Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 06 Mei 2019

Pentingnya Menjaga Area Kewanitaan Tetap Bersih Ketika Menstruasi

Ketika mengalami menstruasi, segala sesuatunya jadi terasa tidak nyaman. Berbagai macam keluhan seringkali dialami, mulai dari perubahan mood yang mendadak hingga keluhan nyeri sehingga membuat aktifitas tak berjalan maksimal. Hanya kadang yang sering Kita lupa saat datang bulan adalah memberi perhatian ekstra pada kebersihan tak hanya kebersihan tubuh tapi juga organ intim.


dr. Erna Mulati, M. Sc, CMFM Direktur Kesehatan Keluarga, menekankan terhadap kesehatan reproduksi saat mentruasi. Menurutnya, menstruasi merupakan proses alami yang normal   terjadi pada setiap perempuan.

Kebersihan area kewanitaan di saat menstruasi penting dilakukan oleh kaum perempuan. Sebab, daerah intim sangat sensitif dengan penyebaran kuman terlebih ketika datang bulan.

"Pada saat menstruasi, resiko infeksi meningkat karena jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman PH pada darah yang dikeluarkan." Ujar dr. Erna


Oleh sebab itu pengetahuan akan menjaga kebersihan organ intim ini bisa dimulai sejak usia remaja. Anak perempuan yang baru menstruasi seharusnya diajarkan cara menjaga area kewanitaan dengan tepat.

Sejauh ini, Kementrian Kesehatan RI sudah melakukan sosialisasi dimulai dari bangku sekolah melalui kegiatan UKS dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ).

Tidak hanya harus rajin dibersihkan pada saat menstruasi, area kewanitaan juga harus mendapat perhatian khusus agar terhindar dari berbagai ancaman tersembunyi seperti infeksi jamur, bau tidak sedap sampai peradangan. Salah satu ancaman area kewanitaan yang perlu diketahui dan patut di waspadai adalah  kanker serviks yang menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma mengatakan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, maka perlu dibersihkan setiap hari. Meskipun begitu tidak boleh asal membersihkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :


1. Cuci daerah vulva dengan air bersih, basuh dari dari area depan ke belakang.

2. kemudian keringkan dengan handuk atau tisu lembut sekali pakai. Sebaiknya tidak mengulang ritme pembersihan dari depan ke belakang, lalu ke depan lagi karena berisiko membawa kuman.

3. Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina.

Masalah di area kewanitaan umumnya timbul karena ketidakseimbangan pH akibat jumlah bakteri baik yang menurun. Akibatnya menjadi rentan terhadap infeksi bakteri, virus hingga jamur. Untuk membedakan infeksi area kewanitaa ada beverapa gejala yang membedakannya.  Infeksi bakteri pada area kewanitaan umumnya ditandai dengan aroma amis yang dominan.

Sementara infeksi jamur ditandai dengan kondisi keputihan yang berwarna putih susu serta kental. Gejala dominan lainnya adalah rasa gatal yang teramat sangat. Sedangkan infeksi trikomonas biasa ditandai dengan keputihan berwarna sedikit kemerahan meski umumnya tak terlihat gejala yang signifikan.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perubahan kadar pH pada area kewanitaan adalah gaya hidup,  pemilihan pakaian saat menstruasi, penggunaan sabun badan, atau frekuensi mengganti pembalut yang kurang.


Salah satu langkah termudah untuk menjaga kebersihan area kewanitaan adalah dengan menggunakan pembersih khusus yang sesuai setidaknya memilili kriteria pembersih area kewanitaan yang baik dengan pH yang sesuai sehingga dapat menjaga keseimbangan pH, mendukung pertumbuhan bakteri baik, serta aman digunakan pada area kewanitaan.

Kini Betadine melengkapi rangkaian feminine care dengan meluncurkan Betadine Feminine Wash sebagai produk pembersih khusus kewanitaan sehari hari. Berinovasi dengan mengeluarkan Betadine Feminine Wash yang memiliki kandungan prebiotik dan formula alami Tri-care yang membantu pertumbuhan bakteri baik serta menjaga keseimbangan pH alami area kewanitaan. Tersedia dalam bentuk busa dan cair.

Adi Prabowo, Head Of Brand Strategy & Category  Development Mundipharma Indonesia mengungkapkan "jika Betadine selalu menyediakan produk berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indoensia salah satunya dengan menyediakan rangkaian produk untuk area kewanitaan terkengkap. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik,  pembersih dengan kandungan daun sirih serta prebiotik, pembersih kewanitaan khusus untuk menstruasi dan untuk mengatasi infeksi area kewanitaan."


Untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih, maka jangan asal memilih pembersih seperti sabun mandi, yang jelas memiliki fungsi berbeda disamping itu  kadar pH yang terkandung di dalamnya justru akan semakin mengganggu keseimbangan pH pada area kewanitaan.

