Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 31 Desember 2023

3 Drama Saeguk Terfavorit 2023

Memasuki akhir tahun 2023, rasanya cepat sekali waktu berlalu dan hari ini sudah di penghujung. Sambil menemani masa bed rest, Aku tengah mengurangi aktifitas di luar dan lebih banyak di rumah. Untuk meredam kebosanan jadi lebih banyak nonton sepertinya. Yups, masih seputar drama korea, ceritanya selalu seru, episodenya juga ga begitu panjang. Di tahun ini banyak yang dirilis, dan Aku punya 3 drakor bertema saeguk favorit.

Padahal sebenarnya Aku kurang berminat dengan tema sejarah atau kerajaan. Rada berat aja pembahasannya, selain itu identik dengan intrik politik kekuasaan, perang dan itu kerap bikin Aku kurang nyaman. Tetapi sejak nonton Moon Lovers dan The Tale of Nokdu  beberapa tahun lalu selera tontonan jadi agak berubah dan bisa menikmati drakor bertema saeguk.

Untuk tahun 2023 ada sekitar belasan lebih drama saeguk ditayangkan, dan 3 diantaranya Aku cukup suka dan menikmatinya.

1) My dearest

Pernah ada yang bilang, jangan berekspetasi lebih sama drakor saeguk. Awal-awalnya terlihat lucu namun hampir sepanjang episode bisa 'mengaduk-aduk emosi'. Dan hal ini cukup sesuai dengan drakor berjudul My Dearest yang mengisahkan tentang lika liku perjalanan cinta Lee Jang Hyun (Nam Goong Min) dan Yoo Gil Chae (Ahn Eun Jin) dengan latar sejarah Dinasti Joseon.

Yoo Gil Chae adalah seorang wanita bangsawan muda yang cantik, ceria, dan sedikit manja, ia kerap dijuluki sebagai rubah berekor 99 di kampung halamannya, Neunggun-ri karena banyak pemuda desanya yang mudah terpikat dan menginginkannya menjadi kekasih.

Kendati Yoo Gil Chae bisa memilih pemuda manapun tapi hatinya sudah terpaut dengan Nam Yeon Joon (Lee Hak Joo), orang terpelajar Sungkyunkwan. Pemuda berperawakan baik itu tidak bisa menerima Yoo Gil Chae lantaran telah bertunangan dengan Kyung Eun Ae (Lee Da In) yang tak lain sahabat terdekat Yoo Gil Chae.

Suatu hari, Desa Neunggun-ri kedatangan seorang pria misterius bernama Lee Jang Hyun (Nam Goong Min) yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Ia mengaku sebagai pedagang dan bangsawan. Pesonanya bisa meluluhkan hati banyak wanita namun Lee Jang Hyun adalah seorang pembenci pernikahan dan tidak ingin mencintai siapapun. Tetapi siapa sangka takdir menuntunnya pada cinta yang begitu di dambanya. Sejak pandangan pertama Lee Jang Hyun sudah menaruh hati pada Yoo Gil Chae.

Kehidupan Desa Neunggun-ri yang damai dan tentram menjadi kacau serta porak poranda di mana orang-orang mengalami kesulitan karena invasi Qing. Masyarakat dan pemerintah Joseon mengalami kerugian besar, banyak warga yang ditangkap dan dijadikan budak di Simyang.

Ujian cinta Lee Jang Hyun dan Yoo Gil Chae semakin diuji di season 2. Dari yang semula perpisahan sampai akhirnya Yoo Gil Chae menikahi lelaki lain bernama Goo Won Moo (Ji Seung Hyun) yang ternyata cintanya tidak utuh. Yoo Gil Chae hidupnya begitu menderita ketika tertangkap dan di 'jual' di pasar budak. Di saat-saat inilah yang begitu menyesakan bagi Lee Jang Hyun bahwa wanita yang dicintai sepenuh hati kehidupannya begitu menderita.

Sumber gambar : IG @mbcdrama_now
"Setiap kali rembulan sedang bersinar terang, kau selalu ada di sisiku. Kau sekarang akan selalu terlintas dalam benakku setiap kali rembulan bersinar terang.” [Lee Jang Hyun]
My Dearest terbagi dalam 2 season (untungnya jeda waktunya tidak terlalu lama) dan tayang di MBC dengan total sekitar 20 episode. Drama ini mendapat sambutan hangat dari penonton bahkan sampai mencetak rating yang mengesankan. Cerita yang mengharu biru, para aktor/aktris bermain cukup baik. Bisa dibilang telah memikat penonton dengan kisah yang disajikan secara mendalam dan penuh emosi.

