Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 14 September 2021

5 Drama Korea Bertema Time Travel

Pernah terbayang ga Kalau Kita bisa menembus ruang dan waktu baik ke masa lampau ataupun masa depan ? Agak sulit diterima nalar sebenarnya, tapi perihal perjalanan waktu ataupun time travel ini masih menjadi teori yang sering di bahas lho. Mungkin terinspirasi dari keunikan ini, tidak sedikit film atau drama yang mengangkat perjalanan waktu.

Misalnya saja sudah ada beberapa drama korea yang mengangkat tema time travel dengan ceritanya yang unik, dan penuh imajinatif. Diantara puluhan yang ada, Aku ingin merefrensikan 5 di antaranya yang pernah Aku saksikan dan berkesan dalam penilainku. Hmm..siapa tau bisa menjadi refrensi tontonan di kala senggang atau sambil menemani di masa PPKM ini.

1) Rooftoop Prince ( 2012 )


Drama sepanjang  20 Episode ini di siarkan di saluran TV SBS,  bercerita tentang seorang Putra Mahkota bernama Lee Gak (Park Yoochun) dari zaman Joseon yang kehilangan Putri Mahkotanya , Hwa Yong {Jeong Yu-Mi). Putri Mahkota tersebut ditemukan mengapung di kolam dan tak lagi bernyawa. Tetapi penyebab kematiannya tidak diketahui. 

Putra Mahkota akhirnya merekrut tiga orang untuk membantunya memecahkan misteri meninggalnya Putri Mahkota. Ketiga orang tersebut adalah Song Man Bo (Lee Tae Ri), Wu Yong Sui (Jung Suk won), dan Do Chi san (Choi Woo-shik). Ketika Putra Mahkota dan ketiga anak buahnya sedang mencari tahu ke tempat yang diyakini sebagai tempat penjahat, tiba-tiba mereka diserang oleh orang tak dikenal. Mereka pun naik kuda, berlari menghindari panah dari penjahat itu. 

Namun, saat mereka memacu kuda, mereka terjatuh ke pinggir jurang yang anehnya tiba-tiba mereka terpental ke era 300 tahun kemudian, yakni di zaman modern. Putra Mahkota beserta ketiga anak buahnya itu  mendarat di rumah atap milik Park Ha (Han Ji Min). Di sinilah petualangan mereka dimulai. Putra Mahkota dan ketiga anak buahnya harus menyesuaikan diri dengan kehidupan modern. 

Proses adaptasi keempat pria Joseon dengan masa modern dipenuhi kelucuan yang membuat penonton terpingkal-pingkal. Dari gaya bicara yang kaku sampai gaya berpakaian mereka yang mencolok. Sisi unik dari cerita ini adalah dimana Putra Mahkota berjumpa dengan reinkarnasi dari mendiang istrinya. Hingga dalam perjalanannya, Ia menyadari bahwa istrinya tidak sebaik yang dikenalnya. 

2) Splash-Splash love ( 2015 )

Drama ini sangat singkat hanya memiliki 2 episode dengan masing-masing durasi kurang lebih 50 menit. Bercerita tentang karakter seorang gadis bernama Dan Bi (Kim Seul Gi), siswi sekolah menengah yang sedang berjuang untuk mengambil Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi (CSAT). Namun, ia sangat tidak menyukai dan tidak bisa pelajaran matematika. Karena saking takutnya mengikuti ujian tersebut, Dan Bi melarikan diri dan berharap bisa hilang saat itu juga. Semua itu karena ia takut mengecewakan ibunya yang sudah merawatnya selama ini dan sangat berharap pada dirinya agar meraih kesuksesan.

Suatu hal aneh terjadi, Ketika Dan Bi di tengah pelariannya. Ia tiba di sebuah taman bermain. Saat itu hujan deras. Dan Bi melihat sebuah kubangan air yang muncul bayangan aneh dalam pennglihatannya. Karena penasaran, Dan Bi mencoba mencelupkan sebelah kakinya ke kubangan air tersebut lalu menceburkan dirinya karena keinginannya memang ingin kabur. 

Dan Bi melintasi perjalanan waktu hingga tiba di masa Joseon, tepat saat para tetua dan raja sedang mengadakan upacara minta hujan karena sudah tiga tahun terjadi kemarau. Raja yang memimpin kala itu bernama Lee Do (Yoon Do Joon).

Dan Bi ditangkap pengawal setia raja yang diperankan Ahn Hyo Seop dan dibawa langsung ke raja. Karena takut dihukum, Dan Bi menyamar sebagai laki-laki dan mengaku kalau dia ahli matematika dan untungnya test yang dihadapi saat itu memecahkan rumus phytagoras  dimana Dan Bi mampu mengerjakannya. Raja Lee Do percaya bahwa matematika dan ilmu pengetahuan alam akan menjadi jalan keluar bagi negerinya yang tengah kesulitan. 

