Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 28 Februari 2018

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Travelling


Sering kali Saya mendapat pertanyaan dari beberapa teman yang lama tidak berjumpa, "next travelling kemana lagi ?" Seakan image tukang jalan begitu melekat. Tapi, Saya cukup senang itu artinya ada perhatian terhadap aktifitas Saya, dan lebih merasa luar biasa ketika beberapa berpendapat suka dengan setiap post perjalanan beberapa tempat yang Saya kunjungi. Menjadi informasi bagi mereka yang belum berkesempatan atau hendak mendatanginya.

Jika ditanya kenapa Saya suka travelling ? sebenarnya begitu banyak hal yang mendasari, tak jauh berbeda dengan kebanyakan orang yakni untuk refreshing.  Bagi Saya, melakukan perjalanan itu seperti memaknai kehidupan dimana disetiap jejaknya akan ditemui banyak pelajaran berharga.





Dengan travelling, menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi kejenuhan dari segala runtinitas yang monoton. Melakukan hal-hal baru yang tidak biasa sekaligus menjadi proses belajar bersosialisasi terhadap orang yang ditemui bahkan warga lokal. Semakin lebih banyak tahu mengenai suatu adat dan budaya setempat, tradisi, hingga kuliner khas suatu daerah. Yang paling berharga adalah sebuah pengalaman dalam perjalanan itu sendiri

Selama melakukan travelling, Saya kurang nyaman jika harus ribet dengan banyak barang bawaan. Selama ini bisa dikatakan Saya termasuk pejalan yang praktis dengan packingnya. Sebisa mungkin membawa berbagai kebutuhan secukupnya saja. Setidaknya, beberapa barang bawaan yang wajib Saya bawa ketika hendak travelling :

1. Dokumen

Segala identitas diri seperti KTP atau SIM, tiket transportasi perjalanan, BPJS, bahkan passport untuk perjalanan luar negeri harus selalu wajib masuk dalam tas karena kesemuanya pasti sangat dibutuhkan ketika berada di tempat asing.

2. Pakaian

Siapkan pakaian secukupnya saja sehingga tidak memenuhi ruang dalam ransel yang digunakan. Usahakan membawa pakaian yang nyaman ketika digunakan dalam berbagai kondisi. Pakaian dalam juga jangan sampai tertinggal, selain itu jaket atau sweater juga harus masuk dalam list.

3. Berbagai Keperluan Pribadi

Sebisa mungkin harus fleksibel dan siap sedia terhadap berbagai kebutuhan. Meskipun barang-barang ini, mungkin saja tidak sulit ditemukan di tempat tujuan tapi untuk membuat anggaran perjalanan lebih efisien ada baiknya persiapan ini sudah masuk dalam packingan.

Adapun berbagai perlengkapan itu seperti
Alat-alat mandi, kosmetik, obat-obatan dan perlengkapan ibadah seperti mukena, jas hujan atau payung terlebih ketika cuaca tidak menentu.

4. Uang tunai

Bawa uang tunai seperlunya, usahakan tidak banyak membawa secara berlebihan agar tidak memancing kejahatan. Ada baiknya, siapkan juga kartu debit untuk berjaga-jaga ketika membutuhkan dana tambahan yang bisa digunakan ketika bertransaksi atau membutuhkan dengan mengambilnya tunai melalui ATM.

5. Smartphone

Handphone pintar yang semakin banyak disempurnakan dengan spesifikasi mutakhir dan sudah pasti akan sangat membantu sekali dalam perjalanan. Dengan fitur kamera yang canggih akan bisa mengabadikan momen saat travelling melalui foto atau video.

Daya baterai yang mumpuni, sangat dibutuhkan untuk itu jangan lupa juga selalui siap sedia charger handphone, power bank dan rol colokan atau Steker T Multi.

Jika perjalanan yang ditempuh sangat panjang terlebih ketika menggunakan jalur darat via bus atau kereta sudah tentu akan menimbulkan rasa kejenuhan. Apabila mengantuk masih bisa disiasati dengan tidur. Namun ketika rasa bosan melanda, bisa diakali dengan melakukan hal favorite yang menyenangkan.