2) Moon In The Day

Drama fantasi romantis ini berlatar dua era yakni Dinasti Silla dan masa kini yang diangkat dari webtoon populer dengan judul yang sama dan diterbitkan di Naver. Selama 1.500 tahun jiwa Do Ha (Kim Young Dae) terperangkap di dunia yang menjadikannya sebagai 'roh pendendam'. Kematiannya begitu tragis karena telah dibunuh oleh kekasihnya bernama Han Ri Ta (Pyo Ye Jin), yakni putri keluarga bangsawan Gaya yang dianggap pengkhianat.

Selama puluhan rainkarnasi Han Ri Ta, jiwa Do Ha selalu memantau tanpa bisa berbuat apapun dan berasumsi jika membalaskan dendamnya pada rainkarnasi wanita yang begitu dicintai mungkin Ia bisa melepas kutukannya dan terbang ke akhirat. Sampai di rainkarnasi ke 19 sebagai Kang Young Hwa (Pyo Ye Jin) sebagai petugas Damkar, wanita itu mempunya ingatannya lewat mimpi sebagai Han Rita dan pria bernama Do Ha.

Kesempatan bagi Do Ha akhirnya datang, Ia berhasil memasuki raga Han Jun Oh (Kim Young Dae) seorang bintang populer Korea yang dinyatakan telah meninggal, ia berpikir inilah kesempatannya untuk membalas dendam. Jiwa Do Ha merasuki tubuh Han Jun Oh menjadikannya pribadi berbeda sehingga membuat  Han Min Oh (Oh Joo Wan) yang tak lain kakak laki-laki Han Jun Oh sempat khawatir. Meski demikian CEO Beginning Entertainment yang juga tempat Han Jun Oh bernaung ini tak mempermasalahkan, selama adik terkasihnya masih hidup.

Drama yang memiliki alur balas dendam dan kisah cinta antara masa lalu dan kini,  membawa nasib Han Jun Oh dan Kang Young Hwa untuk saling menemukan jalan mereka setelah 1.500 tahun. Cinta mereka semakin di uji saat CEO Seok Chul-hwan  ternyata dirasuki arwah ayah tiri Kim Do Ha dimana pada zaman Silla dengan liciknya pria tua itu membuat Do Ha hidup sengsara, dan menjalani hidup terasa mati.

Sumber gambar : IG @channel.ena.d
"Jika memilih terus hidup, kita pasti akan menemukan alasan kenapa kita ada di dunia ini.” [Han Jun Oh]
Drama sepanjang 16 episode ini tayang di Korea Selatan melalui stasiun ENA dan Genie TV. Mengadopsi alur cerita maju mundur (campuran). Hanya agak kecewa dengan endingnya, padahal kisah per episode dan chemistry pemain sudah cukup bagus, (mengapa endingnya harus pake alternative story) harusnya stop aja di scene Kang Young Hwa melakukan penerbangan menjemput impiannya.

3) The Matchmakers

Berlatar dinasti Joseon dan jadi drama saeguk tentang pertemuan antara janda dengan duda muda. Memiliki genre romantis komedi, beralur cerita ringan, menghibur dan bisa dibilang konfliknya pun tidak terlalu berat.

Berkisah tentang seorang pemuda cerdas bernama Shim Jung Woo (Rowoon), yang memiliki mimpi menjadi pegawai pemerintahan. Tetapi kemalangan terus menimpanya dimana berawal dari gagalnya impian menjadi pegawai pemerintahan karena dipaksa menikah dengan putri raja. Malangnya, calon istrinya itu meninggal di tengah pesta pernikahan.

8 tahun Shim Jung Woo mengasingkan diri, dan sudah beberapa kali mengajukan pembatalan pernikahan tetapi tak pernah di setujui. Ceritanya di masa itu menantu kerajaan di larang bekerja di pemerintahan, ditambah duda dari tuan putri dilarang juga untuk menikah lagi. Akhirnya Shim Jung Woo jadi seorang kesepian sehingga membentuknya menjadi pribadi pemarah. Sampai di suatu masa terjadi perdebatan tentang pernikahan putra mahkota dan larangan pernikahan yang tidak harus ada di tahun tersebut sampai kemudian Raja memberikan misi kepada Shim Jung Woo untuk menemukan pasangan bagi perempuan yang telat menikah. Sebagai imbalannya, maka akan diberikan posisi untuknya di pemerintahan.

Shim Jung Woo melakukan observasi, sampai kemudian diketahui ada 3 wanita putri dari Maeng Sang Chun di Lembah Gunung Nam. Kabarnya mereka cukup sulit menikah karena memang tidak berminat selain itu karakter ketiganya begitu 'ajaib'. Oleh karenanya untuk menjalankan misinya, Shim Jung Woo meminta bantuan dari Yeo Joo Daek, yang dikenal sebagai mak comblang terbaik di Hanyang.

