Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 25 September 2023

5 Drama Korea Bertema Isu Standard Kecantikan

Sebagai seorang wanita pasti selalu ada keinginan untuk tampil baik, cantik dan juga menarik. Terakhir belakangan ini Standard kencantikan kerap menjadi alasan seseorang insecure dengan dirinya sendiri.


Salah satu negara yang sarat akan nuansa standard kecantikan yakni Korea Selatan bahkan skincare dan operasi plastik menjadi hal yang begitu dikenal secara global. Isu ini menjadi inspirasi beberapa produksi film atau drama di negeri gingseng tersebut. 

Selain menampilkan romansa percintaan yang kerap bikin baper, tidak jarang drama korea bergenre komedi romantis mengangkat isu-isu yang tengah ramai diperbincangkan, salah satunya adalah beauty privilege. Yakni istilah yang menggambarkan kemudahan seseorang dalam menjalani hidup jika memiliki paras menawan. 

Dan berikut adalah 5 drama Korea yang mengangkat tema isu standard kecantikan, yang pernah Aku saksikan.

Gangnam Beauty (2018)

Diadaptasi dari webtoon, menceritakan tentang Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) merupakan gadis pemalu dan memiliki paras yang kurang menawan. Akibatnya, ia sering mendapatkan perundungan karena tak sesuai dengan standard kecantikan.

Saat lulus dari sekolah menengah, Kang Mi Rae memasuki perguruan tinggi dan Ia memutuskan untuk melakukan operasi plastik, mulai dari lipatan mata, hidung, hingga rahang. Dengan dukungan sang ibu, akhirnya Kang Mi Rae berhasil melakukan operasi plastik di seluruh wajahnya dengan harapan hidupnya akan berubah saat kuliah, Ia pun tampak lebih mempesona.

Tetapi dengan wajah barunya tersebut, Kang Mi Rae justru tetap merasa tidak percaya diri dan takut wajah lamanya ketahuan oleh orang lain. DItambah Ia mulai merasakan tekanan dari teman-temannya yang mengetahui bahwa kecantikannya karena operasi plastik.

Namun di sisi lain Ia merasa beruntung bisa berteman dengan Hyun Soo Ah (Jo Woo Ri) di kampus. Berbeda dengan Mi Rae, Soo Ah sudah terlahir dengan cantik dan di puja banyak lelaki karena kecantikannya dan terlihat lembut juga baik hati.

Tapi tak ada yang menduga bahwa semua dibalik itu hanyalah 'topeng' belaka, Soo Ah menyimpan maksud tertentu pada Kang Mi Rae. Ia merasa tidak ingin kalah dengan wanita yang melakukan operasi plastik.

Bahkan Soo Ah merasa cemburu, ketika Do Kyung Seok (Cha Eun Woo) lelaki pendiam dan tampan di Kampus begitu dekat dan perhatian kepada Kang Mi Rae. Tak banyak yang tahu bahwa Do Kyung Seok adalah teman sekolah menengah Kang Mi Rae. 

Sebenarnya sejak dahulu lelaki tampan itu sudah diam-diam memperhatikan Kang Mi Rae sedangkan sebaliknya Mi Rae justru takut terlalu dekat dengan Kyung Seok karena rahasia operasi plastiknya akan terbongkar dan diketahui lebih luas oleh penghuni kampus. Itu sebab di awal-awal perjumpaan kembali, Kang Mi Rae selalu menghindarinya.

Sumber Gambar : IMDb

The Birth Of Beauty (2014)

Drama Korea ini menceritakan tentang seorang perempuan cantik dan gemuk bernama Sa Geum Ra (Ha Jae-sook) yang tidak mendapatkan kenyamanan selama pernikahan bersama suaminya. Pasalnya karena tubuhnya yang gemuk ia seringkali malah dimanfaatkan oleh orang seisi rumah, termasuk oleh mertuanya sendiri

Sa Geum Ra menikah dengan pria dari keluarga kaya raya, suaminya yakni Lee Kang-joo (Joong Gyu-woon) berselingkuh dengan pembawa acara terkenal, Gyo Chae-yeon (Wang Ji-hye). Mengetahui suaminya berselingkuh, Geum ra sangat putus asa dan berusaha pergi, namun saat dalam perjalanan dirinya mengalami kecelakaan mobil.