Dan Bi menjadi orang kepercayaan Raja Lee Do, seiring waktu kebersemaan percik- percik cinta pun mereka rasakan, tetapi sedari awal perbedaan status dan zaman sangat jelas berbeda, karena hal itu mereka harus bersiap dengan segala kemungkinan akhir dari cintanya. 

3) Go Back Couple (2017)

Drama berjumlah 12 episode dengan genre komedi romantis serta sentuhan fantasi ini merupakan adaptasi dari webtoon populer berjudul Do It One More Time karya Hong Seung Pyo. Berkisah tentang pasangan suami-istri Choi Ban Do (Son Ho Jun) dan Ma Jin Jo (Jang Na Ra) yang sudah 10 tahun bersama dan berada di fase jenuh dalam pernikahan.

Ban Do dan Jin Jo pertama kali bertemu ketika keduanya masih sama-sama berkuliah di Universitas Hankook. Kemudian mereka memutuskan untuk menikah muda sampai akhirnya dikaruniai seorang anak laki-laki. Setelah menikah, Ban Do bekerja sebagai seorang sales obat meski dirinya lulusan Teknik Sipil. Sedangkan Jin Jo hanya memilih menjadi ibu rumah tangga sambil mengurus anak.

Suatu hari Ban Do dan Jin Jo terlibat cekcok dan mereka saling berdebat. Akhir dari adu mulut itu membuat keduanya menyesal karena sudah memilih menikah muda sehingga masa-masa mudanya seolah terenggut. Jin Jo di liputi emosional sehingga tak berpikir panjang dan melayangkan surat permohonan cerai kepada Ban Do. Di samping itu, suaminya pun seolah tak ambil pusing dan bergegas menyetujuinya.

Ban Do melepaskan dan melempar cincin pernikahannya ke luar jendela, di saat yang bersamaan Jin Joo yang sedang naik bis, melepaskan dan membuang cincin pernikahannya lewat jendela bus. Cincin mereka berdua tiba-tiba berpendar dan lenyap. Hal anehpun terjadi, esok harinya mereka berdua bangun di rumah orang tua masing-masing dan kembali ke masa lalu saat mereka berusia 20 tahun dan masih kuliah. Mereka juga kembali bertemu dengan cinta pertama mereka masing-masing dan berniat mengejar cinta pertama mereka untuk mengubah takdir sehingga tidak berakhir bersama dan hidup tidak bahagia.

Meski awalnya di liputi rasa heran, Ban Do dan Jin Jo mencoba beradaptasi dan menjalani kehidupan masa mudanya serta berusaha untuk menata kembali. Dan dalam perjalanannya mereka menemui makna kehidupan sebenarnya

4) 18 Again ( 2020 )

Drama berjumlah 16 episode ini mengisahkan kembalinya seorang pria berusia akhir 30-an ke masa SMA. Adalah Jung Da Jung (Kim Ha Neul) menikah dengan Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun) menikah di usia muda karena hamil duluan, bahkan sebelum mereka lulus SMA. Mereka dikaruniai anak kembar, putra dan putri, yang telah berusia 18 tahun.

Jung Dae Jung sebenarnya bercita-cita menjadi penyiar berita, tapi terhalang statusnya sebagai ibu. Ia akhirnya memiliki kesempatan mewujudkan impian saat remajanya di usia 37 tahun, saat pernikahannya dengan Hong Dae Young di ambang perceraian.Sementara itu, Hong Dae Young dipecat dari pekerjaannya dan dipandang rendah oleh keluarganya. Ia menyesali kehidupannya yang kini dicap sebagai pengangguran. Padahal saat remaja, Hong Dae Young adalah pemain basket yang populer di sekolahnya. Ia disukai banyak orang karena parasnya yang tampan. Namun hidupnya berubah setelah Jung Da Jung hamil.

Suatu hari, Hong Dae Young di tengah keputus asaan akan hidupnya Ia mendatangi lagi lapangan basket sekolahnya dahulu. Suasana dan gemuruh tiba-tiba muncul dan keanehan terjadi dimana Hong Dae Young kembali ke tubuh remajanya. Ia mengubah namanya menjadi Ko Woo Young (Lee Do Hyun). saat itu pula, Ko Woo Young mendatangi sekolah lamanya dan bersekolah di sana bersama dua anak kembarnya yakni Hong Shi-A (Roh Jeong Eui) dan Hong Shi Woo (Ryeo Un). Dengan identitasnya sebagai Ko Woo Young, Ia berusaha untuk lebih dekat dengan keluarganya dengan cara apapun yang Ia bisa, dan belajar beberapa pelajaran hidup sebagai balasannya. Selain itu, Hong Dae Young sebagai Ko Woo Young akhirnya melihat sisi kehidupan lain dari dua anak kembarnya yang selama ini tak diketahuinya.

