Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 13 Desember 2022

Kampung Berseri Astra, Dukung Kelestarian Lingkungan di Pulau Pramuka

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administrasi di bawah. Pemerintah Provinsi Jakarta. Terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil, ada pulau yang berpenduduk, dan ada pulau sifatnya private. Namun sebagian besar pulaunya terbuka untuk aktivitas pariwisata dan ada juga pulau yang diperuntukkan untuk kawasan konservasi.

Sumber Gambar : Document Pribadi

Daya tarik Pulau Seribu sebagai destinasi wisata alternatif yang terdiri dari deretan pulau-pulau kecil menawarkan pesona yang beraneka ragam terdiri dari keanekaragaman hayati yang ada di pulau maupun di bawah permukaan laut. Aksesnya pun cenderung mudah, jarak yang tidak terlalu jauh dari teluk Jakarta, dengan harga cukup terjangkau, serta pemandangan yang indah.

Salah satu area yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah Pulau Pramuka  yang dihuni oleh sejumlah penduduk sekaligus tempat untuk pelestarian bahari. Bukan hanya untuk konservasi kehidupan alam liar, namun juga mencakup ekonomi, sosial, serta budaya.

Perairan di kawasan Pulau Pramuka sangat jernih dan menjadi tempat hidup berbagai biota laut yang indah dan langka. Akan tetapi terakhir belakangan  masalah sampah menjadi hal darurat di tengah masyarakat kawasan kepulauan. Bukan saja mencemari lingkungan tetapi juga bisa membahayakan kelangsungan biota laut dan terumbu karang.

Pencemaran akibat sampah yang ada di perairan (laut) secara tidak langsung akan mengancam banyak hal yang ada di bumi. Tak hanya berdampak pada kesehatan manusia, ancaman sampah di laut, terutama sampah plastik juga akan mengancam keberlanjutan ekosistem di laut. 

Besarnya dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah di sekitar pulau menggerakkan beberapa masyarakat pulau untuk lebih menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya. Di prakarsai oleh Ibu Mahariah bersama tim kecilnya, sejak beberapa tahun lalu telah mengembangkan program ekowisata, yakni program pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengedepankan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta pendidikan.

Sumber Gambar : www.satu-indonesia.com

Pastinya untuk mewujudkan harapan terjaga kelestarian lingkungan dibutuhkan sinergi bersama. Semakin terbantu di kala adanya dukungan kontribusi sosial Berkelanjutan yang di lakukan Astra dalam bentuk CSR melalui Kampung Berseri Astra di Pulau Pramuka.

Menyediakan fasilitas serta mencanangkan beragam kegiatan pembinaan yang mengacu pada empat pilar kontribusi sosial Astra yang berkelanjutan, meliputi kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Bentuk program nya meliputi pendampingan, pelatihan, serta bantuan sarana prasarana penunjang program.

Untuk Kampung Berseri Astra di Pulau Pramuka menitikberatkan pada bidang lingkungan dimana kegiatan ini berfokus pada pengolahan sampah dan ketersediaan air bersih. Kegiatan lain yang juga dilakukan antara lain, pengelolaan bank sampah, disediakan diberbagai sudut area kotak Semangat Astra yang merupakan sebuah kotak yang disediakan Astra untuk menampung sampah-sampah dari masyarakat. Tujuannya pun agar lebih memudahkan masyarakat setempat dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang.

Disamping itu, masyarakat setempat juga lebih berdaya dengan memilah sampah daur ulang untuk dibuat sesuatu yang memiliki nilai jual.  Ada juga pengumpulan sampah organik yang dimasukkan ke dalam alat biodigester, sehingga menghasilkan biogas untuk keperluan memasak, pemanfaatan ulang botol plastik agar menjadi bata ramah lingkungan (ecobrick), serta penampungan air hujan dan pertanian sayur organik yang dilakukan di beberapa halaman rumah warga.

Sumber Gambar : www.satu-indonesia.com

Semangat kurangi sampah untuk kelestarian lingkungan perlu menjadi perhatian bersama dimulai dari perilaku warga termasuk wisatawan juga penting untuk menjaga Pulau Pramuka tetap bersih dari sampah. Serta menumbuhkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga sampah domestik tidak semakin banyak menumpuk dan mencemari lingkungan.

