Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 29 Desember 2022

Semangat Kebaikan Humanesia "Ini Tentang Kita"

Beberapa tahun ini menjadi masa yang berat bagi kita semua. Begitu banyak informasi yang memberitakan perihal bencana alam di negeri Indonesia yang tentunya menimbulkan banyak korban. Pastinya memerlukan partisipasi bersama dalam penanggulangannya, ini tentang kita yang mau perduli pada sesama tanpa membedakan ras, suku, agama, dan bahasa.

Turut terlibat meringankan beban sesama. Bisa dimulai dengan langkah sederhana, dengan menebar kebaikan dan dilakukan secara  konsisten. Atau pun bisa menyisihkan sedikit rejeki yang dimiliki melalui sedekah. Bantuan sekecil apapun akan sangat berharga di mata orang yang membutuhkan bantuan.

Rasanya masih teringat akan perkataan tulus terima kasih seorang Ibu, yang dahulu Aku pernah terlibat kegiatan sosial pasca banjir melanda Jakarta. Sebenarnya bukan batuan besar, kegiatan berbagi bersama serta membantu membersihkan lingkungan itu menjadi momentum untuk belajar lebih peduli dengan sesama.

Sikap tolong menolong dalam melakukan bermacam kebaikan akan semakin membuat diri untuk lebih memahami esensi dari sebuah kepedulian. Tanamkan semangat berbagi dan sedekah untuk saling membantu kepada siapapun yang membutuhkan, Ini tentang kita untuk mau bergerak bukan terbatas pada kata-kata saja, tapi lebih ke sikap dan tindakan.

Banyak cara untuk berbagi dan ikut serta berkontribusi melakukan kebaikan. Sebagaimana yang di gaungkan filantropi Dompet Dhuafa melalui beragam programnya, salah satunya humanesia yang akhir tahun ini mengambil tema "ini tentang kita" meski berada pada ragam perbedaan tapi tetap pada satu persamaan untuk turut menguatkan dan saling membantu satu sama lain.

Lebih dari 20 tahun, Dompet Dhuafa yang merupakan lembaga filantropi dan kemanusiaan berdiri. Fokus pada gerakan dalam pemberdayaan umat dan kemanusiaan. Pemberdayaannya bergulir melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf), serta dana sosial lainnya yang terkelola secara modern dan amanah. 

Melalui Humanesia, Dompet Dhuafa mengajak untuk menghindari terjadinya batas-batas dengan melakukan perannya masing-masing, agar bisa secara merata menyalurkan bantuan secara tepat sasaran. Ini Tentang Kita bukan golongan semata, dengan saling membantu satu sama lain tentu akan memberikan efek yang sangat besar. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan, bersikaplah baik untuk tetap membantu lainnya selagi hal tersebut bernilai manfaat. 

Humanesia "Ini Tentang Kita"

Sebelumnya, pada akhir November lalu bertempat di Jakarta, Dompet Dhuafa membuka semangat Humanesia melalui acara Sound of Humanity (S.O.H.). Gelaran ini menjadi salah satu upaya dalam dedikasi Indonesia Siap Siaga untuk membantu korban bencana di Cianjur.

Untuk tahun ini Dompet Dhuafa mengangkat tema "ini tentang kita" dimana maknanya setiap orang perlu bertindak dimulai dari diri sendiri untuk memberikan manfaat. Sedangkan kata ‘Kita’ menggambarkan semua pihak dari berbagai latar belakang, status, pekerjaan, usia, baik dari perspektif lembaga, Dompet Dhuafa, Relawan, Donatur, Penerima Manfaat, Jaringan Kemitraan, dan semua orang. Harapannya, semua pihak dapat menjadi bagian dan terlibat dalam momen Humanesia 2022. melibatkan semua pihak agar semakin aktif merawat kebaikan.

Pada Humanesia 2022 ini, Dompet Dhuafa nemiliki 4 program utama yakni Indonesia Siap Siaga, Kado Anak Yatim, Perempuan Tangguh, dan Wakaf untuk Bunda. Sedangkan ajakan-ajakan camapign-nya dibingkai dalam 7 (tujuh) program, yaitu Cianjur Bangkit, Sedekah Menolak Bala, Kado Akhir Tahun, Wakaf Untuk Bunda, Kado untuk Ibu Tangguh, Zakat Akhir Tahun, dan Kado untuk Yatim.

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berdonasi uang untuk kemanusiaan, Dompet Dhuafa memberikan pilihan pembayaran berupa online payment baik melalui rekening bank dan bermacam e-wallet. Hanya tinggal mengisi pilihan donasi dan profil donatur, memasukan sejumlah nominal lalu pilih metode pembayarannya.

