Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 31 Agustus 2021

Kontribusi Sinar Mas Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19

Satu setengah tahun lebih Indonesia melalui masa-masa dan situasi sulit karena Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk Indonesia pulih dari keadaan ini. Tapi, itu saja tidak cukup, dibutuhkan sinergi bersama serta peran masyarakat luas, termasuk pihak swasta maupun perusahaan dalam penanganan Pandemi ini.

Peran serta masyarakat dalam penanganan pandemi bisa dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari keramaian dan mengurangi mobilitas)

Dan disisi lain untuk pihak swasta atau perusahaan berkontribusi dengan menyalurkan bantuan yang tentunya memiliki peran penting baik bagi mereka yang menangani maupun yang terdampak. Semua sinergi itu sekaligus upaya kegotong royongan dalam menjaga Indonesia.

Salah satu pihak swasta ataupun perusahaan yang cukup andil serta berkontribusi dalam penanganan pandemi ini adalah Sinar Mas melalui penyaluran bantuan yang diberikan mulai dari penyediaan produk dan diperlukan masyarakat, pendistribusian oksigen yang menjadi kebutuhan vital pasien Covid-19 hingga mendukung program vaksinasi.

Bantuan perlengkapan kesehatan hingga semabako

Sinar Mas langsung bergerak cepat terjun ke masyarakat. Berbagai program dan bantuan telah disalurkan melalui pilar-pilar usahanya mulai dari membagikan masker dan melaksanakan rapid test gratis dari SehatQ, hingga menyalurkan bantuan sembako serta vitamin.

Selain itu, Sinar Mas juga turut mengembangkan lini produksi masker bedah three ply (tiga lapis) yang sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO). Tidak hanya bergerak pada sektor kesehatan, di lini Industri Sinar Mas turut mempelopori gerakan donasi lintas sektor industri yang berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dimana gerakan tersebut bernama Pengusaha Peduli NKRI.

Total donasi yang telah terkumpul dari Pengusaha Peduli NKRI telah mencapai lebih dari 650 Milliar Rupiah. Jumlah tersebut melamaui target yang di rencanakan yakni sebesar 500 Milliar Rupiah. Bantuan donasi ini nantinya akan disebar ke 358 institusi dan 1080 Rumah sakit, Puskesmas di Jabodetabek dan 26 provinsi lainninya.

Bantuan tersebut berupa peralatan uji cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD), alat bantu pernapasan (ventilator), masker bagi para tenaga kesehatan, pusat layanan medis, dan bahan pangan berupa beras bagi warga masyarakat yang terdampak.

Selanjutnya, Sinar Mas menggandeng Indonesian Chamber of Commerce in China (Inacham) untuk berpartisipasi memberikan bantuan alat kesehatan berupa masker N95, masker bedah, dan disinfectant wipes.

Pendistribusian Oksigen

Sinar Mas turut mendukung pemberian donasi peralatan medis berupa ribuan ton liquid oxygen dan puluhan ribu oxygen concentrators (OC) untuk memenuhi kebutuhan oksigen para pasien Covid-19 di sejumlah daerah.Bantuan oxygen concentrators (OC) tersebut ditujukan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Kemudian, bantuan akan disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Pengadaan stok oksigen itu meliputi 1.200 ton per bulan dilakukan oleh pilar usaha Sinar Mas, yakni Asia Pulp & Paper (APP) melalui unit bisnisnya PT OKI Pulp and Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp and Paper (Perawang Mill), serta PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry. Dengan kapasitas tersebut, setidaknya mampu mengisi sekitar 1 juta tabung oksigen medis dengan volume 1 meter kubik tiap bulannya.

Mendukung Program Vaksinasi

Melalui pelaksanaan program vaksinasi covid-19, diharapkan dapat mendukung program pemerintah sehingga terbentuk kekebalan  kelompok dan lingkungan kerja yang lebih aman.

Sinar Mas turut bekerja sama dengan pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan. Pada pelaksanaan perdana vaksinasi gotong royong, anak perusahaan Sinar Mas, yakni Sinar Mas Agribusiness and Food telah melaksanakan vaksinasi hampir 600 karyawan. Secara bertahap, perusahaan juga akan menyuntikkan vaksin kepada lebih dari 3.000 karyawan. Sedangkan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk yang berada dibawah naungan APP Sinar memvaksin 4000 karyawan secara bertahap atau beberapa gelombang.

Tidak hanya itu saja, Sinar Mas juga turut berkontribusi dalam pengadaan vaksinasi melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan membangun sejumlah sentra vaksinasi di wilayah Jakarta, Depok, Cikarang, Karawang, Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Tangerang, dan Batam.

