Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 18 Maret 2023

Tips Menyiapkan Salam Tempel Lebaran Tanpa Ganggu Keuangan

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Biasanya, lebaran identik dengan tradisi bermaaf-maafan, berkumpul dengan keluarga, hingga bagi-bagi rezeki pada sanak saudara. Anggota keluarga yang sudah bekerja biasanya akan membagikan salam tempel kepada anak-anak kecil atau sanak saudara yang masih sekolah. 

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/closeup-shot-entrepreneur-working-from-home-his-personal-finances-savings_11062826.htm

Jika dulu waktu kecil Kamu sering diberi amplop berisi uang oleh om dan tante, kini giliran Kamu memberikan amplop salam tempel kepada sanak saudara. Tak perlu takut kehabisan uang, sebab berbagi adalah kegiatan mulia yang bermanfaat untuk diri sendiri. Kamu bisa belajar bagaimana mengatur uang yang baik supaya keuanganmu tetap aman setelah lebaran.

Tak perlu bingung merencanakan "salam tempel" untuk sanak saudara, sebab Kamu hanya perlu mengatur uang dengan baik. Salah satu caranya dengan buka rekening online di mobile banking. Dengan mobile banking, Anda bisa menyisihkan uang yang akan Kamu berikan pada sanak saudara sekaligus mengatur keperluan yang lain. 

Tips Menyiapkan Uang untuk Salam Tempel Lebaran

Untuk bisa tetap hemat saat lebaran, diperlukan strategi yang matang agar Kamu tidak mengalami istilah "Lebih besar pasak daripada tiang", atau pengeluaran lebih banyak dari pendapatan. Karena itu, saat Kamu ingin bagi-bagi amplop lebaran pada keluarga dan kerabat, Kamu perlu mengatur keuangan dengan baik. Bagaimana caranya? Simak beberapa cara berikut ini:

1. Membuat Rencana Pengeluaran

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan anggaran bagi-bagi amplop lebaran adalah membuat rencana pengeluaran. Cara ini Anda perlukan untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan serta barang apa saja yang Anda butuhkan. Sebisa mungkin, catat segala jenis pengeluaran dari sebelum lebaran hingga lebaran terlewat. 

Saat membuat rencana anggaran, Kamu bisa menggunakan sumber dari THR dan gaji bulanan yang Kamu miliki. Lalu, siapa saja yang akan di berikan amplop lebaran dan berapa nominalnya.  

Umumnya, orang memberi "salam tempel" untuk anak-anak mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu, tergantung dari kemampuan masing-masing. Sehingga, Kamu tak perlu mengikuti gengsi atau merasa malu. 

Setelah mengetahui jumlah pengeluaran yang akan Kamu keluarkan, berikutnya Kamu bisa menyisihkan uang di rekening terpisah. Karena itu, Kamu perlu buka rekening online untuk memudahkanmu merencanakan keuangan. 

2. Menukar Uang dengan Pecahan Kecil

Setelah mengalokasikan uang THR Kamu untuk berbagi, Kamu bisa menukar uang dengan pecahan kecil. Daripada Kamu menggunakan uang ratusan, lebih baik menggunakan pecahan untuk membagi-bagikan uang pada anak kecil. Karena cara ini akan memudahkanmu menyesuaikan amplop dengan budget yang sudah di tetapkan. 

3. Membuat Daftar Penerima

Menjelang lebaran, Kamu bisa mencicil list penerima yang akan menerima amplop. Kamu bisa menentukan sendiri siapa yang akan Kamu berikan amplop. Namun, biasanya orang akan memberi amplop untuk saudara, keponakan, hingga tetangga yang ada di sekitarnya. 

Tujuan membuat daftar penerima ini, akan memudahkan untuk mengatur pengeluaran. Jadi, Kamu tidak akan merasa terbebani, dan pengeluaran tidak over budget.

