Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 19 Januari 2019

Ajang Lari Sun Life Resolution, Ajak Terapkan Hidup Sehat

Jika direnungkan dampak kemajuan teknologi ternyata berakibat banyak bukan sekedar positif, hal negatif pun kerap kali terjadi. Salah satunya adalah malas bergerak yang dapat mengakibatkan kesehatan tubuh memburuk. Pola kerja yang terus menerus berhadapan dengan komputer misalnya atau yang rutin berkatifitas dengan smartphone kerap kali membuat intesitas bergerak lebih sedikit.

Parahnya, kebiasaan yang tak disadari ini sudah menjadi gaya hidup. Yang bagi beberapa orang kebiasaan tersebut sudah menjadi bagian dari rutinitas harian sehingga sudah terlanjur merasa nyaman. Meskipun kerap kali tidak disadari, karena kurang bergerak ini akan berdampak secara langsung pada kesehatan.

Terlebih bagi generasi millenials yang sering kali terlalu asyik dengan gawainya sehingga, tidak sedikit dari mereka malas bergerak. betah duduk berlama-lama sambil menatap layar ponsel. Padahal pola hidup seperti ini mengakibatkan pembakaran kalori jadi lebih sedikit dan kemudian akan berujung pada kenaikan berat badan. Belum lagi permasalahan dari pola makan yang lebih mendominasi adalah yang praktis dan cepat saji yang pada nyatanya makanan tersebut mengandung tinggi kalori dan lemak jenuh sehingga justru dapat merugikan kesehatan.

Sun Life Resolution Run Indonesia 2019

Sun life resolution Run Indonesia

Berangkat dari kepedulian akan kesehatan generasi saat ini, Sun Life menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang mengajak masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat sebagaimana kampanye yang selalu di gaungkan 'Live Healthier Lives', sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru. Dalam hal kesehatan, setidaknya ada tiga resolusi yang umumnya menjadi keinginan banyak orang yakni :
- Menjalani Pola Makan Sehat - Diet (71%)
- Lebih Rutin dan Rajin Berolahraga (65%)
- Menurunkan Berat Badan (54%).

Sebagaimana yang didampaikan Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia yang ditemui di CGV FX Jakarta. Beliau mengatakan, “Berdasarkan data Riskesdas 2018, angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, dari 11,3% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018. Fakta ini sejalan dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’  yang terlalu banyak bekerja (overworked), atau banyak mengonsumsi makanan (overeating) tidak sehat, dan  semakin kewalahan dalam menghadapi hidupnya (overwhelmed)."

Sun Life Resolution Run merupakan sebuah kegiatan menggalang donasi yang diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Sun Life Financial Indonesia.
Dimana seluruh peserta akan ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk hidup lebih sehat dan melawan diabetes. Bersiaplah untuk mengayunkan langkah lebih cepat dan lebih kuat di kategori 5K atau 10K, atau berlari sambil berbagi keceriaan bersama sang buah hati di kategori 1.5K Family Run yang bertempat  di ICE BSD, Tangerang pada 20 Januari 2019. Kegiatan ini sebenarnya telah menjadi agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di Filipina, Hong Kong, dan Vietnam.

Sun Life Run Resolution

Ajang lari  Sun Life Resolution Run 2019 telah memenuhi kuota untuk 1500 peserta, tiketnya bahkan telah habis sebelum batas waktu pendaftaran. Ini kian membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap olahraga lari  sangat tinggi. Berdasarkan riset Sun Life Financial Asia Health Index, sebanyak 60 persen responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya. Hal ini juga dibuktikan dengan catatan jumlah kompetisi lari yang digelar di Indonesia sepanjang 2018 mencapai lebih dari 340 kompetisi.

Gelaran Sun Life Resolution Run menjadi acara penting karena selain berlari, seluruh biaya pendaftaran para peserta akan di donasikan untuk pencegahan dan penggulangan penyakit diabetes, karena salah satu resiko kelebihan berat badan dan obesitas adalah penyakit diabetes. Kami berharap, kompetisi lari ini akan menjadi langkah awal yang baik bagi masyarakat untuk lebih peduli pada kesehatan." Ungkap Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial.

Sun Life ingin memotivasi dan menginspirasi berbagai generasi untuk mencapai resolusi hidup yang lebih sehat. Karena resolusi lebih dari sekadar komitmen, ini tentang melakukan aksi nyata. Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial sejalan dengan kampanye 'Live Healthier Lives'. Ada 4 tema besar kampanye kali ini meliputi : Kwartal pertama (fisikal health), Kwartal kedua (financial health) Kwartal ketiga  (children health) dan Kwartal keempat  (fokus ke kegiatan diabetes).

Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan “Berlari merupakan olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, membantu membangun dan menguatkan tulang, meningkatkan denyut jantung, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas. Ajang kompetisi seperti sun life resolotion ini dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat dan motivasi berolahraga, karena dilakukan secara bersama-sama. Namun, ada yang harus di ingat, sebelum berkompetisi perhatikan hal mendasar seperti menjaga asupan yang sesuai, mengenali kondisi diri, serta melakukan latihan secara rutin."

Sun life Run rresolution

Selain melibatkan masyarakat umum, turut berpartisipasi pada kegiatan ini, dua public figure yang juga terus mengampanyekan pentingnya hidup sehat, dan telah rutin melakukan aktivitas olahraga lari adalah Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. Bersama Sun Life, keduanya terlibat aktif menggaungkan semangat ‘Live Healthier Lives’, untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

"Menjaga kesehatan harus dimulai sejak dini saat usia masih produktif. Sebab sehat adalah investasi masa depan yang paling penting, karena dengan tubuh yang sehat Kita bisa bebas berkarya dan beraktivitas." Ibnu mengungkapkan.

Kelly menambahkan "Hidup sehat adalah hal yang baik dan memberikan banyak dampak positif.  Sejak kecil memang sudah  gemar berolahraga termasuk dalam menjalani konsep gaya hidup sehat sudah dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari."

Menjalani keseharian yang super padat sebagai model, dan aktris tak menjadikan Kelly menanggalkan kegemarannya. Dalam beberapa kesempatan Ia pun kerap kali ikut dalam ajang lari. Oleh karena itu, Kelly cukup antusias menyambut gelaran Sun Life Resolution Run ini. Ada beberapa tips yang di sharingnya hari itu :
-Minum yang banyak, jangan sampai hidrasi
- Latihan minimal sebulan sebelum rice (seminggu 3-4x)
- Asupan gizi diperhatikan, terutama karbohidrat
- jangan lupa minum vitamin terutama omega 3

Aktivitas fisik seperti berolahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup, jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu). Pun tetap harus di ingat untuk teratur melakukannya secara rutin dan konsisten. Demikian juga dengan pola makan serta istirahat yang cukup karena semuanya saling berkaitan dalam menerapkan hidup yang sehat.

57 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

acaar seru ya, olahraga memang hrs jd pola hidup kita ya

unggulcenter mengatakan...

Ibnu jamil yang artis sinetron itu ya? Beda banget sekarang yak.

Ira Guslina Duniabiza mengatakan...

Bagus juga ya mba program sun life ini,, jadi membiasakan untuk hidup sehat. program yang mudah diikuti dan punya nilai manfaat ya..

Elly Nurul mengatakan...

Ajang kompetisi lari yang sangat inspiratif, awal tahun dimulai dengan resolusi sehat, sun life indonesia melalui ajang sun life resokution run mengajak masyarakat untuk mewujudkan hidup sehat dengan aksi nyata.. bukan hanya sekedar cacatan resolusi saja ya ka!

Abby Onety mengatakan...

Semoga kegiatan yang dilakukan oleh Sun Life Resolution ini bisa berkelanjutan dan dapat memotivasi masyarakat untuk paham tentang pentingnya hidup sehat.

Anisa mengatakan...

Thank you for sharing

Rani Yulianty mengatakan...

Belum pernah ikut acara funrun atau lomba lari gini, pengen sih sesekali ikut agar bisa melatih fisik dan menjaga kesehatan juga

Awan mengatakan...

Waah keren bangat acara Sun Life Resolution Run ini karena ternyata bukan hanya mengajak masyarakat berolahraga tetapi juga mengajak masyarakat untuk berdonasi. Mantaps!

Rani Yulianty mengatakan...

Pengen banget suatu saat ikut acara funrun gini, untuk melatih kebugaran tubuh, kalau bisa sih lari jadi lifestyle, namun belum kesampaian aja nih

Okti Li mengatakan...

Duh saya masih malas malas nih. Boro2 3 sampai 4 kali seminggu latihan satu kali seminggu saja juga jarang. Padahal olah raga seperti lari sangat mudah dan murah ya...

April Hamsa mengatakan...

Hidup sehat, seperti kata Kelly, emang enggak akan bikin kita rugi ya mbak? Malah bagus krn kita akan jauh2 dr penyakit2. Apalagi penyakit zaman skrng serem2 :(
Lomba larinya keren. Sekalian sambil berdonasi ya :)

dony prayudi mengatakan...

Penting nih ikutan beginian buat tahu seberapa kuat stamina kita. Dulu sering ikutan yang 5 km sih. lumayan juga buat jaga kesehatan badan

catatanemak mengatakan...

