Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 09 Desember 2022

Peluang Hamil Untuk Wanita Dengan PCOS

Memiliki buah hati adalah impian bagi pasangan yang sudah menikah, namun bagi beberapa pasangan, memiliki anak adalah hal yang sulit meskipun sudah segala macam saran dan pengobatan dilakukan agar bisa memiliki anak namun tak kunjung hadir. Hal ini kerap kali semakin membuat pasangan pejuang dua garis biru merasa sedih. Belum lagi, ditambah dengan ucapan dari orang lain yang semakin membuat merasa tertekan.

Apa itu PCOS ?

Ada beragam faktor yang terjadi bagi pejuang dua garis biru ini misalnya saja memiliki sindrom ovarium polikistik atau disebut Polycystic Ovary syndrome (PCOS) yakni gangguan kesuburan pada wanita akibat ketidak seimbangan hormonal yang terjadi pada indung telur atau ovarium. Gangguan ini bisa terjadi pada usia subur atau reproduktif.

Dalam keterangan dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG (K)FER yang merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS), mengungkapkan bahwa gejala umum PCOS biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Umumnya wanita dengan PCOS, dalam indung telurnya terdapat banyak kista kecil (polikistik). Penyebab muncul PCOS karena hormon yang tidak seimbang ataupun resistensi insulin (ketika sel-sel di otot, lemak dan hati tidak merespon dengan baik terhadap insulin).

Itulah sebabnya sebagian besar wanita dengan PCOS memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas yang akibatnya selain mengganggu kesuburan juga dapat menimbulkan penyakit serius lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolestrol tinggi, serta depresi dan kecemesan.

Peluang Hamil Untuk Wanita Dengan PCOS

Wanita dengan PCOS masih berpeluang untuk hamil. Yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beberapa metode pengobatan itulah sebabnya sangat disarankan agar selalu rutin melakukan pemeriksaan kandungan.

Pada umumnya, dokter akan menyarankan untuk berkonsultasi apabila mempunyai masalah kesuburan apalagi, jika sudah melakukan program hamil dan belum ada perubahan dalam jangka waktu satu tahun. Begitu pula bagi wanita yang berusia di atas 35 tahun, tetapi belum hamil setelah rutin melakukan hubungan suami istri, dokter akan membantu memastikan kondisi kesehatan, termasuk kemungkinan mengalami PCOS.

Diagnosis PCOS dilakukan dengan mencari tahu riwayat medis kesehatan, riwayat menstruasi, hingga perubahan berat badan yang dialami. Pemeriksaan fisik juga akan dilakukan dan fokus untuk memastikan gejala PCOS yang dialami, seperti munculnya jerawat, hirsutisme, dan resistensi insulin.

Selain itu, dokter juga melakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah untuk mengukur kadar hormon, gula darah, dan untuk membantu dokter dalam menegakkan diagnosis PCOS adalah ketika adanya penebalan dinding rahim, ataupun tampilan ovarium yang tidak normal.

Wanita dengan kondisi PCOS membutuhkan kombinasi perawatan program hamil. Diantaranya dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Hentikan juga segala kegiatan yang kurang baik seperti hentikan merokok, stop penggunaan obat-obatan terlarang, dan alkohol.

Metode lainnya adalah dengan :

- Senggama masa subur 

Melakukan hubungan suami istri di sekitar masa subur adalah masa di mana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur, bisa diketahui dari perkiraan berapa rata-rata siklus haid dari 3-6 siklus haid terakhir. Masa subur umumnya terjadi 16 hari setelah haid pertama atau rentang 14 hari sebelum haid berikutnya.

Para ahli menyarankan agar pasangan suami istri tidak berhubungan intim lebih dari sekali sehari. Lakukan secara teratur tanpa menggunakan pengaman. Dan pastikan frekuensi berhubungan intim tepat, tidak terlalu sering juga tidak terlalu jarang. Sebab jika berhubungan intim terlalu sering pun dapat menurunkan jumlah sperma yang sehat.

- insemnia intra utarine (iiu)

Adalah teknik untuk membantu proses reproduksi dengan cara memasukkan sperma yang telah disiapkan ke dalam rahim menggunakan kateter. Proses inseminasi buatan biasanya dilakukan pada masa subur atau ovulasi.

