Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 12 Oktober 2019

Traveloka Xperience Beri Kemudahan Menapaki Wisata Bersejarah Candi Borobudur

Teringat akan masa sekolah dahulu, Saya begitu menyukai tentang sejarah, asal muasal dan legenda. Salah satu yang masih sedikit teringat adalah buku cetakan lama yang pernah Saya baca tentang Candi Borobudur di perpustakaan umum berhasil mengusik rasa penasaran Saya untuk suatu hari bisa mengunjunginya. Tinggal di kota metropolitan Jakarta tak melulu memiliki kehidupan mewah seperti yang digambarkan sinetron. Bisa dibilang jalan-jalan itu aktifitas mahal bagi keluarga Saya terlebih ke luar kota.

Akhirnya kesampaian juga bisa mengunjungi Candi Borobudur saat study tour dari sekolah. Dan kini, sudah kesekian kalinya berkunjung ke Jogjakarta bahkan di beberapa kesempatan bisa kembali berkunjung ke Candi Borobudur dimana kini semakin banyak pembaharuan terutama area sekitar candi di tata lebih nyaman.

Kemegahan Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang di bangun sekitar abad ke-9 atau antara tahun 750-800 an Masehi dan ditenggarai dibangun pada masa dinasti Syailendra, kerajaan Hindu Buddha yang pernah berjaya di nusantara. Candi megah yang pernah di nobatkan dalam salah satu keajaiban dunia ini memang begitu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Seakan menapaki jejak-jejak sejarah di masa lalu. Jika melihat bangunannya yang begitu luas, dengan relief yang terukir dan arsitektur bentuknya sungguh membuat takjub dimana bahkan era teknologi belum dikenal tapi bisa membuat karya candi yang begitu memukau. Bangunan Candi Borobudur memiliki enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya mempunyai atau terdapat pelataran melingkar

Sesungguhnya Candi Borobudur berada di kota Magelang, kurang lebih membutuhkan durasi 1,5 jam dengan kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat Kota Jogjakarta. Ah, jadi teringat pernah mendengar ungkapan 'orang Indonesia biasanya bisa lebih dari satu kali berkunjung ke Candi Borobudur.'

Salah Satu Stupa di Candi Borobudur
Nama Candi Borobudur berasal dari kata bara dan budur. Dimana bara memiliki arti kompleks biara dan kata budur memiliki arti atas dan jika digabungkan menjadi kata barabudur (dibaca) borobudur yang berarti kompleks biara di atas. Candi Borobudur terbagi ke dalam 10 tingkat yang berbentuk punden berundak. Filosofi yang terkandung pada bangunannya adalah untuk melambangkan tahap dan proses hidup manusia.

Kemegahan Candi Borobudur ini melambangkan konsep semesta dan nirwana yang terbagi dalam tiga zona, yakni Kamadhatu (alam yang sekarang dimana manusia tinggal), Rupadhatu (melambangkan alam masa peralihan dari dunia yang penuh hawa nafsu ke dunia yang mengarah ke Tuhan) dan Arupadhatu (alam tempat bersemayamnya para dewa atau maksudnya adalah manusia yang telah melepaskan semua hal yang bersifat duniawi) yang di gambarkan melalui relief-relief di dinding candi.

Salah satu Relief Candi Borobudur
Tempat yang kerap dijadikan lokasi ziarah bagi umat Buddha ini memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Kurang lebih ada 2672 panel relief yang jika disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Stupa utama terbesar terletak di tengah dan paling atas dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Saat datang ke Candi Borobudur, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan kemegahan candinya saja. Di kawasan candi ini juga bisa menikmati pesona alam yang begitu indahnya. Panorama di sekitar candi selalu digemari oleh para pemburu foto. Terutama ketika moment sunrise dan sunset.

Pesona Keindahan Alam dari Candi Borobudur
Bisa dikatakan, Candi Borobudur merupakan tempat wisata outdoor, oleh karenanya agar tidak kepanasan apalagi datang ketika siang hari, matahari begitu terik maka ada baiknya membawa payung atau topi untuk pelindung kepala. Jangan lupa juga selalu membawa air minum untuk mengurangi dehidrasi mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh karena luasnya mengelilingi area candi terlebih lagi jika mau menaiki tiap tangganya sampai puncak.

Jika weekend atau masa libur panjang tiba sudah bisa dipastikan Candi Borobudur di padati oleh para wisatawan.  Mengantri membeli tiket masuk komplek candi memang sungguh melelahkan. Bersyukur dengan segala kemajuan teknologi saat ini, segalanya jadi lebih mudah. Beli tiket masuk ke Candi Borobudur saja sudah bisa di pesan lewat traveloka.

