Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 25 Maret 2023

Dapur Solo, Beri Suasana Nyaman Untuk Buka Puasa Bersama Teman

Bulan Ramadan menjadi momen yang begitu dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan penduduk mayoritas islam terbesar rasanya tidak heran jika bulan Ramadan disambut dengan begitu antusias. Ada kebiasan-kebiasan unik yang dilakukan hampir setiap kelompok dari berbagai lapisan masyarakatnya salah satunya adalah buka puasa bersama atau kerap disebut bukber.

Momen berbuka puasa tentunya menjadi saat yang begitu di tunggu setelah seharian menjalankan ibadah puasa dan akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Seakan menjadi sebuah tradisi, buka puasa bersama menjadi suatu hal yang biasa di lakukan saat ramadan tiba. Kebiasaan ini menjadi ajang dan sarana berkumpul kembali serta menjalin silaturahmi bersama teman-teman atau keluarga besar.

Buka puasa bersama sendiri merupakan salah satu tradisi yang berkembang dan sudah ada sejak lama di tengah masyarakat Indonesia. Ada banyak nilai positif yang bisa didapat dari mengadakan buka puasa bersama ini khususnya dalam interaksi sosial. Jangan sampai mengabaikan esensi dari makna kegiatan buka puasa bersama tersebut.

Buka Puasa Bersama di Dapur Solo


Sebelum mengadakan kegiatan buka puasa bersama yang harus di tentukan adalah waktu, dimana setiap orang tentu memiliki urusan dan prioritasnya masing-masing. Kemudian yang tak kalah krusial adalah lokasi diadakannya kegiatan buka puasa bersama tersebut.

Secara umum kegiatan buka puasa bersama dilakukan di luar entah di restaurant, rumah makan, mall dan lain sebagainya. Akan lebih baik ini menjadi suatu kesepakatan bersama dengan memilih tempat strategis yang sekiranya mudah dijangkau.

Memasuki ramadan 1444H, Akupun tak menyiakan kesempatan untuk bertemu teman-teman dan bersilaturahmi lagi. Dengan membuat janji temu buka puasa bersama dimana saat itu tempat pilihannya adalah Dapur Solo The Park Sawangan yang berlokasi di Lantai Ground Jl. Raya Parung Ciputat No. 1, Bojongsari, Depok.


Berdiri sejak tahun 1988, Dapur Solo begitu terkenal dengan menunya yang variatif dan Indonesia banget. Selain itu Dapur Solo pun sudah
mendapat sertifikasi halal predikat A oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan mendapatkan penetapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika status halal merupakan salah satu pertimbangan konsumen Indonesia dalam memilih tempat makan dengan demikian pelanggan akan lebih tenang untuk menyantap makanan yang tersaji.

Dapur Solo ahlinya masakan jawa yang kini outletnya bahkan sudah banyak tersebar di beberapa kota khususnya Jabodetabek menyediakan menu mulai dari makanan berat, kudapan hingga aneka minuman. Adaptasi nuansa jawa pun begitu terlihat dari design tempat dan ornamen di restaurantnya. Untuk Dapur Solo cabang The Park Sawangan konsumen bisa pilih tempat ternyamannya ingin yang outdoor maupun indoor.


Di bulan Ramadan kali ini tentunya ada menu spesialnya. Mulai dari takjil ada pilihan kolak biji salak, kolak pisang dan kolak campur (terdiri mutiara, sagu mutiara, kolang kaling, biji salak) maupun menu iftar yakni menu paket di bulan penuh berkah mulai dari Rp 35.000,- an.
* Menu Iftar A terdiri dari Serabi dan es pisang ijo
* Menu Iftar B terdiri dari Nasi Gudeg Jawa dan es pisang ijo


