Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 18 April 2019

Camping Santai di Ranca Upas

Ranca Upas
Kangen camping, itu yang terbesit awal perjalanan ini. Mulailah bergerilya mencari teman yang bisa diajak jalan bareng. Beberapa orang mengusulkan "camping santai" tanpa harus track ke gunung sampai kemudian di pilihlah Ranca Upas kawasan Ciwidey - Jawa Barat.
Ciwidey merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung-Jawa Barat, Indonesia. Terletak di sebelah selatan Kota Bandung, Ciwidey memang identik dengan wisata alam yang mempersona. Berada di dataran tinggi sehingga udaranya masih cukup sejuk, tempat wisata di Ciwidey di dominasi pemandangan yang sangat indah. Selain ranca upas, ada juga kawah putih dan situpatenggang yang jaraknya tak terlalu berjauhan.

Sebelum keberangkatan ke Ranca Upas, sebagaimana biasa Kami pasti saling sharing barang bawaan terutama untuk kebutuhan kelompok/bersama. Perlengkapan camping seperti tenda, matras, nesting dan beberapa bahan untuk di masak pun disiapkan. Karena perjalanan yang Kami lakukan ini ala backpacker jadi rencana perjalanan kala itu memilih dengan bus yang biaya relatif lebih terjangkau.

Biasanya Bus umum Primajasa menjadi pilihan bagi Saya karena untuk perjalanan antar kota pasti kenyamanan menjadi pertimbangan utama. Nah, Sekarang tidak terlalu sulit, untuk mencari info lengkap bus Primajasa karena begitu mudah di temukan lewat mesin pencari.

Setibanya di Terminal Leuwi Panjang, perjalanan di lanjutkan menggunakan elf menuju Ciwidey. Saya sempat dengar ada angkot yang lewat sekitar sana tapi armadanya begitu terbatas.

Ketika memasuki kawasan Ranca Upas, yang Saya rasakan saat itu adalah senang pastinya. Perjalanan beberapa jam terbayarkan dengan pemandangan indah dengan padang luas serta beberapa pohon pinus yang menaungi. Ranca Upas berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Saya sempat berbincang dengan seorang pedagang cemilan di sana yang saat itu siang hari memang terasa terik. Tapi ia menuturkan kalau malam Ranca upas cuacanya bisa dingin banget bahkan mencapi 0 derajat celcius.

Memiliki luas area sekitar 215 hektare, Ranca Upas merupakan kawasan hutan lindung di Kabupaten Bandung yang dikelilingi Gunung Tikukur. Kabarnya di sini hidup beragam flora dan fauna yang dilindungi. Namun yang paling jelas terlihat penangkaran rusa.

Tenda Camping
Bepergian saat weekend maka harus siap berbagi dengan yang lain, pastinya saat itu lokasi yang cukup strategis dengan view perbukitan sudah penuh dengan warna-warni tenda camping. Alhasil Kami harus merelakan membuka tenda di agak pinggir dan masih lapang.

Asyiknya camping di alam terbuka itu membuat Kita lebih leluasa untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam, lebih lama menikmatinya dan lebih rileks. Memandang luas alam dari balik tenda, memberikan kenikmatan tersendiri untuk dirasakan.

Dan yang paling bermakna ketika camping adalah eratnya kebersamaan dimana terasa lebih hangat. Saling Bergotong royong mendirikan tenda, masak bersama dan tentunya makan juga bersama-sama. Kalau sudah begini, jalinan pertemanan terasa semakin dekat.

Kebersamaan Saat Camping
Aktifitas seru lainnya di Ranca Upas yang bisa dilakukan selain camping adalah bermain dengan rusa dari jarak dekat. Disini, Kita bisa memberi mereka makan dan membelai bulu rusa yang cukup pemalu dengan para wisatawan.

Kabarnya, jenis rusa yang ada di Ranca Upas adalah rusa jawa yang termasuk fauna dilindungi. Saat ini populasinya diperkirakan kurang dari 10.000 ekor. Sebagian besar hidup di Pulau Jawa, Bali, dan Timor, tetapi rusa ini sempat terlihat juga berkeliaran di beberapa pulau lain di kawasan timur Indonesia. 