Sblm sering mantengin IG Ibnu Jamil, Mak kagak tau klo dia hobi running. Eh ternyata doi seorang runner. Klo Mak intip di IGnya mah persiapannya ckp oke juga utk Sun Life Resolution Run ini

Nurul Mutiara RA mengatakan...

Kalau acara dari Sun life itu biasanya memang keren-keren sih mbak. Intinya mengajak orang lain untuk lebih mempedulikan hidup. Apalagi menyoal kesehatan dan gaya hidup yang serba instan, semuanya perlu olahraga dan ajakan hidup sehat.

Adi Pradana mengatakan...

Yuk balapan mlayu... :D

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

banyak ya persentase yang punya resolusi hidup sehat. Tapi sayang, kita gtw apakah akan diterapkan dan sudah benarkah ketika menjalankkannya nanti. Saya punya resolusi hidup sehat dengan aktif bergerak minimal jalan kaki 8000 langkah. dan olahraga mingguan satu kali. Yuk ah hidup sehat dimulai dari sekarang. salam sehat.

Anis khoir mengatakan...

Enak banget ikut beginian ibaratnya sekali Mendayung Dua pulau terlampaui karena bisa olahraga sekaligus berdonasi

Sara Neyrhiza | neyrhiza.com mengatakan...

betul olahraga itu penting banget. Saya yang aktif olahraga setiap hari merasakan betul manfaatnya.

Evi Fadliah mengatakan...

Yess, Key pun juga senang sama olahraga lari Ka. Kadang nyempetin dalam sebulan 2-3 x lari di GBK. Next kalau ada event serupa pengen ikut yg family run dech!!

Monica Anggen mengatakan...

Sun Life konsen banget ya mengajak orang untuk hidup lebih sehat. Salut. Semoga makin banyak orang yang senang olahraga, termasuk saya. Akhir-akhir ini mulai lagi jalan santai atau joging pagi nih, biar sehat juga

Okti Li mengatakan...

Kecanggihan teknologi bisa jadi yang menjadikan malas gerak saat ini semakin menjadi gaya hidup. Padahal mager ini sudah jadi sumber penyakit tidak menular seperti diabetes, kolestrol, stroke, dll. Jangan sampai kita disinggahinya

Yuk ah rajin bergerak...

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Pola hidup yang kurang baik emang pengaruh sekali yah mbak. Harus mulai olahraga dan jaga pola makan dan hidup lebih sehat lagi nih.

Aku juga sekarang kalo pagi suka lari nih mbak, walopun harus melawan rasa malas hehe.

Putu Sukartini mengatakan...

Artikelnya nampol banget nih buat saya yang akhir-akhir ini mulai malas olahraga huhuhu

Yuk ah semangat lari
Asal jangan lari dari kenyataan

Oni Hoironi mengatakan...

Jadi pengen deh ikut2 event lari kaya gini!
Kalau ada lagi, infoin dong ke aku ka. Karna kesehatan itu penting banget kan

charles emanuel. mengatakan...

Salut sama konsep yang dibuat, memadukan antara proteksi dan gaya hidup sehat..pengen ikut lomba larinya tapi berapa ya biaya pendaftarannya?

Nychken Gilang Bedy S mengatakan...

Apalagi bagi penulis harus lari nih

xen mengatakan...

Jadi sehat lari nih

Echi Mustika mengatakan...

Semoga dengan program ini makin banyak masyarakat yang hidup sehat, aku nyerah deh kalo lomba lari.. Ak lari nguber bakso aja

Inna Riana mengatakan...

jadi kesentil buat jalani hidup sehat dan rajin olahraga. yuk mari semangat lagi :)

Endah Kurnia Wirawati mengatakan...

Gaya hidup sehat memang tidak hanya pola makan yang sehat, tapi harus dibarengi olahraga juga supaya semakin maksimal hasilnya.

Saya pribadi sih suka jalan kaki dan bersepeda. Tapi kadang suka ikutan acara lari juga sih.

Acara Sun Life Resolution Run ini bagus banget ya.. biar kita bisa makin rajin olahraganya

Evi Indrawanto mengatakan...

Akhir-akhir ini aku juga mulai malas bergerak. Padahal tahun-tahun lalu rajin jalan pagi. Mesti dibakar lagi nih semangat hidup sehatnya. Olah raga itu kan kontrak kita seumur hidup ya :)

fenni bungsu mengatakan...

yes resolusi sehat di tahun 2019, kuy ah kita lari agar semakin sehat, jangan lari dari kenyataan hhihi

April Hamsa | Author keluargahamsa.com mengatakan...

Betul mbak, menjaga kesehatan sebaiknya dimulai sejak usia masih produktif yaa. Jd saat masa tua tinggal menikmati hasilnya. Enggak sait2an dan gak nyusahin keluarga. Bisa dimulai dengan lari jogging gtu2 ya, sblm akhirnya ikutan lomba lari kyk sun life resolution run ini :D

Afifah Mazaya mengatakan...