Menanamkan sikap berjiwa sosial dan semangat kebaikan dengan senang membantu merupakan sebuah ajaran yang universal dan sangat dianjurkan. Ini Tentang Kita, dengan sikap kepedulian sosial juga berkenaan dengan masyarakat maupun sifat-sifat kemasyarakatan yang memperhatikan kepentingan umum serta selalu ingin membantu orang lain yang membutuhkan dan dilandasi oleh rasa kesadaran. Kebahagiaan adalah ketika kamu memanfaatkan hidup untuk berbagi dan menolong sesama.

19 komentar:

Mei Daema mengatakan...

Lumayan banyak ya ternyata programnya Dompet Dhuafa ini, semoga dengan semua programnya ini semakin banyak orang yang terbantu. Dan untuk semua orang yang berkontribusi dalam prgramnya diberikan kebahagiaan dan kelancaran dalam segala hal, aamiin

Ega Tiara mengatakan...

Dompet Dhuafa emang sering banget ngasi santunan ke yang membutuhkan. Alhamdulillah masih banyak orang baik di sekitar kita.

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Dompet dhuafa emang sudah nggak bisa diragukan lagi sih untuk urusan zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) dan kegiatan sosial lainnya. Apalagi sekarang sudah lebih memudahkan kita dengan beragam metode pembayaran yang bisa kita pilih. Keren. Memanglah Ini semua tentang kita.

Rio Pratama mengatakan...

Semoga semakin banyak orang yang ikut terlibat dan berkontribusi agar memberi manfaat lebih besar kepada umat

Fenni Bungsu mengatakan...

Banyak program kemanusiaan dari DD yang menjadi inspirasi buat kita dalam berbuat kebajikan. Dengan begitu dapat saling membantu dan semangat juga berlomba² dalam kebaikan

Yanti Alif mengatakan...

Dompet Dhuafa banyak banget program kebaikan yang memberikan manfaat untuk umat yang membutuhkan agar hidup bisa lebih baik lagi

Fenni Bungsu mengatakan...

Benar mbak,
karena dengan saling membantu sesama dampaknya juga balik lagi ke kitanya ya.

Sapa Dunia mengatakan...

Hal hal baik, sangat bisa dimulai dr hal (baik) kecil dan sederhana. Dari lingkungan terdekat, dan dilakukan konsisten.

Shanty febrianti mengatakan...

Nah.. Dengan adanya humanesia membuka mata kita bahwa masih banyak orang yg perlu pertolongan kita. Jadi sama-sama kita bantu mereka selagi kita mampu

Mugniar mengatakan...

Waduh, Maaf Mbak, tadi kepencet postingan lain padahal mau komen di sini ...

Senang dengan gerakan Humanesia ini, saling bantu tanpa pandang bulu sehingga bisa memberikan manfaat yang jauh lebih besar. Eksis terus ya DD ... semoga semakin banyak manfaat yang dibagikan untuk Indonesia.

Ila Rizky mengatakan...

Keren program Dompet Dhuafanya mba banyak program yang bermanfaat buat teman2 lainnya ya. Semoga selalu lancar dan berkah buat semuanya

refika mengatakan...

Alhamdulillah layanan dompet dhuafa dari tahun Ketahun makin bagus, banyak dan profesional. Sudah byk terlihat produk pengelolaan dana zakatnya

Gita Siwi mengatakan...

Wah klo udah bicara DD itu bicara tentang bagaimana memberdayakan orang - orang dengan sekitarnya lewat programnya yg banyak banget ya

Aprillia Ekasari mengatakan...

Bagus ya program Dompet Dhuafa, Humanesia ini. Kita diingatkan utk selalu menolong sesama tanpa memandang latar belakang. Sebagai masyarakat kita juga dimudahkan kalau mau memberi bantuan bisa ikutan melalui Humanesia ini, mudah kalau mau berronasi, dan insyaAllah selalu amanah ya.

lendyagassi mengatakan...

Salah satu lembaga filantropi yang hingga kini masih sangat amanah sekali mengelola bantuan ummat. Dan program Humanesia ini membuat kita semua tersadar bahwa kebaikan sekecil apapun akan membantu diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi.

Indri mengatakan...

Paling suka berdonasi lewat Dompet Dhuafa, pilihan transfer onlinenya banyak begitu juga soal amanah sdh tidak diragukan lagi

Yuniari Nukti mengatakan...

Program Dompet Dhuafa banyak banget ya, melibatkan banyak orang tanpa melihat golongan. Saya percaya salah satu efek Indonesia cepat pulih dari pandemi ya kayak gini-gini ini, satu sama lain saling membantu terhadap sesama

Sally Fauzi mengatakan...

Dompet Dhuafa ini programnya bagus² ya, mengena di hati, MasyaAllah

Fika mengatakan...

Sebagai penerima beasiswa anugrah dan etos dari DD.. aku bersaksi bahwa progam DD memang beneran bagus