Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 19 April 2020

Cek Pusat Informasi Corona, Yuk Bersama Cegah Penyebaran Covid-19

Sumber Gambar : Freepik
Virus yang disebut Covid-19 ini dengan cepat menyebar di banyak penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Telah banyak korban yang terinfeksi hingga menyebabkan kematian. Agar terhindar dari virus ini, ketahui dahulu bagaimana cara memutus penularan virus corona. Cek update Pusat Informasi Corona untuk membatasi penyebaran berita hoax terutama di dunia maya yang berkaitan dengan fakta dari pandemi ini.

Masyarakat diminta untuk tak terlalu panik dan tetap menjaga kesehatan masing-masing. Penyebaran virus yang semakin masif kerap kali membuat banyak orang menjadi takut dan panik.

Bahkan ada beberapa diantaranya yang tiba-tiba merasa batuk, pilek. Namun bisa saja hal tersebut ternyata karena gangguan mental psikomatik. Yakni gangguan kesehatan fisik yang muncul karena pikiran dan emosi, bukan berasal dari infeksi dan bisa disebabkan karena stres berat, yang akhirnya membuat sistem imun jadi melemah serta membuat jadi sakit.


Oleh sebab itu menjaga gaya hidup sehat harus mulai rutin di terapkan untuk menangkal virus dan memberi kekebalan imun tubuh. Setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Istirahat yang cukup

Miliki waktu tidur yang cukup sehingga tubuh  akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, juga jadi tidak mudah mengalami stres. Oleh karenanya  waktu tidur yang baik setidaknya 7-9 jam per hari, agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh serta  bernutrisi,  dan kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran serta buah-buahan untuk lebih ditingkatkan karena dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang mengganggu kerja sistem imun.

3. Perbanyak minum air putih

Pastikan hidrasi sehat lewat konsumsi air putih  dalam jumlah yang cukup. Karena selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, air putih juga berperan untuk membantu sistem metabolisme tubuh, melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah hingga menjaga suhu tubuh

4. Rutin Berolahraga

Mengonsumsi asupan bergizi tinggi saja belum cukup. Untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, sebaiknya juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu aktifitas yang berat, hal sederhana yang bisa dilakukan selama di rumah aja bisa dengan melakukan peregangan anggota tubuh di halaman rumah, yoga dan olahraga ringan lainnya.

5. Kelola Stress

Kecemasan berlebih atau stress dalam jangka waktu panjang menyebabkan ketidak seimbangan dalam fungsi sel imun. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Jika sudah merasa stres, luangkan waktu untuk melakukan teknik relaksasi atau mengerjakan hobi untuk meredakannya.

Sebelum panik, setidaknya ketahui dulu  gejalanya yang cukup bervariasi mulai dari sakit ringan hingga parah. Adapun ciri-ciri yang umum dikenali seperti demam, flu dan batuk, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, hingga letih serta lesu. Umumnya gejala virus corona dapat muncul hanya dalam masa inkubasi 2 hari atau selama 14 hari setelah terpapar.


Infeksi covid-19 ini memang cukup mengkhawatirkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehata tubuh dan kebersihan diri serta lingkungan. Ada beberapa cara pencegahan yakni dengan :

1.Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, juga setelah batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut  dengan tangan yang tidak dicuci.

2. Tetap berada di dalam rumah ketika sakit

3. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin serta buanglah tisu bekas di tempat sampah dan kenakan masker jika sakit

4. Hindari kontak dengan orang sakit

5. Bersihkan dan lakukan disinfeksi pada tempat atau benda yang sering disentuh setiap hari misalnya meja, gagang pintu, ponsel, dan lainnya.

Demi memutus mata rantai penyebaran virus ini  pemerintah pun sudah menghimbau tentang social distancing atau jarak sosial dimana seperti diketahui pandemi ini begitu mudah menyebar di keramaian. Oleh sebab itu langkah ini di ambil untuk memperluas jarak fisik antara satu orang dengan lainnya dengan harapan dapat membatasi penyebaran virus.

Jika dirasa kurang sehat dan memiliki gejala terkait virus Corona, baiknya segera menghubungi tenaga medis langsung. Atau bisa juga menghubungi pusat kontak 119 sebagai layanan cepat tanggap darurat


29 komentar:

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Aku udah lama melakukan cuci tangan seperti yang diajarkan saat acara GERMAS dulu. Tapi dulu enggak sampai 20 detik, sekarang aku hitung deh demi kebersihan tubuh dan jangan sampai tertular virus

Ade UFi mengatakan...

Mengelola stress ini nih yang perlu perhatian. soalnya kondisi wabah gini kan bisa mudah stress

Titis Ayuningsih mengatakan...

Yang bahaya itu kalau nggak bisa kelola stress, pikiran jadi kemana-mana

Maria G Soemitro mengatakan...

minum air putih ini yang sejak dulu saya suka lupa
tau tau kerasa pusing,
selalu ada sisi positif di setiap musibah ya?

Positive Mom mengatakan...

Salah satu hikmah dari pandemi corona ini kita jadi aware sama kebersihan dan kesehatan ya mbak. Sekarang saya melakukan hal-hal seperti di artikel ini dengan rutin. Kalau dulu cenderung agal cuek, tapi kalau sekarang malah jadi agak seram kalau lupa jaga kebersihan atau konsumsi makanan yang kurang sehat.

