Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 07 November 2021

Prudential Indonesia Dukung Percepatan Program Vaksinasi Nasional

Vaksinasi (sumber gbr : Freepik)

Sampai saat ini pandemi virus Covid-19 masih belum usai. Berbagai langkah telah dilakukan khususnya oleh pemerintah demi menekan penyebaran virus. Selain gencar menyuarakan protokol kesehatan juga melaksanakan program vaksinasi. Tak lain demi mencegah infeksi virus corona, vaksin Covid-19 juga bisa memberikan manfaat lain yang penting bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin Covid-19 :

- Menghentikan penyebaran Covid-19

Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri.

Selain untuk memutus rantai penularan virus, vaksin Covid-19 dapat memberikan perlindungan kesehatan pada yang menerimanya dan keselamatan serta keamanan bagi segenap masyarakat Indonesia dan membantu percepat proses pemulihan.

- Mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat

Vaksin Covid-19 memang tidak membuat tubuh kebal atau benar-benar terhindar dari infeksi Virus Corona. Tetapi dengan mendapat suntikan vaksin Covid-19 dapat melindungi tubuh dari efek yang lebih parah, bahkan dapat menurunkan risiko kematian.

Setelah di vaksin biasanya tubuh akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan terhadap jenis virus tertentu. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

- Vaksinasi membentuk kekebalan kelompok

Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata  maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Sebagian besar ahli percaya setidaknya butuh 70 persen dari populasi untuk divaksin demi mencapai kekebalan kelompok.

Kekebalan kelompok adalah suatu kondisi di mana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu sehingga menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect), yakni dengan turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Hingga saat ini pemerintah masih terus berupaya melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dan semua vaksin yang digunakan tentunya telah diuji klinis yang melibatkan banyak proses panjang untuk memenuhi standar keamanan dan melindungi masyarakat yang menerimanya, pemerintah menjamin bahwa vaksin Covid-19 aman dan memberikan banyak manfaat.

Prudential Indonesia memberikan 41.000 dosis vaksin kepada lebih dari 22.000 peserta program vaksinasi

Sentra Vaksin Prudential (sumber gbr : antaranews)

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk lembaga dan swasta sebagai salah satu solusi untuk percepatan program vaksinasi nasional. Untuk mendukung percepatan kesuksesan program Vaksinasi Nasional, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), mengambil peran aktif dengan membuka sentra vaksinasi yang bertempat di area kantor Prudential Indonesia, PRUUniversity, di lantai 2 Kota Kasablanka sejak 15 April 2021 sampai Desember 2021, serta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan puskesmas setempat.

Saat ini, setelah enam bulan beroperasi, sentra vaksinasi Prudential Indonesia telah memberikan lebih dari 41.000 dosis vaksin kepada lebih dari 22.000 peserta program vaksinasi gratis pemerintah. Sentra vaksinasi Prudential Indonesia menyediakan dua jenis vaksin, yakni Pfizer dan Moderna dan akan kembali menyediakan vaksin Sinovac dalam waktu dekat.

Dr. Dian Budiani, Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia mengungkapkan "Melalui kehadiran sentra vaksinasi di PRUUniversity, Prudential Indonesia merasa terhormat dapat menjadi salah satu mitra pemerintah dalam mengakselerasi keberhasilan program vaksinasi nasional. Sentra vaksinasi ini sebagai wujud nyata dukungan Prudential Indonesia terhadap program vaksinasi pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat lebih cepat mencapai herd immunity dan bangkit dari pandemi. Sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera."

Untuk mendaftar vaksin di sentra vaksin Prudential Indonesia, masyarakat  bisa mendaftarkan diri sendiri atau didaftarkan oleh anggota keluarga melalui aplikasi Pulse by Prudential. Selanjutnya, bagi masyarakat yang sudah mendaftar nantinya akan menerima pemberitahuan melalui email dan kemudian melakukan konfirmasi via pesan teks ke nomor yang ditentukan.

Sentra vaksinasi Prudential Indonesia ini beroperasi setiap Senin hingga Jumat, pukul 09.00 – 15.30 WIB. Cukup simpel dan praktis kan ? Dengan bantuan digitalisasi jadi lebih mudah, tak hanya untuk membantu pendaftaran vaksin di sentra vaksinasi Prudential Indonesia, Pulse ini merupakan aplikasi kesehatan milik Prudential yang telah didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengelola kesehatan serta meningkatkan pola hidup sehat.

Pulse saat ini tersedia di Apple Apps Store dan Google Play Store di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam di Asia dan Kamerun, Ghana, Kenya, Nigeria, Uganda dan Zambia di Afrika. Aplikasi ini bisa berfungsi sebagai mitra kesehatan dan kebugaran bagi penggunanya sepanjang hari karena informasi seputar kesehatan di update secara realtime.

