Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 27 November 2021

IndiHome Dukung Digitalisasi di WSBK Mandalika

Hampir dua tahun masa pandemi ini berlangsung, meskipun belum sepenuhnya pulih setidaknya beberapa sektor ekonomi dan wisata sudah mulai kembali bergerak. Jika berselancar di jagat maya baik itu portal web atau media sosial melihat segala informasi mengenai suatu destinasi pasti bikin rindu untuk bertualang lagi.  Meskipun untuk saat ini belum bisa banyak bepergian namun karena adanya teknologi, alternatif yang bisa dilakukan bisa  dengan membaca cerita, postingan atau mengikuti wisata secara virtual. Iya.. di era teknologi yang serba digital begitu mengandalkan internet dalam berbagai aspek kegiatan disamping juga memberikan Kemudahan agar potensi wisata lebih dikenal secara luas.

IndiHome-Dukung-Digitalisasi-di WSBK-Mandalika
Sirkuit Mandalika (sumber gbr : Indozone)

Apalagi Indonesia, negeri khatulistiwa yang menyimpan ragam potensi keindahan alamnya. Salah satu yang sering jadi trending terakhir belakangan adalah Mandalika. Berada di wilayah pesisir, destinasi ini sangat terkenal dengan tempat wisata pantainya yang menakjubkan. Ditambah lagi ada pembangunan Sirkuitnya yang juga menjadi  proyek nasional dan akan kian mengangkat Indonesia ke ranah Internasional. Itulah sebabnya Lombok di tetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang masuk dalam salah satu destinasi super prioritas.

Sirkuit Mandalika di Lombok ini diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021. Nantinya kawasan Mandalika yang berada di  Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tak hanya terkenal akan wisata eksotik nya saja, tapi juga sebagai area perhelatan olahraga dunia berskala Internasional.

Akses Internet Memadai di Sekitar Kawasan Mandalika

Pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur utama di Sirkuit Mandalika saja, namun juga menyiapkan jaringan pendukung seperti jaringan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) di sekitar sirkuit. Sehingga Mandalika akan terkoneksi fasilitas internet dengan kapasitas memadai yang tentunya akan sangat membantu dalam mempromosikan pariwisata di daerah tersebut.

Belum lama ini pun telah berlangsung ajang internasional World Superbike (WSBK)  pada 19-21 November 2021. Salah satu yang cukup berkontribusi menyukseskan acara ini adalah Layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk, IndiHome yang menyiapkan booth khusus untuk peserta dan pelanggan IndiHome di kawasan sirkuit Mandalika ini.

Booth IndiHome berada di lokasi yang cukup strategis, yakni di area VIP serta area parkir Sirkuit 1 Mandalika. Posisi ini memudahkan setiap pengunjung lokal maupun internasional untuk hadir mengunjungi booth IndiHome. Di booth, pengunjung bisa melihat langsung kontribusi IndiHome dalam membangun jaringan ICT (Information and Communication Technology) yang akan mendukung kelancaran komunikasi di area Mandalika International Street Sirkuit.

IndiHome-Dukung-Digitalisasi-di-WSBK-Mandalika
Booth IndiHome di WSBK Mandalika (Sumber gbr : IndiHome)

Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome kerap menghadirkan dukungan yang terbaik bagi bangsa melalui konektivitas jaringan internet di sekitar lokasi acara. Bahkan IndiHome menghadirkan tim bantuan teknis (Bantek) untuk memaksimalkan jaringan komunikasi di Mandalika agar bisa tersambung secara optimal.

Tim bantuan teknis (Bantek) IndiHome yang dikirim ke area Sirkuit Mandalika ada sekitar 16 orang. Mereka adalah orang-orang pilihan dari wilayah Telkom Jawa dan Bali yang bertugas membangun jaringan ICT di sekitar kawasan event. Tugas-tugas tersebut meliputi penggelaran fiber optic di Sentral Telepon Otomat (STO) di berbagai lokasi seperti STO Mataram, Posko Mataram, STO Gerung serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya hingga pembangunan access point yang memudahkan pengunjung berkomunikasi saat hadir di lokasi acara.

IndiHome memilih tim bantuan teknis tersebut berdasarkan keahliannya yang meliputi communication skill serta technical skill. Keterampilan yang mumpuni khususnya sebagai problem solver atas berbagai kendala yang dihadapi di lapangan, juga memasang jaringan fiber optic mulai dari STO hingga end to end ke pelanggan di lokasi event.

Peran Digitalisasi untuk Kawasan Mandalika

Tidak hanya melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran serat optik, baik di lokasi acara, maupun ekosistem pendukungnya. IndiHome dengan kapasitas dan akses internet yang memadai, bisa turut membantu para UMKM (Usaha mMikro, Kecil dan Menengah) di sekitar kawasan Mandalika agar dapat lebih memudahkan  pemasaran digital. 