SHOVYA mengatakan...

Mengelola stress dan olah raga ini hal yg masih sulit saya lakukan secara rutin nih, mbak 😅 padahal penting banget ya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dan saya baru tau nih hot line covid 19, beraeti itu berlaku untuk selurih Indonesia ya, mbak?

Lia Yuliani mengatakan...

Saya belum olahraganya, Mbak. Hihi hanya saja sering jalan pagi kalau cari bahan makanan di mang sayur. Hehe ... Saya belum pernah akses pusat informasinya Corona. Agak mengurangi pemberitaan soalnya.

Fenni Bungsu mengatakan...

Kecemasan yang datang bisa memengaruhi juga ya daya tahan tubuh. Makanya sebisa mungkin untuk mengelola stres dan jangan lupa berdoa

Abdul Majid mengatakan...

Mengendalikan atau kelola stres itu yg paling utama. Kita harus berusaha selalu tetap berpikiran jernih/positif jgn sampai pikiran kita terkontaminasi sehingga menyebabkan stres.

Semoga pandemi ini segera berakhir. Sehingga kita bisa beraktifitas seperti sedia kala. Amin

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya, serem kadang

Lidya Fitrian mengatakan...

KElola stress betul banget tuh, kadang kalao mikir macem-macem suka susah tidur dampaknay jadi kurang tidur deh nanti daya tahan tubuh lemah

@mirasahid mengatakan...

Semoga Corona ini cepat berlalu, dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala ya. Stay safe, stay healthy

nurul rahma mengatakan...

Yap, harus banget sosialisasikan tentang apa dan gimana covid-19 ini dan harus pakai sumber yg tepat.
supaya ga kemakan hoax

Rani R Tyas mengatakan...

Tetap sehat ya semuaa.. Memang semua tak lagi sama, tapi setidaknyakita harus terus berpikiran positif.

Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) mengatakan...

banyak hoax yang nggak bener tentang corona semestinya dilawan dgn fakta biar nggak keliru

Dewi Rieka mengatakan...

Iya mengelola stres yang penting juga untuk masa pandemi ini, gerakan serba terbatas dan situasi tidak menentu menang tidak mudah ya harus saling menguatkan...

Damar Aisyah mengatakan...

Pandemi corona ini mau tak mau memaksa kita dengan new formal dan new habit. Bersyukurnya tih habit kita jadi lebih baik. Hidup jadi melambat nggak kayak biasanya yang kayak dkejar-kejar setan, hahaha. Anyway meskipun ada banyak kebaikan tapi tetep aja ya, semoga corona cepat pergi.

Elly Nurul mengatakan...

Pusat informasi seperti ini yang jadi rujukan masyarakat untuk informasi corona ya mbak, jangan sampai terkena berita hoax yang menyesatkan.. semoga tulisan ini banyak yang baca ya mba, dan masyarakat jadi tahu mau cari informasi corona kemana

Efi Fitriyyah mengatakan...

Sejak wabah ini kita jadi pada rajin menerapkan pola hidup sehat dan bersih ya. Cuma sayang masih ada yang cuek sama masker. Ih atuhlah pake biar wabahnya segera usai

Caroline Adenan mengatakan...

kelola stress dan istirahat yg cukup itu ngaruh banget ke stamina tubuh. Apalagi di masa2 stay at home seperti sekarang.

Lisdha mengatakan...

kondisi kayak gini mmg rentan psikosomatik ya..ketika khawatir melanda, imun tubuh jd merana.semoga kita semoga terhindar dr virus ini. amiin

Ade UFi mengatakan...

saya juga nih, Mba. Apalagi bulan puasa begini. Minum air putih suka nggak ke kontrol. Jadi berasa dikit deh

Merida Merry mengatakan...

Siiaap, aku setuju dengan artikel ini. Kalau bukan kita yang menjaga diri sendiri, siapa lagi ya? Makasih remindernya, Mbak.

Nanik nara mengatakan...

Di awal-awal dulu sempat panik, apalagi pas kami sekeluarga gantian kena flu dan tenggorokan saya sakit.
Lalu berusaha memberi afirmasi positif pada diri sendiri, bahwa kami aman dan baik-baik saja

lendyagasshi mengatakan...

Efek psikosomatis ini dasyat yaa..
Bisa banget tubuh manusia cerdas memanipulasi seperti sakit, padahal hanya setres terlalu kepikiran.

Indah Nuria Savitri mengatakan...

bener mbaaa...daripada baca informasi or berita yang ngga jelas aku lebih baik langsung ke sumber yang memang resmi dan bisa dipercaya aja. Daripada parno

Milda Ini mengatakan...

Penting banget supaya kita tidak stres karena bisa memicu timbulnya penyakit yang lain mari kita sama-sama berpikiran positif dan semoga kita bisa melewati masa sulit ini dengan baik

April Hamsa mengatakan...

Iya sebaiknya kalau update berita Corona cek di sumber yang benar dan gak hoax ya mbak supaya kitanya juga gak gampang panik.

bundadzakiyyah mengatakan...

Semoga segera berlalu ya pandemi ini mbak. Semua kejadian pasti ada hikmahnya seperti Covid-19 ini saya jadi terbiasa cuci tangan dh sekarang