Aplikasi Pulse (Sumber gbr : web prudential)

Oh, iya..masyarakat juga tak perlu bingung, karena selain melalui Pulse untuk dapat mendaftar vaksinasi bisa juga melalui aplikasi Jaki milik pemerintah provinsi DKI Jakarta. Sejak Januari tahun lalu, Prudential Indonesia telah melakukan rangkaian inisiatif untuk mendukung upaya pemerintah menangani COVID-19. 

Pada Februari 2021, Prudential Indonesia juga meluncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi yang dapat diperoleh secara bebas biaya di Pulse bahkan masyarakat yang terdaftar pada program ini dapat memperoleh santunan tunai sebesar Rp1 juta per hari (maksimal 10 hari) sebagai bantuan jika penerima vaksin harus dirawat di rumah sakit karena mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam kurun waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi.

Prudential Indonesia menghadirkan sentra vaksinasi di Soreang 

Sejak pertama kali mendirikan sentra vaksinasi Prudential Indonesia di PRUUniversity, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, dengan semangat yang sama untuk memulihkan Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali membuka sentra vaksinasi di Soreang sejak Senin, 25 Oktober lalu. 

Dimana kurang lebih menargetkan dapat memberikan 10.000 dosis vaksin bagi masyarakat setempat selama empat minggu. Bekerja sama dengan Dinas  Kesehatan Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Puskesmas dan Kecamatan Soreang, serta RSU Bina Sehat, sentra vaksinasi ini bertujuan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Jawa Barat dengan melayani masyarakat Soreang yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Prudential Indonesia turut mendukung pemerintah memberikan vaksinasi secara lebih luas, khususnya bagi masyarakat yang jauh dari perkotaan dan memiliki keterbatasan akses. Inisiatif Prudential Indonesia menghadirkan sentra vaksinasi di Soreang disambut antusias baik oleh pemerintah setempat maupun masyarakat. 

drg. Grace Mediana Purnami, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, menyampaikan, “Meski kasus Covid-19 tengah melandai, kita tidak boleh lengah dan harus terus memastikan masyarakat terlindungi secara lebih optimal dengan vaksinasi."

Segenap masyarakat juga harus tetap ingat meski sudah divaksin, bukan berarti menjadi lalai dan tidak sepenuhnya terhindar dari infeksi virus Corona. Itu sebabnya penerapan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas) harus dilakukan dalam keseharian secara benar. 

35 komentar:

Shyntako mengatakan...

iya nih saya juga tau dari temen, kalo di kantornya Prudential yang di kokas tuh dijadiin sentra vaksinasi, semakin byk yang divaksin kan biar cepat tercapai herd immunity yaa

Maria G Soemitro mengatakan...

Wah keren Prudential
Tanggap kebutuhan Indonesia untuk segera mewujudkan herd community agar kesehatan pulih ekonomi bangkit

Lita Chan Lai mengatakan...

Prudential banyak juga sediakan dosis vaksin. semoga masyarakat Indonesia bisa capai target nasional 70% ya...

Anisa AE mengatakan...

Nah, vaksinasi memang sangat penting agar tak ada lagi pandemi COVID-19 dan semua orang aman dari virus ini.

Wahid Priyono mengatakan...

Percepatan vaksinasi COVID-19 memang dibutuhkan kerjasama semua pihak, termasuk pemerintah, elemen swasta, dan juga masyarakat. Vaksinansi bersama misalnya di Soreang yang dilakukan oleh Prudential Indonesia ini merupakan langkah konkret dan patut diacungi jempol, karena peduli dengan kondisi mayarakat yang terdampak pandemi saat ini.

Okti Li mengatakan...

Kepedulian Prudential atas kondisi pandemi di negara dan masyarakat kita patut diacungi jempol. Kalau saja dekat, saya mau ke sana untuk vaksin. Iya setelah sembuh dan ada jarak, pastinya

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Biar semakin banyak yang duvaksin ya.. Agar pandemi bisa dikendalikan. Aplikasi pulse ini bermanfaat juga ya... Kita jadi bisa ukur kondisi kesehatan kita

Diah Alsa mengatakan...

keren ya, Prudential pun ambil bagian dalam percepatan vaksinasi ini.
jadi bisa lebih cepat nih penyebaran vaksinnya.
tetapi meskipun sudah vaksin tetap harus patuh Protokol kesehatan dengan disiplin ya.

Katerina mengatakan...

Aku baru-baru ini saja kenalan dengan aplikasi Pulse by Prudential. Ternyata manfaatnya beragam, sampai ada untuk keperluan daftar vaksin ya. Salut dengan dukungan Prudential pada kebijakan pemerintah dalam hal memvaksin masyarakat, semoga dapat berjalan sesuai harapan yakni menyehatkan rakyat Indonesia agar bebas dari covid-19

Mugniar mengatakan...