Dokter akan memasukkan kateter yang sangat kecil, ramping, dan juga fleksibel ke dalam rahim melalui vagina dan leher rahim. Jika alat tersebut telah sampai di dalam rahim, dokter akan melepaskan sel sperma dengan harapan sel tersebut berhasil membuahi sel telur.

Setelah menjalani program inseminasi buatan, akan dibutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk menunggu hasilnya. Sebaiknya, tidak melakukan tes kehamilan sebelum proses inseminasi selesai untuk menghindari hasil yang tidak sesuai. Biasanya dokter akan meminta pasien untuk kembali menemuinya sekitar dua minggu untuk melakukan tes darah, yaitu tes yang lebih sensitif dalam mendeteksi hormon kehamilan setelah pembuahan dan melakukan test USG.

- ivf (bayi tabung)

Adalah prosedur untuk mengatasi bermacam masalah kesuburan, di mana sel telur dan sperma disatukan di luar tubuh, yakin di laboratorium khusus. Sebelum proses bayi tabung dilakukan, Dokter akan meninjau riwayat kesehatan termasuk pemeriksaan dan pengobatan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Selama proses ini, dokter akan memberikan obat untuk merangsang indung telur agar banyak telur yang tumbuh dan matang dan nantinya akan diangkat melalui pembedahan lalu digabungkan dengan sperma agar dapat dibuahi di dalam tabung khusus.

Setelah embrio tumbuh, nantinya akan ditempatkan kembali ke rahim dengan harapan dapat tertanam dengan baik dan berkembang menjadi janin. Yang mesti harus diperhatikan adalah metode untuk mendapatkan kehamilan melalui bayi tabung tidak selalu berhasil dan dapat memengaruhi seseorang secara fisik dan emosional.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tingkat keberhasilan kehamilan dari bayi tabung. Contohnya seperti usia, kesehatan secara pribadi, dan pendekatan serta kemampuan klinik selama proses dilakukan. 


Pada acara talkshow yang berlangsung di Mayapada Hospital Jakarta Selatan juga hadir Ibu Grace Tahir, direktur Mayapada Hospital dan co-founder Everest media yang sharing pengalaman ketika berjuang untuk memiliki buah hati lagi. Bukan perkara mudah lantaran Ibu Grace di diagnosa memiliki masalah PCOS dan kelebihan berat badan. 

Beragam metode pun dilakukan mulai dari modifikasi gaya hidup melalui aktivitas sehari-hari disertai konsultasi rutin dengan dokter kandungan. Menghindari makanan dengan lemak jenuh tinggi, glukosa atau gulanya tinggi, dan junk food serta memperbanyak asupan protein, mikronutrien, sayuran dan buah-buahan.

Setelah berhasil menurunkan bobot berat badan, tanda kehamilan belum juga datang sampai kemudian beliau pun melakukan insemnia. Hampir di ujung keputus asaan sampai mengalami mental health, Ibu Grace berpasrah dan karunia itu pun hadir. Kehamilan anak kedua yang telah dinanti.

Berkonsultasi Dahulu Ke Ahlinya Perihal Kehamilan

Jika menyangkut perihal kehamilan, seringkali pasangan dan keluarga melimpahkannya pada pihak istri atau perempuan saja. Padahal, masalah kesuburan juga seringkali disebabkan oleh pihak pria. 

Jadi, ada baiknya bagi pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan sebelum lebih jauh merencanakan jenis program hamil yang akan dijalani, segera menemui dokter serta berkonsultasi. Nanti setelahnya akan di analisa penyebab susah hamil. Sebab sulit hamil bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Melakukan segala upaya agar mendapat keturunan hendaklah dilakukan secara bersama, jangan hanya satu pihak saja. Terkadang wanita berusaha menjalani segala pengobatan dan terapi tapi pria tidak mendukung. Lakukan bersama, saling memberi motivasi dan dukungan begitu pula segenap keluarga, sahabat dan lingkungan seharusnya memberi motivasi dan support secara mental.

Berkonsultasi pada ahlinya memang merupakan solusi dari suatu masalah, termasuk dalam permasalahan kehamilan. Ada banyak pilihan fasilitas kesehatan yang menyediakan berbagai layanan kebidanan dan kandungan. Salah satunya Mayapada Hospital yang memiliki kualitas sebagai rumah sakit terbaik di Indonesia. Dilengkapi dengan tenaga medis serta peralatan medis profesional agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan.

