Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 08 Juli 2019

Airy Dukung Akomodasi Wisata Dengan Pemberdayaan Ekonomi Digital

Melakukan aktifitas traveling atau mengunjungi tempat-tempat baru bisa memberikan banyak manfaat dalam hidup. Beberapa diantaranya adalah membuka wawasan dan membentuk pola pikir yang lebih baik. Oleh karena itu, trend traveling sekarang terus bertumbuh.

Perkembangan pariwisata, mendorong  salah satu industri telah diakui sebagai bagian yang sangat penting. Dengan segala macam mekanisme dan pengaturannya yang cukup kompleks terkait pergerakan wisatawan pastinya membutuhkan sarana dan prasarana akomodasi yang melibatkan banyak aspek seperti penginapan, transportasi, restoran dan lain sebagainya.
Gathering Airy dan Katadata Indonesia
Seiring dengan teknologi yang terus mengalami kemajuan, saat ini rata-rata para wisatawan mengandalkan dan mencari segala informasi secara digital. Tentu saja ini menjadi challenge bagi pelaku industri pariwisata sebaiknya menjalankan bisnisnya secara digital pula.


Dengan standardisasi kualitas, Airy Indonesia berusaha membantu akomodasi-akomodasi lokal untuk meningkatkan daya saing di era digital. Melalui gerakan #BersamaAkomodasiLokal dari Airy  kian membuka peluang dalam memberikan akses cakupan pasar yang luas melalui basis konsumen yang besar serta dukungan marketing yang masif.

Bekerja sama dengan Katadata Indonesia, Airy melakukan riset yang menunjukan kontribusi di sektor pariwisata yang berdampak dan dihasilkan dibidang ketenagakerjaan mampu berkontribusi bagi pemberdayaan ekonomi lokal.

Rabu, 03 Juli 2019, bertempat di Balai Kartini - Jakarta Selatan, Airy bersama Katadata Indonesia menggelar acara bertajuk “Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah."

Pertumbuhan pesat teknologi memberikan jalan kepada beragam inovasi dalam bisnis, memungkinkan adanya efisiensi layanan dan penyesuaian harga yang signifikan bagi pelanggan. Airy hadir untuk mendukung perkembangan usaha akomodasi lokal yang sudah ada. Dengan mengembangkan jaringan akomodasi budget di seluruh Indonesia. Melalui jaringan ini, Airy memberikan jaminan kenyamanan dan keleluasaan harga bagi pelanggan sekaligus memberikan dukungan teknologi dan pengetahuan perhotelan yang komprehensif bagi mitra akomodasi.

Bapak Danny Handoko, CEO Airy menyampaikan "berkontribusi memajukan pariwisata, Airy senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui ekonomi digital. "

Oleh sebab itu untuk memajukan industri hotel dengan anggaran rendah, Airy tak berhenti berinovasi dalam memformulasikan dan membangun platform yang mampu memberdayakan Sumber Daya Manusia perhotelan di tanah air lewat lahirnya Airy Community. Sepanjang 2019, Airy rencananya akan menjalankan rangkaian pelatihan terutama aspek housekeeping dan front office dengan target hingga 4.000 karyawan mitra properti 13 kota di Indonesia.

Stevanny Limuria
Ibu Stevanny Limuria selaku Deputy Head of Research Analysis Katadata.co.id mengungkapkan "sektor pariwisata terus bertumbuh seiring kemajuan teknologi, dalam hal ini Airy bisa menjadi solusi akan hotel beranggaran minim serta peningkatan kemajuan kerja. Sejauh ini Airy telah melakukan upgrading skill untuk karyawan-karyawan dengan pemberdayaan ini, keberadaan Airy dapat membantu tingkat pengangguran di Indonesia.”

Terlebih akomodasi merupakan komponen penting dalam pariwisata. Dan nenurut Wolrd Travel and Tourisme Council (2019) Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara dengan pertumbuhan kinerja pariwisata tertinggi di dunia.

Turut hadir pula Bapak Khairil Anwar, perwakilan dari Kementrian Ketenagakerjaan dimana dalam pernyataannya "Keberadaan Airy Community memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perluasan kesempatan kerja dan pembangunan di sektor pariwisata karena menyentuh dua aspek, aspek di sektor pariwisata dan ekonomi digital."

Bapak Danny Handoko dan Bapak Khairil Anwar
Kemnaker memiliki tiga fokus utama dalam mendorong kualitas tenaga kerja. Fokus pertama adalah kebijakan orientasi program, pelatihan, dan pendidikan sesuai pasar kerja. Kedua, revalitisasi lembaga pelatihan untuk kepastian kredibilitas. Berikutnya adalah promosi kesadaran kebutuhan tenaga kerja terhadap pelatihan dan pendidikan.

