Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 11 Agustus 2021

Cara Pendaftaran Kuliah Online Binus University

Melanjutkan kuliah hingga perguruan tinggi tentu menjadi impian sebagian besar orang. Bukan sekedar untuk titel semata tetapi dengan belajar di bangku kuliah maka skill dan pengetahuan pun akan semakin bertambah terlebih jika bisa bermanfaat di tengah kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi kondisi pandemi covid-19 saat ini telah merubah berbagai hal tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Namun, tidak perlu risau lantaran saat ini untuk sistem pendaftaran kuliah online pun menjadi alternatif yang paling tepat.

Logo Binus University (sumber gbr : website Binus)

Bisa memasuki perguruan tinggi negeri pasti menjadi harapan bagi sebagian besar lulusan sekolah menengah atas/kejuruan, namun itu tidak serta merta menjadi hal yang dipaksakan jika tidak berkesempatan lulus di PTN impian. Saat ini, perguruan tinggi swasta pun tidak kalah berkualitas, salah satunya adalah Binus University atau biasa disebut Universitas Bina Nusantara merupakan universitas swasta terdepan dalam bidang teknologi informasi yang menyediakan fasilitas modern dan terbaru diperuntukkan bagi para mahasiswa dimana internet menjadi suatu keterampilan dasar bagi setiap mahasiswa dan harus menguasainya.

Sejarah Binus University

Awal merintis adalah sebuah institusi pelatihan komputer bernama Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974 oleh Joseph Wibowo Hadipoespito. Berkat landasan yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi serta berkesinambungan, lembaga ini terus berkembang. Seiring berjalannya waktu, lembaga tersebut kemudian berubah menjadi Universitas Bina Nusantara dan membuka banyak jurusan.

Melewati berbagai periode perubahan, Binus University mengemban visi menjadi perguruan tinggi berkualitas dunia yang mengejar berbagai usaha serta berinovasi dalam lembaga pendidikan. Dimana misinya menghasilkan lulusan berdedikasi  yang memiliki kontribusi positif terhadap kualitas hidup bermasyarakat nantinya.

Atas komintmennya ini, Binus University meraih Sertifikasi ISO 9001 pada tahun 1997, menjadikannya Universitas pertama di Indonesia yang mempunyai sertifikasi untuk standarisasi sistem manajemen mutu. Sertifikasi ini digunakan untuk pengendalian, pengkajian dan evaluasi roda organisasi yang semakin lama semakin besar.

Untuk tahun ini, Binus University masuk ke dalam jajaran 1000 kampus terbaik di dunia berdasarkan QS World University Ranking yakni sebuah lembaga pemeringkatan universitas di dunia. Sehingga membuat Binus menjadi salah satu kampus swasta di antara 8 kampus lain dari Indonesia yang termasuk ke dalam daftar.

Program Kuliah, Jurusan dan Fakultas Binus University

Menjadi sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Binus memiliki  banyak pilihan jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Disamping itu kampus ini juga memiliki 3 jenis program kuliah, yakni program reguler, program internasional, dan sistem kuliah online.

1) Program Kuliah Reguler 

Terdapat 3 tingkatan program kuliah reguler yang disediakan oleh Universitas Bina Nusantara yang terdiri atas tingkat sarjana, magister dan doktor. Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. 

* Program kuliah satu gelar untuk sarjana

a) Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi,Keuangan dan Perpajakan.

b) Seni dan Desain

Desain Interior, Animasi, Perfilman,Periklanan, Kreatif, dan Visual komunikasi

c) Bisnis dan Management

Bisnis dan Management International, Management, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran International.

d) Komunikasi

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Massa dan Humas.

e) Sistem Informasi dan Teknologi

Analaisis bisnis, Teknologi Informasi Bisnis, Ilmu Komputer, Ilmu Komputer (Perangkat lunak), Ilmu Komputer (Keamanan cyber), Ilmu Data, Aplikasi dan Teknologi Game, Sistem Informasi Akuntansi dan Audit, serta Sistem Informasi Aplikasi dan Teknologi Seluler.

f) Teknik atau Engineering

Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Komputer, Teknologi Makanan, Teknik Industri, Program Profesi Insinyur.

g) Perhotelan dan Pariwisata

Management Bisnis Hotel (program diploma), Management Hotel (program diploma) dan Pariwisata.

h) Sastra

Sastra Cina, Literatur Inggris, Hubungan International Sastra Jepang, Hukum (bisnis), Pendidikan Guru Sekolah Dasar serta Psikologi.