Masya Allah .. ikut senang, Prudential juga membantu proses percepatan vaksinasi di Indonesia. Semoga semakin cepat menuju herd immunity.

Moch. Ferry mengatakan...

Prudential memberikan informasi arti penting vaksinasi bagi masyarakat

Fenni Bungsu mengatakan...

Kekebalan kelompok ini yang diharapkan menjadi herd immunity ya. Maka memang kita perlu mendukung dengan ikut vaksinasi. Yuk, yuk, agar keadaan lekas kondusif

Annie Nugraha mengatakan...

Untuk saya, vaksinasi adalah sebagai bentuk ikhtiar melawan Covid-19, juga adalah bukti bahwa kita peduli akan kesehatan dan keselamatan orang lain. Kesadaran bersama yg sewajibnya dipegang teguh oleh semua orang

Mia Yunita mengatakan...

Keren juga nih Prudential mengadakan program vaksinasi massal. Jadi masyarakat pun bisa terbantu dong untuk vaksinasi ya kan.

andyhardiyanti mengatakan...

Salut ih sama peran serta yang dilakukan Prudential. Semoga capaian vaksinasi di negara kita semakin memenuhi syarat idealnya ya. Alhamdulillah saya pribadi sudah lengkap suntik vaksin COVID-19 dua kali.

Cindy Vania mengatakan...

wah keren banget nih Prudential, salut ey ikut menyumbang puluhan ribu dosis vaksin covid untuk melindungi masyarakat Indonesia.

Nanik nara mengatakan...

Alhamdulillah, saya ikut seneng membacanya. Prudential turut membantu percepatan program vaksinasi covid 19 dengan memberikan 41 ribu dosis.
Yuk yuk yang belum vaksin, manfaatkan kesempatan ini

Mpo Ratne mengatakan...

Dengan dibukanya sentra vaksin Prudential maka membantu pemerintah mempercepat vaksinasi dan herd immunity juga terbentuk

Nanik Kristiyaningsih mengatakan...

Benar mbak, tetap jangan kendor prokesnya meski kita sudah divaksin.
Alahamdulillah hari ini kamisudah ikut vaksin ke-3 bareng teman2 nakes dan distribotor layanan obat di Surabaya.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya ka' semoga dengan program vaksinasi yg berjalan bisa segera terbentuk herd imunity

Dian Restu Agustina mengatakan...

Saluuut Prudential! Sentra vaksinasi di PRUniversity bisa menjadi sebagai wujud nyata dukungan Prudential Indonesia terhadap program vaksinasi untuk membantu masyarakat lebih cepat mencapai herd immunity dan bangkit dari pandemi.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya ambu, vaksinasi menjadi ikhtiar bersama agar keadaan lekas membaik

Hanny Nursanty mengatakan...

Prudential ikutan juga ya buat percepatan pemberian vaksin. Semoga lancar dan banyak orang yg bisa di jangkau ya

Siti Nurjanah mengatakan...

Semoga tercapai, target sebagaimana yang diharapkan

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya mba, vaksinasi yang menjadi program dan tengah dikejar saat ini pastinya memiliki harapan agar kondisi lekas membaik

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali, keberhasilan program vaksinasi ini tentunya tidak lepas dari kontribusi semua pihak. Semoga keadaan akan lekas membaik

Siti Nurjanah mengatakan...

Semoga selalu sehat ya Teh..
Yang terpenting tetap menjalankan vaksinasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Iyaps, jadi punya opsi tempat untuk melakukan vaksinasi. Nah, betul mba aplikasinya berguna juga utk mengontrol kondisi kesehatan

Siti Nurjanah mengatakan...

Tepat sekali
Meskipun sudah vaksinasi protokol kesehatan harus tetap dilakukan

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiiin. Semoga Indonesia akan lekas membaik dan kembali pulih
Aplikasi Pulse by Prudential ini bermanfaat juga ya mba

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiiin. Semoga tercapai herd imunity agar keadaan kembali membaik dan kontribusi semua pihak begitu berperan dlm program vaksinasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Tepat sekali mba, dengan adanya sentra vaksin tentu memberikan opsi yg lebih lagi untuk masyarakat melakukan vaksinasi demi terwujudnya herd imunity

Helenamantra mengatakan...

Alhamdulillah banyak vaksin gratis. Ayo yg belum, segera ikut vaksinasi untuk ikhtiar kesehatan Kita bersama

Siska Dwyta mengatakan...

Mantap nih programnya Prudential, yah semoga saja dengan bantuan dari Prudential ini targer pemerintah untuk mencapai immun herd lewat vaksinasi ini bisa segera tercapai ya.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, begitu bersyukur karena adanya kerjasama semua pihak
Sehingga percepatan program vaksin bisa terlaksana