Mayapada Hospital memiliki fasilitas Obstetrics & Gynecology Center yang menyediakan layanan kebidanan dan kandungan bagi wanita dari segala usia. Perawatan kebidanan tersebut meliputi pelayanan untuk seluruh gangguan pada sistem reproduksi wanita sampai gangguan kehamilan beresiko tinggi.

14 komentar:

Boghaisan mengatakan...

Jadi tahu tentang PCOS dan ternyata pasien pcos masih bisa hamil ya, semoga pasangan yang belum dikaruniai keturunan semakin dipermudah ya, kuncinya ga boleh takut dan malas ke dokter buat check up

Mpo Ratne mengatakan...

Mempunyai anak merupakan idaman setiap keluarga.kalau kena pcos ya sudah ikhtiar nke dokter, pola hidup sehat dan berserah diri

Fika mama faqih mengatakan...

Ini tuh problem aku kemarin Siti. Makanya bisa dapat faqih tuh dalam waktu yg lama. Menikah 10 tahun baru 2 x hamil. Yg pertama 2017 tapi keguguran. Yg kedua faqih Alhamdulillah berhasil di 2020

April Hamsa | Mom Blogger mengatakan...

ADa ibu2 yang gampang hamil, ada pula yang perlu ikhtiar dulu. Tapi emang yang namanya anak rzeki dikasinya Allah yaa. InsyaAllah sekarang rumah sakit utk promil udah pada canggih2 ya kyk Mayapada ini misalnya. Semoga yang belum memiliki anak segera diberi ma Allah aamiin.

lendyagassi mengatakan...

Alhamdulillah,
Dengan bantuan ilmu pengetahuan, kehamilan dengan hambatan bisa dimudahkan. Karena penantian dan kesabaran, semoga meski PCOS tetap bisa hamil dalam kondisi sehat.

Ega Tiara mengatakan...

Aku pernah ketemu dengan orang penderita PCOS yang udah 7 tahun belum punya momongan. Kasian banget ya sampe berobat keluar negeri dianya padahal..

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Wanita dengan PCOS tetep ada harapan untuk hamil asal penanganan tepat oleh dokter dan rumah sakit yang tepat. Tinggal menyiapkan mood dan semangat untuk ngadepin omongan kiri kanan demi berjuang dua garis ya

Yayu Arundina mengatakan...

Hmmm banyak juga lika liku kehamilan ini ya. Jadi ingat temen yang sempat dikatakan susah hamil, tp alhamdulillah sekarang bisa punya anak dengan usaha maksimal. Sepertinya selain konsultasi ke dokter perlu juga membina mental baja,
optimis, pasrah

Yanti Alif mengatakan...

Penderita PCOS masih ada ksempatan untuk hamil dengan perawatan dari dokter dan melakukan terapi secara rutin serta menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Semoga para pejuang garis dua yang membaca artikel ini jadi tetap semangat dalam menjalankan ikhtiarnya untuk mendapatkan keturunan. Apa yang dilakukan Bu Grace bisa jadi kisah nyata yang dapat diteladani, sekaligus juga tetap menjalani rangkaian konsultasi dan treatment yang bisa membantu terwujudnya memiliki keturunan meskipun punya kondisi PCOS begini.

Catatan Langkah Pemenang mengatakan...

Informasi yang sangat berarti bagi para pejuang garis dua. Pasangan yang menikah mayoritas tentunya menginginkan hadirnya buah hati. Dengan informasi kemungkinan ada kesempatan hamil untuk PCOS melalui beberapa metode, pastinya akan sangat membantu para pasangan suami istri.

Fenni Bungsu mengatakan...

Optimis itu harus dengan semangat yang pastinya harus didukung ya bukan dinyinyirin ya, karena masih ada harapan buat pejuang garis dua untuk meraihnya

Riri mengatakan...

Yang penting yakin untuk menjalaninya yah, buat pejuang garis biru jg perlu banyak info yg mengedukasi nih, dengan berkonsultasi ke dokter semoga keinginan dapat buah hati segera tercapai.

Stafana Charis mengatakan...

Aku baru tahu loh, sebuah perjuangan seorang ibu dengan PCOS