Dalam sesi diskusi yang di moderatori Desi Dwi Djayanti dari Katadata.co.id hadir Indra Ni Tua, ST, M.Comm (Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Kementerian Pariwisata) mengungkapkan bahwa perkembangan pada sektor wisata sebaiknya tidak hanya dihitung secara kuantitatif, tetapi juga perlu ditingkatkan kualitasnya. Dan yang mesti disoroti adalah dan jadi perhatian adalah pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia menjadi prasyarat untuk mengembangkan sektor pariwisata, kedua hal itu dapat mengundang wisatawan.

Penyiapan tenaga kerja di bidang lokal pariwisata pun terus dilakukan. Hal ini disampaikan Drs. Sukiyo M M.Pd (Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan).  Pembekalan skill kepada tenaga kerja perhotelan yang berkaitan dengan Dunia pariwisata, harus juga dibarengi dengan pelatihan teknologi 4.0 dimana syarat seseorang dinyatakan kompeten adalah terlihat dari kinerja dan telah tersertifikasi misalnya melalui trilogi balai pelatihan yang memanfaatkan BLK spesial hospitality.
Diskusi Airy - Katadata Indonesia 
Viko Gara selaku VP Commercial Airy menyatakan kebutuhan travel sekarang ini naik kelas. Tren wisatwan lokal banyak yg budgetnya pas-pasan tapi ingin traveling. Airy menangkap traveler BPJS (Budget pas pasan jiwa sosialita) dimana para traveler tidak perlu tempat menginap mewah, yang terpenting bisa hunting lokasi.

Budget travel menjadi pilihan berwisata yang mengutamakan anggaran dalam melakukan pengeluaran perjalanan termasuk dalam memesan budget hotel. Selain lokasi dan jaminan kenyamanan, harga kamar yang terjangkau merupakan faktor utama dalam memilih tempat penginapan.

Sebagai virtual hotel operator memaksimalkan penggunaan digital platform dalam memberdayakan akomodasi lokal. Sebagai start-up dibidang jasa hospitality, Airy menyediakan jaminan kenyamanan yang standarisasi. Telah mengelola ribuan kamar dari ratusan mitra-mitra hotel terbaik di seluruh Indonesia, seluruh kamar hotel yang ditawarkan Airy Rooms dipatok dengan tarif yang sangat terjangkau bagi seluruh kalangan dengan rentang harga di bawah rata-rata yakni mulai dari Rp 150.000,-/malam.

Meski label hotel budget melekat pada Airy Rooms, bukan berarti kamar hotel yang ditawarkan minim fasilitas. Setidaknya Airy menjamin standar fasilitas yang terdapat di setiap kamar meliputi : tempat tidur bersih, jaringan WiFi gratis, televisi, pendingin ruangan, amenities, toilitters dan air minum gratis.


Airy Room Hotel Budget Pilihan

10 komentar:

Barracuda A2 mengatakan...

Terimakasih infonya, sukses terus ..

sari widiarti mengatakan...

Kalau ada pelatihan gini, skill semakin terasah, hotel nggak hanya fasilitas aja, tapi juga pelayanan. Tapi kalau nginep di airy, kamarnya udah standar ya, ada cemilannya 😂

Utie Adnu mengatakan...

Iyaappp akupun suka stay pakai airy room low budget bngt tapi gak muurahan selama ini fasilitasnya lumayan bngt

Zefy Arlinda mengatakan...

Aku belum pernah coba airy sih, tapi kayaknya ok. Aku pernah baca review dari seorang teman di blognya

kataresi mengatakan...

Seru ya dek kapan kita nginep bareng lagi yuk pake airy sesekali

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Airy ini idaman banget buat nginep kalo lagi ada gawean atau jalan-jalan
harganya bersahabat, tempatnya juga nyaman aku suka banget Ti
berkah banget ih kamu bisa ikutan acaranya

Suzannita mengatakan...

Aku pun suka Stay di kamar budget ya seperti di airy ini karena meskipun murah tapi gak murahan fasilitasnya

Peri Hardiansyah mengatakan...

Keren, jadi sistem pengembangan airy sejalan dengan selera pasar dan pertumbuhan teknologi dan gaya hidup pelanggan.

Eni Martini mengatakan...

Airy nih mwmbantu banget ya buat traveler dengan budget cekak tapi butuh kenyaman saat menginap

Naqiyyah Syam mengatakan...

Keren ini mendukung wisata dan juga tenaga kerjanya. Budget nginap di Airy ini sesuat dengan dompet hehe... jadi kalau tempatnya nyaman dapat plus deh ya