Kampung Berseri Astra menjadi suatu implementasi dari semangat Astra dalam membangun bangsa, hal ini pun  sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan serta cita-cita Astra sejahtera bersama bangsa. Sejauh ini sudah puluhan provinsi dan ratusan wilayah turut serta menjadi bagian Kampung Berseri Astra dan berdaya dengan potensinya masing-masing.

15 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Sering mendengar tentang kampung satu ini, bebas gadget dan asri itulah kata yang tepat. Salut sama penggagasnya, dari sini anak jadi tahu serunya bermain di dunia nyata bersama teman tanpa gadget. Terima kasih informasinya!

Bayu Fitri mengatakan...

Kambpung Berseri Astra sampai Ke Pulau Pramuka wah keren ya..jadinya Pulau Pramuka bisa lebih asri dan tertata rapi karena program KBA Astra ini ya

Sabrina mengatakan...

Keren sekali ibu Maharian dan timnya, the real hero untuk lingkungan. Semoga Pulau Pramuka makin bersih dan sampahnya semakin berkurang, karena dulu saya ke sana sampahnya dimana-mana. Semoga dengan adanya kegiatan yang diparakarsai ibu hebat ini sampah di sana dapat didaur ulang dan bermanfaat

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Ademmmm kalau ngeliatin yang begini ini. Jadi kampung yang beneran tertata rapi dan tentu bagus kalau dikembangkan di banyak daerah di Indonesia. Keren nih programnya ASTRA ya

Anggi Putri mengatakan...

Belum pernah ke Pulau Pamuka, tapi membayangkan saja pasti asri banget apalagi tertata rapi dan gak ada gadget pasti bisa fokus sama alam aja

Demia Kamil mengatakan...

aku baru tau ih ada pulau pramuka inii hihihi, jadi penasaran deh pengen cari tau lebih banyak lagi soal pulau pramuka ini, kayanya asri banget ih di sana yaaa

Ria Andika mengatakan...

Semoga makin terjaga ya kondisi pulau di Indonesia, salah satunya pulau pramuka, jadi destinasi wisata yg menyenangkan sekaligus terawat dan tetap lestari

Ada Resensi mengatakan...

Wow mantap, sudah bikin biogas dari sampah organik. Seandainyaaa aja bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Kuncinya pada kemauan nih. Kemauan masyarakat dan kemauan politik dari pemmbuat kebijakan.

Fenni Bungsu mengatakan...

Pankapan ke kepulauan seribu bisa nih singgah di kampung berseri ini. Apalagi memang menginspirasi ya dalam menjaga lingkungan, dengan begitu bisa kita terapkan juga sebagai langkah pelestarian bumi

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Urusan sampah memang nggak bisa sih kalau hanya dilakukan oleh beberapa orang. Butuh sinergi yang bagus dengan organisasi juga. Program CSR dari Astra benar-benar membantu untun menangani masalah sampah ini.

Yanti Alif mengatakan...

Jadi tambah nih keinginan mau main ke Pulau Pramuka apalagi sudah ada programnya Astra pasti tambah indah dan maju disana sbgai tempat pariwisata yg dkat dengan jakarta

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Sampah tuh kalau tidak dikelola dengan baik memang akhirnya menumpuk. Kecenderungan orang tuh hanya membuangnya saja, padahal kan bisa dimulai dari diri sendiri. Jika setiap orang punya kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan, alam pun akan terawat. Keren nih program Kampung Astra berseri ini. Pulau Pramuka pun jadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Yayu Arundina mengatakan...

Waw mantapu jiwa bangets nih program astra untuk pulau pramuka. Gak kebayang kalo di sini banyak sampah, bisa menyebar kemana-mana karena terbawa arus. Dg program kampung berseri ini, pulau Pramuka jadi cantik. Moga suatu saat bisa main ke sini nih

Catatan Langkah Pemenang mengatakan...

KBA Pulau Pramuka terkenal dengan pengelolaan sampahnya yang bagus. Bahkan jadi percontohan. Pegiatnya juga perempuan yang sangat peduli pada lingkungan. Semoga semangat pengelolaan sampah ini semakin menular di wilayah Indonesia lainnya.

Farahdjafar mengatakan...

Kampung berseri astra program dari astra yah? Bagus banget karena bisa jadi percontohan buat yang lainnya