Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 11 Juli 2019

Cara Simpel Pengajuan Kartu Kredit Melalui Online

Penggunaan Kartu Kredt di Masyarakat Modern (gamabar : pixabay)
Kehidupan modernisasi seperti sekarang ini semakin memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai aspek kegiatan, salah satunya ketika bertransaksi ataupun membayar tagihan. Banyak beragam macam cara dalam proses pertukaran itu sendiri bisa melalui tunai, transfer antar bank, internet banking atau bahkan yang lumrah dan banyak dimiliki banyak orang saat ini yakni kartu kredit. Saat ini, hampir semua pembayaran melayani sistem Kartu Kredit, itu sebabnya penggunaannya masih menjadi primadona bagi masyarakat urban sekarang ini. Untuk proses pengajuan Kartu Kredit sebenarnya cukup simpel dan mudah.

Pada dasarnya penggunaan kartu kredit bisa dirasakan kebermanfaatannya ketika di gunakan secara bijak dan benar. Banyak alasan yang mendasari seseorang akhirnya memiliki kartu kredit, selain yang telah di deskripsikan di atas, perihal kepraktisan pun menjadi pilihan selain karena tren juga dimana banyak orang kini lebih menyukai hal-hal yang cenderung fleksibel. Sebelum membuka dan mengujukan kartu kredit pastikan dahulu serta sesuaikan dengan kebutuhan. Proses dan lamanya pengajuan kartu kredit tergantung dari dokumen yang terpenuhi dalam persyaratan :


  1. Kartu identitas seperti KTP atau passport
  2. NPWP
  3. Fotocopy slip gaji kurang lebih 3 bulan terakhir
  4. Fotocopy Rekening Koran 3 bulan terakhir
  5. Kelengkapan pengsisian aplikasi form
Tak dipungkiri penggunaan kartu kredit sekarang ini semakin banyak diminati, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan penggunaan kartu kredit :
  • Meminimalisir bawaan dengan uang tunai, setidaknya mengurangi kewaspadaan akan tindak laku kriminalitas
  • Mempermudah transaksi pembayaran
  • Mengumpulkan transaksi dalam satu tagihan
  • Memiliki fasilitas pembayaran untuk kebutuhan rumah tangga
  • Bisa memperoleh asuransi kesehatan, perjalanan, dengan pembayaran yang menggunakan kartu kredit
  • Berkesempatan mendapat potongan diskon dari penawaran platform ataupun pusat perbelanjaan
Walaupun memang setiap bank umumnya memiliki kebijakan yang berbeda tergantung kerja sama yang terjalin dengan ritel itu sendiri. Bunga 0% dan beragam promo menarik juga sering menjadi daya tarik untuk nasabah dengan menggunakan kartu kredit.

Meski demikian, dalam penggunaan kartu kredit haruslah tetap bijak, jangan sampai kelewat batas yang berujung pada tagihan yang membengkak. Harus perhatikan juga limit maksimal dari kartu kredit yang dimiliki karena biasanya setiap bank penerbit memiliki ketentuan limit yang berbeda, biasanya hal ini di dasari pada penghasilan per-tahun, jenis kartu yang digunakan dan catatan penggunaan kredit nasabah itu sendiri.

Akan tetapi, saat ini begitu banyak sekali kejadian Cyber Crime yang begitu merugikan beberapa pihak. Misalnya saja bertransaksi dengan memanfaatkan  kartu kredit yang dilakukan pengguna internet untuk berbelanja akan tetapi memakai data milik orang lain melalui peretasan data. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan agar terhindar dari kejahatan online penggunaan kartu kredit :
  • Harus selalu perhatikan setiap melakukan transaksi di pertokoan, restaurant, usaha jasa atau berbagai tempat yang menerima pembayaran kartu kredit, pastikan di gesek di mesin EDC yang di lihat langsng.
  • Hindari melakukan transaksi online menggunakan hotspot umum atau wi fi publik
  • Jangan pernah memberikan data pribadi terkait kartu kredit kepada siapapun
  • Jika sekiranya menerima tagihan atau pembayaran yang memang tidak dilakukan segera laporkan kepada pihak Bank penerbit untuk di investigasi dan di tindak lanjuti.
  • Usahakan untuk selalu menyimpan setiap bukti transaksi menggunakan kartu kredit
  • Pastikan ketika berbelanja atau bertransaksi online dengan kartu kredit adalah melalui situs yang terpecaya.
Secara umum, mengajukan kartu kredit bisa melalui dua cara, yakni konvensional dan online.
- Cara Konvensional
Dimana nasabah bisa mengajukan kartu kredit secara langsung ke pihak bank. Bisa melalui  marketing kartu kredit langsung, mendatangi kantor cabang bank penerbit, atau lewat website bank. Jangan lupa, perhatikan semua syarat yang ditetapkan oleh pihak bank dan siapkan dokumen yang dibutuhkan.

- Cara Online
Jika ingin lebih simpel bisa melalui situs online. Pengisian formulir melalui situs https://www.cekaja.com/kartu-kredit/ tentunya akan semakin mempermudah proses perbandingan dan pengajuan aplikasi kartu kredit secara daring  di beberapa Bank di Indonesia dari berbagi fitur utama yang akan diajukan yang pasti lebih mempersingkat waktu dan menghemat tenaga. Disamping itu bisa juga membandingkan berbagai jenis kartu kredit sehingga dapat menemukan yang paling sesuai untuk kebutuhan.

5 komentar:

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Gampang ternyata ya Ti, tapi kita juga kudu ati-ati ya kan
udah masuk ke oJK atau belum gitu ya. Waaa nambah wawasan aku nih Ti

Tira Soekardi mengatakan...

semakin mudah ini

Ipeh Alena mengatakan...

Kartu kredit itu membantu banget terutama saat gaji belum turun. Tapi, memang pemakaiannya harus disiplin dan ekstra hati-hati. Biar gak kebablasan. Kalo kebablasan bisa menghambat saat mengajukan cicilan rumah (^^)

Zefy Arlinda mengatakan...

mudah memang tapi ingat-ingat nanti bayarnya eheheee

adhealbian mengatakan...

Semakin mudah yah ngajuin CC, dan semoga masyarakat Indonesia skrg bisa bijak dan pintar menggunakan CC, karena kalo kebablasan ngeriii hehe ;)