Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 05 April 2020

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya (Doc. Pixabay)
Masalah bau mulut yang tidak sedap merupakan hal yang sangat mengganggu di tengah aktiftas apalagi jika harus sering berhadapan dengan banyak orang. Selain itu bau mulut bisa membuat seseorang juga sangat tidak percaya diri untuk mengobrol dengan lawan bicara. Bahkan ada yang menggunakan masker untuk menutupi bau mulut akan tetapi malah bisa membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman. Maka dari itu sebaiknya mulai perhatikan apa sebenarnya yang menyebabkan bau mulut. Berikut ini adalah penyebab mulut menurut kumpulan artikel gaya hidup sehat.

Ada Sisa Makanan Yang Membusuk
Salah satu hal yang menyebabkan bau mulut tidak menghilang meskipun sudah menggosok gigi adalah adanya sisa makanan yang busuk. Sisa makanan yang membusuk biasanya terjadi karena bisa saja Kamu tidak benar dalam menggosok gigi. Maka ketika menggosok gigi lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru.

Gigi Berlubang
Gigi yang berlubang bisa menyebabkan bau mulut karena makann menempel pada gigi yang berlubang dan susah dibuang atau dihilangkan meskipun sudah sikat gigi. Maka sebaiknya periksa ke dokter untuk menambal gigi yang berlubang. Disamping itu gigi yang berlubang juga bisa membuat rasa sakit yang tidak tertahankan.


Ada Luka Di Mulut
Hal lainnya yang menyebabkan bau mulut adalah adanya luka di dalam mulut, luka yang ada di dalam mulut biasanya menjadi sariawan. Sariawan terjadi bisa karena Kamu tidak saja menggigit lidah atau mulut. selain itu juga sariawan bisa terjadi karena pecernaan yang bermasalah. Pencernaan yang bermasalah bisa disebabkan susah buang air besar dan juga panas dalam.

Beberapa hal di atas memang sebagian dari penyebab bau mulut. Sehingga Kamu harus perhatikan betul kesehatan gigi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut.

1. Gosok Gigi Dengan Siwak
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut adalah dengan menggosok gigi dengan siwak yang dipercaya membuat mulut menjadi wangi. Untuk membeli siwak bisa di online atau pasar. Kemudian gunakan seperti menggosok gigi dengan sikat.

2. Gunakan Cairan Pembersih Mulut
Hal lain yang juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan cairan pembersih mulut. Cairan pembersih mulut sendiri sudah cukup mudah ditemukan karena sudah tersedia banyak di minimarket terdekat. Beragam merek bisa dijumpai dengan aneka rasa yang variatif. Usahakan setelah menggosok gigi, kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut. hal ini cukup membantu jika di gunakan secara rutin.

3. Daun Mint
Mint adalah daun yang bisa membuat bebas dari bau mulut. Kamu bisa makan daun mint secara langsung jika ingin menghilangkan bau mulut. Seandainya pun tidak bisa mengonsumsinya secara langsung bisa mengonsumsinya dengan air lemon. Caranya masukkan daun mint pada air lemon dengan diberi es. Pasti sangat segar rasanya untuk diminum.

4. Sikat Gigi Setelah Makan
Tidak ada salahnya untuk sering menggosok gigi. Tidak membahayakan juga jika rajin menggosok gigi. Jadi Kamu bisa membawa sikat gigi dan pasta gigi ke kantor. Sekarang banyak sekali seperti kita ketahui sikat gigi dan pasta gigi yang bisa dibawa untuk travelling dengan kemasan yang minimalis. Nah, setiap habis makan, segera gosok gigi. Sehingga aroma mulut tetap segar. atau bisa juga menggunakan pasta gigi yang mengandung mint atau lemon. Dengan begitu bau mulut akan hilang dengan segera. 

21 komentar:

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Aku belum bisa gosok gigi dengan siwak, rada aneh. Jadi memilih tetap menggunakan sikat gigi hanya pasta giginya saja cari yang berbahan siwak. btw makasih infonya ya mbak

tantiamelia.com mengatakan...

Sejak corona merajalela,
aku dan suami rajin meminum air rebusan daun sirih, dan suami malah dikunyah kunyah
lalu minum temulawak dan minum teh rempah (wedang uwuh)

nah kayaknya sekarang bau bauan (termasuk bau badan dan mulut) berkurang drastis

khairiah mengatakan...

maag yang parah juga bisa menyebabkan bau mulut, aku atasi dengan rajin sikat gigi dan menggunakan pembersih mulut

nurul rahma mengatakan...