Semua orang menyangka Sa Geum-ra bunuh diri, tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya dia masih hidup, hingga dia dipertemukan oleh Han Tae-hoon (Joo Sang-wook), yakni seorang bedah plastik dari acara televisi “Change” untuk mengubah penampilannya. Bersama Han Tae, dia berencana untuk membalas dendan dengan merusak pernikahan Kang Joo dan Chae Yeon.

Geum Ra meminta agar wajah dan postur tubuh diubah demi membalaskan dendam pada suaminya. Setelah proses operasi plastik dilakukan, Sa Geum Ra yang berganti nama menjadi Sara tampil dengan penampilan terbaru sebagaiman standar kecantikan di mata publik bahkan tak jarang orang-orang seperti terpikat olehnya. Balas dendam pun mulai direncanakan oleh Sara. Ia merancang bagaimana caranya  merusak acara pernikahan suaminya dengan wanita lain.

Sumber Gambar : VIKI

True beauty (2021)

Serial televisi yang juga diadaptasi dari webtoon dengan nama yang sama. Karya Yaongyi ini bercerita tentang seorang siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah memperluas kemampuannya dalam tata rias yang dia pelajari lewat YouTube.

Perubahan pada wajahnya membuat kehidupannya juga ikut berubah. Dirinya bahkan memilih untuk mati daripada harus menunjukan wajahnya tanpa makeup. Serial drama ini juga dibintangi oleh idol tampan  Cha Eun-woo (Astro) dan berperan menjadi Lee Su-ho. 

Di sekolah sebelumnya Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) sering menerima perundungan dari teman-temannya, hal itu semakin membuatnya tidak percaya diri akan penampilannya. Sampai suatu ketika, keluarganya memutuskan pindah tempat tinggal begitupun sekolah Ju Kyung. Hal ini ia pergunakan untuk tampil berbeda, dengan polesan make up yang sempurna Ju Kyung menjadi sosok baru yang lebih menawan. Ju Kyung memutuskan untuk mulai belajar mengaplikasikan makeup dengan menonton video tutorial di Youtube. Meski awalnya sempat gagal karena terlalu berlebihan, akhirnya Ju Kyung berhasil menutupi kekurangannya tersebut.

Drama bergenre romantic comedy ini memiliki alur cerita ringan dan menyenangkan untuk disaksikan. Kisah cinta segitiga yang mewarnai antara Ju Kyung, Lee Su Ho (Cha Eun Woo) si murid tampan, cerdas, dan populer serta Han Seo-hun (Hwang In-yeob) murid tampan tapi dengan watak pemberontak.

Di balik penampilannya yang sempurna, Lee Su Ho sebenarnya menyimpan luka emosional di masa lalu dan itu pun saling terkait dengan Han Seo-hun yang sebenarnya dahulu mereka adalah sahabat karib. 

Uniknya sebelum mengetahui penampilan asli Ju Kyung, Suho sering berjumpa dengan gadis ceria itu dengan wajah polos tanpa make up nya yang justru dari situlah perasaan jatuh hatinya bermula.

Sumber Gambar : Jawapos

Oh my Venus (2015)

Menceritakan Kang Joo Eun (Shin Min Ah) yang dulunya merupakan gadis cantik dan langsing, namun seiring berjalannya waktu bentuk tubuhnya berubah menjadi lebih berisi dan terkesan tidak sehat. Karena penampilannya tak lagi menarik, membuat Joo Eun dicampakkan kekasihnya, Im Woo Shik yang berpaling ke wanita lain bahkan setelah hubungan itu terjalin 15 tahun. 

