Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 27 Desember 2023

Insto Dry Eyes, Pilihan Andalan Mengatasi Mata Kering

Menjadi suatu hal menyenangkan rasanya disaat bisa bertemu kembali dengan kawan lama, tapi ada yang membuat khawatir karena seorang kawan sering mengucek-ngucek matanya selain itu juga terlihat memerah. Kalau mendengar keluhannya sepertinya yang dialami adalah gejala mata kering. Kebetulan tak jauh dari tempat pertemuan itu ada minimarket, jadi langsung aja cari Insto Dry Eyes yang biasanya sering Aku gunakan saat mulai tak nyaman karena merasakan mata kering.

Insto dry eyes mengatasi mata kering

Di tengah suasana kota yang begitu terpapar akan polusi di tambah aktivitas keseharian yang memang sering manatap layar gadget bisa mengakibatkan mata kering yakni suatu kondisi terjadi karena air mata yang diproduksi tidak memiliki kualitas baik untuk menjaga kelembapan mata, dan situasi ini memang cukup umum terjadi pada setiap individu.

Karena aktivitas keseharian mulai dari menuntaskan pekerjaan, menonton bahkan berbelanja tak lepas dari gadget jadi mata pun sering terpapar. Pengalaman mata kering karena terlalu lama menatap layar sudah beberapa kali dialami, dari yang semula mata terasa lelah, mata pegel, mata sepet, berasa ada yang mengganjal di mata, jadi mulai agak buram pandangan sampai kemudian mata menjadi merah. Tentu saja hal ini membuat tak nyaman dibarengi rasa perih dan pedas. Langkah sederhana yang biasanya dilakukan yakni dengan menempelkan kompres hangat pada mata hingga menggunakan obat tetes mata Insto Dry  Eyes.


Penyebab Mata Kering


Sebenarnya ada banyak faktor penyebab yang bisa membuat mata terasa kering, beberapa diantaranya :

1. Terlalu Lama Menatap Layar

Semakin banyak seseorang menatap layar, otak akan menyuruh mata untuk fokus terhadap layar tersebut sehingga mata terus terbuka, alih-alih berkedip. Nah intesitas  berkedip yang jarang ini dapat mempercepat penguapan air mata dan mengindikasi mengakibatkan mata kering.

gejala mata kering gunakan insto dry eyes

2. Faktor Lingkungan

Cuaca yang panas dan terasa kering mempengaruhi kualitas udara disekitar, belum lagi kemungkinan terpapar asap dan angin. Selain itu hembusan AC ataupun kipas angin yang terkontak dengan mata bisa juga jadi penyebab mata kering.

3. Penggunaan Obat-obatan

Ada beberapa obat dapat menurunkan produksi air mata, rasanya hampir setiap konsumsi obat tentu ada efek samping kepada fungsi bagian tubuh lainnya tidak terkecuali mata yang bisa menjadi kering.

4. Kondisi Medis

Beberapa penyakit seperti diabetes, gangguan tiroid, radang sendi, lupus bisa menyebabkan mata kering yang dampaknya berefek pada kemampuan kelenjar mata untuk memproduksi air mata.

5. Proses Penuaan

Bertambahnya usia memang tidak bisa mengabaikan bahwa kualitas kesehatan pun turut menurun. Tidak terkecuali bagian air mata yang melumasi mata, kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata di seluruh permukaan mata sehingga ada keluhan mata kering bagi seorang lansia atau lanjut usia.

Mata kering atau Dry Eyes biasangya bukan masalah yang permanen. Sebagian besar hanya butuh beberapa waktu untuk sembuh dan berfungsi normal lagi. Namun bukan berarti di abaikan, jika terjadi mata kering baiknya segera melakukan tindak lanjut untuk mengatasi mata  kering agar bisa meredakan ketidak nyamanan maka bisa melakukan hal sederhana seperti :

1. Istirahatkan Mata Sejenak

Hentikan aktivitas dan istirahatkan mata sejenak ketika mulai merasakan ketidak nyamanan dan muncul gejala mata kering. Jika dipaksakan terus menerus beraktivitas menggunakan mata kering hanya akan membuat mata mudah lelah dan terasa lebih sakit. Hal sederhana yang bisa dilakukan bisa dengan mandi atau mencuci wajah agar mata terasa lebih segar.

