Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 03 Oktober 2019

Grow Happy Inside Out Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Anak bahagia (doc. Pixabay)
Selama ini, mungkin banyak orangtua yang menganggap bahwa kebahagiaan anak hanya dapat diberikan melalui dukungan secara psikologis, untuk diketahui sebenarnya pun perlu juga  diimbangi dengan kebutuhan gizi yang cukup. Sebuah studi mengungkapkan jika seorang anak kekurangan asupan nutrisi yang seimbang, akibatnya akan memengaruhi tumbuh kembang serta kebahagiaanya.

Dalam rangka menunjukkan komitmennya untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal, Nestle LACTOGROW menggelar rangkaian workshop bertajuk “Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out”.  Nestle LACTOGROW percaya bahwa untuk dapat tumbuh kembang secara optimal, anak membutuhkan pola asuh yang tepat dan bantuan orang tua untuk mencapai kematangan emosi. Mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna, agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia.


Brand Executive Nestle Lactogrow, Pramudita Sarastri mengatakan, “Nestle Lactogrow turut mendukung tumbuh kembang anak Indonesia dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, tujuh mineral dan omega 3 dan 6, serta mengandung probiotik Lactobacillus reuteri."

Lactobacillus reuteri adalah probiotik yang terdapat di usus dimana merupakan mikrobiota baik yang terdapat di dalam usus besar dan usus kecil, yang bukan hanya berfungsi menjaga kesehatan pencernaan saja, tetapi juga mempengaruhi otak yang akan menentukan kognitif (kecerdasan) anak. 

Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, oleh karenanya diharuskan menjaga keseimbangan mikrobiota usus, di antaranya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

Talkshow Happy Lactogrow
Sebagaiman yang diungkapkan Dokter spesialis anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), "Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik."

Seorang anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat dan dapat menyerap nutrisi dengan baik. Dengan begitu anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik, sehingga dapat menunjang tumbuh kembangnya secara optimal.

Tak hanya memastikan asupan nutrisi, psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak yang dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur.

"Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik,” tutur Elizabeth.

Masa anak-anak memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang kognitif (proses belajar), nilai diri (self-esteem), social skill serta karakter anak saat dewasa. Begitupun dengan tumbuh kembang aspek sosiaI-emosional mereka nantinya akan tumbuh dengan baik dan positif seiring perkembangannya jika mereka merasa bahagia sejak kecil. 

Tingkat kebahagiaan seorang anak bisa dilihat dari tingkah lakunya. Anak yang bahagia cenderung aktif, ceria, gembira, suka tertawa, mudah beradaptasi, semangat tinggi, dekat dengan orangtua, kreatif, dan lainnya.

1 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya