Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 03 November 2021

6 Destinasi Indonesia Favorit Backpacker

Traveling menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengusir penat. Terlebih kini ada banyak cara menikmati perjalanan dan nggak melulu harus berbiaya mahal. Salah satunya lewat backpacking. Saat ini perjalanan ala backapcker tengah digandrungi sebab tanpa perlu membawa banyak barang, pejalanan ala backpacker ini memberikan kesempatan untuk mengeksplore berbagai destinasi yang diinginkan

Meski ada aja yang menyalah artikan perjalanan ala bacpkacker ini. Namun, bagi yang memang menerapkan gaya travelling ini secara benar akan lebih memaknai sebuah perjalanan itu secara mandiri, perjalanan yang bebas, serta eksplorasi alam ataupun landscape yang berbeda dari biasanya. 

Sebagai negeri dengan jutaan pesona keindahannya, Indonesia punya deretan destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi dan kerap menjadi favorit para backpacker. Nah, ini bisa jadi rekomendasi untuk Kamu yang ingin lagi melakukan perjalanan ketika keadaan perlahan membaik dan mulai kondusif.

YOGYAKARTA

Banyak yang bilang Yogyakarta adalah kota istimewa yang bukan hanya karena adat keratonnya tapi selalu menumbuhkan kerinduan kembali untuk mengunjunginya. Untuk menuju ke kota ini tidak rumit sebab berbagai moda transportasinya begitu banyak tersedia. Kalau Aku paling favorit menggunakan kereta api sebab pillihanya cukup banyak dan tarifnya pun terbilang terjangkau.

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang kerap disematkan ‘ramah’ backpacker di Indonesia. Tidak hanya memiliki banyak pilihan untuk berwisata, mulai dari gunung, laut, gua, kuliner, budaya, hingga surga belanja. Untuk urusan akomodasi di Yogyakarta juga beragam.

Tidak perlu bingung soal transportasi selama di Yogyakarta. Mau bepergian kemanapun, ada angkutan yang siap melayani, mulai dari Transjogja, ojek, becak, hingga trannsportasi online dan lain sebagainya. Jika enggan menggunakan angkutan umum, atau terlalu repot untuk membawa mobil, bisa juga menyewa motor di persewaan motor yang banyak tersedia di Yogyakarta.

Baca juga : Menyusuri Destinasi Yogya Selatan

Perlu tempat beristirahat di Yogyakarta pun tidak perlu khawatir karena banyak tersedia penawaran penginapan mulai dari hotel mewah atau hotel budget, hingga guest house dengan harga sewa per malam yang cukup terjangkau.

BALI

Menjadi salah satu dambaan para wisatawan baik lokal maupun international. Dahulu memang sempat membayangkan traveling ke Bali itu mahal. Namun dengan berbagai informasi kini mau berwisara ala backpacker pun bisa dilakukan dengan nyaman di Pulau Dewata.

Untuk urusan transportasi ada sarbagita yang menjangkau beberapa kawasan di Bali, di samping itu, keberadaan kendaraan online telah menjadi sarana transportasi kekinian yang bisa menjadi alternatif selama bepergian antarkota di Bali. Ga hanya itu, dengan menyewa motor atau mobil untuk berpegian dengan rombongan yang lebih besar pun bisa jadi pilihan.

Urusan akomodasi lainnya tersedia dari yang hotel kelas mewah sampai penginapan dengan budget sangat terjangkau misalnya saja hostel, bunk bed dormitory, guest house murah sampai capsule hotel. 

Baca Juga : Backpacker Ke Bali

Sebagian besar tempat wisata di Bali dapat menjadi tujuan wisata para backpacker. Contohnya, Pantai Kuta, Nusa Dua, Gianyar, Pura Besakih, Danau Batur, Jimbaran, Tampak Siring, Sanur, dan sebagainya.

BANDUNG

Berhubung wilayahnya yang memang tidak begitu jauh dari Jakarta, Aku sudah beberapa kali bertandang ke kota kembang ini lewat berbagai jalur moda transportasi. Dari menggunakan mobil biasa bersama kawan-kawan, naik turun bus bahkan sampai yang motoran bareng adik-adikku.