Hal itulah yang menjadi alasan Joo Eun bertekad untuk mengembalikan kecantikan yang dulu pernah dimilikinya. Ia pun mulai mengubah pola hidupnya dengan menjalankan diet ketat serta olahraga teratur dan dibantu oleh personal trainer pribadi, Kim Young Ho atau John Kim (So Ji Sub). Joo Eun hanya diperbolahkan mengonsumsi makanan sehat yang dipilih oleh pelatihnya dan berolahraga hampir setiap hari

John Kim yang mulanya bersikap dingin dan cuek, lambat laun memberi perhatian pada Joo Eun. Dari pertemuannya yang intens keduanya menaruh perasaan satu sama lain meski sulit untuk mengakui. Mereka juga menyadari kehadiran masing-masing dapat saling melengkapi dan mengisi kekosongan yang selama ini tidak pernah dirasakan.
Sumber Gambar : AsianWiki

The Miracle/ My Secret Diary (2016)

Sebuah web drama mengusung genre Fantasi dan Romance. Mengisahkan tentang saudara kembar, yang satu yakni Shi Yeon (Hong Yoon Hwa) memiliki bobot tubuh berisi, minder, korban bully, tapi hatinya baik. Dan satunya lagi Kwon Shi Ah (Kim Na Hyun) parasnya begitu cantik, langsing, jadi member girlband, karirnya bahkan paling gemilang di antara semua member, baik di depan kamera, namun bisa dibilang buruk hatinya.

Sebenarnya Shi Yeon lebih suka berdiam diri di rumah, hanya sesekali keluar itupun untuk mengunjungi pembaca kartu tarot misterius yang memberikannya kartu tarot ajaib setiap hari sampai suatu ketika, terjadi sesuatu yang membuat hidup kedua saudara kembar ini terbalik. Saat terbangun di pagi hari, keduanya sadar bahwa jiwa mereka telah tertukar. 

Awal nya menjadi canggung, terutama bagi Shi Ah dimana semua kesempurnaan yang dimiliki selama ini jadi berantakan. Namun lambat laun hal itu menjadi pembelajaran bagi kedua saudara tersebut bahwa tidak mudah menjalani kehidupan orang lain, betapapun kekurangan yang ada, menjadi diri sendiri itu tetap lebih baik. Kehidupan orang ada kalanya terlihat sempurna, namun belum tentu se-sempurna yang terlihat. Begitu pun sebaliknya.

Sumber Gambar : VIKI

Di masa sekarang begitu banyak hal menjadikan standard kecantikan seolah sebagai tolak ukur sehingga tidak mengherankan jika banyak  wanita akan insecure terhadap dirinya sendiri ketika melihat wanita lain lebih cantik dan menarik ketimbang dirinya.

Pernah mendengar sebuah ungkapan bahwa sejatinya manusia mempunyai daya tarik berbeda-beda, semakin di kejar standard kecantikan dari sudut pandang orang lain, maka yang ada malah akan semakin membenci diri sendiri. Karena tidak akan pernah cukup untuk memenuhi ekspetasi itu. 

Dari beberapa list drama ini menjadi sebuah reminder, Kamu masih tetap terlihat cantik di mata orang yang tepat dan mencintai mu dengan tulus. Dari tayangan yang disaksikan nyatanya selain untuk refresh dan hiburan bisa juga mengambil banyak nilai positif untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri.

6 komentar:

fanny_dcatqueen mengatakan...

Yg aku belum nonton cuma the birth of beauty Ama the miracle mba.

Ntr aku masukin list kayaknya menarik.

Beberapa kali nonton Drakor tema std kecantikan suka gemeeeees dan emosi 😂😂. Apalagj kalo yg jadi korban dibully abis2an. Sebel banget yaa 🤣

Ada lagi mba yg menarik 200 pounds beauty. Itu juga seruuu. Ttg cewe gemuk tapi jago nyanyi, suaranya bagus banget. Tapi selama ini dimanfaatin jadi suara di balik layar aja Krn wajah dan tubuh ga menjual 😅. Pada akhirnya dia mau berubah jadi cantik supaya ga diremehin lagi. Lagu2 dalam filmnya baguuus. Aku malah suka denger nyanyiannya

Anisa mengatakan...

Wah dari beberapa drakor di atas, saya sudah pernah nonton 2 nih hihi

Dina mengatakan...

Jadi inget Jukyung nih yang itu pemainnya True Beauty hihi. Cantik

Indra mengatakan...

Banyak banget nih ya ternyata drakor yang bertemakan kecantikan seperti itu

Lina mengatakan...

Saya jadi ingin nonton yang Gangnam Beauty nih, sepertinya menarik untuk ditonton

Sasa mengatakan...

Wah bisa dijadikan referensi nih ketika hendak nonton drakor tema kecantikan