Sebagai bentuk suatu apresiasi Mundhipharma Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam memberikan edukasi terkait kebersihan organ reproduksi luar. Salah satu yabg berhasil dilaksanakan adalah Peluncuran Buku Saku Sehat dan Bersih saat Menstruasi yang telah di distribusikan ke lebih 1000 sekolah dan para Ibu.

Sejalan dengan itu, dalam menyambut Hari Kebersihan Menstruasi International yang diperingati setiap tanggal 28 Mei dengan tema It's time for Action, Mundhipharma meluncurkan kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga.


19 komentar:

Khoirur Rohmah mengatakan...

Nah, keknya perlu beli Betadine Feminine ini deh buat perlindungan Miss V supaya terhindar dari kuman, mbak
Bisa dibeli di mini market terdekat kan ya mbak produknya hehehee
Makasih informasinya mbak

tantiamelia.com mengatakan...

Betadine ini andalan aku juga waktu masih gadis, bermanfaat banget menjaga daerah intim

Beautyasti1 mengatakan...

Betadine feminine wash ini bisa memebrsihkkan area kewanitaan di saat haid juga ya mba, ini yang kucari selama ini

Rosanna Simanjuntak mengatakan...

Menjaga kebersihan alat intim adalah krusial bagi wanita karena ia adalah satu-satunya organ intim yang kita persembahkan buat pasangan halal.

C-A-T-A-T!
... sesuatu yang bersifat intim dan personal, jadi penting banget dirawat ya bu-ibuk ^^

Mutia Erlisa Karamoy mengatakan...

Dulu di awal menikah aku pernah mencoba pembersih kewanitaan ini, tapi sekarang nyaris ngak pernah pakai lagi, tapi dulu saya merasakan banyak banget manfaatnya.

Ainhy Edelweiss mengatakan...

Wah penting banget yah mba menjaga area kewanitaan, dulu tuh aku cuek banget soal gituan, tp setelah nikah jadi mulai merawat diri

Dewi Rieka mengatakan...

Wah ada produk baru dari Betadine ya,pengen coba..terima kasih artikelnya biar lebih teliti lagi menjaga area v..

Hikmah Khaerunnisa mengatakan...

Area kewanitaan memang intin yang harus dijaga.. sebelum atau setelah mens selalu deh keputihan menghampiri.. biar tetap aman dan sehat harus tetep dijaga ya mba salah satunya pencuci kewanitaan

Maya Nirmala Sari mengatakan...

Produk baru yaa.. Saya biasanya pakai Betadine Feminim Hygine, tapi aturan pakainya ga boleh tiap hari. Harus dibatasi biar aman. Kapan-kapan coba Betadine Feminim Wash deh.

Juliastri Sn mengatakan...

Menjaga kebersihan itu penting, apalagi area kewanitaan, hukumnya wajib

lendyagasshi mengatakan...

Sepertinya aku harus mencoba make Betadyne deeh...
Soalnya aku beberapa hari ini aga bermasalah di area kewanitaan. Dan masalah ini tuh gak hanya sekali.
Huhuu~
Semoga kembali sehat.

Eri Udiyawati mengatakan...

Sebagai wanita kita memang wajib banget menjaga daerah kewanitaan kita. Enggak bisa asal membersihkannya terlebih pas lagi datang bulan.

Ria Fasha mengatakan...

Saat menstruasi memang kuman mudah masuk, lalai aja bersihin bisa bikin gatel gatel.nah butuh banget ni stok betadhine dirumah

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Soal membasuh setelah BAK ini banyak perempuan yang salah. Seringnya dari belakang ke depan. Ini yang kadang jadi penyebab infeksi ya dek. Aku concern banget menjaga daerah kewanitaan, terutama saat menstruasi dulu. Sekarang aku udah menopause jadi ya dinikmati aja. Tapi tetap menjaga kebersihan daerah kewanitaan

Jiah mengatakan...

Baru tahu ada Betadine Feminine Wash ini. Mau coba juga buat jaga kebersihan kewanitaan. Saat haid tuh rawan kan. Kudu tetap bersih deh biar nyaman

Nanik Nara mengatakan...

Tersedia dalam bentuk busa dan cair? Maksudnya berbentuk busa itu gimana mbak?

herva yulyanti mengatakan...

setelah satu tahun ga haid akhirnya haid lalu kemarin sempat kikuk juga wkwkwk perlu coba nih betadine buat membersihkan :)

De mengatakan...

makasih udah sharing informasi penting ini, alhamdulillah pas banget ketika anak perempuan aku udah masuk usia remaja yang lagi siap-siap menanti datang bulan pertamanya.

Rina mengatakan...

Lagi haid memang rentan ya mba...area v lembab keluar darah haid klo ga dijaga kebersihannya bahaya . Sy blm pernah coba nih klo pake betadine feminime wash