Sebagai janda menantu dari keluarga bangsawan, Jung Soon Deok (Cho Yi Hyun) terikat pada pekerjaan rumah tangga, namun ia memiliki impian mempersatukan pasangan yang berjodoh, itu sebabnya ia tetap gigih mewujudkan mimpinya menjadi seorang mak comblang dengan nama samaran Yeo Joo Daek.

Kerjasama yang terjalin antara Shim Jung Woo dan Jung Soon Deok menciptakan jalan cerita yang berliku, kebersamaan yang sering terjalin lambat laun menumbuhkan percik rasa antara janda dan duda muda ini. Tetapi mereka tetap mengutamakan misi utamanya yakni membuat tiga perawan tua Maeng mendapat ijin menikah dari ibu yang tunanetra serta mempersatukannya dengan pasangan yang tepat.

Sumber gambar : IG @kbsdrama
“Pernikahan diniatkan sekali seumur hidup. Itu sebabnya, mereka harus dipasangkan dengan seseorang yang ditakdirkan.” [Jung Soon Deok]
The Matchmakers tayang di KBS dengan  jumlah 16 episode. Di awal penayangannya drama ini berhasil mendapat ulasan positif dari para penonton dan menduduki peringkat rating yang cukup bagus. Meski sempat di ragukan aktingnya, Rowoon berhasil menampilkan karakter cukup baik dengan lawan mainnya.

9 komentar:

Fenni Bungsu mengatakan...

Yang Saeguk kedua itu jamannya Silla ya padahal, cuma bajunya beda ya dengan drakor Queen Seon Deok.

Menarik sih buat disimak, walau rata² genrenya ke arah romance ya

Bambang Irwanto mengatakan...

Saya baru kalau drakor bersetting lampau atau kerajaan namanya saeguk, Mbak. Tapi semua menarik nih, jalan ceritanya. Yang pasti saya suka quotes-quotesnya.

Windi astuti mengatakan...

Sudah nonton Saeguk sampai 16 episode kak ? keren ya.
Ngebahas soal cinta dan ada makcomblang bikin seru mengikutinya. Aku jadi ambil hikmah, dari sisi perempuan, harus matang dalam mengambil keputusan untuk menikah. Apalagi, sekali buat seumur hidup. Minimal, dari menjemput jodoh dengan cara yang benar. Biar ke depannya lebih mudah

Nanik nara mengatakan...

Semoga masa bedrestnya segera berakhir ya mbak, jadi nggak perlu membatasi aktivitas di luar lagi.
Menemani masa bedrest dengan nonton drama bertema Saeguk, ternyata mengasyikkan juga ya

Maria G Soemitro mengatakan...

wah jadi inget "pekerjaan rumah" ku untuk menonton 3 drama sageuk ini, hehehe

dari ke-3nya, saya baru sempet nonton The Matchmakers itu pun baru beberapa episode
My Dearest belum saya tonton karena jujur pemainnya kok Namkoong Min tapi kok ratingnya bagus

hahaha jenis galau pecinta drama Korea

dessy achieriny mengatakan...

Ya ampun dari sekian disebutin aku belum tonton semua ahaha. Aku seneng nonton drakor tapi yg kekinian bukan area Joseon.

DokterTaura mengatakan...

Saya baru tahu lho... kalau drakor bersetting kerajaab zaman lampau itu namanya Saeguk. Sudah lama banget nih gak nonton Saeguk... Dari ketiga saeguk di atas, saya paling penasaran sama "The Matchmakers". Selain ada Rowoon (idola emak-emak) juga karena genrenya yang comedy romantic.... Cocok buat bersantai bareng keluarga...
BTW, semoga bedrest nya bikin tambah produktif ya.... Ditunggu artikel2 berikutnya...

lendyagassi mengatakan...

Belum nonton The Matchmakers.
Tungguin akuu ka... hehehe~
Rasanya bahagia karena sageuk ini memberikan banyak pelajaran dan nilai-nilai luhur budaya. Aku juga seneng genre ini. Kabarnya, Goryeo-Khitan War juga baguuss, ka.. Tapi aku beloman sampe sini juga sii.. hihihi..

Selamat menonton dengan bahagia.

Enny Mamito mengatakan...

My Dearest ini sudah ada di list tontonanku tapi belum sempet nonton hiks. Padahal penasaran banget baca beberapa review teman-teman blogger. Aku memang suka drakor yang romance gitu. Disegerakan nonton deh hehehe