Baca Juga : Touring Menuju Lembang - Bandung

Bandung masih menjadi wisata destinasi yang memiliki daya tarik tersendiri tidak terkecuali bagi traveler dengan budget minimalis. Traveler masih bisa merasakan tidur dengan nyaman di guest host atau hostel ataupun hotel budget, harganya pun sangat bersahabat dan berada di lokasi yang strategis. Tapi jika ingin menikmati liburan yang mewah, di Bandung juga banyak banget hotel berbintang.

Terkenal dengan wisata kuliner dengan harga yang bervariatif, untuk urusan makan di Bandung punya beragam piihan. Namun, dengan budget yang minim makan di area pusat kulinerpun atau kaki lima tak kalah enak dan mengenyangkan.

Selalu muncul dengan inovasi, wisata di Bandung seakan tak pernah habis untuk di eksplore. Sebagian besar harga tiket masuknya terbilang lumayan, namun jika ingin menikmati area yang tidak berbayar beberapa taman rakyat dengan beberapa tema menarik, seperti taman jomblo, taman fotografi, taman music centrum dan masih banyak lagi. Hanya dengan berjalan kaki saja, sudah bisa berkeliling kota.  Atau menyusuri jalan Braga yang cukup ikonik di Bandung.

MALANG

Sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal akan buah apelnya masih menjadi tujuan favorit para pelancong tidak terkecuali yang ingin melakukan perjalanan ala backpacker. Banyak area yang cukup menarik untuk dikunjungi salah satunya Kota Batu yang menawarkan bermacam area wisata mempesona juga menyenangkan.

Beragam kekayaan alam, wisata sejarah, theme park, hingga kuliner yang beragam bisa menjadi pilihan menikmati perjalanan di kota Malang ini. Bisa dikatakan berwisata di kota berhawa sejuk ini cukup terjangkau. 

Urusan penginapan,kalau keuangannya standar maka bisa pilih penginapan dengan tarif yang ramah kantong. Namun jika budgetnya memang super duper minim, bisa numpang nginep di Omah Backpacker yang memang "terbuka" bagi pelancong. Tidak dikenakan biaya, namun bisa diganti dengan menyumbangkan buku bacaan untuk perpustakaan yang ada di sana.

Dengan perjalanan yang menghemat budget biasanya menggunakan perjalanan dengan transportasi kereta Ekonomi, dan Aku selalu menggunakan Matarmaja jika hendak bertandang ke sana. 

Jangan lupa, ketika ke Kota Malang terlebih saat weekend untuk menikmati perjalanan keliling kota dengan Bus Macito yang melewati rute jalanan Protokol Kota Malang yaitu Balai Kota Malang, Alun-alun Merdeka, Jalan Kawi, Jalan Ijen, putar balik di Simpang Balapan, kembali ke Balai Kota. Bus ini mangkal di depan Balai kota dan berangkat mulai pukul pagi pukul 09.00 dan sore hari mulai pukul 14.00. 

SEMARANG

Merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah, Semarang terbagi menjadi kota dan kabupaten. Keduanya memiliiki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bahkan bisa lho hanya bertandang sehari saja keliling kota Semarang pasalnya ikon tempat wisatanya pun terbilang cukup dekat. Misalnya saja Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Simpang Lima, Pagoda Avalokitesvara, Masjid Agung Semarang dan lainnya.

Transportasi publik yang bisa digunakan misalnya saja, Trans Semarang dengan konsep BRT (Bus Rapid Transit) atau bila ingin lebih praktis tinggal order transportasi via aplikasi online. Akomodasi penginapannya pun vafiatif, tersedia dengan tarif mewah atau sederhana dengan budget terbatas.