Para pelaku UMKM khususnya yang berada di kawasan Mandalika bisa merasakan kebermanfaatan digitalisasi dengan menggunakan internet secara efektif. Misalnya dengan melakukan promosi, serta membuat konsumen lebih mudah membayar dan memesan produk barang ataupun jasa.

Dengan digitalisasi juga, para pelaku UMKM bisa lebih meningkatkan produktivitas dan efektivitas usaha. Sehingga dengan meningkatnya produktivitas, maka pendapatan pun akan meningkat. Terlebih jika pengelolaan Sirkuit Mandalika sukses menggelar event dunia MotoGP yang akan di mulai sekitar 2022 mendatang, tentunya bisa membangkitkan industri ekonomi kreatif di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat.

21 komentar:

Sapa Dunia mengatakan...

WBSK bener bener menjadi momentum luar biasa, untuk kebangkitan semua sektor di Lombok khususnya ya kak

Agatha Mey mengatakan...

Internet mumpuni buat sharing wisata dan event dunia yaaa... Semoga bisa dinikmati sepanjang masa bukan cuma karena event dunia aja

aan widi mengatakan...

dukungan infrastruktur digital indihome memang andal bikin gelaran internasional membanggakan indonesia

Ariefpokto mengatakan...

internet cepat penting sih buat kerjaan, sharing info apalagi di even WSBK yang mendunia ini

Bang Doel mengatakan...

Pemandangan bagus, event menarik, orang lokal ramah, dan internet yang kencang berkat IndiHome. Lengkap sekali ya Mandalika ini.

Linz mengatakan...

Sirkuit Mandalika sekaramg menjadi sorotan dunia ya kak, rasanya ikut bangga deh!

Lia_Lathifa mengatakan...

Komplit deh, semua banyak yang mendukung Mandalika termasuk Indihome

ikhsan keren mengatakan...

Mandalika makin keren ya. Makin megah dg adanya sirkuit internasional ini.

Yanti Alif mengatakan...

Keren banget negeri kita sudah punya sirkuit Kandalika dngan standar internasional

Meilia Wuryantati mengatakan...

Bangga nya udah ada sirkuit Mandalika yah , apalagi didukung dengan jaringan internet Indihome

Titis Ayuningsih mengatakan...

Akses internet sangat mendukung pembangunan di sana, semoga ekonomi dan pariwisata segera bangkit

Hanny Nursanty mengatakan...

Sebagai pelanggan setia Indihome, senang juga mereka ikut berperan memperkenalkan Mandalika dan keindahan wisata di sana ke seluruh dunia

Ovianty mengatakan...

Internet memang penting banget yaa, apalagi untuk event sebesar mandalika yang internasional event. Alhamdulillah kalau Internetnya memadai

Rudi Apriadi mengatakan...

Keren nih Sirkuit Mandalika, baru diresmikan langsung digass buat World Superbike, apalagi jaringan IndiHome menyelamatkan akses internet di area Sirkuit ya

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali Mas Agung, gelaran WSBK beberapa waktu lalu jadi pelopor ajang international lain seperti MotorGP siap untuk di helat

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiiin, semoga segala akomodasi dan fasilitasnya juga terpenuhi dan dapat untuk saling jaga bersama

Siti Nurjanah mengatakan...

Tentunya akan sangat membantu konekstivitas internet di kawasan tersebut

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul, terlebih di masa serba digital seperti sekarang
Kebermanfaatan internet sangat dibutuhkan

Arum mengatakan...

Bangga banget py sirkuit kelas dunia, pembangunan infrastrukturnya dukung jg ditambah digitalisasi. Makin terdepan kota di timur Indonesia. Stidaknya sinyal & jaringan Indihome ikut mendukung di area sirkuit.

R windhu mengatakan...

Wah keren, ya.. Mandalika bisa terkoneksi fasilitas internet dengan kapasitas memadai.Promosi pariwisata di sana jadi sukses pas pelaksanaan event kemarin. Kulihat, banyak pembalap posting di medsos mereka saat di Mandalikam

fanny_dcatqueen mengatakan...

Mandalikanya keren, tapi indihome sebagai fasilitator jaringan internet di sana juga ga kalah keren :). Sebagai pengguna setia indihome, aku ga tertarik utk pakai provider lain. Indihome ini masih yg paling memuaskan. Bahkan ketika jaringan down, cs dan teknisi cepat tanggap dan merespon semua keluhan. Salut ;).

Pengen suatu saat nanti bisa melihat sirkuit Mandalika secara langsung juga