail.com mengatakan...

Kalau cloy 3 hari dah bisa move on,kalau ini dah berhari2 sad ending parah bngt

mediawarnabatam@gmail.com mengatakan...

Aq dah sebulan g bisa move on,sad ending nya gila parah...