Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 25 November 2021

Dompet Dhuafa Mengajak BeraniBaik Untuk Sesama

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Sejak lahir di dunia, hidup, hingga meninggal pun manusia akan tetap membutuhkan orang lain. Oleh karenanya, Kita harus selalu berbuat baik pada sesama karena sejatinya manusia saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain.

Dompet Dhuafa mengajak berani baik untuk sesama

Jadi teringat akan sebuah ungkapan dari seorang ulama dan cendekiawan muslim yang hidup pada masa awal kekhalifahan Umayyah "Lakukanlah kebaikan sekecil apapun itu, karena kamu tidak pernah tahu kebaikan apa yang akan memasukanmu ke dalam surga" (Imam Hasan Al Basri) .

Iya, berbuat kebaikan bisa dimulai dari lingkup terdekat seperti keluarga, teman, dan tetangga. Untuk cakupan yang lebih jauh lagi, Kita bisa berbuat baik pada siapapun meskipun tidak mengenalnya atau bisa melalui sebuah filantropi seperti Dompet Dhuafa.

Program Zakat/Wakaf, Infak dan Sedekah Dompet Dhuafa

Banyak sekali beragam cara untuk melakukan kebaikan. Sebagaimana yang telah di lakukan Dompet Dhuafa sejauh ini. Sejak tahun 1993 berkomitmen dalam membela dan memberdayakan kaum dhuafa. Hingga akhirnya Dompet Dhuafa menjadi lembaga pertama yang bergerak di bidang penyaluran zakat atau amil zakat tingkat nasional di Indonesia.

Sangat konsen terhadap peristiwa kemanusiaan, Dompet Dhuafa menjadi lembaga kemanusiaan dunia yang mengelola dana Zakat/Wakaf, Infak,  dan Sedekah untuk para penerima manfaat korban bencana dan kemanusiaan. 

Melalui dana zakat Dompet Dhuafa telah membantu dengan memberikan logistik dan pelayanan kesehatan, bahkan hingga tahap akhir yakni recovery atau pemulihan, dengan memberikan program-program pemberdayaan kepada penyintas atau korban bencana untuk kembali mandiri.

Telah menebarkan kebaikan zakat kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat serta menyalurkan pada 130 lebih Program Berdayakan Umat, yang diantaranya :

- Kesehatan: RS Rumah Sehat Terpadu, Klinik Gratis untuk Dhuafa, RS Mata Ahmad Wardi Serang, RS AKA MEDIKA Sri Bhawono, RS Lancang Kuning Riau, RS Sayyidah, Jakarta TImur.

- Pendidikan: SMART Ekselensia, Beastudi Etos, Beastudi Bakti Nusa, Sekolah Literasi Indonesia, Makmal Pendidikan.

- Ekonomi: Karya Masyarakat Mandiri,Institut Kemandirian, Grant Making, Klaster Pertanian Indonesia Berdaya.

- Sosial Budaya: Layanan Ambulans Jenazah Gratis, Barzah,  Layanan Mustahik.

BeraniBaik Bersama Dompet Dhuafa

Baru-baru ini Dompet Dhuafa juga menggelorakan nilai kepedulian kebaikan dengan menggelar Community Festival 2021 bertajuk Humanesia dengan semangat bersama untuk sesama melalui tagline #BeraniBaik . Lewat ajakan untuk Berani Baik itu diharapkan  semua bisa berperan aktif membantu sesama. 

BeraniBaik itu berani untuk memulai dari diri sendiri dan berpikir luas untuk mengambil keberkahan diawal dan untuk memancing keberkahan berikutnya. Dengan konsep berbagi memanfaatkan kolaborasi dimana harapannya bisa secara maksimal untuk selalu bisa tumbuh dan mengajak kebaikkan-kebaikan di lingungkan sekitar.

Tentunya tidak hanya berhenti di niat, bukan sekedar rencana, tetapi berani melakukan lalu efeknya adalah kebaikan. Pahamilah bahwa dampak kebaikan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga membawa kebaikan untuk orang lain. 

Program BeraniBaik Dompet Dhuafa meliputi beberapa diantaranya : 

- Para Tangan Tangguh berupa bantuan modal usaha guna menguatkan keluarga dan bagi mereka yang terdampak Covid-19 khususnya para penyandang disabilitas yang juga pemimpin keluarga.

- Kado Akhir Tahun sebagai dukungan kebangkitan masyarakat dhuafa yang terdampak pandemi. 

- Hangatkan Jiwa dan Raga Warga Palestina sebagai kepedulian kepada warga Palestina.

BeraniBaik adalah gerakan berani berbuat kebaikan sekecil apa pun dengan paket pengorbanannya masing - masing. Jadi meskipun belum bisa memberikan kontribusi yang besar tidak perlu berkecil hati, karena untuk melakukan kebaikan juga bisa di lakukan secara bersama- sama.

Zakat/Wakaf dengan BeraniBaik

Sebagaimana salah satu program aset wakaf produktif Dompet Dhuafa mulai Rp 10 ribu, selama ini asumsi banyak orang hanya terpaku kalau wakaf hanya berupa tanah, masjid, makam dan madrasah. Padahal sesungguhnya bisa juga  diterapkan dalam berbagai bentuk yang memberi manfaat bagi banyak orang.

Bayangkan saja jika ada 1 juta wakif dengan nominal wakaf Rp 10 ribu maka akan ketemu angka nominal yang cukup besar. Dengan demikian banyak umat akan mendapatkan manfaatnya dari jumlah yang terkumpul dan dikelola secara baik.

Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah karena selalu ada kebaikan dalam berbagi. Tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.  
(Ali bin Abi Thalib)

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi saat ini, Dompet Dhuafa juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak berbagi kebaikan lewat Zakat/wakaf, Infak dan sedekah melalui pembayaran digitalisasi. Bukan hanya bisa melakukan pembayaran melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), internet banking bahkan kini pun sudah bisa melalui Qris ataupun e-commerce yang telah bekerjasama.

Zakat/Wakaf dengan BeraniBaik

21 komentar:

Maria G Soemitro mengatakan...

angkat topi pada Dompet Dhuafa

selalu bikin terobosan dan membuat kita membuka mata

bahwa zakat infak sedekah dan wakaf gak melulu cuma untuk membangun masjid dan pemakaman

nurul rahma mengatakan...

Salut banget dengan beragam program ciamik yg dihelat Dompet Dhuafa
Betul2 membantu kaum marginal yg terdampa pandemi ini.
Berkaaahh buat semua, ya.

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Dompet Dhuafa yang terpecaya dan juara. Sekarang donasi gak pake ribet. Apalagi pilihan pembayarannya banyak banget. Jadi kita tinggal pilih sesuai rekening or dompet digital mana yanng ada saldonya. Hehehe...

ChieLittleStory mengatakan...

Lembaga2 seperti ini harus didukung dan didoakan supaya panjang umur serta amanah. Terkadang kita suka ngga sempet atau pingin sedekah jauh2, lembaga begini membantu sekali...

Mutia Ramadhani mengatakan...

Donasi ke Dompet Dhuafa bisa jadi hadiah terbaik, misalnya untuk ulang tahun anak misalnya. Ngapain pandemi begini bikin birthday party, ya kan.

Fenni Bungsu mengatakan...

Berani baik untuk sesama harus dong. Malah memang wajib dilakukan, karena pastinya kita sendiri akan mendapat feedback yang baik pula

Annie Nugraha mengatakan...

Sedekah pun sudah dimudahkan ya. Jadi tak ada alasan bagi kita untuk tidak bersedekah dan beramal. Tinggal men-download aplikasi Dompet Dhuafa dan kita pun bisa memberikan bantuan.

Moch. Ferry mengatakan...

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga amil zakat nasional memberikan kegiatan dan kemanfaatan bagi dhuafa dimanapun dengan menyalurkan amanah dari donatur.

Dee_Arif mengatakan...

Dari dulu, Dompet Dhuafa selalu recommended untuk menyalurkan bantuan ya mbak
Dompet Dhuafa bikin #BerbuatBaik makin mudah

Dian Restu Agustina mengatakan...

Mudah sekali kini berzakat/wakaf atau donasi, dengan berbagai pilihan pembayaran juga mulai dari nominal 10.000 saja. Dompet Dhuafa memang selalu amanah dan terpercaya menjadi lembaga ZISWAF di Indoenesia

Wahid Priyono mengatakan...

Dompet dhuafa kiprahnya sudah banyak ya dalam membantu masyarakat Indonesia dalam membantu sesama. Banyak juga donaturnya, juga banyak juga yang menerima keberkahan dari saling tolong menolong antar sesama. Semoga budaya seperti ini terus dilahirkan. Bersedekah, wakaf dll adalah contoh yang diajarkan Rasul agar hidup semakin berkah. Aamiin.

YSalma mengatakan...

Dompet Dhuafa dari dulu sangat bisa dipercaya. Nggak ragu lagi utk zakat, BerbuatBaik semakin dimudahkan ya mba.

dhenok hastuti mengatakan...

pernah bergabung di salah satu kegiatan dompet duafa. keren! program2nya inovatif dan menarik. ikut seneng, semoga makin banyak orang yang terbantu.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Wah emang dikenal sih Dompet Dhuafa sejak dahulu sudah mengemban amanah penyaluran zakat dan salut Dompet Dhuafa terus berkembang

Syamsiah mengatakan...

Dompet Dhuafa ini memang selalu komit dengan program2 santunan pada masyarakat ya. Waktu awal masuk kuliah dulu, saya juga sangat terbantu dengan programnya Dompet Dhuafa ini. Dan sekarang sudah keren banget perkembangannya. Salut

Mugniar mengatakan...

Pesan Imam Hasan Al Bashri itu membuat saya terharu. Benar banget ya. Kita tak boleh menyepelekan kebaikan, sekecil apapun itu.

Sapa Dunia mengatakan...

Ajakan kebaikan musti disambut, agar kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

Gita Siwi mengatakan...

Asyik deh bisa wakaf di sini, pun nggak banyak insya Allah jadi bekal kebaikkan dunia akherat. Aamiin

sari widiarti mengatakan...

Dompet dhuafa ini bikin program selalu konsisten dan transparan, nggak segan untuk turun ke jalan, program wakaf ternyata semudah itu ya, bisa ikutan mulai dari 10rb

Wiwied Widya mengatakan...

Aku kira kalau mau wakaf itu harus tanah, bangunan gitu lho. Ternyata hanya dengan 10rb bisa wakaf juga ya.

Imawan mengatakan...

Keren nih program Dompet Dhuafa BeraniBaik ini, jadi mengajak kita semua untuk peduli dan berani berbuat baik meski dengan seberapa pun yang kita punya asalkan tulus dan ikhlas.