Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 21 September 2023

Tips Pemilihan CCTV yang Tepat di Area Hotel Kapsul

Era digitalisasi di segala bidang membuat tata kehidupan menjadi lebih modern dan serba praktis. Salah satunya yakni adanya digitalisasi dalam bidang keamanan dengan hadirnya kamera pengawas atau CCTV. Fungsi CCTV sangatlah signifikan untuk meningkatkan keamanan tempat usaha maupun aset pribadi. 

sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/apartemen-gaya-modern-minimalis-15867404/

Salah satu tempat yang perlu mendapatkan pengawasan ekstra, yakni hotel kapsul. Pasalnya, hotel kapsul saat ini menjadi tempat populer untuk akomodasi para wisatawan. Sehingga, diperlukan keberadaan CCTV untuk merekam seluruh kejadian yang melibatkan banyak orang dan kepentingan. Tentu, hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan dan keamanan kepada setiap pengunjung.

Saat ini hadir beragam merk CCTV di tengah-tengah masyarakat seiring dengan banyaknya permintaan akan CCTV. Oleh karenanya untuk memilih paket CCTV terbaik yang memberikan kinerja maksimum bagi usaha yang tengah di jalani. 

5 Tips Memilih CCTV yang Tepat untuk Area Hotel Kapsul

CCTV sudah menjadi bagian wajib untuk meningkatkan keamanan area-area penting, termasuk hotel kapsul. Tentu, untuk menghasilkan kinerja maksimal tentunya perlu memilih paket CCTV terbaik. 

Tidak dapat dipungkiri apabila menggunakan merk terpercaya tentu akan berpengaruh pada rekaman yang dihasilkan. Berikut ini beberapa tips memilih CCTV yang tepat untuk area hotel kapsul  yang wajib diperhatikan. 

1. Pertimbangkan Lokasi Penempatan CCTV

sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/pengawasan-kamera-keamanan-cctv-pemantauan-7364948/

Pemilihan lokasi pemasangan kamera CCTV memiliki dampak besar terhadap efektivitas pengawasan. Identifikasi area-area strategis yang membutuhkan pemantauan ekstra, seperti pintu masuk, lobby atau area umum. Pastikan kamera ditempatkan pada sudut yang optimal untuk mencakup area yang luas dan mengurangi blind spot.

Tak kalah penting juga, harus selalu perhatikan area mana saja yang tidak boleh dipasangi CCTV untuk menjaga privasi seseorang. Pastikan area-area yang dipasangi CCTV memiliki sinyal yang stabil agar dapat mengirimkan data rekaman secara real time.

Dalam memilih CCTV, tentu harus mengetahui dimana peletakannya apakah di luar atau di dalam ruangan. Pasalnya, setiap CCTV indoor maupun outdoor melebihi kelebihan masing-masing. CCTV outdoor akan bekerja maksimal meskipun tidak ada pencahayaan sekalipun berkat fitur infrared. 

Sedangkan, CCTV indoor cenderung memiliki jangkauan yang lebih luas. Setelah itu, pastikan  memilih paket CCTV terbaik dari merk terpercaya agar CCTV dapat bekerja secara optimal dalam melindungi area yang diinginkan. 

2. Resolusi Gambar yang Diinginkan

Setelah menentukan letak kamera CCTV, perlu juga mempertimbangkan resolusi gambar yang diinginkan. Hal ini dikarenakan tingkat resolusi CCTV mempengaruhi kualitas data rekaman yang dihasilkan. 

Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan menggunakan CCTV. Jika menginginkan resolusi tinggi, gambar yang jernih dan detail maka pilihlah kamera CCTV HD. Sedangkan untuk mendapatkan gambar bagus bisa menggunakan CCTV Full HD atau diatasnya.

Untuk hotel kapsul yang menjadi tempat interaksi banyak orang, maka sebaiknya pilihlah kamera CCTV jenis HD. Pasalnya, dengan CCTV jenis ini dapat diketahui beragam kegiatan dengan jelas sehingga dapat meminimalisir bahkan mencegah kejahatan serta memberikan jaminan perlindungan yang baik.

3. Pertimbangkan Penyimpanan Data CCTV

Kapasitas penyimpanan data merupakan salah satu hal yang urgent untuk dipertimbangkan. Tentunya, semakin besar penyimpanan data CCTV akan semakin besar juga ruang untuk menyimpan data. Saat ini juga hadir jenis CCTV dengan beragam penyimpanan mulai dari 16GB hingga 1TB.

Selain itu, juga ada CCTV yang menggunakan sistem penyimpanan luar dengan hard drive. Sehingga, user perlu mengetahui sumber penyimpanan data CCTV yang akan digunakan. Penting untuk diingat jika menggunakan CCTV dengan resolusi tinggi, maka akan semakin besar pula penyimpanan yang dibutuhkan.