Memilih menu iftar C paket yang cukup lengkap untuk bersantap saat menikmati buka puasa. Terdiri dari :
  • 2 piring nasi
  • 2 es pisang ijo pas sekali untuk pelepas dahaga dengan rasa yang segar dan manis
  • Soto ayam yang gurih
  • Sate ayam madura dengan pembakaran pas dan daging empuk serta bumbu kacang melengkapi cita rasanya
  • Sop Ikan Asam Pedas kuah yanh cukup segar dari asam dengan sedikit pedas serta daging ikan yang empuk dengan waktu didih sesuai
  • Bakwan sayur menjadi cemilan favorit apalagi saat buka puasa ramadan

Rasanya cukup tepat memilih tempat buka puasa bersama di Dapur Solo selain suasana yang nyaman, kapasitas tempatnya pun cukup luas dan menu hidangannya sangat familiar Indonesia banget sebagai ahlinya masakan jawa selain itu juga bisa reservasi minimal H-2 (tergantung situasi ketersediaan). Bisa dikatakan menjadi r
ekomendasi tempat buka puasa bersama teman-teman.

Hampers Hari Raya Dapur Solo


Semakin semarak ramadan kali ini di sajian Dapur Solo dengan menghadirkan hampers Gift untuk semakin mempererat silaturahmi kepada yang tersayang di bulan penuh berkah ini. Bisa jadi pilihan tanpa harus repot berbelanja ataupun memasak lebih dulu, hampers hari raya dengan aneka sajiannya yang lezat terdiri dari

- Hampers lontong opor
Isian ayam opor, pindang telur, sayur labu siam, sambel goreng kentang dan tempe bacem

- Hampers ayam bakar pedas
Isian 1 ekor ayam bakar pedas, tempe bacem dan sambel terasi


Harganya sekitar Rp 350.000,- Untuk pemesanan bisa menghubungi whatsapp dengan 0858 8811 1988.
Dalam budaya Indonesia, memberikan hampers saat hari raya atau momen tertentu telah menjadi tradisi yang sering di jumpai. Selain itu memberikan hampers juga dapat membantu meningkatkan hubungan serta interaksi sosial lebih baik. 

23 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Bukber sudah terlaksana di awal bulan mantep nih apalagi kalau kulineran di tempat yang tepat, mantep banget di Dapur Solo. Jadi pengin merencanakan bukber sama temen-temen. Terima kasih sharingnya!

Dian Restu Agustina mengatakan...

Dapur Solo memang pilihan, karena menu Nusantaranya yang juara mantapnya. Senangnya ada paket iftar juga hampers lebaran tersedia, memudahkan kita nih mau bukber ataupun kirim hantaran lebaran

Andiyani Achmad mengatakan...

dua tahun lalu aku pernah buka puasa bersama di dapur solo mall citra grand cibubur, enak-enak loh menunya

April Hamsa mengatakan...

Wah aku juga suka nih makan di Dapur Solo soalnya ramah keluarga nih restoinya, selain itu porsi yang disajikan cukup lumayan dan sesuai harga deh. Kalau langgananku yang di Bintaro XChange tapi selama puasa ini belum pernah buka di sana hehe. Ntar aja deh abis lebaran ke sananya :D
Cakep banget hampersnya bisa buat dikirim ke keluarga atau kolega yaa.

Ranny mengatakan...

Wah Dapur Solo melebarkan sayap. Kalau di kota aslinya sini, resto ini favorit keluarga bangeeet. Karena menunya sangat variatif, harga terjangkau dan tempatnya pun luas. Harga utk iftarnya terjangkau banget yaa mbak, untuk hampersnya pun oke banget

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Dapur Solo ini melegenda sekali dan memang makanannya enak enak mba. Aku pernah bungkus nasi kotaknya dan juga pernah makan juga disana. Enak enak rasanya.

Nanik nara mengatakan...

bagi masyarakat asli solo dan sekitarnya yang merantau ke ibukota, makan di dapur solo ini bisa sedikit mengobati kerinduan pada kampung halaman ya, bukan cuma makanannya, tapi juga nuansanya.