* Double Degree (Program kuliah ganda untuk sarjana)

a) Ilmu Komputer dan Matematika. 

b) Ilmu Komputer dan Statistik. 

c) Akuntansi dan Sistem Informasi.

d) Management dan Sistem Informasi

* Program untuk Magister / Strata 2 

a) Magister Teknik Informatika.

b) Magister Manajemen Sistem Informasi.

c) Magister Industrial Engineering.

d) Magister Manajemen/Sekolah Bisnis

2) Program Kuliah Internasional

Lewat program kuliah internasional, mahasiswa nantinya akan memperoleh gelar sarjana dari universitas rekanan Binus di luar negeri. Beragam jurusannya meliputi

a) Akuntansi Keuangan

Keuangan

b) Seni dan Design

Design Busana, Management Mode, Design Grafis dan Media Baru, serta Media Digital Interaktif.

c) Bisnis

Bisnis Management dan Pemasaran, Bisnis International.

d) Komunikasi

Komunikasi 

e) Komputer dan Teknologi

Sistem Informasi Bisnis, Ilmu Komputer.

f) Teknik

Teknik Otomotif dan Robotika,Teknik Design produk.

3) Program kuliah online atau Binus Online Learning 

Menawarkan program pembelajaran jarak jauh yang ditujukan untuk lulusan SMA/ sederajat dan Diploma (D3) agar bisa melanjutkan pendidikannya meraih gelar sarjana (S1), dengan waktu perkuliahan yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan mahasiswa dapat melakukan aktivitas lainnya tanpa harus takut mengganggu waktu perkuliahan.

Binus University sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) bagi para mahasiswa. Metode ini sangat cocok, terlebih di tengah situasi pandemi seperti ini. Mengikuti  kuliah online di Binus, Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal serta dapat dilakukan tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Untuk jurusan yang tersedia kuliah online ini meliputi :  

a) Akuntansi (D3 Lanjutan-S1)

b) Manajemen Pemasaran (D3 Lanjutan-S1)

c) Manajemen Pemasaran (S1)

d) Sistem Informasi (D3 Lanjutan-S1)

d) Program Master TrackProgram master track memperoleh gelar sarjana (S1) dan magister (S2)

Pendaftaran kuliah Binus

Saat ini Binus memiliki dua jalur pendaftaran, yaitu:

- Jalur Biasa, dimana calon mahasiswa adalah lulusan SMA/Sederajat.

- Jalur Beasiswa, terdiri dari Beasiswa Parsial & The Widia Scholarship for Outstanding Achievers (Beasiswa Penuh).

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Binus University, tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan terlebih dahulu. Pendaftaran akan dibuka via online dengan tahapan beberapa gelombang. Berikut ini adalah  persyaratan yang harus di penuhi dan sudah ditentukan oleh pihak Binus University, meliputi :

  1. Beli dan isi formulir pendaftaran di Aplikasi BINUS Online Learning. 
  2. Siapkan pas foto terbaru ukuran 3×4
  3. Scan asli kartu identitas (KTP/Passport)
  4. Scan asli Akte Kelahiran
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Scan asli ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (khusus lulusan SMA/SMK)
  7. Scan asli ijazah dan transkrip nilai (khusus lulusan D3, cek dan harus sudah terdaftar di website PDDIKTI)
  8. Scan surat keterangan bekerja (bagi yang sudah bekerja).
  9. Calon mahasiswa mengikut Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS).
  10. Calon mahasiswa dapat melakukan pengecekan hasil TPKS melalui Admisi Online, Apabila calon mahasiswa dinyatakan lulus TPKS, calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya kuliah dan pendaftaran ulang melalui Admisi Online atau datang langsung ke kampus Binus.

Dengan sistem pendaftaran kuliah online yang berbasis digital menjadikan proses pendaftaran ujian masuk calon mahasiswa baru pun, jauh lebih fleksibel dan mudah. Serta efisien karena bisa diakses dimanapun sekaligus bisa menghindari kerumunan.

Salah satu kampus Binus (sumber gbr : Website Binus)

Kampus Binus dilengkapi dengan akses internet gratis, wi-fi, laboratorium modern dan terlengkap, serta fasilitas penunjang lainnya. Untuk lokasinya sendiri Binus University memiliki 8 kampus yaitu :

- Kampus syahdan

Kampus ini terletak di Jl. K H. Syahdan No. 9, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat 11480.

- Kampus Anggrek

Kampus ini terletak di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530.

- Kampus Kijang

Kampus ini terletak di Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat 11480.

- Kampus Alam Sutera

Kampus ini terletak di Jl.Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan 15143.

- Kampus JWC

Kampus ini terletak di Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270. Kampus ini hanya digunakan untuk program kuliah internasional.

- Kampus Bekasi

Kampus ini terletak di Jalan Lingkar Boulevar Blok WA No.1 Summarecon Bekasi Kel, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17142

- Kampus Bandung

Kampus ini terletak di Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

- Kampus Malang

Kampus ini terletak di Jalan Araya Mansion No. 8-22 Araya, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126.

32 komentar:

Maria G Soemitro mengatakan...

Wah hebat ya masuk QS World University Ranking

keponakan saya yang baru lulus tahun ini saya anjurkan daftar di Binus

Selain karena lulusannya terjamin juga lokasinya dekat rumah

Wahid Priyono mengatakan...

Yang aku kenal dari Binus University adalah bagus2 ya lulusannya lebih melek ke teknologinya. Banyak juga yang masuk di jejaring kerja lokal, nasional bahkan internasional.

Anisa AE mengatakan...

Wah Binus University ga diragukan lagi, ya, apalagi lengkap di sini impian banget bisa kuliah sastra.

Rafahlevi mengatakan...

Kalo gak fresh graduate aloas lulusan SMA dah berapa taun lalu masih bisa gak yaa daftar maba di binus kak??

Mutia Ramadhani mengatakan...

Binus oh Binus, kampusnya orang-orang berduit katanya. Wkwkwk. Kayaknya itu cuma citra umum doang. Faktanya mungkin gak segitu mahalnya kuliah di sini.

Naksir sama Fakultas Tekniknya. Keren-keren banget lulusan FT Binus. Saya kenal beberapa orang dan juga rekan kerja suami saya.

Irawati Hamid mengatakan...

banyak yang bilang binus adalah kampus bergengsi, tentu banyak yang berminat untuk masuk ke sana

nurul rahma mengatakan...

Lhoo, kok aku baru tau BINUS ada di Malang jugaaa?
Asik nih, warga JaTim bisa merasakan kuliah di kampus keren bin kece bangeetttt

diane mengatakan...

pendaftaran onlinenya ini membantu banget.. apalagi jaman sekarang ya.. cukup diselesaikan secara online. Ternyata kampusnya Binus banyak juga ya..

Santi Suhermina mengatakan...

Kampus impian nih. Aku udah pernah berkunjung ke kampung yg di malang saat launching dulu. Dan langsung batin, wah coba usia masih lulusan SMA pasti dah merengek ke ortu minta lanjut study di sini. Sayang udah emak2 nih. Huhu..

Iwan Hendrawan mengatakan...

Informasi sangat lengkap sekali, pendaftaran online jadi salah satu solusi untuk yang mau melanjutkan kulia

Dee_Arif mengatakan...

Binus University ini termasuk salah satu kampus swasta terbaik ya mbak
selain di Jakarta ada juga cabangnya di Malang

sumiyati sapriasih mengatakan...

Binus academy programnya bagus ya... Lulusan dari binus bisa langsung dapat kerjaan ya.. Karena sudah mengalami anak aku.

Ovianty mengatakan...

Jadi inget jaman mau daftar kuliah ini. Bagus-bagus program kuliahnya ya Binus. Apalagi bisa dapat kerja.

Shafira Adlina mengatakan...

binus bisa menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di jakarta yang memiliki banyak jurusan dan memiliki reputasi yang baik ya mbak.

Ade UFi mengatakan...

Wah masuk ke rangking QS word university ya? Memang sih Binus nih udah terkenal dengan kecerdasan IT nya. Soalnya inget dulu waktu saya kuliah, saingan kampus kami ya binus ini untuk yang swasta.