Browsing, menelusuri media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan rasa jenuh ketika di perjalanan. Namun, hal itu bisa membuat smartphone lebih cepat lowbat. Untuk itulah buku bacaan menjadi alternatif lain yang bisa menjadi pilihan. Membaca buku bacaan, membuka lembar demi lembar, lalu mulai tenggelam dalam cerita, kata-kata, dan tokoh-tokoh yang mengajak berkelana membuat waktu dan jarak menjadi tidak begitu terasa.

Hal lain yang bisa dilakukan ketika jenuh di perjalanan bisa dengan mendengarkan musik. Penggunaan headseat kabel sering kali agak membuat ribet, oleh sebab itu saat ini penggunaan headseat wireless semakin diminati. Berbagai desain dan model  begitu banyak di pasaran dengan fitur dan keunggulannya masing-masing. Saat ini harga headset wireless pun cukup terjangkau. Dengan beragam nominal jual yang ditawarkan tergantung dari segi kualitasnya.

18 komentar:

Agus Supriyono (agugus.com) mengatakan...

Traveling sekarang ga membosankan ketika perjalanan ada handphone canggih, headset wirrless

Dian Safitri mengatakan...

Bawaanku ribet ketika traveling. Bukan pakaian, tapi justru sama gadget dan peralatan fotografinya.

Djangkaru Bumi mengatakan...

Hape wajib dibawa, demi mengabadikan tempat-tempat yang dikunjungi. Untuk nanti menjadi bahan cerita di blog sekaligus hape juga bisa menjadi tempat membuang suntuk dan jenuh dengan mengdengarkan musik. Uang tunai jangan sampai lupa.

Ikrom Zayn mengatakan...

bagiku antasida ga boleh lupa
serangan bisa terjadi kapan saja huhu

Adriana Dian mengatakan...

Handphone dan teman-temannya emnag nggak boleh lupa dibawa sih kalo travelling, buat komnikasi dan mnegabadikan perjalanan kita juga khaaaannn

aizeindra yoga mengatakan...

smartphone nomor satu, dan juga powerbank, apalagi powerbank solar energi, jadi makin mudah traveling
sedih kalo traveling ke tempat yang tak terjamah internet, smartphone hanya untuk penunjuk waktu saja hehehe

indah nuria Savitri mengatakan...

aku pun mirip listnya mba..biasanya plus camilan untuk emergency kalau lapar hehe

Tira Soekardi mengatakan...

sip betul dan jangan lupa bawa roti buat ganjal perut kalau agak telat makan

nur rochma mengatakan...

Pernah kejadian, KTP ketinggalan di rumah. Waktu itu entah lagi ngurus apa, aku lupa nggak tak masukkan ke dalam dompet lagi. Trus waktu check in hotel, kan ditanya KTP. Saat itulah aku sadar, nggak ada KTP. Jadinya pakai SIM.

Ririe Khayan mengatakan...

Power bank masuk list wajib di bawa. Semenjak suka ngerekam, baterai HP cepet aus, gak bisa bertahan seharian. Kalau just pepotoan, masih kuat hidup sehari.

Makanya kalau sekerang bepergian, power bank nyaris sama pentingnya dengan tas ransel. Hehehe

Idris Hasibuan mengatakan...

Klo yg suka fhoto bisa jg kamera, meski dari hp sebenarnya sdh bagus

Leyla Hana mengatakan...

Enaknya yg masih bebas traveling ke mana-mana. Aku kapan yaaa

bunga rosvita mengatakan...

aku satu lagi nih, kopi dan cemilan! hahaha

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Terimakasih tips nya mba,,, sangat bermanfaat buat saya yg nelum pernah traveling

Novitania mengatakan...

Selain 5 diatas, aku satu lagi yang harus aku bawa. Buku! Hehe selain bisa mengusir jenuh di perjalanan. Biasanga kalo baca buku pas momennya enak jadi makin meresapi makna bukunya

Hellofika mengatakan...

Kalau aku tergantung berangkat bareng siapa.. kalau yg Backpackeran aku bawa baju banyakan hahahaha.. kalau bareng suami malah dikit. Cos bisa laundry di hotel

Tika Samosir mengatakan...

Betul banget mba. Kalo atm ga ada kan berabe juga. Persiapan paling utama.

MGINANOSPEC mengatakan...

Sudah kuduga pasti smartphone salah satunya :D