Family run sehatnya bareng-bareng, ya. Mungkin jadi lebih semangat kalau sekeluarga gitu.

Damar Aisyah mengatakan...

Resolusinya aku banget itu, hehehe. Mulai dari pola hidup sehat, rutin berolahraga kemudian ngarep bonusnya turun berat badan. Iya, karena terasa bangets ekarang minim gerak. Jadi mau nggak mau harus dipaksa.
Btw, unik juga nih konsep dari Sun Life, karena jarang-jarang loh, ada perusahaan asuransi yang konsen dengan perubahan gaya hidup kayak gini. Biasanya lebih ke proteksinya aja, kan?

bundasugi.com mengatakan...

suka dengan kalimat ini, "Menjaga kesehatan harus dimulai sejak dini saat usia masih produktif.". itu alasannya saya berusaka menyukai olah raga, masih berusaha lhoo ya ... hehe, kadang juga agak malas

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba agar tetap sehat dan bugar

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya betul mas, sebelumnya sering liat dia berperan jd driver ojol :D
Ibnu sekarang keliatan lebih rajin berpatisipasi di acara bertema olahraga

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya mba karena.berlangsung juga untuk charity dimana ada.sumbangsih dan keperduliaan utk obesitas dan.diabetes

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Iya..sebagai bentuk wujud nyata bahwa resolusi sehat jgn sekedar jadi rencana tapi juga harus di wujudkan

Keke Naima mengatakan...

Pengaturan pola makan, berolahraga, dan menurunkan berat badan memang jadi catatan banget buat saya. Lagi mengusahakan ketiganya

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Ammin semoga kegiatan menebar kebaikan akan kian banyak

Farhati Mardhiyah mengatakan...

Resolusi 2019 tiap pagi mau jogging, realita udah capek ngurusin rumah sebelum berangkat kerja haha

Tapi emang penting banget jaga pola makan sama olahraga karena hasilnya bisa nurunin berat badan

Acaranya keren nih dari sun life

Andi Nugraha mengatakan...

Asik nih acara seperti ini. Terlebih ada eventnya.
Kalau deket pengen ikutan lombanya. Gak cari menang, tapi sehatnya :)
Olahraga memang jadi salah satu cara untuk diet sehat ya, Teh :)

inez mengatakan...

wah seru nih lari ky gini, pola hidup harus sehat dan olahraga teratur

Dian Restu Agustina mengatakan...

Kerrn ini ya eventnya Sun Life, berlari sekalian berdonasi.
Juga ada tips untuk kesehatan dan persiapan ikut lomba lari pula.
Terima kasih sharingnya Mbak

Dian Restu Agustina mengatakan...

Acaranya seru banget..Ya lari ya donasi. Keren event Sun Life ini!

Maria Soraya mengatakan...

3 resolusi di atas itu aku banget. Untuk saat ini dimulai dengan mengurangi minuman soda + kopi karena bikin badanku melebar.

Adikku yg cowok ikut eventnya kemarin. Demi event ini, dia pulang ke Jakarta dari Bali. Katanya,lari bikin addict.

@blogger_eksis mengatakan...

Betul pake banget kak. Intinya jangan mager yaa*

Kuy, kita mulai pola hidup sehat di awal tahun!

Ekopriantoblogs mengatakan...

Wah seru nih,,,,bisa marathon sama artis hhhe

Riri Restiani mengatakan...

resolusi sehat 2019 niih, pengen banget bisa rutin berolah raga, cuma kadang kebawa mager deh. semoga kedepanya bisa lebih rutin ah.hehe

ria mustika mengatakan...

Program ny bagus mengajak masyarakat hidup sehat.. Saya juga sebulan ini nyobain rutin olahraga,,,, badan kerasa lebih ringan dan segar

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Ajang lari seperti ini memang seru banget ya mba. Ikutan juga ga mba

andyhardiyanti mengatakan...

Wuihh jumlah pesertanya banyak banget ya mbak. Kalau urusan lari gini, saya kayaknya nyerah deh. Gak kuat euy..

Visya Al Biruni mengatakan...

Isu kesehatan memnag ga bisa dirrmehksn ya mbs. Nheri kslo lihat angka2 penyakit kronis yg kisn merangkak baik deh :(

Uli Hape mengatakan...

perlindungan seperti ini memang perlu menjaga kesehatan dengan olahraga memang koentji semuanya ya

Sugi Siswiyanti mengatakan...

Olahraga lari makin digandrungi. Selain menyehatkan, sebagai gaya hidup,juga bisa menjadi salah satu media bakti sosial.