Susi Susindra mengatakan...

Kuliah lagi, itu cita-cita saya sejak lama. Karena semangat belajar masih menyala. Tapi karena tak jua bisa kerja yang butuh gelar baru saya tidak melakukannya lagi. Hehehe. Tapi baca ini jadi pengen kuliah lagi karena bisa PJJ. Ambil jurusan sejarah. Meskipun di Binus ga ada jurusan sejarah.
Tiba2 aja keinginan itu meletup kembali

Mariatanjungmenulis mengatakan...

Keren ya BINUS ini, bisa jadi rujukan bagi anak lulusan SMU yang bingun mencari kampus impian. udah gitu program nya Binus menurut saya berkualitas

Lasmicika mengatakan...

Kuliah online-nya pasti membantu sekali untuk mereka yang kuliah sembari kerja atau perempuan yang sudah menikah dan punya bayi tapi tetap ingin melanjutkan studi.

Indri mengatakan...

Binus ini emang the best banget kalo urusan menimba ilmu...suamiku dan sepupuku lulusan Binus juga

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Baru tahu Kampus Binus ada di Bandung. Ini sih kampus kece idaman para pencari ilmu setelah SMA/K.

Silvie Permatasari mengatakan...

makasih infonya mba, aku emang lg cari kampus online buat lanjutin kuliah, mau cari sastra indonesia. tp kalau dari management akselarasiny lumayan banyak ya. kalau kursus multimedia gitu ada juga gak sih

Faradila Putri mengatakan...

Iyaa baru tau juga Binus tuh ada 8 kampus. Kalau universitas rekanan di luar negerinya apa aja ya? Penasaran sama program internasionalnya.

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Binus ini bukan kampus kaleng2 krn setauku peringkatnya bagus banget baik di dalam dan luar negeri.
Bbrp anak temen ada yang diterima di sana dengan beasiswa full, keren.
Semoga makin bagus juga kualitasnya dna menghasilkan lulusan2 terbaik buat negeri ini.

Triani Retno A mengatakan...

Kampus swasta bagus ini sih. Aku tahu Binus waktu kerja di Jakarta, Kebetulan kantorku di kawasan Kebon Jeruk, nggak jauh dari Kampus Binus. Eh, sekarang malah udah ada juga di Bandung ya. Di lokasi strategis pula :)

lendyagassi mengatakan...

Cantik sekali kampus Binus ini..
Bikin bahagia dengan pilihan jurusan yang banyak dan bidang minat yang bisa didalami dengan berkuliah di tempat sebeken Binus.

Semoga semakin membuka kesempatan bagi banyak mahasiswa untuk bisa menuntut ilmu dengan mudah di Binus.

Susie Ncuss mengatakan...

Jadi inget waktu suami pengen daftar kuliah di binus, ada kendala di data ijazah di DIKTI. jadinya gagal deh daftar di binus :(

Naqiyyah Syam mengatakan...

Aku salfok di blog ini ada kupu2 hehe... salam kenal ya. Dan emang sekarang itu kuliah ini emang perlu banget menuntut dan ini ada solusinya di Binus ya

Atisatya Arifin mengatakan...

Kalau dengar kata Binus pasti langsung mikir ke kampus teknologi. Soalnya kayanya jebolan Binus tuh yang keren-keren pasti dari jurusan IT, Komputer, dll. Oiya salah satu muridku ada yang kuliah di Binus ini dan kata dia dosen2nya tuh asyik.

Mechta mengatakan...

Oalaah..aku baru tahu bahwa BINUS ini punya kampus lebih dari satu, bahkan sampai 8 euy.. mantab deh! Terima kasih sharingnya pas banget bisa kuteruskan ke ponakan2 nih..

Sapamama mengatakan...

Wah, program studinya bangak ya... Penasaran deh dengan program studi internasional di binus. Ada info biaya untuk prohram seni dan design mam?

Jiah Al Jafara mengatakan...

Pas ya ini kan tahun ajaran baru. Jadi bisa buat daftar universitas. Kampusnya oke. Mahasiswa jadi punya banyak pilihan

Ainhy E mengatakan...

Daftar kuliah di Binus sekarang gk perlu di universitasnya yah ckup secara online aja, recomended buat adik2 nih