Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 20 April 2023

Perbanyak Amalan Zakat Online, Manfaatkan Mobile Banking

Bersedekah menjadi anjuran bagi setiap orang yang mampu sebagai bentuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Banyak orang berlomba-lomba melakukan sedekah atas dasar panggilan agama dan sosial atau kemanusiaan. Apalagi sekarang bersedekah bisa dilakukan secara online sehingga sangat memudahkan. 

Sumber Gambar : 
https://www.freepik.com/free-photo/young-pretty-modern-muslim-woman-hijab-working-laptop-office-room-education-online_15069840.htm


Cukup lewat smartphone dari mana saja dan kapan saja, Kamu bisa bersedekah secara online. Tren sedekah online muncul berkat perkembangan teknologi digital. Saat ini sudah banyak situs dan aplikasi yang membuka layanan sedekah online bagi Kamu yang ingin berbagi kebaikan. Kamu bisa menggunakan manfaat mobile banking untuk untuk memudahkan dalam bersedekah online. 

Hadirnya layanan sedekah online telah memudahkan seorang yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya, namun seringkali terkendala karena sibuk. Dengan bersedekah online, Kamu tidak perlu lagi mendatangi kantor lembaga penerima donasi sehingga bisa menghemat tenaga dan waktu. Namun masih banyak yang mempertanyakan hukum sedekah online. 

Hukum Sedekah Online Berdasarkan Agama

Sedekah online merupakan inovasi baru yang muncul mengikuti perkembangan zaman. Lembaga penghimpun sedekah kini juga telah memfasilitasi penyaluran sedekah secara online. Namun banyak orang masih belum terbiasa dengan sedekah online. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana hukum sedekah online berdasarkan agama. 

Sedekah online sebenarnya hanyalah metode untuk memudahkan penyaluran sedekah. Pemberian sedekah tetaplah sah amalannya meskipun orang yang menyalurkan dan penerimanya tidak bertemu secara langsung. Yang paling penting dari bersedekah adalah niat dan manfaatnya bagi penerima.

Sejumlah ustadz pun pernah menjelaskan perkara hukum sedekah online. Ustadz Abdul Somad pernah menyampaikan bahwa rukun bersedekah adalah niatnya. Sementara pertemuan atau akad yang diucapkan, hukumnya tidak wajib. Jadi meskipun tidak ada pertemuan tatap muka, amalan sedekah tetaplah sah. 

Ulama Yusuf Al-Qardhawi juga menyampaikan hal yang serupa. Ia mengatakan bahwa pemberi sedekah atau zakat tidak harus menyatakan secara eksplisit kepada penerimanya bahwa uang yang ia berikan adalah untuk sedekah. Dengan demikian, Kamu bisa bersedekah melalui lembaga penerima donasi atau sedekah tanpa perlu bertemu penerimanya. 

Penjelasan senada juga disampaikan oleh Ustaz Zul Ashfi, S.S,I, LC. Ia mengatakan bahwa hukum sedekah akan sah ketika seorang pemberi sedekah telah memiliki niat untuk membagikan sebagian rezekinya. Sistem online hanyalah media untuk penyaluran sedekahnya. Ketika Kamu bersedekah online maka tanggung jawab penyalurannya ada di tangan lembaga pengumpul sedekah. 

Aplikasi atau Situs Sedekah Online

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/young-muslim-woman-hijab-using-her-smartphone-cafe_21123110.htm

Saat ini telah ada banyak lembaga yang mewadahi niat bersedekah Kamu secara online. Pastikan Kamu memilih lembaga penerima sedekah yang amanah dan profesional. Sebab saat bersedekah online, dana yang Kamu sumbangkan akan dikelola sepenuhnya oleh lembaga tersebut dan Kamu tidak berinteraksi langsung dengan penerimanya. 

Berikut ini lembaga penerima sedekah yang terpercaya, profesional, dan berpengalaman:

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan salah satu lembaga donasi yang sudah populer di Indonesia. Lembaga ini terus berkomitmen untuk fokus bergerak pada bantuan kemanusiaan. Dompet Dhuafa tidak hanya menyediakan layanan sedekah, namun juga menerima zakat, wakaf, infak, dan dana sosial. 

Dompet Dhuafa merupakan lembaga penerima sedekah berpengalaman dan bekerja secara amanah. Sejak tahun 1993 hingga 2021, Dompet Dhuafa telah menyalurkan bantuan kepada 28.504.531 jiwa penerima manfaat. Lembaga ini telah memiliki 6 kantor layanan dengan 31 cabang di dalam negeri dan sebanyak 5 cabang di luar negeri. Bersedekah lewat Dompet Dhuafa bisa Kamu lakukan lewat website dompetdhuafa.org dan aplikasi. 