Tipsnya mantuuull banget kakaaa
karena memang suka ngga nyadar kalo ada "penyakit" di mulut kita sih ya.
Itu yg bikin bau ya.

athrikasih mengatakan...

Ih bener nih, daku biasanya karena nda pernah pakai siwak lebih memilih pakai cairan pembersih mulut kalau bau mulutnya agak bandel.

Reyne Raea mengatakan...

Ada lagi nih penyebab mulut bau, yaitu pemakaian gigi palsu kayaknya.
Memang kalau masukin benda asing ke dalam mulut jadinya kudu terus dibersihkan, nggak boleh lama-lama.

Itu siwak paling ampun ya :)
Sama permen mint kayaknya

YSalma mengatakan...

Sikat gigi dengan siwak itu berasa banget manfaatnya untuk kesehatan gigi dan gusi, mba. Tapi ya itu, agak malas melakukannya karena terbiasa menggunakan sikat gigi dan odol.

Maria G Soemitro mengatakan...

Paling takut bau mulut deh saya
Karena punya teman yang ngga sadar bau mulut sehingga dijauhi banyak orang
Sebagai teman saya sungkan ngasih tau, cuma nawarin permen pedes

Positive Mom mengatakan...

Menjaga kebersihan gigi dan mulut itu penting banget ya mbak. Seperti yang telah di sunahkan Rasulullah dengan bersiwak. Saya suka lihat tuh ada orang menutupi bau mulut dengan permen mint, apa iya bisa membantu? Permen itu kan banyak mengandung gula yang bisa merusak gigi.

Rafahlevi mengatakan...

Aku pernah nyobain pake siwak agak sakit dan gak enak. Mungkin karena gak biasa. Nice share kak thank you infonya

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Aku juga ada masalah bau mulut mba. Padahal aku gosok gigi sehari 2 kali dan itu juga nggak buru-buru gosoknya tapi masih bau. Makanya bingung. Kayaknya aku harus coba saran di atas satu persatu

Utie Adnu mengatakan...

Kebersihan Gigi dn mulut Penting bnget ya mba sebisa mungkin jug rutin 6 bulan sekali periksa ya...

Ulihape mengatakan...

sama sikat lidah menurutku sangat pengaruh juga. aku rajin sikat lidah lebih bersih aja rasanya

Rosanna Simanjuntak mengatakan...

Aku pernah lho alami bau mulut ini.
Sangat menyiksa sekali.
Penyebabnya, gigi geraham goyang dan aku biarkan.
Rupanya lama-lama abses.
Sampai akhirnya dibedah.
Ntar aku kasih URL, cerita lengkapnya ya.

Melina Sekarsari mengatakan...

Aku banget, nih. Suka bawa sikat dan pasta gigi kemana-mana karena seringkali nggak nyaman bicara sama orang seusai makan. Apalagi kalau orang itu adalah klien atau partner bisnis. Waduh, khawatir gitu ada sisa makanan yang nyangkut. Eh tapi di napas pun nggak segar sih, apalagi kalau habis makan makanan bersantan, ya.

Mugniar mengatakan...

Ada penyakit (mungkin infeksi ya) di daerah tenggorokan juga bisa bikin bau mulut Mba. Harus memang dicari cara untuk mengatasinya, ya.

Gita Siwi mengatakan...

Nah ini artikel menarik apalagi menjelang puasa ya karena kesehatan mulut menjadi perhatian ekstra nih. Sehat sehat kak

Ade UFi mengatakan...

Bau mulut bukan cuma dari masalah seputar mulut aja loh, Mba. Bagi yang punya masalah dipencernaannya, apakah ada penyakit maag atau masalah lainnya, biasanya juga bisa berefek ke bau mulut.

Fenni Bungsu mengatakan...

Bangun pagi, dan kalau ada masalah pencernaan juga bisa. Solusinya pun bisa dicoba juga, apalagi siwak yang sunah rasul ya

Larasatinesa mengatakan...

Noted mbak. Aku udah selalu membiasakan buat sikat gigi habis makan. Karena masalah mulut itu penting banget, mana mau bulan puasa beuh harus bener-bener dijaga kesehatan mulutnya.

lendyagasshi mengatakan...

Biasanya kalau sedang shaum, bau mulut kan semerbak yaah...
Jadi aku lebih memilih untuk jarang candaan sama temen. Biasanya berbicara seperlunya aja.
Takut pada gak nyaman kalau itu datangnya dari aku.