Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 09 Desember 2023

Pentingnya Pengelolaan Finansial yang Tepat bagi New Parent

Kedatangan anggota baru di keluarga pasti membawa kebahagian bagi kamu yang baru saja memiliki seorang anak. Namun kebahagian tersebut datang disertai dengan tanggung jawab finansial yang harus ditanggung untuk memenuhi kebutuhan anak. Bagi new parent hal ini pasti cukup membingungkan karena harus mengatur kembali finansial di keluarga. 

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-family-standing-white_7397631.htm#query=new%20parent&position=33&from_view=search&track=ais

Tidak sedikit bagi new parent yang merasa kesulitan dalam pengaturan finansial untuk anak pertama ini. Sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi Digital Banking untuk membantumu mengatur keuangan. Jadi kamu tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam hal mengelola finansial. 

Pentingnya Mengelola Finansial bagi New Parent 

Bagi new parent yang belum memiliki pengalaman sebelumnya, mengelola finansial setelah memiliki anak pertama pasti cukup menyulitkan. Sebagai orang tua kamu harus bertanggung jawab penuh atas masa depan sang anak. Oleh sebab itu penting bagi new parent untuk mengelola finansial agar lebih baik:

1) Memastikan Masa Depan Anak Terjamin

Sebagai orangtua, kamu memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan masa depan anak yang dititipkan padamu memiliki masa depan yang baik. Untuk itu kamu perlu mengelola keuangan dengan baik agar bisa menabung untuk masa depan si anak supaya terjamin tidak mengalami kekurangan sesuatu apa pun.

2) Perubahan Prioritas Keuangan

Kedatangan anggota baru dalam keluarga tentu saja mengubah segalanya. Selain kebahagian yang bertambah, prioritas keuangan juga akan berubah. Biasanya kebutuhan anak akan menjadi prioritas keluarga saat ini. Oleh sebab itu prioritas keuangan pasti juga akan berubah, saat ini pengeluaran untuk kebutuhan anak adalah hal yang utama.

3) Ada Tambahan Pengeluaran

Tambahan pengeluaran sudah pasti ada untuk kebutuhan anak, oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan pengelolaan keuangan. Apalagi jika tidak ada tambahan pendapatan baru maka kamu harus mengatur pengeluaran dengan cermat dan tepat agar finansial tetap sehat dan semua tetap berjalan dengan baik.

4) Memastikan Semua Kebutuhan Bisa Terpenuhi

Mengelola keuangan harus dilakukan new parent karena kamu harus memastikan apa semua kebutuhan bisa tercukupi atau tidak. Dari penghasilan yang ada kamu harus mengatur sedemikian rupa agar penambahan anggota baru di rumah tidak mengganggu keadaan finansial.

Tips Mengelola Finansial untuk New Parent 

Orangtua memang seharusnya sudah mempersiapkan dan merencanakan finansial dengan matang sebelum seorang bayi lahir. Namun tidak sedikit juga orangtua yang belum siap bahkan tanpa perencanaan matang untuk memiliki seorang anak, sehingga masih kebingungan dalam mengelola finansial setelah menjadi orangtua baru. Berikut ini tips untuk mengelola finansial yang tepat untuk new parent: 

1) Mengatur Kembali Anggaran Bulanan

Sambil pelan-pelan belajar, kamu harus mengatur kembali anggaran bulanan sebagai orangtua baru. Kamu harus melakukan perubahan secara keseluruhan karena dengan tambahan anggota keluarga maka bertambah pula tanggungan finansialnya. Buat budgeting dengan memasukkan pengeluaran untuk anak.

2) Buat Skala Prioritas

Agar pengeluaran bisa terkontrol maka kamu harus menentukan skala prioritas berdasarkan kewajiban dan kebutuhan keluarga. Penuhi segala kebutuhan anak dan keluarga, hindari pengeluaran yang hanya berdasarkan pada keinginan. Kamu juga harus membuat perencanaan keuangan jangka panjang dengan anak sebagai prioritas utamanya.

3) Berhematlah

Pos pengeluaran pasti bertambah jika kamu memiliki anak, padahal sumber pendapatan belum tentu bertambah. Oleh karena hal itu kamu harus melakukan penghematan pengeluaran, kamu bisa menghapus pos-pos tertentu yang tidak begitu dibutuhkan agar pengeluaran bisa dihemat lebih banyak.