Main Bersama Rusa
Bumi perkemahan Ranca Upas ini sangatlah cocok untuk menjadi tempat tujuan berlibur atau melepas penat. Dalam hal ini camping dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu udaranya juga masih sejuk, dan sangat dingin saat di malam hari, pastikan untuk selalu membawa jaket.

Fasilitas Ranca Upas juga terbilang lengkap karena sudah tersedia toilet dan WC umum jadi tidak terlalu kesulitan  untuk mencari sumber air untuk kebutuhan cuci dan mandi.
Harap untuk selalu diperhatikan, dengan menjadi wisatawan cerdas yang menikmati tanpa merusak fasilitas alam yang telah disediakan. Karena fasilitas yang diberikan merupakan suatu sarana demi menunjang kenyamanan ketika melakukan aktifitas camping (berkemah). Jaga selalu kebersihan lingkungan sekitrnya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau pun melakukan vandalisme.

17 komentar:

bundayati.com mengatakan...

Blogger2 muda dan ranum hrs baca postingan ini karena t4camping yg memiliki fasilitas toilet dan kmrandi dengan air yg memadai slm camping perlu banget.

Anisa mengatakan...

Wah seru banget nih campingnya. Jadi, pingin campung lagi nih

Meiga mengatakan...

Bagus banget nih tempatnya. Emang cocok nih ya buat camping

Alvi mengatakan...

Wah lumayan memadai ya fasilitasnya. Karena ada kamar mandinya

Sasa mengatakan...

Wah jadi keinget waktu camping dulu nih. Seru banget

Diana mengatakan...

Wah seru banget emang ya kalau kumpul begitu sama kerabat

Grandys mengatakan...

Aku mau kesini belum keturutan terus kak. Pengen banget open tent disini sambil menikmati sun set nya Ranca Upas

Taumy Alif Firman mengatakan...

Keren ya, camping di Alam sekaligus bertemu dengan fauna yang dilindungi. Rusa jawa

Turis Cantik mengatakan...

Terakhir ke sini tiga tahun lalu sama keluarga. Enak tempatnya terutama hawanya yg sejuk.

Lidha mengatakan...

Belum pernah ke Lembang, yang katanya udaranya segar. Pengen lihat alamnya sih seandainya bisa ke sana

Mugniar mengatakan...

Jadi pengen, sudah lama banget gak camping (tahun 90-an terakhir). Kayak apa ya camping di umur sekarang? :D

Emak Riweuh mengatakan...

yampun aku perasaan dulu pernah kemping di sini pas jaman ospek :D
dah lama banget. lupa lagi di sebelah mananya dan belum ada rusanya

Bambang Irwanto mengatakan...

Keren sekali Ranca Upas ini ya, Mbak.
Bisa juga kemping bersama keliarga. Anak-anak bisa mengenal alam dan hewan juga. Keren.. kayak di luar negeri.

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Salah satu keinginan saya untuk camping di Ranca Upas tuh pingin dekat sama Rusa. Biasanya kan hanya melihat dari balik pagar.

Okti Li mengatakan...

Dari terminal Ciwidey ke kampung saya di Cianjur lbh dekat Mbak. Maklum Cianjur nya kan pelosok. Dari Ciwidey ada elf jurusan Pagelaran. Lewat perbatasan Cipelah Rancabali. Pemandangan nya kebun teh eh ajiib...

fenni bungsu mengatakan...

Camping mah mengasyikkan banget mbak, berasa banget deket sama alamnya.. Bye itu yang pas lagi foto bareng jangan nyempil mbak, nggak kelihatan hahaha

Hani S. mengatakan...

Kempingnya makin seru karena bisa lihat Rusa dari jarak dekat ya, ini kalau bawa Toddler pun sepertinya aman. Masuk ke list destinasi liburan Keluarga pasca lebaran nih kayaknya, hihi