Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 30 Agustus 2022

Sebelum Join Open Trip, Perhatikan Dahulu Hal Ini !

Terakhir belakangan ini traveling seakan menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Dengan tujuan refreshing ataupun healing dari segala kepenatan maupun jenuh yang dirasa. Banyak cara memang untuk mengunjungi suatu destinasi bisa dengan solo traveling, share cost ataupun join dengan open trip.

Mengikuti open trip bisa bisa jadi salah satu alternatif jalan-jalan dengan biaya lebih murah dan kegiatan lebih terjadwal. Sejak semakin pamornya suatu destinasi wisata, bisnis perjalanan ini berkembang pesat. Paket perjalanan dengan open trip bisa menjadi solusi bagi yang ingin pergi tapi tak ada teman dan enggan repot mengatur itenirary maupun akomodasi. Tinggal disesuaikan saja, biasanya budget cukup terjangkau karena ini semacam wisata gabungan. 

Open trip merupakan wisata gabungan untuk berlibur bersama ke suatu tempat dengan rencana perjalanan yang sudah tersusun rapi dari operator perjalanan. Biasanya, paket wisata yang ditawarkan pun tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Sebelum memutuskan join open trip, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :

- Cek Legalitas Open Trip

Pastikan bahwa penyedia jasa tour telah berbadan hukum atau yang sudah terpecaya. Bisa lihat dari jejak media sosial maupun website resminya. Akan lebih baik jika punya teman, kenalan ataupun saudara yang pernah join dengan open trip tersebut. 

Karena perkembangan potensi wisata, tidak sedikit ada saja oknum yang memanfaatkan dan menipu lewat jalur open trip. Oleh karenanya harus selektif ketika memilih operator perjalanan. 

- Jadwal Open Trip 

Sebelum join jadwal open trip, baiknya sesuaikan dengan situasi dan kondisi kamu. Biasanya jadwal maupun itenirary perjalanan sudah di rilis sejak beberapa bulan atau minggu sebelumnya. Cek detailnya juga untuk titik kumpul agar tidak keliru. 

Akan lebih baik jika di catat apa saja yang harus dibawa. Usahakan juga untuk tepat waktu saat tiba di titik poin karena ini akan memberi kesan positif kepada peserta lainnya saat open trip. Ikuti arahan dari operator perjalanan sebab terkadang ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi ketika berada di tempat tujuan wisata. 

- Kuota Peserta 

Sering kali sebuah jasa open trip sudah menargetkan minimal atau maksimal peserta. Terlalu banyak peserta tidak terlalu bagus namun kalaupun terlalu sedikit juga memengaruhi biaya perjalanan. Biasanya, semakin banyak pendaftarnya maka semakin murah pula budgetnya. 

Prinsip open trip sangat sederhana, jika kuota peserta terpenuhi, maka perjalanan wisata bisa dilakukan. Tetapi jika tidak, ada kalanya perjalanan dibatalkan. Itulah sebabnya kamu harus teliti dalam memilih paket open trip yang tepat. 

- Sistem Payment 

Pilih open trip yang sesuai dengan budget. Biasanya pihak penyelenggara akan mensyaratkan untuk down payment dahulu. Baiknya jangan langsung melunasi jika kamu ragu terhadap pihak penyelanggara tersebut. Tanya dengan jelas mengenai fasilitas dan kegiatan yang didapat sebelum membayar harga paket tur wisata atau open trip yang ditawarkan. Jangan langsung percaya dengan iming-iming harga murah dan fasilitas super lengkap, karena bisa saja berujung penipuan. Gunakanlah jasa operator wisata yang sudah mendapat banyak ulasan baik. 

Sebelum berwisata, jika ada waktu tidak ada salahnya secara mandiri merinci semua biaya sebelum keberangkatan. Agar tidak ada biaya tambahahan yang berlebihan. Pastikan untuk membawa uang tambahan. Tapi jangan berlebihan agar tidak boros. 

Pihak operator perjalanan sebagian besar tentu tidak transparan dalam menerangkan rincian biaya perjalanan. Tapi Kamu bisa juga dengan searching ke website atau blog yang mengulas dan menuliskan pengalaman serta biaya yang dikeluarkan sehingga ada gambaran apakah biaya yang ditawarkan cukup masuk akal. 

Misalnya kepingin mengunjungi wisata di Pantai Lamaru di Balikpapan yang merupakan salah satu destinasi wisata alam populer dan terkenal dengan deretan pohon cemara yang berjajar di sepanjang pantai, Kamu bisa cari refrensi melalui tulisan Travel Blogger Balikpapan. Lewat penulis Balikpapan, Kamu juga bisa mendapat informasi lainnya seputar kota yang terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur ini. 

Jangan lupa, sebelum berwisata persiapkan juga obat-obatan pribadi serta kelengkapan dokumen. Akan lebih baik jika ada asuransi perjalanan untuk antisipasi kejadian buruk, seperti sakit atau kecelakaan.

3 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Seru kalau bisa traveling kayak gini, ke gunung atau medan lainnya dengan jeep memang keren apalagi banyak temennya. Trip memang enggak bisa ditolak, tapi bener banget kalau perhatiin hal tersebut. Terima kasih informasinya!

duniamasak mengatakan...

seru kalo sama beberapa temen deket dan nanti pas open trip bisa nambah temen lagi :D

fanny_dcatqueen mengatakan...

Aku beberapa kali ikutan open trip . Di LN lebih sering, dan itu menghemat banyak. Daripada pesan paket full trip mulai dr keberangkatan dll, mendingan open trip. Kadang aku udah browsing sejak di Indonesia, open trip apa yg bagus, testimoninya gimana, rute yg didatangin apa aja dll. Tapi adakalanya cari tau melalui pihak hotel di negara tujuan. Krn Beberapa hotel ada yg menyediakan atau kerjasama dengan open trip terpercaya. JD lebih aman juga mba.