2. Kompres dengan Air Hangat

Biarkan kelopak mata terkompres air hangat selama kurang lebih 5 menit untuk mengurangi gejala mata kering serta  mengurangi mata lelah dan pastikan untuk tetap jaga kelopak mata tetap higienis.

3. Konsumsi Air Putih

Menjaga hidrasi tubuh yang turut berdampak pada mata. Pastikan untuk mencukupi minum air putih setiap hari karena kekurangan cairan berpengaruh terhadap produksi air mata.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Lengkapi kebutuhan harian dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata serta mencukupi asupan nutrisi baik dengan mengkonsumsi makanan mengandung omega 3.

5. Terapkan Kebiasaan 3D (Distance, Direction, dan Duration)

Sebuah reminder bagi kita semua yang kesehariaannya tak lekang dalam penggunan gadget yang menyebabkan menatap layar jadi tertlalu lama.
  • Distance : harus memperhatikan jarak mata ke gadget agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. 
  • Direction : Perhatikan arah pandangan mata dengan gadget yang digunakan. Usahakan agar arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gadget dengan posisi berbaring.
  • Duration : jangan sampai lupa waktu, usahakan untuk menggunajan gadget tidak lebih dari 2 jam. Kasih jeda sebelum kembali menggunakan gadget.
6. Mengaplikasikan Obat Tetes Mata

Sering disebut sebagai air mata buatan yang bertujuan untuk menggantikan volume air mata, menstabilisasi lapisan air mata, dan menghidrasi mata.

Ada banyak jenis obat tetes mata yang tersedia untuk membantu mengatasi masalah pada mata, termasuk mata kering. Salah satunya adalah #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang bisa menjaga kelembaban pada mata kering akibat terlalu lama menatap layar.


Obat tetes mata Insto Dry Eyes menjadi pilihan andalan dalam mengatasi mata kering merupakan produk lokal yang di produksi oleh Combiphar. Dikemas dalam botol berwarna biru memiliki kandungan hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg. Mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Tersedia dalam ukuran 7,5ml.

Pengaplikasian Insto Dry Eyes terbilang mudah, namun sebelumnya pastikan dahulu mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum menggunakannya. Perhatikan juga masa kadaluarsa dari obat tetes mata. Dan gunakan sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan Insto Dry Eyes.
  • Pastikan agar ujung botolnya tidak tersentuh atau terkena permukaan benda apa pun agar tidak terkontaminasi.
  • Dongakkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah
  • Teteskan obat mata secara perlahan dengan menekan sedikit botol. Pastikan tetesan obat masuk ke dalam mata dengan lembut dan jangan terlalu banyak menggunakannya.
  • Pejamkan mata perlahan selama 1-2 menit. Ini membantu obat tersebar merata dan meningkatkan penyerapan obat.
  • Jangan menekan ataupun menggosok mata agar obat dapat bekerja dengan baik.
  • Tutup rapat kembali obat tetes mata Insto Dry Eyes agar tetap steril.

Dampak yang bisa Terjadi Jika Mata Kering Tidak di Obati


Kendati gejala mata kering begitu umum terjadi namun jangan meremehkannya tanpa tindak lanjut. Selain mengurangi ketidak nyamanan, dengan pengobatan yang tepat tentunya bisa mencegah dari dampak yang lebih parah.

Apabila mata kering tidak diatasi tentu dapat mengganggu fungsi indra penglihatan apalagi jika dibiarkan berkepanjangan maka bukan tidak mungkin  bisa menyebabkan infeksi. Selain itu kornea mata pun jadi lebih berisiko terluka. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala berupa mata merah, terasa terbakar, buram, nyeri, dan pandangan silau.

Tingkat keparahan mata kering pun bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Gejala mata kering dapat semakin parah saat penderita berada dalam kondisi tertentu seperti bisa menyebabkan peradangan pada permukaan mata, sehingga menimbulkan jaringan parut pada kornea atau terjadi infeksi bakteri.


Kesehatan mata tak kalah pentingnya dengan anggota tubuh lainnya,  karena mata menjadi indera penglihatan untuk menyerap informasi secara visual, belajar serta beraktivitas, bekerja dan memahami banyak hal dalam kehidupan. 

60 komentar:

Joko Yugiyanto mengatakan...

Tetep ya, blogger emang kudu siapin insto dan di rumah mas joko pun ada dan katanya buat jaga2 kalau agak perih ya diinstoin aja

Bayu Fitri mengatakan...