Bergerak cepat dalam mendukung program pemerintah, Sinar Mas turut serta menjalankan program bantuan dan keperdulian Melalui organisasi nirlaba Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerja sama dengan alumni Kolese Kanisius menyelenggarakan vaksinasi massal bertajuk Vaksinasi Kanisius yang merupakan salah satu upaya untuk memperluas jangkauan vaksinasi kepada masyarakat di luar lingkup internal Sinar Mas. 

Selain untuk dewasa, vaksinasi ini juga diperuntukkan bagi pelajar di atas usia 12 tahun. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meminimalisasi penyebaran Covid-19 pada anak-anak, mengingat kasus terkonfirmasi pada rentang usia 12-17 tahun tergolong tinggi.

Sinergi  berbagai pihak dari pemerintah, masyarakat, pihak swasta dan segenap stakeholder adalah kunci bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19 ini. Yang perlu menjadi perhatian aspek penting penanganan kesehatan di masa pandemi ini adalah kerjasama sosial yang solid disertai langkah yang preventif dengan memberi dukungan nyata kepada semua pihak dalam meminimalisir penyebaran virus serta tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin.

36 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Wah sukses terus sinar Mas, terima kasih sudah berperan dalam melawan pandemi ini apalagi dengan memberikan tabung gas oksigen dan mendukung program vaksinasi. Bermanfaat banget

Indri mengatakan...

Semoga aksi peduli Sinarmas dapat menjadi inspirasi bagi yang lain untuk lebih peduli pada kondisi orang yang membutuhkan di tengah pandemi

Melly Feyadin mengatakan...

Sukses terus buat Sinarmas. Keren banget program peduli covidnya. Jd membantu banget kondisi yg masih belum membaik.

Yanti Alif mengatakan...

Aksi peduli Covid yang dilakukan SINAR Mas sangat bagus dan menginspirasi agar di masa pandemi ini kita harus terus membantu sesama

dewi sarah mengatakan...

masalah covid 19 ini tidak hanya masalah pemerintah saja, tetapi juga masalah seluruh warga negaranya. kita semua harus bersama-sama berusaha agar pandemi segera sirna..
tetap semnagta dan jaga kesehatan

lendyagassi mengatakan...

Senang sekali karena Sinar Mas bisa turut mensukseskan program pemerintah.
Dengan kerjasama yang baik, semoga kesejahteraan dan hidup bebas pandemi akan segera terwujud.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Senang sekali Sinar Mas begitu peduli dalam penanggulangan pandemi covid-19 ini. Diperlukan keikutsertaan semua pihak agar masyarakat terbantu, dan Sinar Mas memelopori lewat aneka kegiatan dan program yang baik ini

Mirna mengatakan...

enak gini ya bareng-bareng ngasih bantuan jadi langsung banyak dan bisa dirasakan manfaatnya. semoga ga cuma ini sih, semoga sinar mas bisa terus membantu pandemi covid ini melalui bansos dan aksi peduli

Sapamama mengatakan...

Senang rasanya kalau melihat perusahaan besar ikut turun membantu di masa pandemi ini. Kemarin sempat kewalahan perihal oksigen kan mam... Semoga ngga ada kejadian seperti itu lagi. Dan semoga Sinarmas bisa membantu vaksinasi penduduk di pedalaman, contohnya di pedalaman papua masih sulit mendapatkan vaksinasi.

Ade UFi mengatakan...

Salut ya sama sinarmas nih, semoga semakin banyak perusahan yang juga peduli pada orang-orang yang terdampak covid. semoga program seperti ini tidak berhenti saat pandemik berakhir.

Keke Naima mengatakan...

Semoga berkah bagi semua dan pandemi segera berlalu. Aamiin. Kita juga bisa nih ikutin langkah Sinar Mas. Bukan tentang besar kecilnya bantuan. Tetapi, kepedulian bersama

nchie hanie mengatakan...

Salut banget sama Sinar Mas ini, aplagi dengan melalui pelaksanaan program vaksinasi covid-19, yang dapat mendukung program pemerintah sehingga terbentuk kekebalan kelompok dan lingkungan kerja jadi lebih aman yaa.
Sukses buat Sinar Mas.

Milda Ini mengatakan...

iyah nih perlu banget saling bersinergi yah, semoga bisa mengikuti jejaknya sinar mas. terima kasih banget sinar mas sudah banyak membantu , semoga makin sukses

Dewi Rieka mengatakan...

Semoga banyak perusahaan mau berkontribusi seperti Sinar Mas ini ya membantu masyarakat di masa pandemi dengan menyediakan vaksin, tabung oksigen dan sembako.. Keren!

Dee_Arif mengatakan...

wah nggak hanya memberikan bantuan oksigen yang dibutuhkan saat pandemi seperti ini ya, Sinar Mas juga memberikan bantuan sembaku
salut dengan Sinar Mas ini

Dian farida ismyama mengatakan...