5) Live Up To Your Name ( 2017 )

Drama sepanjang 16 episode ini mengisahkan tentang pria bernama Heo Im (Kim Nam Gil) yang lahir dari keluarga selir di era dinasti Joseon dengan keterampilan medis luar biasa, khususnya pada bidang akupuntur. Akan tetapi karena latar belakangnya dari kasta bawah, ia gagal naik ke posisi yang lebih tinggi di pemerintahan.

Untuk mendapatkan lebih banyak uang, Heo Im melakukan pengobatan secara rahasia ke rumah bangsawan dan pejabat tinggi di malam hari. Hingga pada suatu malam, ia diminta untuk membantu mengobati migrain yang diderita raja. Sayangnya, karena suatu hal, Heo Im justru didakwa dengan pengkhianatan.Tak ingin terjebak di penjara, Heo Im mencoba melarikan diri dari kejaran prajurit kerajaan.

Dalam pelariannya itu, ia terperosok ke sungai usai terkena tembakan anak panah. Beruntunglah Heo Im tidak mati bahkan tidak mengalami luka namun yang membingungkan Ia justru terbangun di Kota Seoul di era modern. Itu artinya Heo Im telah melakukan perjalanan waktu 400 tahun ke masa depan.

Awalnya, Heo Im kebingungan untuk menyesuaikan diri dengan dunia yang serba canggih dan Ia berjumpa dengan Choi Yeon Kyung (Kim Ah Joong), seorang rekan ahli bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Shinhae sedangkan kakeknya memiliki klinik akupuntur. Tapi Yeon Kyung justru tidak mempercayai pengobatan tradisional itu.

Pertemuan yang berulang antara Yeon Kyung dan Heo Im kerap membuat perempuan itu merasa jengkel karena melihat pria tersebut sebagai orang yang aneh dan bahkan berniat menyingkirkannya. Keduanya memiliki hubungan yang cukup rumit, dan membuka kembali masa traumatik Yeon Kyung semasa anak-anak. Di sisi lain perjumpaan mereka juga menjadi langkah untuk mempertahankan klinik tradisional milik kakek Yeon Kyung bahkan mereka melewati perjalanan antar waktu serta saling bekerjasama menyelamatkan orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Cerita mengenai perjalanan waktu tampaknya masih cukup di favoritkan, untuk drama dari Korea selatan saja mungkin ada puluhan yang mengadaptasi dari insprasi perjalanan waktu ini. Selain yang sudah Aku sebutkan beberapa lainnya bahkan ada Signal, Tunnel, Faith, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Mr Queen, Tommorow With You dan masih banyak yang lainnya. Jadi, yang mana paling jadi favorit Kamu ?

10 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Wah ada saja cara masuk dimensi waktu yang berbeda, masuk ke genangan hujan paling berkesan sudah menonton drakor ini hemm

nurul rahma mengatakan...

Drakor time travel yg aku suka "Chicago Typewriter"
Gabungan antara jaman now dgn era Joseon
Buaguuusss banget, tapi under-rated.
Ga tau kenapa.

Nurul Sufitri mengatakan...

Hihihihi daku ga ngikuuin drakor kecuali Penthouse yang kemaren buar alias end :D Kalau drakor bertemakan traveling pasti seru deh, mungkin aku bakalan pilih judul 18 Again hehehe.

Suci mengatakan...

Aku pingin nonton Drakor lagi tapi takut kecanduan lagi padahal aku udah sembuh hahaa.
tapi kalo temanya Travelling sepertinya aku akan pilih satu judul, nih 😁

Maria G Soemitro mengatakan...

wah ke-5nya saya belum nonton

time travel yang saya suka signal, tunnel, dan moon lovers scarlett hyeo

saking sukannya, saya nonton berulang kali :D :D

Reyne Raea mengatakan...

Udah pernah nonton 2 dan 3, seru juga ya kalau temanya time travel, pengen nonton yang 5 ah, kayaknya menarik tuh ceritanya, tapi memang tantangan banget buat saya untuk nonton drakor berepisode-episode tersebut :D

Dyah Ummu AuRa mengatakan...

Aku udah nonton kelima drakor ini mbak, seru..seru.. bahkan aku udah nonton Live Up To Your Name sampe 2x. karena genre kesukaanku saeguk bercampur komedi. klop banget.

Annie Nugraha mengatakan...

Dari kelimanya, saya baru nonton 18 AGAIN. Bagus menurut saya drakor ini. Mengajarkan kepada kita betapa berartinya keluarga dan berharganya waktu yang bisa kita habiskan bersama mereka.

Wahid Priyono mengatakan...

Film go back couple pernah kutonton, seru dan waktu itu nonton bareng temen2 saat di kantor. Kisahnya romantik2 gitu ya.

Mpo Ratne mengatakan...

Mpo jadi ingat tiktok tentang time travel. Aih itu hanya gossip pikirku. Tapi drakor banyak membahas ini jadi penasaran Mengenai time travel. Ntar Mpo nonton deh sempatin waktu