Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 16 Oktober 2021

5 Peran Penting Media Sosial di Masa Pandemi

Beraneka Ragam Platform Media Sosial (Sumber gbr : Freepik)

Seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi, pengguna internet tiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagaimana Kita ketahui bersama kalau internet memudahkan manusia dalam memperoleh informasi di seluruh dunia. Penggunaan internet seiring berjalanya waktu semakin tinggi, termasuk di Indonesia.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hasil survei penetrasi pengguna internet di Indonesia periode 2019-2020, total pengguna internet Indonesia saat ini mencapai 196,7 juta pengguna terhubung dengan internet dan sebanyak 95 persen aktivitas yang dilakukan adalah aktivasi di media sosial.

Bisa dikatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia. Adapun media sosial  yang cukup dominan diakses adalah  Instagram,  Facebook, Twitter dan lainnya. Akses user dari Indonesia menempati porsi yang cukup tinggi dari keseluruhan pengguna media sosial.

Dari waktu ke waktu masyarakat Indonesia semakin aktif dalam dunia media sosial, ribuan konten di upload di platform media sosial yang beberapa diantaranya bahkan sampai viral dari berbagai hal yang kecil sampai peristiwa unik. Bermacam gerakan terpublikasi seperti Petisi-petisi online semakin marak. Hal ini kian menunjukkan media sosial bukan sekedar interaksi saja tapi juga beragam gerakan, informasi serta beragam aktivitas lain bisa dilakukan melalui media sosial.

Ketika pandemi Covid-19 menyerang secara global, tidak terkecuali di Indonesia membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja. Media Sosial seakan menjadi andalan dalam beragam aktivitas, itu sebabnya kini seakan tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat. Media sosial telah merevolusi dalam kebermanfaatannya, setidaknya ada 5 peran penting media sosial di masa Pandemi ini yang begitu dirasakan.

1) Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi

Media sosial kini seakan menjadi kebutuhan untuk berkomunikasi, menjalin relasi, bahkan sarana komunikasi baik lembaga atau pemerintahan. Dengan beragam macamnya, komunikasi lewat media sosial begitu simpel dan penggunaannya terbilang mudah. Selain itu jangkauannya pun lebih luas serta efisien karena dengan akses internet komunikasi dua arah atau lebih bisa cepat tersampaikan.

Cukup mengakses media sosial, pengguna sudah bisa terhubung dengan banyak orang. selain itu lewat media sosia jugal, pengguna bisa membuat forum diskusi, mengunggah aktivitas sehari-hari, dan lainnya.

Aku jadi teringat sebuah pengalaman akan manfaat media sosial, Aku pernah kehilangan kontak dengan teman-teman semasa sekolah lalu ketika maraknya media sosial, silaturahmi pun bisa terjalin kembali.

2) Media Sosial Sebagai Penyalur Informasi

Lewat media sosial beragam informasi dengan begitu mudah disebarkan. Pun demikian mengenai Pandemi covid-19 ini. Kendati begitu, Kita juga harus paham akan literasi digital agar lebih santun dalam menyampaikan informasi serta teliti ketika menyerap berbagai informasi.

Ada baiknya harus difilter lebih dahulu setiap informasi yang di dapat, kroscek secara mendalam sebelum memposting, me-repost atau sharing suatu konten informasi. Hal ini tentu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran hoax di tengah masyarakat. 

3) Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Usaha

Sejak virus Covid-19 menyerang Indonesia, pemerintah mulai mengeluarkan berbagai kebijakan yang kemudian membatasi segala aktivitas masyarakat tidak terkecuali dalam sektor perekonomian. Hal ini menjadikan para pemilik usaha mulai memutar rencana serta strategi agar usahanya bisa tetap bergerak.

Meskipun bukan hal baru pemanfaatan media sosial sebagai sarana berjualan, namun tak bisa ter-elakan jika di era Pandemi ini pemanfaatan digitalisasi salah satunya melalui platform media sosial dalam dunia usaha kian marak.

Penggunaan media sosial ini diharapkan agar produk yang ditawarkan dapat secara optimal bisa menarik perhatian masyarakat. Selain itu jangkauannya juga lebih luas,  mudah diakses kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan.