Lengkap banget ya mbak mulai dari alkes hingga sembako. Bahkan tabung oksigen yang sangat penting juga diberikan oleh Sinar Mas.

Dzulkhulaifah mengatakan...

Wah total donasinya sampai 650 milyar? Besar banget, ya. Semoga donasinya tepat sasaran, karena sekecil apa pun bantuan sangat besar artinya bagi yang membutuhkan. Apalagi bantuan sembako, vitamin, oksigen dan APD, ini yang paling penting banget kayaknya di masa pandemi ini, ya. Tentunya vaksin juga dapat membantu percepatan penanggulangan pandemi covid-19.

Wiwied Widya mengatakan...

Salut banget dengan kepedulian sinar mas di masa pandemi gini. Semoga bisa dicontoh oleh banyak perushaan lain. Kalau semua bahu menbahu begini, krisis akibat pandemi pasti bisa terlampaui

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) mengatakan...

Makin keren ya program Sinarmas ini. Kepedulian untuk membantu masyarakat, apalagi di tengah pandemi.

Mom and Lifestyle Blog mengatakan...

Salut banget sama program dari Sinar Mas, jadi keingat beberapa waktu lalu stok oksigen di rumah sakit menipis dan dalam program Sinar Mas juga membantu pasukan oksigen. Semoga makin banyak pihak yang tergerak untuk membantu penanganan pandemi covid ini

Sri Widiyastuti mengatakan...

Alhamdulillah ya mbak. Beneran manfaat banget program yang digulirkan oleh SInar Mas ini ya. Apalagi bantuan penanggulangan covid 19 ini dari mulai bantuan kesehatan hingga sembako. Tentu ini akan meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi covid 19

lendyagassi mengatakan...

Mulia sekali Sinar Mas ini.
Semoga ketika semua bergerak bersama menanggulangi pandemi covid-19, maka pandemi ini segera selesai dan kita semua bisa sehat selalu.

Nanik nara mengatakan...

bermanfaat banget bantuan dari Sinar Mas ini bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Memang partisipasi berbagai pihak dibutuhkan dalam masa-masa sulit ini ya mbak

Aswinda Utari mengatakan...

Bantuan yg banyaak banget. Sangat bermanfaat di masa begini. Smg pandemi bs segera selesai ya. Biar bs normal kek dulu lg

echaimutenan mengatakan...

kece memang sinarmas
dari awal pandemi juga sudah turun tangan buat bersama memperingan masyarakat menghadapi covid ini
dulu sinar mas bantuan apd dll buat nakes skrg oksigen yang naiknya astaga gila-gilaan juga terbantu sama sinarmas

diane mengatakan...

Wihh mantep nih Sinar Mas..bantuan seperti ini memang dibutuhkan banget ya oleh masyarakat... Semoga bisa semakin banyak bantuan untuk masyarakat dari Sinar Mas

Adriana Dian mengatakan...

Seneng ya liat banyak pihak bahu membahu dalam menuntaskan pandemi ini. Alhamdulillah Sinar Mas ikut bergerak juga yaaa.. Semoga semakin banyak perusahaan besar lain yang terinspirasi untuk turut serta bergerak juga yaaa

Helenamantra mengatakan...

salut dengan SInarmas dan para pengusaha yang saling bekerja sama membuat program CSR seperti ini. Semoga distribusi merata ke yang membutuhkan yaa dan bisa mempercepat bangkitnya Indonesia menghadapi pandemi.

Hermansyah mengatakan...

Semoga apa yang dilakukan oleh Sinar Mas ini bisa menjadi contoh untuk perusahaan-perusahaan besar atau swasta yang lain untuk
ikut berkonstribusi dalam menangani pamdemi covid 19 ini

Ika Puspita mengatakan...

Yang aku tahu, Sinar Mas ini termasuk perusahaan yang aktif dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan maupu kegiatan sosial ya mba. Menginspirasi sekali

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, kebutuhan akan tabung gas sangat dibutuhkan dan krusial terutama bagi pasien yg umumnya bergejala berat

Rezky Pratama mengatakan...

tetap semangat menjaga prokes sampai covid 19 hilang

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin. Semoga banyak pihak yang juga tergerak dan bersama serta bersinergi mengatasi permasalahan pandemi ini

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali, semua punya peran yg sama untuk berkontribusi dalam penanganan Pandemi ini
Berharap segalanya lekas membaik

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiin, iya semoga segala bantuan yang telah disalurkan akan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, mba..semoga bisa menginspirasi
Dan semakin banyak pihak swasta yg memiliki andil utk membantu meringankan permasalahan Pandemi ini