Insto dry eyes ini solusi banget ya buat mata kering aku juga pakai jadi segar rasanya

laila dzuhria mengatakan...

Aku br tahu nih mbak, istilah 3D ini.. iya memang penggunaan gadget terlalu sering bisa membuat mata jadi kering ya... Makanya harus selalu sedia insto Dry eyes agar bisa mengatasi mata kering sewaktu2.

Annie Nugraha mengatakan...

Saya juga selalu stok INSTO Dry Eyes ini di rumah. Terasa banget manfaatnya saat sedang ngejar setoran tulisan dan harus kerja di depan laptop berjam-jam. Apalagi saat membuat perhiasan (wire jewelry) yang saya tekuni bertahun-tahun. Kalo sudah mengerjakan ini biasanya saya butuh konsentrasi berjam-jam dan melihat ke item yang kecil-kecil serta butuh ketelitian.

Matius Teguh Nugroho mengatakan...

Btw bedakan mata kering dengan iritasi mata ringan juga ya, karena ada gejala yang mirip seperti mata gatal dan memerah. Biar afdol, sedia Insto Dry Eyes dan Insto reguler juga hehe.

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Peran mata tak kalah penting dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain. Sudah selayaknya kita jaga agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Untuk mata lelah dan kering perlu solusi segera seperti tetes mata Insto Dry Eyes agar kembali segar dan siap diajak beraktivitas kembali.

Enny Mamito mengatakan...

Berjam-jam di depan laptop kadang bikin mata jadi kering, ini gak enak banget rasanya dan sangat menggangu. Untungnya aku selalu sedia Insto Dry It juga di rumah. Ditetesin Insto mata jadi gak kering lagi dan mata jadi lebih nyaman

Okti Li mengatakan...

Kami juga menyediakan insto selalu. Secara bepergian menggunakan sepeda motor, mata sering sepet dan kadang merah. Alhamdulillah deh beberapa tetes saja, kemudian mata segar dan jernih lagi

Sendy Yunika mengatakan...

Setuju kesehatan mata juga penting, apalagi kita yang sering menatap layar laptop atau pc untuk blogging. Jadi harus punya insto ya

Fenni Bungsu mengatakan...

Kalau udah ada gejala gangguan pada mata memang gak bisa dianggap remeh. Harus cepat penanganannya, agar indera penglihat kita ini bisa pulih kembali

Maria G Soemitro mengatakan...

obat tetes mata andalan saya nih, Insto Dry Skin

karena cocok banget, sesudah pemakaian rasanya nyaman banget

sementara, tau sendiri, sebagai blogger, mata kita sering terganggu karena terlalu lama di depan lap top

untung ada Insto Dry Skin

Desi mengatakan...

Jangan lupa untuk istirahat meski banyak job mba Siti :) . mata emang penting banget untuk kegiatan harian kita. jadi insya Allah aman untuk mata kering si insto dry eys ini

Dennise Sihombing mengatakan...

Mata kering sangat tidak nyaman ya.Aku juga alami itu.Terutama saat shooting,sinar lampunya tajam banget.Untung ada Insto Dry Eyes solusi mata keringku

Lia Lathifa mengatakan...

Mau gak mau harus sedia insto nih, saya dan suami juga mengalami mata berair gak nyaman karena berlama-lama menatap layar di saat kerjaan numpuk

Triani Retno A mengatakan...

Samaan kita, Kak. Insto Dry Eyes juga jadi andalan kami di rumah. Soalnya mata tuh kalau udah terasa perih dan kering, ampun banget deh!

Didik Purwanto mengatakan...

Wah penyebab mata kering ternyata banyak sekali ya kak. Mayoritas emg krn kerjaan sih ya di depan layar yang memantulkan cahaya. Plus emg usia kita udh senja wkwk. Ga sih.

Tp solusinya ttp satu, Insto Dry Eyes. Wajib ada di kotak P3K nih.

Fenni Bungsu mengatakan...

Bener juga kak Desi mengistirahatkan mata sejenak minimal 20 menit tanpa menatap layar apapun ya, bisa mengurangi dampak mata kering juga nih

Farichatuljannah mengatakan...

hu um yaa insto ini penting buat kita yang suka depan laptop apalagi... kalau sudah berasa gejala mata kering bisa langsung di tetesin langsung seger lagi mata sepet

Naqiyyah Syam mengatakan...