Tahun ini ASN nggak boleh menyelenggarakan buka bersama di luar mbak, jadi ya buka bersama keluarga saja di rumah

lendyagassi mengatakan...

Enak bangettt...
BUka puasa dengan nikmati di Dapur Solo. Menunya bikin semangat makan dan bagi yang ingin berkirim menu berbuka, bisa memanfaatkan aneka hampers cantik nan lezat dari Dapur Solo.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Aku tuh suka makan di Dapur Solo karena makanannya khas Indonesia, selain itu rasanya juga enak banget. jadi inget banget dulu setiap ada acara di kantor kita suka pesan Dapur Solo ini.

Okti Li mengatakan...

Iftar di dapur solo ini sangat menggiurkan. Harga terjangkau pula. Sayang di Cianjur belum ada cabang dapur solo. Semoga saya dan keluarga bisa berkesempatan berbuka puasa di dapur Solo. Pengen mencoba semua menunya itu. Hehehe

Dee_Arif mengatakan...

Dapur Solo menyajikan aneka masakan nusantara yang enak ya mbak
Suasananya juga nyaman
Sangat pas untuk bukber bareng teman

Eri Udiyawati mengatakan...

Pas baca judul, saya kira ada di Solo. Rupanya ada di Depok. Menunya enak-enak ya. Berbagai macam pilihan paket iftar.

Ada juga hampers lebaran, pasti seneng banget nih yang dikasih hampersnya.

Jiah Al Jafara mengatakan...

Nyediain Hampers juga ternyata Dapur Solo ini. Kalau keluarganya dekat, cocok nih dikirimin makanan. Kelihatan enak juga kan masakannya. Paket berbukanya juga ramah di kantong

Helena mengatakan...

Kalau buka puasa dengan keluarga di Dapur Solo aku juga bakal pesan menu paket C. Udah pas, ga kebanyakan nasi serta pilihan lauknya banyak. Es pisang ijo buat berbuka, enaaak!

Siti Hairul mengatakan...

Aku belum bukber di manapun nih mak
Insya Allah baru besok mau bukber sama keluarga besar. Baca artikel ini jadi pengen nyari restoran yang nyaman untuk keluarga

Ruli Retno mengatakan...

Wah seru banget ada mom utie adnu juga ya itu. Aku paling ngiler kalo liat sate madura itu sih, hahaha..dipaduin aama soto pas enak jg

Idah Ceris mengatakan...

dapur solo ini beragam banget menunya. suka kalap kalau enggak direncanakan dulu mau ambil menu apa. xixixi

unik juga ya, ada hampers menu makanan gitu. buat yang lagi enggak sempat masak bisa menjadi solusi tepat buat pesan hampersnya. iya, selain buat orang lain, buat keluarga sendiri juga bisa.

Leyla Hana mengatakan...

Paket-paket di Dapur Solo ini bikin harganya jadi terjangkau. Aku udah coba makan di sini 100 ribu berdua. Kenyang banget sampe dibawa pulang.

Yurmawita mengatakan...

paket iftar B cukup terjangkau nih bisa di coba. tapi kalau bawa keluarga kayaknya paket iftar C yang pas deh

khairiah mengatakan...

wah lengendari banget tempatnya berdiri tahun 1988 pasti enak menunya karena masih bertahan hingga sekarang dan hampersnya juga pasti lezat inovasi baru hampers masakan

Indah Nuria Savitri mengatakan...

makanannya enak - enak semua yaaa mba dan suasana restorannya juga selalu seru khas Indonesia ya mba

Faradila Putri mengatakan...

Keluargaku sebagai keluarga Jawa udah cocok banget sama semua masakan di Dapur Solo ini. Enak-enak dan tempatnya juga cozy untuk makan bersama keluarga.

echaimutenan mengatakan...

Aku pernah ke dapur solo yang di mall lain tapi emang enak, nuansa kayu jawa gitu kental, masakannya juga jadi ngingetin kita sama nuansa jaman dulu masih kecil