Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 26 April 2018

Rangkaian Kegiatan Ansor Fair 2018 di Green Pramuka Square

Perkembangan era globalisasi telah menyasar di berbagai sektor termasuk dalam segi ekonomi. Hingga saat ini sebagian besar perekonomian Indonesia cukup di pengaruhi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di negara-negara berkembang, UMKM masih menjadi pondasi ekonomi utama yang dianggap cukup mampu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Bisa dikatakan memiliki peran yang cukup strategis dalam mengurangi angka pengangguran serta memerangi angka kemiskinan, dimana kontribusi utama terbesar melalui Industri Ekonomi Kreatif.

Ansor Fair 2018 (Doc.Pribadi)
Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap perkembangan UMKM, beberapa hari lalu di gelar perhelatan Ansor Fair 2018 yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai dari 22 April - 24 April 2018. Bertempat di Green Pramuka Square, Jalan Ahmad Yani Kav. 49, RT.16/RW.9, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat - 10570.

"Green Pramuka Square sangat mengapresiasi Ansor Fair 2018 yang diadakan oleh GP Ansor. Sebab kegiatan ini sangat bersifat positif dalam mendorong semangat kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat dalam menuju ekonomi berkelanjutan." Tutur Liza Monalisa, GM Green Pramuka Square.

Presscon Gelaran Ansor Fair 2018 (Doc.Pribadi)

Green Pramuka Square

Berada di lokasi yang sangat strategis, diharapkan bisa menjadi titik point acara yang mudah dijangkau dari berbagai penjuru wiayah Jakarta dan sekitarnya. Sebagai pusat perbelanjaan dengan mengusung konsep lifestyle dengan luas lahan sekitar 37.000 meter persegi. Berada dalam satu kawasan hunian tower apartment warna-warni dengan berbagai macam akses kemudahan.

Tersedia berbagai unit di empat lantainya yakni Lower Ground, Ground Floor, Upper Ground serta lantai 1 dengan bagian parkir yang cukup luas tersedia di basement hingga ground floor, dengan kelengkapan fasilitas seperti musholla, klinik hingga fasilitas penunjang lainnya.

Di satu sudut area Main Atrium, acara puncak Ansor Fair 2018 berlangsung. Perhelatan ini merupakan perayaan hari lahir GP Ansor ke-84 dengan tema Hubbul Wathan Minal Iman alias Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman.

Perhelatan Ansor Fair 2018

Menghadirkan berbagai kegiatan meliputi pameran UMKM yang diikuti kurang lebih 34 perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia, job fair yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta, serta diskusi bisnis bersama para pengusaha inspiratif.

Pejabat dan Tamu undangan (Doc. Ovy Yanti)
Disamping itu, dalam pegelaran ini juga menampilkan berbagai acara hiburan yang menampilkan Giring, Institute Musik Jalanan dan Syaiban Gambus guna menyemarakan acara yang berlangsung tersebut. Tidak sekedar itu saja, terlihat beberapa petinggi turut hadir dalam perhelatan tersebut seperti Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) Agus Muharram, Menteri ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta beberapa kader Ansor dan pejabat terkait lainnya.

Saleh Ramli, Ketua panitia Ansor Fair 2018 mengatakan  "Pelaku UMKM yang bergabung merupakan anggota GP Ansor dan selama gelaran Ansor Fair 2018 berlangsung, mereka  akan mendapat pelatihan mengenai pendalaman bisnis, bagaimana mengakses permodalan perbankan, dan memasarkan produk hingga pasar nasional."

Sebanyak 33 UMKM dari seluruh Indonesia turut memamerkan produknya, seperti kopi, kerajinan tangan, batik, dan minuman. Produk asli rancangan berbagai wilayah seperti Pekalongan, Madura, dan Cirebon.
Salah satu stand kerajinan (Doc.Pribadi)
Tujuan dasar GP Ansor adalah mengembangkan potensi ekonomi kader dan pemuda, baik secara individu maupun kelembagaan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan akan mampu menggali potensi masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun masyarakat yang mandiri.

Adapun sebagai bentuk implementasinya yakni dengan pelatihan UMKM yang cukup rutin dilakukan di daerah-daerah yang terus dijalankan.  Setidaknya dalam tiap minggu ada kaderisasi dan sharing informasi mengenai materi bisnis, keamanan, dan materi internal.

7 komentar:

Leyla Hana mengatakan...

Oalah GP Ansor ngadain bazar juga ya. Bagus juga buat mendongkrak ekonomi umat.

Utie adnu mengatakan...

hmm mudah2an acaranya rutin jadi apalagi buat UMKM ngaruh bangt untuk menunjang mereka

Novitania Pambhudi mengatakan...

Acaranya kece ya. Moga acara kaya gini smakin rutin kedepannya. Agar menjadi momentum kebangkitan ekonomi umat ya kak

Ani Berta mengatakan...

Semoga pihak lain pun turut mendukung UKM Indonesia seperti Green Pramuka dan GP Anshor ini

lita chan lai mengatakan...

perhelatan yang seru...membawa marwah UKM lebih maju.

Sadewi mengatakan...

Keren banget emang Green Pramuka dan GP Anshor ini mendukung UKM, aku sering ke mall ini dan sering banyak acara juga di Green Pramuka ini

Hammer Of Thor mengatakan...

bagus informasinya