Sering banget mata kering menjadikan kita terbatas aktivitasnya karena kerja di depan laptop jadi diperlukan stop Insto ini

Yayu Arundina mengatakan...

Insto ini solusi bangets buatku yang sering kena masalah mata. Malah sampe operasi berkali-kali. Dg insto jd lebih baik

Sabrina mengatakan...

Cocok sekali buats aya yang selalu menatap layar laptop berjam-jam setiap harinya kak, kadang sampai merasa perih gitu matanya, dan sepertinya wajib banget punya Insto Dry eyes ini

Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan...

Ok sekarang harus lebih memperhatikan lagi nih soal mata, apalagi emang kerasa banget akhir-akhir ini capek gitu matanya, kayaknya mata kering ya ini. Aku sih kalau buat kerja biasanya pake pomodoro sih, jadi jeda 5 menit tiap 25 menit, bisa jadi salah satu cara juga nih buat mengistirahatkan mata

Siti Nurjanah mengatakan...

Apalagi di era kaya sekarang banyak hal mengandalkan gadget, utk mengantisipasi dan mengatasi mata kering udh pas sedia Insto Dry Eyes

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, itu sebabnya Aku pun sering sedia. Apalagi selain terpapar layar lingkungan yg kering juga jadi penyebab gangguan mata yg tak nyaman

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul ka, untuk mencegah keparahan juga dari dampak mata kering

Elva mengatakan...

Kesehatan mata penting banget utk dijaga, saya pun juga pakai Insto Dry Eyes mbak Krn bikin mata nyaman setelahnya

Farida Pane mengatakan...

Buat aku yang sering di depan gawai elektronik, penting banget nyetok insto dry eyes ini

Dzulkhulaifah mengatakan...

Beberapa waktu lalu aku juga sempat mengalami mata kering, Mbak. Rasanya nggak nyaman banget. Gara-garanya aku kelamaan nonton drama Korea dari layar smartphone. Hehe. Setelah aku istirahatkan, kok masih pegal gitu mataku. Akhirnya pakai Insto Dry Eyes, baru deh mataku normal kembali.

Nurul Sufitri mengatakan...

Mata kering saat laptopan atau HP-an itu yang paling sering dialami. Untung ada Insto Drry Eyes solusinya. Harganya juga sangat bersahabat ya dan dapat dibeli di banayk toko offline maupun online. Hobi berkegiatan online jangan sampai menjadi penghalang, kan ada Insto :)

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Aku pun di rumah juga sedia Insto Dry Eyes, apalagi setiap hari menatap laptop ya jadi untuk jaga-jaga, selagi berasa sudah gak enak matanya biasanya jadi pertolongan pertama juga.

Helena mengatakan...

membaca bahayanya mata kering dan pegal aku jadi kasih break selama kerja. Kadang itu mau beranjak dari depan gawai kok malas tapi daripada mata kering kan bahaya. Teteskan Insto Dry Eyes buat bantu jaga kesehatan mata juga.

Suciati Cristina mengatakan...

Apa sebab mata kering aku karena penuaan ya 🤣.. aku suka lelah matanya padahal kerjaannya nggak banyak mba. Ngedapur sama antar anak2 aja. Mungkin cuaca sekarang jg pengaruh. Aku harus sedia insto Dry Eyes supaya menjaga kesehatan mata

Alida mengatakan...

Memang bener deh mba kalau kelamaan lihat layar komputer tuh berasa capek matanya ya mba. Dan memang sebaiknya rehat sejenak ya kalau terlalu capek melihat layar

Yurmawita mengatakan...

Mata kering penyebabnya bisa karena kelamaan menatap layar hape untuk pekerjaan kadang mesti selesai segera sehingga harus berlama-lama menatap layar hape

Tian mengatakan...

Andalan saya banget nih atasi mata kering , apalagi seharian di depan laptop dan gadget terus bikin mata cepet kering memang, untung ada insto

Dee_Arif mengatakan...

Menatap layar terlalu lama bisa membuat mata kita kering ya
Makanya harus selalu sedia insto dry eyes ini

Leyla Hana mengatakan...

Bahaya juga kalau mata kering dibiarin ya. Aku sering ngalamin juga nih. Berarti harus sedia Insto di rumah ya buat sewaktu-waktu dipake kalau mata kering.

Dennise Sihombing mengatakan...

Mata kering memang sangat mengganggu ya. Aku juga alami itu. Terutama kalau kelamaan di depan laptop. Untungnya ada Insto Dry Eyes sebagai solusi

Nathalia DP mengatakan...