 4. Perawatan dan Pemeliharaan

CCTV yang efektif memerlukan pemeliharaan secara rutin. Pastikan memilih produk yang tahan lama dan mudah dirawat. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kamera dan perangkat pendukungnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

5. Pastikan Memiliki Fitur Night Vision

Tips selanjutnya dalam memilih kamera CCTV, yakni memastikan CCTV tersebut memiliki fitur night vision. Fitur ini akan membantu untuk melakukan perekaman di area dengan minim cahaya. Untuk hotel kapsul, maka bisa ditempatkan di area yang pada malam hari tidak mendapat pencahayaan maksimal, seperti area parkir, lorong-lorong, ataupun area outdoor.

Paket CCTV terbaik umumnya menawarkan teknologi IR CUT atau 850nm Infrared Nighttime yang mampu melakukan perekaman hingga jarak 7 meter dengan kondisi minim cahaya. Dengan begitu, area hotel kapsul akan tetap terawasi selama 24 jam dengan fitur ini. Fungsi CCTV tetap akan berjalan maksimal meskipun malam hari sekalipun.

Pilih Paket CCTV Terbaik Cocok untuk Area Hotel Kapsul

Kamera CCTV sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib di era modern saat ini. Untuk memberikan perlindungan optimum area hotel kapsul, maka perlu memilih paket CCTV terbaik. 

Salah satu merk CCTV terbaik yang bisa di andalkan yakni Hikvision ColorVu. Dibandingkan dengan merk lain, Hikvision ColorVu lebih unggul karena memiliki teknologi unggulan yang disebut “ColorVu” yang memungkinkan kamera CCTV merekam dengan warna terang, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah atau malam hari. 

Dengan keunggulan yang sudah disebutkan di atas, tentu bisa mengandalkan CCTV Hikvision ini untuk memberikan perlindungan dan jaminan keamanan pada setiap pengunjung hotel kapsul. Semua gambar akan terekam dengan warna terang, jelas dan detail sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui beragam kejadian atau hal-hal yang mencurigakan di area hotel kapsul. 

Bagaimana, apakah tertarik untuk menggunakan Hikvision ColorVu untuk perlindungan keamanan ? Simak penjelasan detailnya mengenai Hikvision ColorVu di https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/colorvu-products . Dengan pemasangan CCTV unit usaha seperti hotel kapsul misalnya bisa dengan mudah di lakukan pengawasan serta identifikasi kejadian pada area yang terpasang CCTV sekalipun sedang berada di area berbeda.

9 komentar:

fanny_dcatqueen mengatakan...

Naah cctv Skr mah udh canggih yaaa. Sampe ada might vision ya dan bisa rekam suara juga.

Dulu zaman masih kerja aku hrs cek CCTV kantor yg mana ada banyaaak monitor setiap pagi mba, dan hrs cek semuanya nyala, dan menyimpan data sampai minimal 90 hari ke belakang.

Cuma terkadang ada branch yg cctvnya jadul jadi gambar ga terlalu jelas hahahah. Branch yg baru biasanya CCTV lebih HD , tapi semuanya ga ada yg pake suara. Padahal kan penting juga kalo bisa rekam suara ya 😁

Anisa mengatakan...

Memang menggunakan CCTV ini banyak manfaat dan kemudahannya ya, Kak

Dina mengatakan...

Bermanfaat banget nih, Kak tips yang sudah di share di atas. Terima kasih

Indra mengatakan...

Sekarang memang banyak tempat yang menggunakan kamera cctv, terlebih lagi tempat rawan kejahatan

Lina mengatakan...

Dengan adanya kamera CCTV ini tentunya bisa lebih memudahkan ya, Kak

Sasa mengatakan...

Wah buat yang hendak memasang cctv tapi masih bingung bisa menggunakan merk cctv yang ada di atas ya

Tukang jalan jajan mengatakan...

Dengan merek yang tepat, CCTV bisa bertahan lama ya kak, kudu dipilih yang tahan banting dan memang sudah diakui kemampuannya dan memastikan gambar yang diambil juga bisa bagus dan keamanan juga terjaga

Fenni Bungsu mengatakan...

Kalau punya penginapan apalagi ini hotel kapsul memang sebaiknya ada CCTV, misal di bagian luar pintu dengan begitu membuat pelanggan lebih merasa nyaman

Tika Samosir mengatakan...

Boleh juga nih CCTV dipasang dirumah orangtua. Kebetulan kami anak-anaknya jauh merantau. Eh iya tapi bisa kan jarak pantau nya dari Jakarta ke Medan?