Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 12 April 2019

Bincang Seru Bareng di HUT BUMN

Sejak satu bulan terakhir ini, Saya perhatikan ranah informasi baik dari media sosial maupun portal berita ramai mengabarkan Hari Ulang Tahun BUMN yang jatuh dan diperingati setiap tanggal 13 April. Sejauh ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menggelar sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik sepanjang Maret – April 2019. Dengan mengusung semangat slogan “One Nation One Vision One Family To Excellence”. Memiliki makna bahwa BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri.


Saya sempat berujar, pasti seru jika dapat turut serta di kegiatan yang di gelar HUT BUMN. Sampai kemudian, rasanya tak  menyiakan kesempatan ketika mendapat informasi ada bincang ringan seputar HUT BUMN ke-21 di studio UseeTV dalam taping acara Paradigma yang di bawakan dengan ringan dan santai oleh dua mantul Bisma serta Vina.

Di acara Paradigma ini membahas seluk beluk soal serunya HUT BUMN bersama  Deputy KBUMN Bapak Fajar Harry Sampurno, Direktur Human Capital BTN Yossy Istanto, Rendy Herison (@doroii) sebagai Digital Analist dan juga Wendy Marc (@wendy_marc) perwakilan dari milenials yang akab berbagi cerita pengalaman serunya di salah satu rangkaian HUT BUMN.

Deputy Kementerian BUMN Bapak Fajar Harry Sampurno mengungkapkan "Telah banyak upaya yang dilakukan BUMN untuk memberikan pengabdian terbaik bagi Indonesia. Berbagai program dilakukan, diantaranya dengan pembangunan infrastruktur, keadilan sosial, dan ekonomi kerakyatan. Dan moment HUT BUMN selalu meriah serta di sambut antusias dari tahun ke tahunnya."

Dalam gelaran di tahun 2019 ini, berbagai rangkaian kegiatan mencakup padat karya tunai dan kegiatan sosial millenials seperti bersih-bersih lingkungan kampung, penanaman pohon, perbaikan MCK, bersih-bersih sungai atau danau, perbaikan jalan, perbaikan sarana prasarana umum. Bersamaan dengan itu, juga diresmikan aplikasi pembayaran non tunai bertajuk LinkAja. Adapun tujuan pembuatan platform berbasis QR Code ini untuk mempermudah transaksi pembayaran dalam satu wadah. Nantinya LinkAja akan menyasar masyarakat hingga ke pelosok Indonesia.

Bulan HUT Kementerian BUMN juga dimeriahkan dengan pelaksanaan jalan sehat di lima 5 kota seperti Makassar, Soreang (Kab. Bandung), Ambon, Bandung, Sidoarjo, dan Jakarta, serta Half Marathon di Banyuwangi. Disamping itu ada juga promo 1 juta paket komoditi murah yang akan didistribusikan ke seluruh daerah Indonesia.

Beberapa perusahaan yang tergabung dalam BUMN turut berkontribusi dalam menyemarakan HUT BUMN, Direktur Human Capital BTN Bapak Yossy Istanto mengungkapkan bahwa Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) turut mendukung perayaan HUT Kementerian BUMN ke 21 dengan melakukan kegiatan sosial. Sejak tahun 2015 BTN telah bekerja sama dengan pemerintah untuk rumah bersubsidi begitupula rumah yang dilelang atau rumah bekas tinggal.


Perkembangan internet saat ini semakin pesat dan langkah positifnya misalnya melalui media sosial menjadi cara BUMN Mengakrabi masyarakat pun dalam perannya dalam momen HUT BUMN. Akan tetapi bulan hari ulang tahun BUMN bertepatan dengan pemilu diadakan, sehingga isu di jejaring maya semakin menggelora dan mirisnya kerap kali terselimuti oleh hoax. Tak jarang Indonesia semakin terpolarisasi terhadap pandangan dan pendapat yang kerap kali tidak rasional.

Sebagai netizen yang bijak Kit harus bisa memfilter ketika mendapatkan informasi misalnya saja di media sosial. Harus bisa memilih informasi mana yang hoax dan mana yang bisa dipertanggung jawabkan dengan mencari tahu sumbernya.

Mas Rendy Herison seorang Digital Analist pun memberi tanggapan akan perkembangan digitalisasi seperti sekarang. "Saat ini Industri kreatif semakin bermunculan mulai dari agency konten kreatif digital , dan micro influencer yang bisa menyampaikan informasi positif dan bermanfaat serta menangkis isu-isu hoax."

Wendy Marc sebagai perwakilan dari Milenials sangat antusias dengan semarak acara HUT BUMN, Ia mengakui beberapa diantara agenda yang digelar pernah beberapa kali di hadirinya. BUMN saat ini sudah berbeda, hadirnya para generasi milenial di BUMN sebuah kesempatan turut serta terus melakukan perubahan menjadikan BUMN perusahaan yang menyenangkan dan tidak ketinggalan zaman. Disamping itu BUMN juga mengajak generasi milenial untuk menjadi pahlawan masa kini dengan berkontribusi positif di semua bidang sesuai dengan passion-nya.

Selamat Hari Ulang Tahun untuk Kementerian BUMN, semoga semakin sukses dan bersinergi membawa manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat sesuai dengan visinya, yakni BUMN Hadir untuk Negeri.  

9 komentar:

Dwina mengatakan...

Salut, mba...bisa ikut serta di HUT BUMN. Kasih jempol juga buat BUMN. Kinerjanya benar benar terasa.

Elly Nurul mengatakan...

Ngga bisa dipungkiri ya kinerja BUMN memang sangat baik, contoh kecil saja produk LinkAja.. fintech yang sangat membantu masyarakat untuk terbiasa beres urusan keuangan tanpa uang cash.. sebagai masyarakat Indonesia saya bangga atas kinerja BUMN selama ini

Okti Li mengatakan...

Waktu makna santai yang di Soreang Kab Bandung tadinya kami mau ikutan lho. Sayang hujan besar dan di jalan perbatasan Cianjur Kab. Bandung nya ada longsor. Batal deh ikut memeriahkan acara HUT BUMN nya

Annafi mengatakan...

Obrolannya menarik dan menginspirasi ya mba 😀 kinerja BUMN juga terus meningkat dari tahun ke tahun, semoga generasi muda bisa memajukan visi dan misi BUMN untuk Indonesia

Nia Haryanto mengatakan...

Keren ya HUT BUMN ini. Banyak acara dan programnya. Semoga ini menjadi start untuk lebih baik lagi ke depannya.

Melly Feyadin mengatakan...

Kemanrin sempet nyimak acara ini nih Siti, keren ya. Jd semakin tau kinerja BUMN. Selamat ulang tahun BUMN

Anisa mengatakan...

Wah seru banget nih bincang-bincangnya. Selamat ulang tahun ya BUMN :)

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Oh ini acara yg sempat trending kemaren di twitter itu ya? Hmm aku gak kaget sih sebenarnya kalau acara HUT BUMN bakalan keren dan ramai.

unggulcenter mengatakan...

BUMN memang perlu dijaga jangan dijual2in ya, smoga smakin sukses utk bangsa ini