4) Media Sosial Sebagai Sarana Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh

Sejak di batasinya beragam aktivitas karena Pandemi tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Untuk memutus mata rantai penyebaran akhirnya di terapkan sistem belajar jarak jauh, dimana segala kegiatan pembelajaran dilakukan tidak lagi secara tatap muka tapi melalui media online di rumah.

Dari sekian platform media sosial yang digunakan misalnya zoom meeting, google meet, class room, YouTube, WhatsApp dan lainnya. Para pelajar dapat memanfaatkan video langsung atau berbagi materi pelajaran melalui paltform media  sosial yang ditentukan

5) Media Sosial Sebagai Sarana Hiburan

Yakin deh, masa Pandemi Covid-19 ini pasti menimbulkan tekanan bagi beberapa orang. Segala aktivitas berubah total dan serba terbatas, sehingga tidak sedikit menyebabkan rasa jenuh yang berkepanjangan.

Dengan pemanfaatan media sosial lewat bermacam fiturnya. Masyarakat membuat beragam konten misalnya  membuat vlog keseharian saat pandemi dan hal ini dapat menghibur serta mengisi waktu luang sebagai sarana hiburan. Selain itu kini, tidak sulit untuk menemukan beragam cerita, foto maupun video yang memiliki unsur komedi.

Begitu beragam peran serta manfaat media sosial, bisa Kita simpulkan bahwa dampak positif Media sosial di masa Pandemi ini begitu dirasakan. Namun, segala hal tentu ada batasannya di samping dampak positif ada pula dampak negatif yang setidaknya patut diwaspadai salah satunya bisa memicu stress jika terlalu sering curhat di media sosial seperti artikel yang Aku baca di website Indozone.

Itu sebabnya , para pengguna dalam  mengakses media sosial harus dalam batas wajar dan tidak berlebihan apalagi melanggar norma serta peraturan. Jadilah netizen yang cerdas dengan memanfaat media sosial secara bijak.

12 komentar:

Maria G Soemitro mengatakan...

bak mata pisau, media sosial bisa menguntungkan

sebaliknya bisa bikin stress jika salah menggunakan ya?

Karena itu harus bijak menggunakannya

Farida Pane mengatakan...

memang medsos ini besar sekali perannya, ya. apa lagi di masa pandemi begini.

Titis Ayuningsih mengatakan...

Barusan ngepoin indozone, beritanya update juga, kak. Jadi, yuk manfaatkan sosial media buat hal baik. Saya lagi nyoba untuk promosi usaha nih, Kak.

Ada Resensi mengatakan...

Orang Indonesia termasuk pengguna internet (media sosial) terbanyak di dunia. Mirisnya,dari hasil survei, netizen Indonesia juga yang paling buruk netiketnya :( Sayang banget ya, media sosial kok dipakai buat mencaci maki, mem-bully, dsb. Padahal banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan media sosial.

Mutia Ramadhani mengatakan...

Saya follow IG-nya Indozone. Suka aja bacanya. Menghemat waktu dan disertai gambar pendukung.

Dee_Arif mengatakan...

iya aku juga sering tu kepoin IG nya Indozone
beritanya update, gambarnya menarik

Yuni BS mengatakan...

Sebenarnya ada banyak ya manfaat media sosial. Asal nggak untuk menyebar hoax ajalah. Karena cepet banget nyebarnya. Mending dipake buat usaha. Bisnis online misalnya.

Annie Nugraha mengatakan...

Banyak ya manfaat media sosial jika kita mau memahami dan menggunakannya dari sudut pandang positif. Nyatanya banyak bisnis yang terbantu dengan cara aktif menggunakan media sosial. Terutama usaha rumahan yang tidak memiliki toko off line untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Maya mengatakan...

Bener banget ngerasain banget sejak pandemi ini lebih banyak memakai media sosial, buat zoom bareng temen, buat tilawah bareng, kadang juga buat jual beli semuanya online

Fenni Bungsu mengatakan...

Gunakan media sosial untuk hal yang positif, dari silaturahmi sampai dapat cuan. Jadi bahagianya itu jiwa dan raga. Tinggal konsisten saja sama postingannya

Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan...

Peranan penting media sosial untuk meningkatkan literasi dan passion sangat manfaat

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Musti harus bijak bersosial media ya mb, harus tahu batas-batasnya. Agar manfaat positif dr sosmed saja yang bisa kita rasakan..