Rumah Zakat

Lembaga donasi lainnya yang memfasilitasi penerimaan sedekah online adalah Rumah Zakat. Lembaga ini menyediakan layanan online untuk sedekah, infaq, dan zakat. Anda bisa menyalurkan sedekah ke Rumah Zakat melalui laman website www.rumahzakat.org dan aplikasi RUMAH ZAKAT yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Aplikasi RUMAH ZAKAT juga menyediakan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Beberapa fitur yang akan memudahkan Kamu bersedekah, di antaranya informasi zakat, kalkulator zakat, dan verifikasi pembayaran aman dan terpercaya. Jangan lupa saat menggunakan manfaat mobile banking untuk bersedekah, pastikan selalu transfer ke rekening milik Rumah Zakat. 

Rumah Zakat merupakan lembaga profesional dan berpengalaman sejak dulu. Lembaga ini telah berdiri sejak tahun 1998 dan telah memberi manfaat bagi 35,7 juta penerima donasi. Sampai tahun 2019, Rumah Zakat telah menerima sumbangan dari 500.000 donatur. Lembaga ini juga memiliki ribuan desa berdaya di berbagai daerah di Indonesia. 

Kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan platform penggalangan dana yang sudah dikenali oleh berbagai kalangan di Indonesia. Website donasi yang berdiri sejak tahun 2013 ini merupakan inisiasi dari Alfatih Timur mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Bersedekah online melalui KitaBisa tidak hanya dapat Kamu lakukan lewat website, namun juga bisa melalui aplikasinya. 

Kitabisa.com memfasilitasi lebih dari 1,5 juta transaksi donasi kebaikan setiap bulannya. Hingga saat ini, website donasi ini telah mewadahi lebih dari 6 juta orang untuk bersedekah, 100.000 galang dana, 3.000 yayasan/lembaga sosial/LSM, dan 250 program CSR/Perusahaan/Brand.

Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga menyediakan layanan sedekah online. Baznas merupakan satu-satunya badan zakat resmi yang dibentuk oleh pemerintah. Tugas dari Baznas adalah untuk mengumpulkan dan menyalurkan sumbangan sedekah, zakat, dan infaq ke berbagai daerah di Indonesia.

Sedekah online melalui Baznas bisa Kamu lakukan lewat laman resmi donasi.baznas.go.id dan melalui aplikasi. Aplikasi Baznas bisa Kamu unduh di Play Store dan App Store. Selain menyalurkan sedekah dan zakat, Baznas juga menyediakan layanan Fidyah, Kurban Online, hingga Tausiyah Ramadhan. 

WeCare.id

WeCare.id merupakan website donasi yang fokus memberikan bantuan untuk dunia kesehatan. WeCare.id hadir untuk menghubungkan para donator dengan pasien serta masyarakat Indonesia yang membutuhkan sokongan dana untuk pengobatan dan fasilitas kesehatan lainnya. Website ini melakukan penggalangan dana dengan sistem crowdfunding bagi siapa saja yang ingin berbagi kebaikan.

Pedulisehat.id

Sedekah online juga bisa Kamu lakukan melalui laman PeduliSehat.id. Platform ini menyediakan berbagai layanan bantuan kemanusiaan, mulai dari sedekah, zakat, hingga ikut serta dalam program gotong-royong. PeduliSehatIndonesia aktif melakukan penggalangan dana kesehatan melalui media sosial. Dana yang dihimpun akan disalurkan untuk membantu pasien yang tidak memiliki dana untuk pengobatan atau perawatan. 

Tokopedia

Platform belanja online Tokopedia juga menyediakan layanan penerimaan dan penyaluran sedekah. Untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berdonasi, Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga seperti Dompet Dhuafa, Baznas, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan lainnya. Tokopedia menyediakan berbagai pilihan penyaluran donasi, mulai dari kesehatan, bencana alam, pendidikan, Ramadan, dan sebagainya.

Mobile Banking untuk Bayar Zakat Online

Zakat atau sedekah online merupakan solusi bagi Kamu yang sibuk atau tidak sempat mendatangi kantor lembaga donasi. Saat ini ada banyak lembaga donasi yang menyediakan layanan sedekah online. Setelah memilih lembaga terpercaya, Anda tinggal menggunakan manfaat mobile banking untuk transfer dana donasi. 

Salah satu mobile banking terbaik yang akan memudahkan Kamu bersedekah online adalah PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini bisa Kamu unduh di Play Store dan App Store. Ada banyak manfaat mobile banking PermataMobile X yang bisa Anda nikmati. Mobile banking ini miliki ratusan fitur yang akan membantu kebutuhan transaksi di era digital. 

Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, diantaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 

Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca di laman berikut ini https://www.permatabank.com/id/permatamobilex

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Soal sedekah memang kadang bikin dilema apalagi kalau tidak disalurkan ke orang yang tepat. Eh sekarang ada zakat online pula, menarik ini bisa jadi solusi buat yang sering sibuk dan tidak sempat melakukan zakat di tempat terdekat atau tidak ada lembaga zakat di daerahnya. Terima kasih informasinya!