Saya nih, mata suka enggak enak kalau kelamaan screen time... Nanti coba cari insto dry eyes deh...

lendyagassi mengatakan...

Suka seneng banget yaa.. kalau uda asik sama dunia maya, menatap layar dengan seksama dan menikmati berita atau tontonan yang menarik. Tapi tetap gak boleh melupakan kesehatan mata. Aku baru tau kalau mata lelah, merah dan panas adalah gejala awal dari mata kering. Kudu segera diatasi dengan tepat menggunakan Insto Dry Eyes nih..

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah betul, bermanfaat banget sedia Insto Dry Esyes utk keseharian. Karena banyak faktor yang menyebabkan mata kering

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya biasanya memerah itu ketika gejala mata kering sudah muncul tidak segera teratasi/diabaikan atau bisa jadi penyebab lainnya keseringan dikucek saat mata terasa kurang nyanan

Siti Nurjanah mengatakan...

mata memiliki peran penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan kondisi mata yang sehat, maka kita dapat melihat dengan jelas serta melakukan aktivitas harian lebih leluasa.

Istiana Sutanti mengatakan...

Memang deh, instro dry eyes ini solusi banget buat yang memiliki kebiasaan yang suka bikin mata kering. Makanya harus sedia selalu di rumah yaa

Nanik nara mengatakan...

Distance, Direction, dan Duration.
Jadi memang kita sendiri yang mesti bisa melakukan pengaturan dan pembatasan itu ya mbak, biar mata tetap sehat walau sering menatap layar gadget

Siti Nurjanah mengatakan...

Terlalu sering kena paparan layar begitu mempengaruhi, untungnya selalu sedia Insto Dry Eyes jadi saat gejala mata kering bisa segera di antisipasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Klo yg suka motoran, mesti siap sedia obat tetes mata kaya Insto. Agar ketika mata terasa tdk nyaman bisa lekas di atasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah sebagai seorang yang activitynya berkutat dengan gadget mesti siap sedia Insto agar lebih mudah mengatasi ketika gejala mata kering mulai dirasakan

Siti Nurjanah mengatakan...

Mengingat fungsi nya pun begitu vital, ketika terjadi gangguan pada mata juga bikin ga nyaman

Siti Nurjanah mengatakan...

Insto Dry Eyes, memang pas utk jadi pilihan mengatasi mata kering. Apalagi jika kesehariannya yg sering berkutat di depan layar gadger
Mesti siap sedia

erykaditya mengatakan...

Insto memang solusi praktis utk mengatasi mata kering...setelah di tetes mata berasa lebih nyaman lagi...bertambah usia mesti maki aware sama kesehatan mata..salah satu aset berharga kita

Tira Soekardi mengatakan...

Apalagi kalau lama lihatlayar ponsel atau laptop ya. Makanya sekarang mengurangi jam di depan laptop atau ponsel dan mencegah dengan obat tetes mata ini

Ainun mengatakan...

kalau mata udah kering, perih banget dan nggak nyaman
aku cukup sering mengalaminya dan insto dry eyes ini udah jadi kayak sahabat buatku
Mungkin karena efek aku terlalu sering menatap layar komputer, hape dan dirumah masih lanjut buka laptop juga

Rahman Kamal mengatakan...

Insto memanglah must have item banget. Apalagi jika banyak beraktivitas di depan layar komputer dan elektronik lainnya. Potensi mata kering dan peningkatan screen time benar-benar bahaya banget jika dibiarkan begitu saja.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya ka Dennise. Kalau ngalami gangguan pada mata kaya mata kering misalnya. Bikin ga nyaman beraktifitas

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya mba, sebagai antisipasi supaya beraktifitaspun tetap terjalani dgn nyaman

Siti Nurjanah mengatakan...

Apalagi banyak faktor yg bisa sebab bikin mata kering. Sedia insto Dry Eyes mesti, untuk antisipasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah iya, faktor usia cukup berpemgaruh juga pada kualitas kesehatan mata. Itu sebab utk antisipasi selalu sedia Insto

Siti Nurjanah mengatakan...

Penggunaan Insto terbilang praktis tapi manfaatnya maximal

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah betul apalagi yg aktivitasnya sering menatap layat gawai. Permasalahan mata kering kerap dialami. Untung selalu sedia Insto