Tiket Candi Borobudur Lewat Traveloka
Bahkan baru-baru ini Traveloka mengenalkan fitur terbarunya Traveloka Xperience dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan hiburan dan gaya hidup yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Kurang lebih ada 12 layanan pencarian dan pemesanan beragam kategori aktivitas liburan dan gaya hidup mulai dari Atraksi, Bioskop, Event, Olahraga, Spa & Kecantikan, Taman Bermain, Makanan & Minuman, Kursus & Workshop, Tur, Perlengkapan Travel, Kuliner dan Transportasi.
Layanan Traveloka Xperience

Traveloka Xperience menawarkan beberapa keuntungan. :
  • Memudahkan pengguna untuk dapat mudah masuk ke tempat rekreasi tanpa perlu mencetak tiket ataupun mengantri
  • Kecepatan dan kemudahan pemesanan tiket masuk dan voucher yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Banyak ragam pilihan produk aktivitas layanan di dalam dan luar negeri
  • Sistem pembayaran yang variatif dan mudah karena sudah bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia
  • Beragam aktifitas lebih nyaman tanpa cemas karena customer service siap menbantu 24 jam
Kini, merencanakan kegiatan liburan ke berbagai destinasi wisata bisa di lakukan tanpa ribet dan lebih praktis. Bahkan dengan fitur paket tur yang disediakan Traveloka Xperience, pengguna bisa memilih beragam destinasi populer baik di dalam maupun luar negeri sekaligus. Sesuaikan kebutuhan dan keinginan dengan berbagai layanan aktifitas #XperienceSeru yang tersedia di Traveloka Xperience. Hanya dalam satu aplikasi, lebih mudah, efisien dan nyaman pastinya.

Beragam Pilihan Paket Tur Seru

17 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, seru bener ya berkunjung ke Candi Borobudur. Rasanya kurang afdol aja ketika kita traveling ke Jogja ga mampir ke saan. Enak ya ada Traveloka Xperience begini. Kita bisa daoetin voucher discount, jalan2 jadi hemat. Bayarnya juga mudah ya.

Faisol Abrori mengatakan...

Baca postingan ini jadi kangen dulu pas study tour bareng temen-temen sekolah, iya, keren banget ini mah mbak.... Sekarang keren ya bisa pesan dengan mudah dengan aplikasi Traveloka Xperience

Dyah mengatakan...

Wah, keren banget bisa beli tiket Borobudur pakai traveloka xperience. Semakin canggih nih, marketingnya Borobudur.

Septia mengatakan...

Impianku dari kecil ke candi Borobudur mah, tapi belun kesampaian sampe detik ini. Ah semoga bisa ke sana dan menikmati indahnya alam di sekitar candi. Traveloka Xperience emang memudahkan kita banget, selalu hadir layanannya di sagal situasi. Kita butuh apa di sana tersedia. Keren deh pokoknya.

Ibadah Mimpi mengatakan...

Borobudur, salah satu tempat yang masih banyak menyimpan misteri yang belum terkuak. Setidaknya begitulah menurut kami.

Semoga suatu saat bisa berkunjung kembali kesini...

ariefpokto mengatakan...

Enak nih beli tiket Borobudur di Traveloka Xperience. Ga pakai ngantri deh. Kalau weekend atau musim libur lumayan soalnya

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku udah beberapa kali berkunjung ke Candi Borobudur loh. Ketika bersama keluarga aku sewa guide nya :) Supaya anak2 dan kita semua bisa denger langsung cerita sejarah dari guide. Nah enak nih sekarang kita bisa beli tiket apalagi yang promo ya, dari Traveloka Xperience. Pesannya mudah, bayarnya juga gampang.

Monda Siregar mengatakan...

waah.. keren tiket ke Candi Borobudur pun sudah masuk aplikasi Traveloka,
makin gampanng buat kita ya...

Anita Makarame mengatakan...

Pengen ke borobudur lagi. Dan mempraktekkan tips menjelajahi borobudur agar tidak terlalu capek: fokus menuju puncaknya dulu, baru turun sambil mengitari setiap kompartemennya. Dulu kesana muterin dulu sambil naik ternyata ngos-ngosan. Ada yang bilang pakai tips tadi ga terlalu capek. Next sewa guide juga biar makin seru.

Istiana mengatakan...

Wah.. Borobudur sunrise juga udah ada yaa di traveloka experience, mantap ya. Terakhir ke sana, aku langsung beli euy di hotel yang menyediakan sunrise Borobudur gini. Lumayan kali ya kalo pakai traveloka experience, jadi gk perlu antri gitu

hani mengatakan...

Pengen lagi ke Candi Borobudur. Udah lama banget engga ke sini. Terakhir sih yg masih dibuntuti pedagang asongan tuh. Mudah² sekarang lebih rapi. Jadi lebih bisa menikmati keindahannya...
Cek Traveloka juga ah...

Turis Cantik mengatakan...

Jadi kangen borobudur habis baca postingan ini. Terakhir sama ibuku ke sini.

Dede Diaz Abdurahman mengatakan...

Terakhir tahun kemarin ke Borobudur tapi acara kerja hehehe jadi gak bisa menikmati keseruannya

Dede Diaz Abdurahman mengatakan...

Terakhir tahun kemarin ke Borobudur tapi acara kerja hehehe jadi gak bisa menikmati keseruannya

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Huwaa, aku lama banget nggak ke Candi Borobudur. Jaman anak-anak masih kecil kayaknya terakhir kesana. Kayaknya kalo ke Borobudur paling asik saat pagi atau senja ya, bisa dapat foto kece

Putu Sukartini mengatakan...

Borobudur, terakhir ke sana sekitar 11 tahun yang lalu deh
Jadi pengen ke sana lagi bareng keluarga. Bawa bocah biar sekalian belajar sejarah
Tiketnya beli di Traveloka xperience dong

Matius Teguh Nugroho mengatakan...

Wah, bahkan tiket Candi Borobudur juga sekarang bisa dibeli di Traveloka Xperience ya. Tapi better ambil paket tur sekalian ya, karena transportasi umum ke sana agak susah, apalagi kalo mau sunrise.