Terkenal dengan berbagai kuliner khas nan lezat, di Semarang banyak pilihan seperti lumpia, Mie Kopyok, sate buntel, babat gongso dan masih banyak lainnya. Baik tempat wisata ataupun kulinernya bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

PALEMBANG

Ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan ini masih cukup ramah kantong bagi para pejalan backpacker. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa dipilih untuk menuju ke wilayah ini. Jika berdomisili di luar pulau Sumatera, maka bisa memilih transportasi jalur darat atau udara (sebelum ada kenaikan harga, perjalanan ke Palembang masih cukup terjangkau dari Jakarta).

Untuk berkeliling Kota palembang dan menikmati berbagai destinasinya begitu beragam dengan jarak yang cukup berdekatan. Misalnya Jembatan Ampera, Masjid Cheng Hoo, Stadion jakabaring dan masih banyak lainnya. Ada beberapa jenis transportasi umum yang tersedia, Trans Musi, LRT,  Angkutan umum maupun transportasi online.

Perihal tempat beristirahat, tidak perlu risau karena bisa mencari penginapan dengan harga yang paling terjangkau. Kota Sriwijaya ini menyediakan berbagai macam tempat menginap yang layak dan pas di kantong.

Dan tidak ketinggalan, salah satu ciri khas dari Kota Palembang adalah kekayaan kuliner yang sangat digemari masyarakat bahkan di berbagai wilayah di luar Palembang yakni Pempek dan Martabak Har. Untuk harga makanan sehari-haripun masih cukup terjangkau.

Seorang pemain biola klasik, Eugene Nicholas Fodor, Jr. pernah berujar "You don't have to be rich to travel well (Tidak perlu menjadi orang kaya untuk melakukan perjalanan).

Jangan disalah maknai ya, perjalanan backpacker itu hanya menjadi salah satu cara melakukan perjalanan dengan penghematan biaya, seefisien mungkin. Bukan berarti dengan "meminta-minta" yang kini memperburuk makna dari backpacker itu sendiri. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang bukan hal sulit untuk memanage dan mengatur perjalanan lewat berbagai informasi yang bisa didapat lewat internet.

7 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

malang nih yang mau saja tp belum eksampaian. terakhir ke malang saat masih kecil

fanny_dcatqueen mengatakan...

Dari semuanya, aku paliiiiiing suka Palembang mba :D. Udahlah murah, dan makanannya surga bangeeet enaknyaa 😄. Ga akan pernah bosan kalo Palembang sih.

Naaah setuju mba, backpacker itu jangan malah ngelakuin hal2 memalukan kayak yg dilakukan bbrp backpacker asing, ngemis. Di negara orang pula. Duuuh please deh, malu2in negaranya ga sih. Untungyaaa aku belum pernah denger backpacker Indonesia melalukan hal begitu. Karena perjalanan itu, mau dilakukan secara backpacking atopun luxury, ya tetep harus menjaga kesopanan, Krn itu gambaran orang di sana ttg negara kita. Harus bikin kesan yg baik ;)

Gita Siwi mengatakan...

Semua destinasi yang bikin mupeng nih ha ha ha apalagi saat pandemi gini. Rasanya aku kudu ke Palembang nih. Belum pernah mba. Apalagi ala backpac ya

Gioveny Astaning Permana mengatakan...

Perjalanan gendong ransel tuh emang jadi salah satu cara untuk lebih hemat ya. Kota-kota di pulau jawa ini emang jadi tempat yg asik banget untuk dikunjungi

lendyagassi mengatakan...

Seneng banget lihat destinasi wisata di Indonesia yang nyaman dan ramah di kantong. Dan Bandung termasuk, yeey~
Kalau Jawa Timur, aku biasanya pulkam. Tetep, masih banyak tempat yang bisa diexplore untuk travelling ala backpaker bersama keluarga. Seru.

bu guru mengatakan...

Baca ini jadi pengen ke Palembang. Paling mentok baru bisa ke Bali kalau yang luar Jawa..

Soleh mengatakan...

Pernah sekali Solo backpacker ke Pulau Jawa.. Alhamdulillah bisa melihat Jogja, Malang, Kediri dan Surabaya dari dekat