4. Menentukan Prioritas Amplop THR

Kalau dana yang Kamu siapkan cukup terbatas, sebaiknya jangan memaksakan diri. Karena syarat bersedekah adalah ikhlas dan tidak memberatkan diri. Sehingga Kamu akan mendapat keberkahan dari sana. Kamu bisa mendahulukan orang-orang terdekat lebih dulu sebagai penerimanya. Mulai dari orangtua dan adik-adik. Kalau masih tersisa, Kamu bisa membagikan amplop lebaran untuk keponakan, sepupu, dan tetangga. 

Mengemas Amplop dengan Menarik

Tak perlu minder kalau jumlah amplop lebaran yang Kamu berikan tahun ini tidak terlalu besar. Kamu bisa menyiasatinya dengan cara lain. Contohnya, mengemas amplop lebaran dengan warna-warna unik dan menarik. Karena anak-anak biasanya sangat senang melihat warna yang lucu-lucu daripada nominalnya. 

Hal yang Bisa Diajarkan kepada Anak saat Memberi Salam Tempel

Bagi anak-anak, lebaran pasti menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Karena mereka akan mendapat pembagian uang dari orang-orang dewasa. Tak heran kalau di hari raya, banyak anak-anak girang tak kepalang karena saku mereka penuh dengan amplop. Dibalik tradisi yang sudah turun-temurun ini, ternyata salam tempel memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Berikut hal yang bisa kita ajarkan pada anak-anak:

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/free-photo/cute-asian-little-girl-playing-with-coins-making-stacks-money-kid-saving-money-into-piggy-bank-into-glass-jar-child-counting-his-saved-coins-children-learning-about-future-concept_14779212.htm

1. Memotivasi untuk silaturahmi

Salah satu manfaat salam tempel adalah memanjangkan tali silaturahmi. Karena anak-anak akan bertemu dengan keluarga maupun kerabat yang mungkin masih asing baginya. Tak heran kalau banyak orang dewasa sering mengenalkan diri pada anak-anak agar mereka dikenali.

2. Mengajarkan Berbagi

Manfaat salam tempel saat lebaran juga mengajarkan anak-anak tentang arti berbagi. Sebab, mereka akan melihat orang dewasa membagi-bagikan uang sebagai tanda kasih sayang. Sehingga anak-anak akan menirukannya di kehidupan mereka. 

3. Mengajarkan Arti Terima Kasih

Adanya tradisi salam tempel juga mengajarkan anak-anak arti terima kasih. Karena mereka mendapatkan amplop dari orang-orang dewasa yang menganggap kehadirannya. Karena itu, salam tempel dapat melatih anak-anak untuk menghargai berapa pun pemberian orang lain.

4. Mengajarkan Bersyukur

Selain mengajarkan terima kasih, mendapat amplop lebaran juga mengajarkan anak rasa bersyukur. Ajarkan anak untuk mensyukuri berapa pun uang yang diberi orang dewasa, tanpa harus menilai harganya. Dengan begitu, anak akan belajar mensyukuri rezekinya.

5. Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sendiri

Saat anak mendapat amplop lebaran, mereka akan belajar mengelola uangnya sendiri. Sehingga, orang tua bisa mengajarkan anak untuk memilah berapa uang yang seharusnya ditabung dan dibelanjakan untuk membeli barang yang diinginkan anak. Sehingga, anak bisa belajar menabung sejak dini.

6. Tabungan untuk Persiapan Salam Tempel Lebaran 

Setelah tahu tips menyiapkan uang untuk salam tempel, pastinya Kamu jadi lebih tenang menyambut lebaran. Untuk memudahkan Kamu menabung dan mengatur keuangan, Kamu perlu buka rekening online. Rekening online yang cocok untuk Kamu gunakan di era digital adalah PermataME.

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Pembuatan rekening PermataME bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. PermataME adalah rekening online terbaik yang akan memudahkanmu mengontrol dan mengelola keuangan. 

Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame. 

1 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Nah ini banyak yang mengandalkan THR untuk salam tempel, tapi seperti yang kita tahu tamu tidak terduga dan biasanya membludak. Kebanyakan memang tidak sesuai yang sudah dipikirkan, pas banget ini tipsnya bisa diterapkan. Terima kasih informasinya!