4) Menambah Sumber Pendapatan

Jika kamu mengalami kesulitan mengatur uang, mungkin bukan pengeluarannya yang terlalu banyak tapi pendapatannya yang kurang. Oleh sebab itu akan lebih baik jika kamu dapat menambah sumber pendapatan agar lebih mudah melakukan pengaturan keuangan. Kamu juga akan memiliki alokasi dana yang lebih banyak untuk menabung.

5) Lunasi Utang Jika Ada

Perencanaan keuangan memang harus dilakukan untuk memenuhi semua kebutuhan anak. Akan tetapi lebih baik melunasi hutang terlebih dahulu sebelumnya agar tidak menjadi beban finansial di masa yang akan datang. Dengan tidak memiliki tanggungan hutang maka kamu akan lebih mudah menyisihkan uang untuk menabung demi masa depan anak. 

Digital Banking Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Bukanlah hal mudah memang mengelola finansial bagi new parent yang memang belum memiliki pengalaman. Memiliki anak pertama adalah pengalaman pertama juga bagi orangtua untuk melakukan pengaturan biaya hidup setelah kehadirannya. Kesulitan pasti dialami karena merasa belum terbiasa, dalam hal ini untuk memudahkan anda bisa memanfaatkan aplikasi Digital Banking digibank by DBS lho.

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/business-asian-women-records-income-expenses-home_5503738.htm#query=pay%20bill&position=9&from_view=search&track=ais

Memilih menggunakan online banking adalah langkah yang tepat bagi new parent dalam membantu mengelola finansial agar lebih maksimal hari ini dan mempersiapkan untuk masa depan cuma dalam 1 genggaman, digibank by DBS menawarkan banyak sekali keunggulan, seperti:

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu gak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out dan memiliki limit kredit ekstra, bayar fleksibel untuk kebutuhan anak dan keluarga. Menabung disini juga bebas biaya admin bulanan dengan minimum saldo cukup terjangkau, yaitu 5 juta saja. Buat kamu yang punya Kartu Kredit digibank, kamu bisa ubah transaksi jadi pay later hingga 60 bulan melalui Aplikasi digibank. Transaksi besar jadi lebih ringan dan cashflow pun jadi lebih manageable.
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun gak perlu nunda rencananya masa depan. Ini Cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah nabung bunga tinggi di 20 dompet dan lakukan simulasi rencana depan untuk anak dan bisa di tarik kapanpun kamu butuhkan
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet, praktis atur rekening dan kartu kredit, semua transaksi harianmu dalam 1 aplikasi.

Bank digital memang akan memudahkan dalam mengelola keuangan asalkan kamu tahu cara yang tepat untuk memanfaatkannya. Untuk mengetahui informasi mendalam tentang bank digital digibank by DBS kamu bisa klik di https://www.dbs.id/digibank/id .

6 komentar:

Bayu Fitri mengatakan...

Digital Banking ini bermanfaat sekali ya untuk mengelola keuangan keluarga jadi ga pusing lagi atur keuangan

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Halo mba Siti. Memang harus mempersiapkan dengan baik masa depan anak ketika kita baru menjadi orangtua. Tapi satu sisi juga harus memastikan kalau kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi

Leyla Hana mengatakan...

Hari gini emang paling praktis pakai digital banking yak. Apalagi kalau banyak fitur dan kegunaannya untuk pembayaran segala kebutuhan.

lendyagassi mengatakan...

Tantangan banget yaa... mengatur keuangan stelah menikah ini.
Kudu super jeli dan teliti karena akan panjang perjalanan dan butuh banyak kebijakan saat menetapkan sesuatu terutama pendidikan anak.

Shafira Adlina mengatakan...

Tidak hanya orang tua baru, ketika menjadi baru istri ataupun punya gaji pertama pasti bingung. sebab di negara kita kebiasaannya adalah minim literasi, nah artikel seperti ini mudah-mudahan memudahkan kita yang butuh informasi literasi keuangan seperti ini.

elfanmauludi mengatakan...

Yang paling banyak menyerap financial itu adalah popok si kecil T.T